Efek Minum Kopi Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Untuk yang kemarin artikel aku itu membahas tentang cara membuat kopi susu dan lainya.Dan sekarang aku mau kasih tau efek dari minum kopi.

Ternyata minum kopi secara berlebihan akan membawa efek  bagi kesehatan tubuh kita ya?.Efek sampingnya menurut para dokter itu sangat berbahaya bagi tubuh kita.

Penasaran kan?apa aja sih efek samping minum kopi ini?Oke langsung saja ya simak efek minum kopi.

Efek Minum Kopi yang Berdampak Negatif

efek minum kopi

Ternyata ada  efek dari minum kopi iya?kok aku baru tau sih?Makanya kalo belum tau baca nih artikel aku ini iya.

Berbicara  tentang efek,efek itu berarti sesuatu bahaya yang akan terjadi bagi kesehatan tubuh kita akibat berlebihan dalam mengkonsumsi suatu makanan atau minuman.

Daripada penasaran,langsung saja ya simak ya.Berikut penjelasanya :

Karena enak dan sudah menjadi kebiasaan, banyak orang tidak lepas dari kopi.

Beberapa riset menyebutkan, kopi menyehatkan tubuh, namun bila berlebihan efeknya akan menjadi buruk.

Memang kebanyakan para penikmat kopi tidak merasakan akibat negatifnya secara langsung, apalagi toleransi kafein bagi setiap orang berbeda-beda.

Meskipun begitu, adapun tanda-tanda yang menunjukkan bahwa kita sudah berlebihan minum kopi. Berikut tujuh efek terlalu banyak kafein bagi tubuh.

1. Menjadi Merasa Cemas

Saat bekerja ataupun sedang memikirkan sesuatu, biasanya kita merasa tergoda untuk menikmati secangkir kopi agar lebih bersemangat.

Sayangnya, National Institute of Mental Health justru menyarankan kita agar menghindari kafein.

Masalahnya, jika terlalu banyak minum kopi justru akan membuat kita menjadi merasa cemas. Menurut laman Everyday Healt, kecemasan itu muncul karena efek kafein dalam kopi.

2. Menjadikan Sakit perut

Saat perut terasa sakit kita sering menduga penyebabnya karena salah mengonsumsi bahan makanan atau sedang mengalami PMS.

Nyatanya, minum kopi juga bisa menyebabkan perut terasa sakit. Para ahli sepakat senyawa tertentu dalam kopi dapat merangsang sekresi asam labung di sel-sel perut.

Memang banyak obat di pasaran yang bisa membantu meredakan asam lambung.

Tapi, bagaimanapun juga jalan terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengurangi konsumsi kopi.

3.Efek Minum Kopi Membuat Jantung Berdebar

Pasti tak nyaman rasanya saat jantung berdebar terlalu kencang. Nah, mengonsumsi minuman berkafein, nikotin, serta minuman beralkohol bisa menjadi pemicunya.

Dalam beberapa kasus, jantung yang berdetak kencang dapat menyebabkan pusing dan bahkan pingsan.

Satu-satunya solusi untuk menghentikan jantung berdebar dengan konstan ini adalah menghindari minuman berkafein.

4. Efek Minum Kopi Menyebabkan Diare

Kopi juga berperan sebagai pencahar. Jadi, mengonsumsi lebih dari dua atau tiga gelas cangkir kopi sehari akan membuat kita terserang diare.

Saat kita mengalami diare, International Foundation for Functional Gastrointestinal Disorders menyarankan kita untuk mulai mengurangi konsumsi kafein.

5. Sulit tidur

Minum kopi berlebihan juga membuat kita menderita insomnia. Meski kita tak mempercayainya, bagaimanapun juga kopi akan berefek pada siklus tidur kita.

Menurut Mayo Clinic, kopi dapat bertahan di sistem pencernaan selama 14 jam. Ini dapat meningkatkan kewaspadaan dan membuat kita sulit tidur.

Untuk mendapatkan tidur malam yang berkualitas, setidaknya kita mengonsumsi kopi sebelum tengah hari.

6. Merasa gelisah

Kopi justru akan membuat kita menjadi merasa lebih waspada,dan jika terjadi berlebihan tentu akan akan membuat dampak buruk.

Tingkat waspada yang berlebihan akan membuat kita menjadi merasa gelisah atau gugup.

Untuk mencegah hal ini terjadi, batasi jumlah mengkonsumsi kopi hanya dengan empat cangkir sehari.

7.  Sakit kepala

Menurut Cleveland Clinic, kafein di dalam kopi dengan jumlah sedang membantu untuk meredakan sakit kepala dengan membantu obat pereda nyeri bekerja lebih baik.

Inilah alasanya mengapa kafein juga dijual bebas yang digunakan sebagai tambahan dalam obat sakit kepala.

Batas aman dalam mengkonsumsi kafein yaitu 500 miligram setiap hari yang setara dengan lima cangkir.

Jika kita mengonsumsi kopi terlalu banyak dalam jangka waktu lama, kita bisa mengalami gejala penarikan kafein.

Peneliti Johns Hopkins mengatakan, gejala penarikan kafein ini bisa berupa sakit kepala dan kelelahan.

Untuk mengatasinya, kurangilah konsumsi kafein secara perlahan dan perhatikan asupan makan kita.Bisa jadi, minuman dan makanan selain kopi juga mengandung kafein.

Efek Minum Kopi yang Berdampak Positif

  • dapat mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer.
  • dapat mengurangi risiko terkena pengakit Parkinson.
  • membantu meningkatkan memori jangka pendek manusia.
  • Hal ini terutama disebabkan karena kafein yang dikandungnya bereaksi secara kimia menstimulasi dan membantu kita untuk menangkap dan fokus terhadap informasi yang diterima lebih baik untuk jangka pendek tertentu.
  • Kopi dapat membantu meredakan sakit kepala, Yaitu karena kandungan kafein yang dapat membantu meningkatkan efek obat-obatan.

Yang berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit sementara seperti aspirin, midol dan excedrin. Dari banyaknya obat sakit kepala dan migrain itu sudah mengandung kafein jumlah kecil.

  • Kopi merupakan antioksidan efektif.
  • Kopi merupakan diuretic yang baik. Minum kopi akan membuat orang menjadi lebih sering buang air kecil.

Ini bagus untuk membantu tubuh membuang semua zat-zat ataupun kandungan yang sudah tidak diperlukan lagi oleh tubuh.

  • Kopi juga membantu mengurangi risiko terkena batu ginjal.

Kandungan yang Terdapat di Kopi

Mengawali pagi dengan secangkir kopi,memang sudah menjadi sebuah rutinitas bagi sebagian orang.Apalagi bagi mereka yang tinggal di daerah dengan suhu dingin.

Kopi tidak hanya dikonsumsi saat pagi hari saja, Tetapi kopi juga sering dikonsumsi saat siang ataupun malam hari.

Berbagai alasan mengonsumsi kopi pun juga beragam, mulai dari untuk menghangatkan badan, mengembalikan mood, atau sekedar sebagai teman makanan dan berkumpul bersama.

Namun, tahukah anda apa saja kandungan yang terdapat di dalam secangkir kopi? Yuk aku jelasin iya.

  •  Kafein

Semua orang pasti telah mengenal zat ini. Kafein, merupakan zat utama yang ada di kopi.

Zat kafein inilah yang sering membuat kita terjaga sampai larut malam setelah minum kopi. Tapi kenapa bisa begitu?

Jawabannya adalah karena di dalam kopi ini mengandung zat alkaloid plant atau semacam zat yang terkandung di dalam nikotin, tetapi efek sampingnya tidak terlalu kuat.

  • Air (H2O)

Air adalah zat yang paling penting dalam kopi karena berfungsi untuk melarutkan minyak dan rasa yang ada di dalam biji kopi.

Minimnya, perbandingan takaran yang baik dalam secangkir kopi yaitu 98.67% air dan 1,25% bubuk kopi yang mudah larut.

  • 2-Ethyphenol

Zat ini menghasilkan aroma pada kopi. Yang biasanya sangat terasa sekali pada mulut kita setelah kita meminumnya.

  • Quinic acid

Zat inilah zat yang berfungsi untuk memberi rasa asam pada kopi. Kadar keasaman setiap kopi berbeda-beda tergantung pada jenisnya.

  • Dimethyl disulfide

Kadar zat inilah yang lebih banyak terkandung di dalam biji kopi yang masih mentah, alias yang belum dipanggang.

  • Acetylmethylcarbinol

Zat ini memberikan rasa gurih di dalam biji kopi. Jadi, jangan merasa heran ketika disaat kita minum kopi merasakan ada rasa sedikit gurih di dalamnya.

  • Trigonelline

Meski cenderung lebih terasa pahit, sebenarnya di dalam kopi ada sedikit rasa manisnya.

Zat inilah yang berfungsi untuk membuat secangkir kopi menjadi lebih terasa manis.

Penutup Artikel

Demikian yang bisa saya sampaikan,apabila ada salah kata dan kekurangan dalam artikel saya,saya mohon maaf.

Dan tak lupa juga kepada yang sudah membaca artikel aku ini semoga tetap stay ya di artikel aku ini.Sekian dan terimakasih.

 

 

 

 

 

Cara Menanam Kopi yang Baik dan Benar Agar Tumbuh Dengan Bagus

Setelah sekian banyaknya aku menulis cara membuat kopi bubuk dan lainya,sekarang aku mau kasih tau ke kalian cara menanam kopi.

Nah cara menanam kopi ini cukup mudah iya.Yang dibutuhkan hanyalah alat dan biji kopinya saja.Cara menanam kopi ini harus kalian manfaatkan dengan benar iya.

Apalagi yang suka berbisnis.Oke langsung saja saya akan menjelaskan cara menanam kopi.

Sejarah Tanaman Kopi

cara menanam kopi

Berbicara tentang sejarah,pastinya kita tidak asing lagi ya mendengarnya.Karena di negara kita indonesia ini juga banyak sejarahnya iya hehe.

Tapi kali ini kita akan membahas sejarah dari tanaman kopi iya bukan sejarah dari negara indonesia kita ini.Oke langsung saja aku jelaskan iya.

Sejarah kopi konon bermula pada abad ke-9 di Ethiopia. Namun, budidaya dan perdagangan kopi baru mulai dikenal pada abad ke-15 oleh pedagang Arab di Yaman.

Kopi mencapai ke eropa pada abad ke-17 namun tidak dapat tumbuh baik di sana.

Bangsa-bangsa Eropa lalu langsung menggunakan daerah jajahannya untuk membudidayakan tanaman kopi.

Indonesia,negara yang diduduki Belanda, memiliki andil yang besar dalam sejarah dan persebaran jenis kopi di dunia.

Belakangan, mulai ditemukan cara yang lebih nikmat dalam mengkonsumsi kopi.

Dalam waktu yang lama kopi menjadi minuman istimewa yang hanya dikonsumsi para raja dan kaum bangsawan.

Dari mana kopi di dapat menjadi rahasia yang ditutup rapat. Belakangan kopi mulai disebar dan diperkenalkan di Afrika.

Yang dijadikan sebagai minuman favorit para bangsawan dan orang kaya di Eropa.

Tapi pada saat itu asal-usul kopi masih menjadi misteri, yang orang tahu bahwa tata niaga kopi sepenuhnya dikuasai oleh para pedagang Arab. Dari sinilah muncul istilah kopi arabica.

Tapi para pedagang arab menutup rapat rahasia asal-usul komoditasnya yang sangat berharga itu.

Pada akhir abad ke 19, seorang pedagang yang berasal dari Belanda berhasil mencuri bibit kopi dari saudagar Arab di sebuah Pelabuhan di Yaman yang bernama Mocha.

Cara Menanam Kopi

1. Cara Menanam Kopi Arabica

Kopi arabika ini mampu hidup tumbuh subur di daerah dataran yang memiliki ketinggian antara 750-1500 meter di bawah permukaan laut.

Dan suhu yang paling bagus untuk menanam kopi arabika berkisar di antara suhu 15 -21 Cc.

Dan sangat cocok jika kita budidaya di daerah indonesia kususnya daerah yang memiliki curah hujan sedang.

1. Syarat Tumbuh

  • Lokasi

Untuk lokasi Letaknyas  harus terisolir dari pertanaman kopi varietas lain ±100 meter.Lahan bebas hama dan penyakit dan mudah pengawasan.

  •  Tanah

Tanah harus memiliki pH 5,5-6,5 dan untuk top soil Minimal 2 %.Serta strukrur tanah harus subur, gembur dan ke dalaman harus relative > 100 cm.

2. Syarat Penanaman

  • Jarak Tanam

Jarak tanam untuk menanam kopi arabika antara lain :

  1. Segi empat : 2,5 x 2,5 m
  2. Pagar : 1,5 x 1,5 m
  3. Pagar ganda : 1,5 x 1,5 x 3 cm
  • Lobang Tanam

  1. Harus dibuat 3 bulan sebelum tanam.
  2. Ukuran lubangnya yaitu mulai dari 50 x 50 x 50 cm, 60 x 60 x 60 cm, 75 x 75 x 75 cm atau 1 x 1 x 1 m untuk tanah yang berat.
  3. Tanah galian diletakan di kiri dan kanan lubang.
  4. Lubang dibiarkan terbuka selama 3 bulan.
  5. 2 -4 minggu sebelum masa penanam, tanah galian yang telah dicampur dengan pupuk kandang yang masak sebanyak 15/20 kg/lubang, dimasukkan kembali ke dalam lubang.
  6. Tanah urugan jangan dipadatkan.
  • Cara Menanam Kopi Arabica :

  1. Penanaman dilakukan pada musim hujan
  2. Leher akar bibit ditanam rata dengan permukaan tanah.

2. Cara Menanam Kopi Lampung

Budidaya tanaman kopi Lampung yang paling terkenal di Lampung umumnya adalah jenis kopi robusta.

Jenis kopi robusta ini sangat cocok sekali apabila ditanam di Indonesia karena Indonesia memiliki iklim tropis.

Jenis kopi robusta ini dapat tumbuh di daerah dataran rendah, atau kondisi yang lebih ideal dapat tumbuh pada ketinggian 300 hingga 900 meter di atas permukaan laut.

Budidaya tanaman kopi robusta ini banyak sekali kita temukan di daerah Lampung, Sumatera.

Tepatnya di daerah  Lampung Barat, Lampung Tengah dan juga daerah Tanggamus.

Berikut cara menanamnya :

  • Pemilihan Ladang yang Tepat.

Ladang yang paling cocok untuk ditanami kopi robusta ini yaitu di kawasan pegunungan, perbukitan, ladang dan sebagainya.

  • Menemukan Bibit Unggul.

Bibit kopi robusta ini bisa diperoleh dengan cara melakukan pembibitan sendiri sampai kopi tumbuh, atau bisa juga dengan membelinya di toko pertanian.

  • Usahakan Cahaya Matahari Bisa Masuk 

Sebab hal ini akan sangat mempengaruhi proses fotosinetesis dari tanaman kopi. Pastikan Anda menanam pada daerah yang tidak terlindungi pohon-pohon besar.

Sehingga cahaya matahari dapat secara langsung menyentuh daun untuk melakukan fotosintesis.

  • Pohon Kopi yang Ditanam Diberi Tanaman Pohon

Hal ini dilakukan karena digunakan sebagai naungan di sekitarnya agar tanaman kopi tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Juga dapat melindungi bunga kopi dari air hujan yang dapat merusak proses pembuahan.

  • Pemupukan

Ini dilakukan dua kali yakni pada sehari setelah penanaman dan pada akhir masa tanam.

Waktu pemupukan sebaiknya dilakukan pada saat musim hujan karena kandungan unsur haranya akan lebih tinggi sehingga pupuk mudah meresap.

3. Cara Menanam Kopi Liberika

  • Syarat Tumbuh Kopi Liberika

  • Ketinggian 0 – 900 m dpl. Tetapi, tanaman liberika masih bisa tumbuh dan berbuah dengan baik di ketinggian 1200 m dpl.
  • Curah hujan 1250 – 3500 mm/tahun atau optimalnya 1500 – 2500 mm/tahun, dengan bulan kering 3 bulan.
  • Suhu rata-rata 21 – 30 Dapat tumbuh subur di daerah dengan kelembaban yang tinggi dan panas.
  • Kemiringan tanah < 30% dan kedalaman efektifnya > 100 cm.Ditanam pada tanah berlempung sampai tanah berpasir sekali pun, dengan struktur lapisan atas remah.Tetap bisa tumbuh baik di lahan marjinal, terutama lahan gambut.
  • Jarak tanam yang dianjurkan 3 x 3 meter atau bisa juga 4 x 2,5 meter.
  • Sifat kimia tanah yang dianjurkan, yaitu pada lapisan 0 – 30 cm:
  • Bahan organik > 3,5%, kadar C/karbon > 2%
  • Nisbah C/N 10 – 12.Kapasitas tukar kation > 15 me/100 g tanah.
  • Kejenuhan bassa > 35% pH 4,5 – 6,5.Unsur N, P, K, Ca, Mg: cukup sampai tinggi.

Cara Menanaman Kopi Liberika :

  1. Bersihkan gulma di sekitar lubang tanam.
  2. Penanaman dimulai di awal musim hujan.
  3. Potong pangkal polybag dengan ketebalan 1 – 1,5 cm, untuk menghindari kemungkinan akar bengkok.
  4. Sebulan pasca tanam, lakukan penyulaman jika ada tanaman yang mati.

4. Cara Menanam Kopi Ateng

  • Persiapan Pembibitan Kopi

    Lahan yang akan digunakan untuk budidaya kopi disarankan memiliki luas minimal sekitar 0,5 hektar.

Pastikan pula perbandingan antara pohon pelidung di lahan dengan pohon kopi yang akan ditanam pas yaitu sekitar 1 ; 4 atau 1 : 8 dengan setiap pohon pelindung.

Yaitu untuk 4 pohon kopi jika lebih tebang pohon pelindung tersebut. Untuk teknik penanaman kopi.

Anda perlu menyiapkan pupuk kandang sekitar 50 kg dan juga sebarkan natuiral glio lalu diamkan selama sekitar satu minggu.

  • Cara Menanam Kopi Ateng :

Sebelum melakukan proses penanaman, buatlah lubang tanam terlebih dahulu dengan ukuran sekitar 60 cm2 atau bisa juga 75 cm 2 dengan jarak tanam sekitar 2,5 -2,75 cm2.

Lubang tanam ini sebaiknya dipersiapkan sekitar 2 bulan selum tanam atau persiapan lubang tanam tersebut saat bibit berumur sekitar 5 bulan.

Sehingga pada saat tanaman berumur 7 bulan, lubang tanam sudah dapat di tanami bibit.

Buatlah bumbunan atau bedengan untuk digunakan pada saat penyemaian bibit kopi dengan ketebalan sekita 4-6 cm.

Bibit yang disemai tersebut di siram secara teratur dengan takaran yang sesuai.

Biasanya biji benih ini akan mulai berkecambah sekitar satu bulan penyemaian.

Setelah bibit berkecambah, selanjutnya pindahkan bibit yang tumbuh dengan baik ke dalam polybag tanam.

Lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk NPK. Lakukan juga pemberian sepernasa dengan perbandingan 1 sendok untuk 10 liter air.

Dan jika tanaman sudah mencapai umur 4 bulan, berikan sekitar 250 ml untuk setiap pohonnya.

Penutup Cara Menanam Kopi

Hanya itu yang bisa saya sampaikan,apabila ada kesalahan penulisan pada artikel aku ini tolong dimaafkan iya.

Dan biasa aku ngga akan pernah lupa bagi pembaca setiaku,semoga jangan pernah bosen iya membaca.Karna membaca jabatan ilmu.Sekian dan terimakasih.

 

 

 

 

 

Cara Membuat Kopi Susu Ternikmat Tiada Tanding

Cara membuat kopi susu sebenarnya sama saja seperti cara membuat kopi bubuk.Pembedanya hanyalah dari tambahan susunya saja.

Cara buatnya pun cukup simple dan ga perlu neko-neko untuk membuatanya.

Kalian hanya membutuhkan bahan dan alatnya saja.Oke langsung saja kita simak cara membuat kopi susu.

Kandungan yang Terdapat pada Susu

cara membuat kopi susu

Kandungan apa aja sih yang terdapat di susu? Makanya kalo pengen tau kandungan apa aja yang terkandung di dalam susu simak terus artikel aku ini iya.

Pastinya kalo kalian udah tau kandungan apa aja yang ada di dalam susu,Kalian jadi pengen terus minum susu deh buat bikin badan kalian sehat.

Oke udah ngga sabar iya kandungan apa aja yang ada di susu.Berikut penjelasanya :

  • Vitamin D

Salah satu nutrisi terpenting yang terkandung di dalam susu organik adalah vitamin D.

Selain untuk perkembangan tulang, vitamin D juga berperan penting untuk menunjang tumbuh kembang Si Kecil.

Yaitu dengan membantu penyerapan kalsium, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta mendukung perkembangan motorik.

Kandungan vitamin D di susu organik lebih tinggi daripada susu non-organik.

  • Protein

Kandungan protein di dalam susu organik itu lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis susu lainnya.

Terdapat dua jenis protein di dalam susu organik, yaitu kasein dan whey.

Keduanya sangat dibutuhkan anak dalam proses tumbuh kembangnya.

Antara lain untuk memelihara jaringan tubuh, menjaga kesehatan tulang, serta mendukung pertumbuhan otot.

  • Kalsium

Susu organik juga kaya akan kalsium. Pada anak-anak, kalsium diperlukan untuk membantu pembentukan tulang dan gigi.

Tak hanya itu, kalsium juga berperan dalam produksi hormon dan enzim, serta fungsi otot dan saraf.

Itulah alasan mengapa susu organik dianggap dapat menunjang pertumbuhan anak.

  •  Zat Besi

Kadar zat besi yang terdapat di dalam susu organik juga tergolong luumayan cukup tinggi.

Zat besi sangat diperlukan anak untuk membentuk salah satu komponen sel darah merah, yaitu hemoglobin.

Komponen inilah yang bertugas menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh.

Tanpa zat besi yang cukup, pembentukan sel darah merah di tubuh anak akan terhambat.

Begitu juga dengan suplai oksigen ke seluruh tubuhnya. Hal ini tentu akan mengganggu tumbuh kembang anak.

  • Omega-3 & Omega-6

Susu organik juga lebih banyak mengandung omega-3,nya dibandingkan susu biasa.

Omega-3 sangat penting bagi anak-anak, karena zat ini dibutuhkan untuk proses perkembangan motorik dan mental anak.

Sedangkan omega-6, berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, membantu penyerapan nutrisi, serta mendukung pembentukan sel dan jaringan baru dalam tubuh anak.

  • Prebiotik Baik untuk Pencernaan Anak

Susu pertumbuhan organik kaya akan vitamin dan mineral. Contohnya yaitu,pada kandungan FOS & GOS.

Di mana keduanya sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran cerna anak.

FOS dan GOS membantu memelihara bakteri baik yang hidup di dalam usus.

Hal ini membuat pencernaannya mampu bekerja optimal dalam menyerap nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh kembang dan daya tahan tubuhnya.

Memberikan susu organik kepada anak, juga bisa menjadi pilihan anda dalam membantu tumbuh kembang anak.

Namun bila Si Kecil memiliki alergi protein susu sapi atau kondisi kesehatan lainnya.

Anda diajurkan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter anak sebelum mulai memberikan susu organik.

Bahaya Susu Bubuk untuk Kesehatan

Mengapa kok susu ada bahayanya ya?Ternyata para ahli kesehatan pun telah menelitinya sendiri.

Bahwa susu selain membawa kesehatan bagi tubuh,juga bisa membawa dampak bahaya juga bagi tubuh kita apabila terlalu sering mengkonsumsi susu dengan berlebihan.

Penasaran kan?mari kita simak penjelasan yang mau aku terangin iya di bawah ni.

  • Usus Luka dan Keracunan

    Susu bubuk yang terbuat dari susu sapi, banyak mengandung lemak hewani tak jenuh yang mudah bereaksi dengan oksigen dan udara bebas (mudah megalami oksidasi).

Sehingga apabila sering mengkonsumsi susu secara berlebihan dapat menyebababkan bahaya bagi kesehatan.Malah bukan membuat tubuh kamu semakin sehat.

  • Radang Selaput Otak

    Bahaya yang di sebabkan dari susu bubuk atau susu formula lebih cenderung terdapat pada zat hidrogen sulfida dan amonia yang mudah sekali tercemari oleh radikal bebas.

Ketika susu yang telah dibuat tidak segera dihabiskan atau tidak disimpan dalam lemari pendingin atau justru terlalu lama dalam lemari pendingin (Lebih dari 24 jam).

Maka Bakteri yang paling mudah masuk adalah bacteri enterobacter sakazaki.

Penyebab utama munculnya sepsis atau luka yang cepat melebar pada tubuh dan menjalar kearah jaringan otak.

Dimana akan terjadi peradangan otak serius.Sehingga kesehatan tubuh anda melemah.

  • Menyebabkan Alergi

    Bahan bahan yang ada di dalam susu bubuk seringkali tidak cocok bagi sistem keseimbangan tubuh bayi atau anak balita.

Yang masih sangat sensitif terhadap benda asing yang masuk didalam tubuhnya dan tidak mudah terserap dengan cepat oleh sistem pencernaannya.

Cara Membuat Kopi Susu

1. Cara Membuat Kopi Susu Jahe

Bahan -Bahan :

  • 350 ml air bersih,
  • 3 sendok teh bubuk kopi pahit,
  • 1 ruas jahe bakar (kupas kulitnya lantas memarkan),
  • 70 gr gula merah, 1 sendok teh gula pasir, serta susu kental manis vanilla sesuai kebutuhan.

Langkah – Langkah Cara Membuat Kopi Susu Jahe :

  1. pertama merupakan merebus air yg di gabung dengan jahe hingga mendidih sembari diaduk-aduk.
  2. Lantas tambahkan gula merah, gula pasir serta bubuk kopi ke rebusan jahe, aduk rata sampai gula larut.
  3. Sesudah itu rebusan air itu dituang ke gelas saji yg udah di sediakan sembari disaring biar tak ikut ampasnya.
  4. Selanjutnya imbuhkan susu kental manis sesuai kebutuhan atau sama sesuai selera ke gelas kopi jahe, aduk hingga tercampur rata.
  5. Wedang jahe siap disajikan

2. Cara Membuat Kopi Susu Almond

Bahan – Bahan :

  • 1 shot espresso
  • 200 ml susu almond dingin
  • 50 ml air dingin atau es batu

Langkah – Langkah Cara Membuat Kopi Susu Almond :

  1. Kocok susu almond sampai berbusa. Saya biasanya langsung kocok di dalam dus tempat susunya.
  2. Masukkan espresso dan air ke dalam gelas. Masukkan susu almond
  3. Kopi susu almond siap dinikmatii. Kalo mau manis bisa ditambahkan gula.

3. Cara Membuat Kopi Susu Tubruk

Bahan – Bahan :

  • 2 sdt bubuk kopi robusta dark-roasted
  • 2 sdm susu kental manis
  • 160 ml air panas

Langkah – Langkah Cara Membuat Kopi Susu Tubruk :

  1. Masukkan bubuk kopi ke dalam cangkir ukuran 200 ml.
  2. Kopi Tubruk Susu langkah memasak 1 foto
  3. Siapkan air panas dengan suhu 90-95 derajat celcius. Jika tidak tersedia termometer (alat ukur suhu), caranya adalah dengan merebus air hingga mendidih, lalu diamkan selama sekitar 1 menit.
  4. Setelah itu tuang air tersebut sebanyak 30 ml ke dalam cangkir yang telah diisi bubuk kopi. Lalu diamkan selama 30-45 detik.
  5. Tuang sisa air panas ke dalam cangkir, lalu aduk rata, kemudian diamkan selama 2 menit.
  6. Tambahkan susu kental manis, lalu aduk rata, kemudian diamkan lagi selama 2-3 menit.
  7. Kopi Tubruk Susu siap untuk dinikmati.

Penutup Cara membuat Kopi Susu

Demikian yang bisa saya sampaikan,Kurang lebihnya saya mohon maaf.Tak lupa juga kepada yang sudah membaca artikel aku ini

Semoga menjadi pembaca setia artikel aku ini iya.Dan jangan bosan-bosan iya untuk terus baca artikel aku ini.Sekian dan terimakasih.

Proses Pembuatan Kopi Luwak Termahal di Dunia

Di artikel aku sebelumnya yaitu aku membahas tentang cara membuat donat paha ayam dan lain sebagainya.Tapi untuk kali ini aku mau membahas tentang proses pembuatan kopi luwak.

Proses pembuatanya sangat higienis sekali dan membutuhkan waktu agak lama agar bisa meminumnya.Langsung saja kita simak proses pembuatan kopi luwak.

Sejarah Kopi Luwak

proses pembuatan kopi luwak

Kopi yang terkenal didunia karena kenikmatannya. Kopi luwak yaitu dihasilkan dari sisa kotoran musang, dan kopi luwak Indonesia yang paling diminati.

Dari sejarah kopi luwak (en=civet coffee) adalah sisa kotoran musang atau sering disebut kopi luwak, (sumber para petani kopi).

Luwak adalah sejenis musang yang dengan nama latinya yaitu “Paradoxurus hermaphroditus”.

merupakan hewan yang sangat umum di Indonesia, meski tak jarang menjadi tersangka hilangnya ayam di perkampungan penduduk.

Namun sebenarnya makanan kegemaran utamanya adalah buah-buahan.

Salah satu kegemarannya adalah memakan buah kopi yang paling matang, sehingga biji hasil dari pencernaanya pun adalah biji kopi pilihan (luwak).

Sistem pencernaan luwak sangatlah sederhana serta cepat, sehingga pada kotorannya selalu tertinggal biji-bijian yang masih utuh.

Ketika kopinya dimakan yang di cerna hanyalah kulit atau daging buah kopinya saja.

Tetapi tidak mencerna bijinya oleh sebab itu musang mengeluarkanya melalui sistem pembuangan pecernaannya.

Enzim yang terdapat pada sistem pencernaan Luwak ,mampu mengurangi kadar asam pada biji kopi.

Sehingga biji kopi yang dihasilkan menjadi biji kopi kualitas terbaik.Penemuan terkait dengan sejarah Indonesia pada masa kolonial Belanda.

Pada abad ke-18 Belanda membawa bibit kopi Arabica dari Yaman untuk ditanam di tanah Jawa dan Sumatera.

Dengan sistem tanam paksa (cultuurstelsel) penduduk pribumi mulai menanam kopi.

Namun pihak kolonial tidak memperbolehkan para petani pribumi untuk memetik buah kopi untuk konsumsi pribadi.

Kemudian pekerja perkebunan mulai menemukan bahwa ada sejenis musang yang gemar memakan kopi.

Namun meninggalkan bijinya yang masih utuh dan terbungkus kulit ari dalam kotorannya.

Pekerja perkebunan mulai memunguti, mencuci, disangrai dan kemudian diseduh dengan air panas.

Kenikmatan kopi aromatik ini akhirnya diketahui oleh Belanda sehingga menjadi kopi kegemaran orang Belanda.

Karena kopi tersebut sangat langka serta proses pembuatannya yang tak lazim sehingga kopi yang termahal sejak zaman kolonial.

Proses Pembuatan Kopi Luwak 

Kopi luwak adalah jenis kopi yang termahal di dunia. Proses fermentasi yang dilakukan melalui pencernaan musang atau luwak dapat membuat aroma dan rasa kopi jadi spesial.

Dalam acara Jelajah Gizi 2015 bersama Sarihusada di Bali (30/10), detikFood berkesempatan mengunjungi agrowisata Bali Pulina untuk melihat proses pembuatan kopi luwak secara tradisional.

Inilah prosesnya, yang dimulai dari biji kopi mentah hingga bubuk kopi siap seduh yang rasanya nikmat.

1. Proses Pembuatan Kopi Luwak Pada Biji kopi

Luwak tidaklah memakan semua biji kopi yang ada di alam. “Mereka memilih untuk memakan biji kopi yang warnanya merah karena rasanya manis,” ujar Purna, salah seorang pemandu di Bali Pulina.

Luwak mulai mengkonsumsi biji kopi mulai dari umur 6 bulan. “Namun biasanya kopi luwak supaya dapat dinikmati dihasilkan dari  luwak yang berumur 1 tahun ke atas,” tambahnya.

 2. Proses Pembuatan  Kopi Luwak Saat Penjemuran

Biji kopi yang sudah dicerna dan dikeluarkan oleh  luwak berupa feses segera diambil dan dibersihkan.

Setelah itu biji kopi dijemur di bawah sinar matahari langsung sampai kering.

Saat kering inilah, kulit biji kopi akan dikupas satu per satu menggunakan tangan alias manual.

“Kami juga melakukan pencucian kembali pada biji kopi dengan air panas hingga benar-benar bersih,” tambah Purna.

3.  Proses Pembuatan Kopi Luwak Saat Menyangrai

Proses selanjutnya yaitu proses menyangrai biji kopi di atas tungku kayu. “Aroma biji kopi akan makin enak jika disangrai dengan cara tradisional seperti ini,” jelas Purna.

Dalam 1 wajan bisa disangrai 1 kg biji kopi sekaligus. Waktu yang dibutuhkan sekitar 45 menit.

4.Proses Pembuatan Kopi Luwak Saat Penyajian

Biji kopi ditumbuk hingga halus dengan menggunakan alu dan lumpang kayu .

Nantinya biji kopi inilah yang siap dikonsumsi. “Sebaiknya nikmatilah kopi luwak ini tanpa gula supaya rasanya lebih nikmat.

Penambahan gula justru bisa mengembalikan kandungan asam pada kopi yang kurang baik untuk pencernaan,” jelas Purna.

Secangkir kopi luwak khas Bali ini benar-benar nikmat dengan rasanya yang  pahit dan asam ringan.

Jenis Musang Dalam Proses Pembuatan Kopi Luwak

Musang atau luwak merupakan hewan mamalia yang gemar mengonsumsi buah-buahan dan biji kopi.

Jenis biji kopi yang dimakan adalah kopi arabika dan robusta yang berkualitas bagus.

Berikut nama-nama musangnya :

1. Musang Pandan (musang kucing) dengan nama ilmiah Paradoxurus hermaphroditus.Musang Pandan yang mengeluarkan aroma pandan.

Biasanya hanya musang jantan yang tujuannya untuk memikat musang betina.Musang Pandan banyak ditemui di Sumatra, Jawa, dan Kalimantan.

2. Musang Bulan dengan nama ilmiah Puguma larvata. Musang Bulan paling selektif dalam memilih biji kopi yang ingin dimakannya.

Karena itu harga kopinya paling mahal.Jenis musang ini paling banyak ditemui di Asia Timur dan Asia Tenggara.

3. Musang Rase dengan nama ilmiah Viverricula malaccensis. Musang Rase paling banyak ditemui di Semenanjung Malaya, Sumatra, Jawa, Bali, dan Asia Tenggara.

Pemberian Makan pada Musang 

Buah kopi merah yang telah disortir dengan cara perendaman selanjutnya dibagikan kedalam wadah untuk diberikan kepada musang / luwak.

Dalam hal ini, peternakan di lampung barat menggunakan musang / luwak jenis binturong.

Dan bulan yang mana dari beberapa jenis musang yang ada, hanya kedua jenis ini yang merupakan pemakan kopi.

Dalam Proses ini, musang / Luwak sangatlah berperan penting dimana indra penciumanya akan digunakan dalam mensortir buah kopi.

Dengan tingkat kematangan sempurna yang mana musang / luwak ini menyukai rasa manis dari buah kopi yang benar-benar matang.

Biji kopi yang benar-benar tertelan selanjutnya mengalami proses fermentasi didalam lambung musang.

Yang selanjutnya akan dikeluarkan kembali bersama dengan kotoran (kopi luwak).

Penyucian Kopi Dalam Proses Pembuatan Kopi Luwak

Bagi umat muslim, kehalal-an adalah hal penting yang harus diperhatikan. Sebelumnya saya telah menyinggung mengenai penyucian yang dapat dilakukan dengan dua versi.

Yakni penyucian dengan pencucian kotoran secara langsung sebagaimana yang telah dijelaskan dalam pembuatan gabah kopi luwak.

Lalu bagaimana penyucian ini dilakukan jika proses pembuatan melalui proses pembuatan raw beans?.

Jawabnya adalah pencucian yang dilakukan sebanyak 7x yang salah satunya di campur tanah seperti tuntunan dalam syariat Islam sebelum dilakukan penggorengan (roasting).

Pembubukan dan Pengemasan Kopi Luwak

Proses pembubukan dapat dilakukan dengan cara manual menggunakan penumbuk.

Yang dalam bahasa traditional di sebut lesung atau dilakukan dengan cara modern menggunakan alat.

Setelah bubuk kopi luwak sudah didapatkan, selanjutnya akan dikemas dengan menggunakan aluminium foil.

Penggunaan kemasan dengan bahan aluminium foil dapat menjaga kesegaran kopi baik kualitas maupun aroma yang menjaga keawetan kopi tersebut dalam waktu yang relatif lama.

Penutup Proses Pembuatan Kopi Luwak

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan mengenai proses pembuatan kopi luwak.

Apabila ada kesalahan di artikel saya,saya mohon maaf.Sekian dan Terimakasih.

 

 

 

 

 

 

 

Cara Membuat Kopi Bubuk yang Super Enak dan Nikmat

Cara membuat kopi bubuk ini sangatlah mudah kawan.Kopi bubuk ini sangatlah nikmat bila diseduh saat sedang hujan.

Proses pembuatan kopi bubuk ini tentunya berbeda dengan proses pembuatan kopi luwak. 

Cara membuat kopi bubuk ini biasanya di buat dengan cara tradisional dan modern dengan menggunakan mesin.Langsung saja kita simak cara membuat kopi bubuk.

Asal Usul Tanaman Kopi

cara membuat kopi bubuk

Siapa tak kenal minuman kopi? Kopi di kenal sebagai sebuah minuman yang kerap diminum sebagai teman membaca, menulis dan bekerja.

Darimana kah asal muasal kopi ditemukan? Ada banyak jenis kopi dan banyak jenis entitas tanaman kopi yang tersebar di seluruh dunia.

Arabica dan Robusta merupakan dua jenis kopi yang banyak sekali tersebar di negara-negara yang ada di dunia.

Tapi, darimana sebenarnya ini berasal? Beberapa orang Eropa beranggapan bahwa asal muasal bahwa mereka menemukan tanaman kopi adalah di Yaman. Ya, Yaman.

Kenapa bukan Brazil? Columbia? Argentina? Bukan kah sekarang ini ada banyak sekali kopi yang berasal dari negara tersebut sebagai salah satu kopi terbaik di dunia?

Banyak orang Eropa yang beranggapan bahwa tanaman kopi ini berasal dari Yaman, berada di dekat semenanjung Arab.

Disanalah orang Eropa pertama kali menemukan kopi dibudidayakan. Tapi faktanya,secara biologis tanaman kopi ini berasal dari dataran tinggi di wilayah Ethiopia Tengah.

Lokasi nya berada di beberapa ribu meter di atas permukaan laut. Disana ditemukan bahwa tanaman ini tumbuh secara liat di hutan yang dikelilingi oleh pepohonan di hutan hujan (hutan tropis).

Tapi mengapa orang-orang Eropa bisa menemukan tanaman Kopi Arabica yang mempunyai  citarasa terbaik dari ratusan spesies kopi.

Dan kopi yang mengaitkan dunia dengan kopi dibudidayakan di dataran Yaman apabila itu didapatkan dari wilayah Ethiopia Tengah?

Bagaimana cara mereka membawa tanaman kopi disaat menyebrangi Laut Merah yang kondisinya tidak menentu?

Sebenarnya tidak ada jawaban pasti tentang pertanyaan itu.Tetapi apabila kita memilih untuk melihat secara historical evidence.

hal ini dapat disangkutkan ke dalam peristiwa dan fakta bahwa Ethiopia pernah memprakarsai wilayah Arabia Selatan.

Hal Unik dari Kopi Bubuk

Di bawah ini beberapa hal unik dari kopi :

1. Sempat Dilarang di Beberapa Negara

Melihat betapa normalnya konsumsi kopi pada zaman sekarang, agak susah untuk membayangkan bahwa ternyata dulu konsumsi kopi sempat dilarang di beberapa negara.

Pada tahun 1511, kopi untuk pertama kalinya tidak diperbolehkan ada di Mekah karena para ulama menganggap bahwa kopi dapat merangsang pikiran-pikiran radikal.

Warga di Italia dan Turki juga sempat mempercayai bahwa kopi merupakan minuman yang menyesatkan.

Bahkan, pada abad 17, Raja Murad IV dari Dinasti Ottoman menetapkan hukuman keras bagi warganya yang ketahuan mengonsumsi kopi.

2. Bukan Kafein, Melainkan Adenosine

Mayoritas orang mengonsumsi kopi karena menganggap bahwa kandungan kafein di dalamnya dapat menghilangkan rasa kantuk.

Padahal, bukan kafeinlah yang menjadi penyebab utamanya. Saat melakukan aktivitas, otak akan menjadi aktif dan melepaskan neuron-neuron yang memproduksi adenosine.

Secara otomatis, sistem saraf Anda akan memonitor kadar adenosine tersebut.

Jika dirasa meningkat, kinerja otak akan menurun, menyebabkan timbulnya kantuk.

Namun, karena kafein dari kopi menempel pada reseptor adenosine, otak tidak dapat mendeteksi kadar adenosine sehingga tetap berfungsi secara maksimal.

3. Jenis Kopi Paling Populer di Dunia

Jika mengaku sebagai seorang pecinta kopi, Anda tentu tahu jenis kopi apa yang paling populer dikonsumsi di dunia.

Tidak, Starbucks bukanlah jenis kopi yang dapat menjawab pertanyaan tersebut.

Ternyata, dari lebih 50 spesies kopi di seluruh dunia, hanya ada dua jenis kopi yang paling populer digunakan untuk produksi komersil, yakni Arabica dan Robusta.

Apabila Arabica memiliki rasa yang lebih kaya akan aromanya yang lebih kencang.

Maka rasa kopi Robusta cenderung lebih ringan dengan level acidity yang relatif rendah.

Sedangkan, kopi Arabica mengandung kadar kafein yang 50% lebih sedikit dari Robusta.

4. Tidak Semua Negara Bisa Menjadi Produsen Kopi

Saat melakukan traveling, rasanya tidak ada kota yang tidak memiliki kedai kopi, baik dalam bentuk lokal ataupun franchise internasional.

Meski begitu, tidak semua negara dapat menjadi produsen kopi karena tanaman kopi hanya dapat tumbuh di daerah tropis.

Hal tersebut disebabkan oleh kebutuhan tanaman kopi akan cahaya matahari yang berlimpah agar dapat menghasilkan biji berkualitas.

Umumnya negara-negara penghasil kopi yang berada di garis khatulistiwa, membentuk garis lingkaran dalam peta yang disebut dengan “sabuk kopi”.

Indonesia merupakan salah satu negara yang termasuk dalam salah satu negara pembentuk “sabuk kopi” tersebut.

Sedangkan, predikat negara penghasil kopi terbesar dipegang oleh Brasil.

Cara Membuat Kopi Bubuk

1. Cara Membuat Kopi Bubuk dengan Cara Modern

  •  Pilih Biji Kopi

Biji kopi yang belum dipanggang masih mentah dan disebut “hijau”. Anda membutuhkan biji kopi hijau untuk dipanggang.

Pemilihan biji kopi tergantung pada pilihan favorit Anda, misalnya Kenya, Ethiopia, atau Jamaican.

Sampling biji kopi mungkin pilihan tepat jika Anda belum yakin mana biji kopi favorit Anda.

  • Atur Proses Pemanggangan

Untuk memanggang biji kopi hijau, Anda memerlukan loyang logam berlubang, spatula, dan saringan logam.

Pastikan lubangnya tidak cukup besar sehingga biji kopi takkan terjatuh. Panaskan oven sampai 230 derajat Celsius.

Tuang biji kopi hijau ke loyang tanpa menumpuknya, lalu masukkan ke dalam oven.

  • Panggang untuk Kesempurnaan

Setelah dipanggang beberapa menit dalam oven, biji kopi mulai retak. Jika biji mulai retak, berarti biji akan semakin cepat berubah warna menjadi gelap.

Aduk-aduk dengan spatula setiap satu menit untuk memastikan semua bagian terpanggang.

Prosesnya mememakan waktu sekitar 10 sampai 15 menit untuk mendapatkan warna yang diinginkan.

Setelah kacang terpanggang, keluarkan dari oven dan letakkan ke saringan berlubang.

  •  Dinginkan

Proses pemanggangan biji kopi akan terus berlangsung hingga suhunya benar-benar dingin.

Jadi pindahkan biji kopi yang sudah dipanggang ke dalam saringan untuk membantu mempercepat proses pendinginan.

Jika Anda memiliki dua saringan, pindahkan dari satu saringan ke saringan lainnya, berulang kali.

Ini merupakan cara terbaik mendinginkan biji kopi. Jangan dinginkan di dalam lemari es.

Karena membuatnya lembap. Setelah dingin, simpan dalam toples yang tertutup rapat.

  • Tunggu, Kemudian Seduh

Meskipun tidak begitu diperlukan, biarkan biji kopi yang sudah dipanggang beristirahat selama 24 jam untuk menciptakan rasa yang optimal. Setelah itu, biji kopi siap digiling.

2. Cara Membuat Kopi Bubuk dengan Cara Tradisional

  • Perhatikan Bahan Kopi

Resep membuat kopi yang pertama adalah dengan memperhatikan bahan kopi yang enak.

Anda bisa untuk memilih bahan kopi yang akan dibuat sebagai olahan minuman yang mengandung kafein ini.

Pilihlah bahan kopi terbaik dan kopi asli untuk menghasilkan rasa kopi yang lebih enak ketika diminum oleh penikmat kopi.

  • Cara Penyeduhannya

Untuk membuat kopi ini Anda tidak menggunakan mesin tetapi menggunakan kompor biasa.

Cara mengolah kopi ini ketika akan diseduh juga harus diperhatikan dengan baik yaitu dengan membuat kopi dengan tepat.

Pertama Anda harus menyeduh air terlebih dahulu hingga panas dan kemudian baru memasukkan kopi yang diaduk ke dalam panci hingga mempunyai rasa kopi yang diinginkan.

Cara ini akan lebih nikmat dibandingkan dengan menyeduh kopi dan gula yang dimasukkan ke dalam cangkir dan baru untuk menyeduhnya dengan air panas.

  • Takaran Kopi dan Gula

Dan cara membuat kopi yang enak secara tradisional untuk proses terakhirnya adalah dengan memperhatikan takaran kopi dan gula.

Anda bisa untuk memilih berapa sendok kopi dan juga gula yang akan dimasukkan ke dalam air yang telah mendidih.

Sehingga Anda bisa untuk mendapatkan rasa kopi yang pas dan nikmat. Perhatikan juga mengenai selera orang yang akan dilayani.

Karena biasanya ada yang menginginkan kopi yang pahit dan juga berapa takaran gula yang dimasukkan ke dalam gelas kopi.

Dengan begitu pelanggan kopi akan lebih merasa puas karena disajikan kopi dengan rasa yang sesuai dengan seleranya.

Cara Membuat Kopi Bubuk di Berbagai Negara

  • Cara Membuat Kopi Bubuk di Vietnam

Di negara vietnam cara membuat kopi bubuk ataupun cara menyeduh kopinya dengan menggunakan cara tersendiri.

Yaitu dengan menggunakan metode filter atau penyaringan dan kemudian di beri susu ataupun creamer.

  • Cara Membuat Kopi Bubuk di Prancis

Di negara prancis cara membuat kopi atau menyeduhnya dengan cara freench press.

Sebenaranya metode ini sudah menjadi hak di berbagai negara manapun.

Namun metode ini sebenarnya metode penyajian kopi yang dilakukan di negara prancis.

  • Cara Membuat Kopi Bubuk di Amerika

Di Amerika ini,cara menyeduh kopinya berbeda sendiri ketimbang di negara lainya.Karena sudah terpesatnya teknologi di negara ini.

Maka dari itu cara menyeduh kopinya pun dengan menggunakan mesin yang super canggih.

Penutup Cara Membuat Kopi Bubuk

Demikian yang hanya bisa saya sampaikan,apabila ada salah kata dan kekuranganya pada artikel aku,aku mohon maaf.

Dan tak lupa juga kepada pembaca setia artikel aku ini,semoga makin betah iya dan ngga pindah ke lain hati hehe.Sekian dan terimakasih.

 

 

 

Cara Membuat Makanan dari Kentang yang Simple

Kali ini saya akan membahas tentang cara membuat makanan dari kentang nih.

Kentang menjadi salah satu bahan makanan yang mudah diolah. Beberapa masakan rumah juga sering menggunakan kentang sebagai bahan utama. kentang juga bisa jadi olahan yang menarik.

Selain membahas tentang cara membuat keju, saya akan membahas tentang cara membuat makanan dari kentang.

Kentang

cara membuat makanan dari kentang

Adalah tanaman yang memiliki umbi batang yang dapat dimakan dan disebut “kentang” pula. Umbi kentang sekarang sudah menjadi salah satu makanan pokok paling penting di Eropa walaupun pada awalnya didatangkan dari Amerika Selatan.

Penjelajah Spanyol dan Portugis pertama kali membawa ke Eropa dan mengembangbiakkan tanaman ini.tanaman kentang asalnya dari Amerika Selatan dan telah dibudidayakan oleh penduduk di sana sejak ribuan tahun silam.

Tanaman ini merupakan herba (tanaman pendek tidak berkayu) semusim dan lebih suka iklim yang sejuk. cocok ditanam didaerah tropis.

1.Cara Membuat Masakan dari Kentang Bola-Bola keju

Jenis kentang ini identik dengan digoreng menjadi olahan perkedel atau kentang goreng. Selain itu juga dijadikan isi sup. nah disini saya menghadirkan resep pilihan yang sangat simple diolah.

Bola-bola kentang Keju ini dapat menjadi salah satu pilihan camilan ataupun bekal untuk dibawa sekolah oleh buah hati.

bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 500gr kentang
  • 100gr keju potong kotak
  • 1 btr telur
  • 90 gr kobe tepung bakwan kress
  • 4 sdm air
  • 1 bungkus kobe breadcrumbs
  • garam secukupnya

Cara membuat bola-bola keju:

  1. Rebus kentang hingga matang dan haluskan dengan garpu saja.
  2. Kocok telur, bubuhkan lada dan garam secukupnya. Aduk hingga rata.
  3. Campurkan kobe tepung bakwan kress dengan air. Aduk-aduk lalu masukan ke dalam adonan kentang bersama dengan telur yang sudah dikocok. Aduk hingga rata.
  4. Ambil adonan secukupnya. Masukan potongan keju lalu bentuk bulat dengan bantuan 2 sendok. Kemudian digulingkan di atas kobe breadcrumbs.
  5. Goreng dengan api sedang hingga matang.
  6. Sajikan dengan saus sambal.

2.Cara Membuat Masakan dari Kentang Mashed Potato

Salah satu bahan makan pokok yang populer di luar negeri adalah kentang. Selain digoreng dan dipanggang, kentang juga biasa ditumbuk dan dicampur dengan bahan lain seperti susu, mentega, dan bumbu menjadi mashed potato.

bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 300 gr kentang
  • 125 ml susu cair
  • 2 sdm mentega
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • Lada hitam kasar (secukupnya)

cara membuat mashed potato:

  1. Kupas kentang lalu potong-potong. Rebus hingga empuk sekitar 15-20 menit. Angkat dan tiriskan. haluskan kentang dengan potato masher atau ulekan ataupun alat bantu lainnya.
  2. Dalam panci, hangatkan susu cair dan mentega. Angkat lalu tuang ke wadah kentang.
  3. Bumbui dengan garam dan merica. Aduk hingga rata sambil tekan-tekan dengan saringan halus dari besi agar hasilnya lembut dan lebih creamy.
  4. Siap disajikan dengan taburan lada hitam.

3.Cara Membuat makanan dari Kentang potato Wedges

Salah satu camilan yang terbuat dari kentang adalah potato wedges. Rasanya yang gurih ditambahkan bumbu lada hitam yang pedas, menjadikan camilan ini sulit ditolak.

bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 3 buah kentang ukuran sedang
  • 2 sdm olive oil
  • 4sdm tepung maizena/jagung
  • 1/2 sdt lada hitam bubuk
  • Garam (secukupnya)
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya)
  • Bubuk cabai (secukupnya, jika suka)
  • 1 sdt daun seledri kering bubuk

cara membuat potato wedges:

  1. Cuci bersih kentang. Potong memanjang menjadi 6 atau 8 bagian.
  2. Rendam kentang dengan air garam dan es kira-kira selama 20 menit agar kentang lebih renyah dan gurih.
  3. Panaskan air, rebus kentang yang telah direndam kira-kira selama 10 menit hingga matang dan empuk. Angkat, tiriskan.
  4. Masukkan kentang ke dalam wadah yang telah diberi olive oil.
  5. Campur tepung maizena dengan bubuk lada hitam, seledri kering, bubuk cabai dan kaldu ayam secukupnya.
  6. Masukkan kentang yang telah diberi minyak ke dalam adonan tepung ini. Campur hingga rata.
  7. Kentang bisa dimasak dengan cara dipanggang atau digoreng sesuai selera.
  8. Sajikan kentang yang telah dipanggang atau digoreng hingga berwarna kuning keemasan.

4.Cara Membuat Masakan dari Kentang Roschti

bahan-bahan yang diperlukan:

  • 6 buah kentang ukuran besar
  • 6 sendok makan mentega
  • 2 sendok makan air panas
  • Garam secukupnya
  • Laca secukupnya

Cara membuat roschti:

  1.  Rebus kentang dengan air mendidih yang sudah diberi garam selama 15 menit. Angkat, keringkan dan tunggu sampai dingin.
  2.  Kupas kulit kentang dan parut.
  3. Lelehkan tiga sendok makan mentega ke wajan, tuangkan 1/2 parutan kentang ke wajan dan bumbui dengan garam dan lada. Tambahkan mentega dan tuangkan sisa parutan kentang serta bumbui dengan garam dan lada lagi. Tuangkan dua sendok makan air panas. Tutup dan masak dengan api sedang hingga bagian bawah kentang berwarna kecokelatan. Balik dan kembali tunggu hingga sisi satunya juga berwarna kecokelatan.
  4. Angkat dan rosti siap disajikan.

5.Cara Membuat Stik Kentang Keju

bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 500 gram kentang
  • 100 gram tepung maizena
  • 50 gram keju parut
  • Garam (secukupnya)
  • Lada bubuk (secukupnya)
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya)
  • 1 batang daun seledri (cincang halus)
  • Minyak goreng

cara membuat stik kentang:

  1. Rebus atau kukus kentang hingga matang dan empuk. Kupas kulitnya, hancurkan kentang.
  2. Tambahkan tepung maizena, keju parut, garam, lada bubuk, kaldu ayam dan daun seledri ke dalam kentang yang sudah dihaluskan.
  3. Aduk semua bahan hingga rata dan pastikan rasanya pas.
  4. Cetak kentang dengan cara diambil sedikit dari wajan kemudian gulung-gulung pakai tangan sesuai selera.
  5. Panaskan minyak, dan goreng kentang keju hingga bagian luarnya kering dan berwarna kuning kecoklatan.
  6. Angkat kentang keju goreng yang matang, tiriskan.
  7. Kentang keju siap disajikan bersama saus sambal atau saus tomat.

6.Cara Membuat Masakan dari Kentang Kroket

Kalau kamu pecinta olahan kentang, tentu sudah nggak asing lagi dong dengan kroket kentang? Ya, cara membuat kroket kentang ini masuk ke negara kita saat penjajahan Belanda dan saat ini sudah menjadi satu makanan kesukaan masyarakat kita.

Pada zaman dahulu, yang bisa menikmati makanan yang bentuk fisiknya menyerupai lumpia dan risoles ini adalah orang-orang tertentu.

Kini cara membuat kroket kentang ini sudah menjadi kegemaraan banyak orang, terutama anak-anak yang suka dengan tekstur luarnya yang renyah tapi lembut di bagian dalamnya.

bahan-bahan yang diperlukan:

  • Kentang kukus 1/2 kg
  • Telur 2 butir.
  • Susu bubuk 25 gram.
  • Tepung panir secukupnya.
  • Garam, merica dan minyak goreng secukupnya.

bahan isian:

  • Bawang merah 3 biji
  • Bawang putih 2 siung
  • Mentega 1 sendok makan
  • Daging cincang 200 gram
  • Wortel  500 gram (potong kecil-kecil)
  • Susu 125 mililiter (bisa diganti dengan air)
  • Tepung terigu 1 sendok makan
  • Garam dan merica secukupnya

cara membuat kroket kentang

  1. Siram wortel dengan air panas, tiriskan.
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih dengan mentega, setelah harum baunya, masukkan daging cincang dan wortel.
  3. Tuangi susu, masukkan garam dan merica, sambil sesekali diaduk supaya jangan gosong.
  4. Masukkan tepung terigu sambil diaduk.
  5. Angkat dan dinginkan.
  6. Campurkan kentang dengan mentega, garam, susu bubuk merica dan 1 butir telur, aduk sampai rata dan sisihkan.
  7. Ambil 2 sendok makan kentang yang sudah dihaluskan tadi, bentuk dengan tangan berbentuk lonjong, lalu diisi dan kepalkan menjadi bulat.
  8. Ambil putih telur dan masukkan bulatan kroket ke dalamnya lalu gulingkan kedalam tepung panir.
  9. Goreng dalam minyak panas, sampai berwarna kuning kecoklat-coklatan.

7.Cara Membuat Masakan dari Kentang Donat

Donat merupakan salah satu panganan yang cukup populer di Indonesia. Panganan berbentuk bulat dengan bolong di tengahnya ini sangat digemari oleh berbagai lapisan golongan usia, mulai dari anak-anak hingga kakek-nenek.

Panganan ini juga tersedia di berbagai tempat, mulai dari lapak kaki lima di pinggir jalan hingga restoran bintang lima.

Jika pada jaman dahulu donat hanya dibuat dari tepung terigu saja, maka kini sudah banyak variasi bahan dasar untuk membuat donat.

Ada yang terbuat dari kentang, ubi, singkong, dan lainnya. berbagai macam donat tersebur memiliki citra rasa khas yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

bahan-bahan yang diperlukan:

  • 200 gram kentang
  • 500 gram tepung terigu
  • 100 gram gula pasir
  • 75 gram mentega
  • 100 ml air es
  • 11 gram ragi instan
  • 4 butir kuning telur
  • 50 gram susu bubuk
  • Minyak goreng secukupnya
  • Gula halus secukupnya

cara membuat donat keju:

  1. Pertama-tama kupas dan cuci semua kentang hingga bersih. Setelah itu rebus kentang tersebut hingga matang lalu tumbuk hingga benar-benar halus agar adonan donat nantinya cepat licin.
  2. Kemudian siapkan sebuah wadah yang besar lalu masukan tepung terigu, ragi instan, gula, dan susu bubuk ke dalamnya. Aduk-aduk semua bahan tersebut hingga semuanya tercampur secara merata.
  3. Lalu masukan kentang yang sudah dihaluskan tadi ke dalam wadah. dan pastikan kentang benar-benar halus dan dingin karena kentang yang panas dapat membuat raginya tidak dapat mengembang. Aduk-aduk kembali semua bahan tersebut hingga tercampur rata.
  4. Masukkan mentega, air es dan kuning telur ke dalam adonan tersebut lalu aduk-aduk kembali hingga adonannya menjadi kalis dan tidak lengket.
  5. Jika adonan sudah rata dan tidak menempel lagi di tangan, maka sudah dapat dibentuk donatnya. bagi adonan tersebut menjadi beberapa potong  sesuai dengan ukuran yang anda inginkan.
  6. Setelah itu diamkan kurang lebih 20-30 menit.
  7. Apabila donat sudah mengembang maka donat siap digoreng. panaskan minyak dalam wajan.
  8. Goreng hingga semua sisi berwarna kuning kecoklatan. lalu angkat dan tiriskan, dan taburi dengan gula halus. donat kentang siap disajikan.

8.Cara Membuat Makanan dari Kentang Sup Krim

Kentang yang super lembut dan gurih membuat sup ini makin enak dinikmati hangat-hangat. ketika tubuh kurang sehat, sup ini bisa juga  menjadi pembangkit selera. Taburan keju dan keripik kentang melengkapi kelezatannya.

bahan-bahan yang diperlukan:

  • 500 gr kentang kupas (potong-potong)
  • 1 sdm mentega
  • 1 siung bawang putih cincang
  • 20 gr bawang bombay cincang
  • 250 ml susu segar
  • 250 ml kaldu ayam
  • 2 sdm krim segar
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 lembar bay leaf
  • 1 sdt garam

pelengkap:

  • Keju cheddar parut
  • bread stik
  • keripik kentang

cara membuat sup krim kentang:

  1. Rebus kentang hingga empuk. Tiriskan.
  2. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga layu.
  3. Masukkan kentang rebus. Aduk hingga rata. Angkat.
  4. Tuang ke dalam mangkuk blender.
  5. Tambahkan susu. Proses hingga lembut.
  6. Tuang ke dalam panci. Tambahkan bahan lainnya.
  7. Didihkan, lalu angkat.
  8. Sajikan dengan Pelengkapnya.

7.Cara Membuat Makanan dari Kentang Hash Brown

Hash brown ini sekarang banyak dijual di supermarket dalam keadaan beku yang siap digoreng sendiri di rumah. Namun kita bisa membuat hash brown spesial sendiri dengan cara yang mudah.

Apalagi bahan dasar untuk membuat hash brown ini mudah di temukan di pasar tradisional maupun di pasar modern.

bahan-bahan yang diperlukan:

  • 3 buah kentang (parut kasar dan rendam dalam air)
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • Garam dan merica bubuk secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng

cara membuat hash brown:

  1. Tiris kentang yang direndam dan sudah diparut sampai benar-benar kering.
  2. Campur kentang, garam, merica, dan telur dalam sebuah mangkuk dan aduk sampai rata.
  3. Ambil 1 sendok makan adonan kentang dan bentuk kotak atau segitiga.
  4. Goreng adonan sampai cokelat keemasan dengan minyak panas.

8.Cara Membuat Masakan dari Kentang Potato Gratin

bahan-bahan yang diperlukan:

  • 1 sdm margarin, untuk mengoles
  • 500 g kentang, kupas iris tipis 0,5 cm
  • 125 g bawang bombai, iris tipis
  • 200 g keju-cheddar, parut
  • 1 sdt garam
  • ¼ sdt merica bubuk
  • ¼ sdt pala-bubuk
  • 200 ml susu-cair
  • 150 ml krim kentang

cara membuat potato gratin:

  1. Olesi pinggan tahan panas dengan volume 1.500 ml dengan margarin.
  2. Atur membentuk lapisan dalam pinggan berturut-turut: kentang, bawang bombai, lalu taburi ¼ bagian keju.
  3. Taburi setiap lapisan dengan garam, merica, dan pala. Terakhir lapisi dengan kentang (saling bertumpuk).
  4. Campur susu dan krim kental dalam wadah, aduk hingga tercampur. Tuang ke atas kentang di dalam loyang. Taburi permukaannya dengan sisa keju parut.
  5. Panggang dalam oven hingga kentang matang dan permukaannya kecoklatan (60 menit).
  6. Keluarkan pinggan dari oven, lalu hidangkan potato gratin selagi panas.

Peluang Usaha Makanan dari Kentang:

Bisnis dengan berbahan kentang mempunyai prospek yang sangat tinggi sehingga menjanjikan untuk dikerjakan. Siapa saja dapat menjalankan usaha kentang goreng, dengan kreatifitasnya masing – masing tentu nanti akan bisa menghasilkan kentang goreng yang nikmat.

Rasa renyah yang dihasilkan oleh kentang ini mampu membuat saat santai dan waktu makan menjadi semangat, terlebih lagi kentang memiliki kandungan gizi dan karbohidrat yang tinggi.

Usaha dengan berbahan kentang dapat dikembangkan dengan mudah dan meluas karena proses pengolahan kentang cukup simple dan banyak orang peminatnya.

Konsumen Usaha Kentang

Bahan dari kentang ini menjadi makanan yang banyak disukai dari aneka jenis golongan usia. Kandungan gizi yang tinggi membuat banyak kalangan memilih kentang goreng sebagai menu makanan.

Biasanya kentang juga sangat nikmat bila disajikan sebagai menu camilan ditambah dengan saus cocolan. Mulai dari anak – anak hingga orang tua dapat mengkonsumsinya.

Sehingga usaha makanan berbahan kentang sangat mudah dalam mencari konsumen. Bagi calon pengusaha tidak perlu risau dalam mencari konsumen karena semua kalangan menyukai kentang.

Tempat Usaha

Supaya produk usaha cepat dikenal masyarakat maka membutuhkan lokasi usaha yang tepat. Oleh sebab itu jika anda ingin menjalankan usaha pilihlah lokasi usaha yang ramai dan startegis.

Tempat yang paling sesuai untuk digunakan sebagai usaha berbahan kentang adalah di pinggir jalan, dekat dengan kampus dan sekolahan, perkantoran, dekat dengan perumahan warga dan sebagainya.

Asalkan tempat untuk berjualan ramai dan biasa dilalui masyarakat tentu usaha bisa dikenal dengan sendirinya.

Bahan Baku

Jika ingin menghasilkan produk kentang yang berkualitas maka gunakan bahan kentang berkualitas. Kentang dengan kualitas bagus akan menghasilkan rasa kentang goreng yang enak, gurih dan sedikit rasa manis.

Pilih kentang dengan ukuran cukup besar agar nantinya memudahkan proses pemotongan. kentang pun sekarang banyak dijumpai dengan mudah diberbagai toko.

 

Jadi itu tadi berbagai cara membuat makanan dari kentang yang sangat mudah. Selamat mencoba!

Macam-Macam Cara Bikin Kebab Turki yang Enak

Disini saya akan membahas tentang cara bikin kebab yang sangat mudah, dan tentunya nisa juga jadi bahan bisnis anda.

Kebab di indonesia sering dikenal sebagai jajanan pinggir jalan yang biasa dijual pada malam hari, seperti halnya dengan martabak. makanan ini berasal dari bahasa persia atau arab yang berarti daging yang digoreng.

Kabbaba atau kebab sendiri berasal dari perkataan aramaic yang berarti menggosongkan atau membakar. kata kebab ini kemudian lebih dikenal dari kata shiwa yang berarti daging yang dipanggang.

Pada perkembangannya, terdapat macam-macam jenis kebab. Seperti tas kebab (kebab dalam mangkuk) dan kebab mesir yang dihidangkan dengan bawang bombay atau dikenal dengan kebab halla.

Yang lebih populer lagi sekarang sudah ada kebab asal turki.

Aslinya daging kebab dipanggang, dan disajikan dengan roti pita, paprika, dan juga saus. dalam perkembangannya mengalami penyesuaian dan pencampuran dengan kebiasaan masyarakat Jerman.

Kebab

cara bikin kebab

Kebab adalah penganan cepat saji terdiri atas daging sapi yang dipanggang seperti satai kemudian diiris-iris ditambah dengan sayuran segar dan mayones, lalu dibalut dengan kulit tortila.

Hidangan ini umum dijumpai dalam masakan laut tengah, masakan kaukasus, masakan asia tengah, masakan asia selatan, masakan asia tenggara, dan masakan beberapa negara di afrika.

Daging yang umum dipakai untuk membuat kebab adalah daging domba dan daging sapi, atau bahkan kadang-kadang daging kambing, daging ayam, ikan, atau kerang. kebab daging babi dikenal dalam masakan dinegara india, bulgaria dan beberapa lainnya.

Kebab adalah penganan cepat saji terdiri atas daging sapi yang dipanggang seperti satai kemudian diiris-iris ditambah dengan sayuran segar dan mayones, lalu dibalut dengan kulit tortila.

Hidangan ini umum dijumpai dalam masakan laut tengah, masakan kaukasus, masakan asia tengah, masakan asia selatan, masakan asia tenggara, dan masakan beberapa negara di afrika.

Daging yang umum dipakai untuk membuat kebab adalah daging domba dan daging sapi, atau bahkan kadang-kadang daging kambing, daging ayam, ikan, atau kerang. kebab daging babi dikenal dalam masakan dinegara india, bulgaria dan beberapa lainnya.

Sejarah kebab

Makanan yang berasal dari timur tengah ini menurut sejarahnya berasal dari turki. namun ada juga yang mengatakan bahwa berasal dari arab yang dikenal dengan kabbeh. Makanan khas ini mulai meluas ketika para pedagang turki mengadakan kontak dengan masyarakat kota berlin sekitar abad 18.

Dimana kebab disajikan juga dengan aneka roti dan salad. proses  pemanggangan daging kebab pun sudah mulai berkembang dari tradisional ke pola modern menggunakan pemanggangan elektrik maupun pemanggangan gas.

Saat ini kebab dijerman mampu menyaingi hamburger yang sudah lama mereka kenal. kali ini kebab telah merambah berbagai belahan dunia, eropa barat, eropa timur, amerika, kanada, australia, jepang, cina, malaysia, dan indonesia.

Makanan ini sudah tidak asing lagi buat mereka. mahasiswa dari ubekistan yang kuliah di Indonesia, akan langsung menunjuk kebab sebagai pilihan makanan ringan mereka tanpa bertanya-tanya lagi apa itu kebab.

Bahkan ketika melihat cara penyajiannya pun mereka tidak merasa heran kendati polanya berbeda dengan negara asalnya. cara penyajian pada kebab memang  antara satu negara dengan negara lain berbeda-beda.

Karena biasanya diadaptasikan dengan kebiasaan setempat atau disesuaikan dengan kondisi masyarakatnya. diindonesia saat ini kebab mudah ditemui di pinggir-pinggir jalan.

Menggunakan counter yang bergerak dari para penjaja menyajikan kebab dengan versinya masing-masing. biasanya menggunakan alat pemanggang atau burner yang ukurannya sudah dimodifikasi. lebih sedikit kecil dari pada ukuran aslinya.

Daging yang sudah giling dan juga berbumbu dipanggang dan dipotong tipis-tipis  dan disajikan dengan sayuran dan sauce yang dibungkus roti pita atau sejenisnya. sedangkan pada Kebab Crush Zone memilih pendekatan lain.

Lalu daging yang telah berbumbu dicetak dan dipotong memanjang dengan ukuran agak tebal. daging dipanggang dengan alat panggangan anti lengket dan disajikan dengan berbagai sayuran seperti, irisan timun, tomat dan berbagai sauce pilihan, serta dibungkus roti tortila khas meksiko.

1.Cara Bikin Kebab Turki

bahan-bahan yang diperlukan:

  • Kulit kebab atau tortila
  • Daging kebab.
  • Daun selada.
  • Mentimun.
  • Buah tomat.
  • Saus tomat.
  • Saus sambal.
  • Mayonaise.
  • Keju.

Langkah bikin kebab turki:

  1. Siapkan kulit kebab yang telah matang.
  2. Daun selada diletakkan diatas kulit kebab, kemudian iris-iris buah tomat sesuai selera. ambil beberapa irisan tomat dan letakkan di atas daun selada.
  3. Iris mentimun, ambil beberapa irisan, dan letakkan diatas dua sayuran lainnya.
  4. Selanjutnya iris daging kebab tipis-tipis dan letakkan diatas sayur-sayuran, lalu parutkan keju secukupnya diatas daging kebab.
  5. Tambahkan saus tomat, saus sambal dan mayonaise secukupnya.
  6. Kemudian gulung kulit kebab hingga memanjang.
  7. Langkah selanjutnya, siapkan wajan atau teflon, panaskan di atas api sedang, kemudian lelehkan margarin dan letakkan gulungan kebab.
  8. Panaskan hingga kulit kebab agak garing, dan gelembung-gelembung pada kulit kebab berwarna kecokelatan. Kebab pun siap disajikan.

2.Cara Bikin Kebab Ayam

bahan kari ayam:

  • 250 gram daging ayam (Giling)
  • 2 siung bawang putih (potong kasar)
  • 1 buah bawang bombay (potong halus)
  • ¼ sendok teh merica bubuk
  • ½ sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • ½ sendok teh pala bubuk
  • 2 sendok makan minyak goreng

bahan pelengkap:

  • 100 gram daun selada (iris halus)
  • 75 gram saus tomat
  • 75g ram mayonaise
  • 2 buah tomat (bersihkan bijinya kemudian potong kecil-kecil)
  • kulit kebab

langkah bikin kebab ayam:

  1. Ambil adonan anda, kemudian bagi menjadi 10 bentuk bulat. sesudah terbentuk, lalu ambil satu adonan dan giling hingga pipih dan memiliki diameter yang cukup lebar untuk membungkus isian kebab anda nanti.
  2. Panaskan wajan datar yang telah diolesi minyak.
  3. Setelah panas kemudian anda letakkan adonan yang telah di giling pipih tadi diatasnya.
  4. Balikan adonan sehingga kedua sisinya matang secara merata. Jangan lupa untuk kembali mengolesi minyak sebelum membalik adonan agar tidak lengket.
  5. Lakukan kepada semua adonan sampai habis. Ambil lembaran kulit adonan buatan anda kemudian anda siapkan untuk mengisinya.
  6. Tata berbagai macam isian seperti selada, tomat, ayam kari mayonaise serta saus tomat. Pastikan rapih dan tidak terlalu banyak.
  7. Setelah dirasa cukup anda bisa melipatnya dengan bentuk corong.
  8. Kebab buatan anda siap disajikan.

3.Cara Bikin Kebab Kathi Turki

bahan-bahan yang diperlukan:

  1. 150 gr dada ayam (potong dadu)
  2. 50 gr kentang (pot.dadu)
  3. 50 gr wortel (pot.dadu)
  4. 2 sdm Bumbu Kare
  5. secukupnya garam dan gula

pelengkap:

  1. 1-2 lembar chappati / tortilla wrap
  2. 1 butir telur
  3. Bawang Bombay
  4. Keju parut
  5. mayonais
  6. Selada

cARA BIKIN KEBAB KATHI:

  1. pertama masak bersamaan ayam, wortel, kentang dengan bumbu kare sampai matang. bumbui garam gula dan lada secukup nya. lalu angkat.
  2. Siapkam tortila wrap. Letakkan tortila wrap di atas teflon dengan api kecil. Pecahkan telur di atas tortilla wrap, lalu kocok telur di atas wrap seperti mengocok dadar biasa.
  3. Setelah telur mengental balik wrap sehingga posisi telur di bawah wrap. Kemudian angkat.
  4. Letakkan wrap berlapis telur pada piring saji, beri isian dan pelengkap, kemudian Gulung dan bakar di atas teflon kembali sampai kecoklatan. Dan kathi roll siap di sajikan.

4.Cara Bikin Kebab Pisang

bahan-bahan yang diperlukan:

  • 2 bungkus kobe tepung pisang goreng crispy
  • 300 ml susu cair tawar (full cream)
  • 1 butir telur
  • 4 sendok makan margarin (cairkan)

bahan isian:

  • selai blueberry secukupnya
  • 3 buah pisang raja (kukus)
  • coklat masak secukupnya (potong memanjang menjadi 6 bagian)
  • keju mozarella secukupnya (potong memanjang menjadi 3 bagian)

langkah bikin kebab pisang:

  1. Campurkan kobe tepung pisang goreng crispy, susu cair, telur dan margarin. Aduk hingga tercampur rata.
  2. Panaskan teflon. Buat dadar sedikit tebal. Lakukan hingga adonan habis.
  3. Ambil selembar kulit yang sudah didadar. Olesi dengan selai blueberry. Tata pisang, potongan cokelat dan keju mozarella.
  4. Lipat kulit bagian kanan dan kiri menyerupai segitiga. Lakukan sampai selesai.
  5. Panaskan teflon dan beri sedikit margarin. Panggang kebab hingga matang.
  6. Angkat dan letakkan di piring saji. Kebab Pisang siap dihidangkan.

5.Cara Bikin Kebab Doner

bahan-bahan yang diperlukan:

  • 5 lembar tortilla
  • 1 sendok teh margarin
  • 25 gr selada, iris tipis
  • 25 gr timun, iris tipis
  • 1 sendok teh saus tomat
  • 1 sendok makan mayones
  • 25 gr tomat, iris tipis

bahan daging kebab:

  • 1/2 kg daging sapi, iris melintang serat
  • 2 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 1/2 sendok teh ketumbar
  • 100 cc yogurt
  • 3 buah cabai merah
  • Garam dan lada secukupnya

langkah bikin kebab doner:

  1. pukul-pukul daging hingga agak melebar, haluskan cabai merah, bawang putih, jahe, dan ketumbar. Campur daging sapi dengan bumbu halus, beri yogurt, garam, dan lada secukupnya. Diamkan kurang lebih 10 menit. Setelah bumbu meresap, panggang hingga matang.
  2. Letakkan tortilla di atas piring, tata sayuran di tengahnya dengan bentuk memanjang.
  3.  tambahkan saus tomat dan saus sambal di atas sayuran, lalu ditambah daging kebab di atasnya, ratakan.
  4. Semprotkan mayones di atas daging, gulung, dan padatkan.
  5. Panaskan margarin, panggang kebab Turki hingga kecokelatan, angkat.

6.Cara Bikin Kebab Frozen

bahan-bahan yang diperlukkan:

  • 100 gr daging sapi
  • ¼ buah bawang bombay
  • 1 siung bawang putih
  • Pala bubuk 1/4 sdt atau sejumput pala bubuk
  • Ketumbar 1/4 sdt
  • Merica bubuk 1/4 sdt
  • Cabai bubuk 1/4 sdt
  • Kayu manis 1/4 sdt
  • garam secukupnya
  • tortilla

pelengkap:

  • Selada
  • Keju
  • Tomat
  • Saos cabai
  • mayonise

langkah bikin kebab frozen:

  1. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga wangi. Kemudian masukkan semua bumbu rempah dan tumis hingga wangi.
  2. Masukkan daging. Masak hingga matang.
  3. Ambil tortila yang sudah jadi, tambahkan selada, keju, saus cabai, dan mayones.
  4. Lalu isi dengan bahan isian yang telah matang.
  5. Gulung dengan rapi.
  6. Masukkan ke dalam freezer.
  7. Jika ingin menyantap anda tinggal memanggangnya sebentar.

7.Cara Bikin Kebab Mini Sosis Keju

bahan-bahan yang diperlukan:

  • Keju slices
  • Sosis
  • Sayuran selada, tomat
  • Saus sambal
  • Saus tomat
  • Mayonais
  • tortilla

cara bikin kebab mini sosis keju:

  1. Letakan tortilla di bagian paling dasar, olesi saus sambal, saus tomat dan mayonais.
  2. Sayuran seperti selada dan tomat tumpuk di atasnya.
  3. Kemudian tumpuk keju slices di atasnya.
  4. Setelah itu tumpuk sosis lalu gulung hingga sosisnya berada di bagian tengah gulungan.
  5. Potong menjadi 2 bagian lalu tusuk masing-masing gulungan dgn tusuk gigi.  Sajikan.

8.Cara Bikin Kebab Durian

bahan-bahan yang diperlukan:

  • 5 lembar kulit kebab
  • 100 gram cream cheese
  • 200 gram daging durian
  • 30 gram gula halus
  • 5 sdm susu kental manis
  • Kismis secukupnya
  • Stroberi secukupnya

langkah bikin kebab durian:

  1. Pertama siapkan mangkuk. Masukkan cream cheese, susu kental manis, dan gula halus. Kemudian, aduk menggunakan balloon whisk hingga semua bahan tercampur rata.
  2.  Selanjutnya siapkan stroberi dan potong kecil-kecil. Setelah itu masukkan stroberi dan kismis ke dalam adonan yang sudah dibuat tadi ya, Bunda. Aduk kembali hingga semua bahan menyatu.
  3.  Siapkan teflon. Masukkan kulit kebab. Setelah itu panggang hingga kulit kebab berubah warna menjadi kecokelatan. Lakukan hal yang sama hingga semua bahan habis.
  4.  Ambil kulit kebab yang sudah dipanggang tadi. Kemudian taruh durian dan adonan cream cheese secara memanjang. Setelah itu, lipat dengan rapi. Lakukan hal yang sama hingga semua bahan habis.
  5. Siapkan piring saji. Lalu olesi dengan cream cheese. Taruh kebab isi durian di atasnya. Jangan lupa tambahkan edible flowers sebagai hiasan.
  6. Selamat menikmati.

Peluang Usaha Kebab:

Cita rasa kebab yang sangat istimewa ini membuat makanan begitu semakin popular. tampilannya dengan daging tusuk yang dipanggang membuat masakan ini sangat familiar.

Kelezatan kebab tampil menggoda membuat bisnis makanan ini turut diperhitungkan. Peluang bisnis kebab dapat dibilang menjadi salah satu peluang yang menguntungkan.

Dimana usaha kebab dapat anda jalankan dengan mudah begitupun dengan pemasarannya. Sehingga tak heran jika usaha kebab laris manis di tengah masyarakat. Peminat kebab yang tak pernah menurun membua bisnis kebab memag patut diperhitungkan.

Bagi anda yang memiliki ketertarikan dalam menjalankan usaha kebab memang patut mendalaminya lebih dalam. usaha kebab menjadi sebuah referensi bisnis makanan asing yang popular serta memiliki pasar yang luas.

Perkembangan bisnis kebab yang sangat bagus membuat usaha kebab pas menjadi pilihan bisnis anda. apakah anda memiliki ketertarikan dalam menjalankan usaha kebab ini?

Mendalami bisnis kebab lebih dalam penting untuk Anda lakukan sebelum Anda terjun kedalamnya. belajar bisnis kebab memang tidak akan susah, jika Anda memiliki minat yang tinggi.

Dalam menjalankan usaha kebab juga membutuhkan beberapa modal yang diperlukan. Berbekal uang 2 hingga 3 jutaan Andapun bisa memulai bisnis kebab dengan langkah mudah.

Peruntungan bisnis kebab memang wajib dicoba untuk Anda yang memiliki ketertarikan menjalankan usaha kebab.  ada juga hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan usaha ini. simak baik-baik ya.

1.Bahan Baku Kebab

Membuat sajian kebab sendiri membutuhkan pula bahan baku dalam pembuatannya. dimana bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan  kebab ini menggunakan daging, bawang putih, penyedap,dan bumbu lainnya. bahan membuat kebab ini mudah dicari dipasaran.

2.Peralatan Pembuatan Kebab

Dalam menjalankan usaha kebab ini juga membutuhkan beberapa perlengkapan yang diperlukan. adapun peralatan usaha yang diperlukan mulai dari mesin kebab, pan, pisau, panci, wajan, giling bumbu, piring, sendok dan juga peralatan lainnya.

3.Harga Jual Kebab

Untuk harga jual kebab sendiri dapat menyesuaikan harga yang ada di pasaran. kebab biasanya dijual dalam per porsinya mulai dari harga Rp 18.000 hingga Rp 30.000 yang lengkap.

4.Lokasi Bisnis Kebab

Lokasi yang digunakan dalam berjualan kebab ini bisa memilih tempat-tempat yang ramai dengan banyak orang. anda bisa membuka warung ataupun restoran kecil.

Cara pemarannya bisa Anda lakukan dengan menjual sajian kebab dengan memanfaatkan berbagai media sosial mulai instagram, facebook, twitter ataupun bbm. Memasarkan kuliner kebab dengan menggunakan website jual beli juga bisa anda lakukan.

Selain membahas kebab, saya akan membahas tentang es cendol.

Demikian itu tadi macam-macam cara bikin kebab yang pastinya simple dan gampang. selamat mencoba!

Macam-Macam Cara Membuat Tepung yang Mudah

Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat tepung yang mudah.

Banyak orang dari kita mungkin berpikir bahwa tepung diolah di suatu tempat oleh peri yang bekerja lembur di pabrik. akan tetapi faktanya kalian  bisa membuatnya sendiri dalam waktu singkat.

Sebenarnya hampir semua dapat diubah menjadi tepung. seperti berondong jagung, quiona, dan kacang polong sampai dengan yang lebih tradisional seperti beras, gandum, havermut, dan jelai.

Beri gandum (biji gandum) utuh, havermututuh segar, beri gandum hitam utuh dan sejenisnya secara umum bisa ditemukan di toko-toko makanan sehat, dijual dalam jumlah besar. Biji-bijian tersebut berwarna putih, coklat muda, ungu atau kekuningan.

Jika sebelumnya saya membahas tentang resep masakan sehat, kali ini saya akan membahas tentang cara membuat tepung.

Tepung

cara membuat tepung

Adalah partikel padat yang berbentuk butiran halus atau sangat halus tergantung proses penggilingannya. biasanya tepung diperlukan untuk kebutuhan rumah tangga, penelitian, dan lain-lain.

Tepung juga bisa berasal dari bahan nabati misalnya tepung terigu dari gandum, maizena dari jagung, tapioka dari singkong,atau bahkan hewani misalnya tepung ikan dan lainnya.

1.Cara Membuat Tepung Terigu

Munculnya tepung terigu ini memang menjadi solusi yang bermanfaat dalam membuat macam produk kuliner sehingga menghasilkan kuliner yang enak, terutama kuliner kue.

Tahapan membuat tepung terigu:

  1. Tahapan awalnya adalah proses seleksi gandum, dalam proses ini memang harus dilakukan penyeleksian yang bertujuan untuk memilih gandum yang berkualitas agar hasilnya nanti juga berkualitas. kalian harus mengklasifikasikan gandum yang dipanen ke dalam kreasinya sendiri agar memudahkan proses nya.
  2. Pada proses pembersihan dilakukan setelah gandum sudah di seleksi sebab gandum yang baru dipanen pastinya masih kotor dan bercampur dengan bebatuan, debu dan lain sebagainya. Dalam proses ini juga gandum harus diberi cairan agar kulit ari gandum bisa di proses dengan mudah.
  3. Gristing adalah proses mencampurkan gandum dengan sejumlah gluten atau jenis gandum lain nya. Pada tahapan ini bertujuan agar memperoleh kandungan tepung terigu yang sesuai dengan keinginan. Misalnya saja untuk mendapatkan tepung terigu yang berprotein tinggi harus di tambahkan gluten dengan kadar protein yang tinggi juga.
  4. Tahapan ke empat adalah proses penggilingan atau bisa disebut dengan milling. Dalam hal ini ada 2 tahapan yang bisa anda ketahui. Yang pertama adalah gandum dimasukkkan ke dalam mesin yang berbentuk seperti gulungan agar kulit arinya bisa terpisah dengan bagian dalam nya yang berwarna putih, kemudian anda akan mendapatkan bagian inti gandum nya. Pada tahap kedua adalah mengubah inti gandum menjadi serbuk yang nantinya menjadi terigu, tetapi sebelumnya harus menyaring kulit ari nya dahulu pada proses yang pertama supaya tidak terbawa pada proses yang kedua tadi.
  5. Setelah gandum di giling dan sudah berubah bentuk menjadi tepung, maka tahapan berikutnya adalah pengemasan sesuai dengan jenis tepung terigu yang ada. Yang popular di kalangan masyarakat adalah jenis tepung terigu protein tinggi, tepung terigu protein rendah dan masih banyak lagi sehingga anda perlu mengemasnya dengan baik dan benar.

2.Cara Membuat Tepung Tapioka

Tahapan membuat tepung tapioka:

 

  1.  Pilih singkong yang bagus, maksud bagus disini adalah singkong jangan terlalu muda karena sarinya sedikit dan jangan terlalu tua karena singkong sebagian besar akan berubah menjadi akar. Maka pilihlah yang sudah tua.
  2.  Kupas singkong dari kulitnya, kulit singkong ada 2, yang pertama kulit luar yang warnanya kecoklatan dan mudah terkelupas terus yang kedua kulit dalam, jadi kupas singkong dari kulitnya luar dalam.
  3. Cuci singkong dari kotoran, cucilah singkong sebersih mungkin dari kotoran dan lendirnya.
  4. Parut singkong, memarut singkong bisa dengan cara manual dan bisa dengan memakai mesin pemarut.
  5. Peras parutan singkong, sebelum memeras parutan singkong baiknya diberi air dulu dengan perbandingan 2:1 , artinya kalau 2 liter singkong maka airnya 1 liter.
  6. Diamakan air perasan singkong, sesudah diperas singkongnya maka diamkan dulu perasanya biar mengendap sarinya, diamkan kira-kira 12 jam.
  7. Saring air endapan, jika sudah didiamkan selama kurang lebih 12 jam maka air perasan akan mengendap, maka dari itu saringlah airnya dengan cara dibuang airnya dan biarkan yang mengendap.
  8.  Jemur endapan singkong, biasanya kalau di jemur dan sudah kering maka akan mengeras, jadi kalau sudah mengering makan tumbuklah sampai halus kemudian ayak. Dan sekarang sudah jadi tepungnya.

3. Cara Membuat Tepung Sagu

tahapan membuat tepung sagu:

  1. Kupas batang sagu untuk menghilangkan kulit yang keras.
  2.  Setelah batang sagu dikupas lalu diparus halus seperti bubur sagu. Jika  batang yang ditangani cukup banyak, batang diparut dengan mesin pemarut.
  3. Pembuatan larutan sulfit. Natrium bisulfit dilarutkan ke dalam air. pada  1 liter air ditambah dengan 3 gram senaya natrium bisulfit. Larutan yang diperoleh disebut larutan sulfit. Larutan silfit ini dapat dibuat dengan biaya cukup murah dengan mengalirkan gas SO2 ke dalam air. Gas SO2 tersebut dibuat dengan membakar belerang.
  4. Penambahan larutan sulfit dan pengadukan. Bubur hasil pemarutan ditambah larutan sulfit (1 bagian bubur ditambah degan 1 bagian air) sehingga menjadi bubur encer. Bubur encer ini diaduk supaya pati lebih banyak terlepas dari sel batang. Jika bubur cukup banyak, pengadukan dilakukan denga alat pengaduk mekanis.
  5.  Saring suspensi pati dengan kain saring.
  6. Endapkan suspensi pati selama 12 jam setelah itu buang airnya.
  7. Keringkan pasta pati hingga kadar air dibawah 12%.
  8. Giling tepung sagu kasar yang menjadi tepung halus.
  9. Kemas tepung sagu yang sudah digiling dengan plastik.

4.Cara Membuat Tepung Roti

tahapan membuat tepung roti

  1. Untuk membuat tepung roti, bahan yang dibutuhkan adalah aneka jenis roti tawar. Roti tawar coklat, putih atau whole wheat.Bisa memanfaatkan roti yang bersisa atau roti segar yang memang akan dipakai untuk tepung roti.
  2. Apabila ingin mendapatkan tepung roti yang bersih, buang bagian pinggir roti tawar. potong kasar roti lalu anginkan sebentar sampai agak kering.
  3. Setelah itu masukkan potongan roti ke dalam food processor dan proses hingga halus. Tepung roti ini siap pakai untuk melapisi risol atau campuran burger. Jika ingin lebih kering, panggang  selama 5 menit dalam oven panas. Hasilnya tepung roti lebih kering dan ringan.
  4. Untuk mendapatkan tepung roti yang agak kecokelatan, jangan membuang kulit luar roti. Keringkan bersama roti dan proses dalam food processor. 
  5. Demikian juga untuk jenis roti brown bread atau whole wheat. Potong roti, panggang dalam oven hingga agak kering lalu haluskan kedalam food processor.
  6. Jika ingin tekstur tepung agak kasar, jangan terlalu halus saat menghancurkan roti. Demikian juga jika ingin lebih kering, pangganglah sedikit lebih lama. roti tawar ini juga bisa dikeringkan dibawah sinar matahari.
  7. Setelah dihaluskan lebih baik simpan tepung roti dalam toples kedap udara agar tidak mudah berjamur dan melempem. supaya mendapatkan tepung roti segar dan baru, haluskan tepung roti seperlunya untuk sekitar 2 atau 3 kali pemakaian.

5.Cara Membuat Tepung Beras

tahap 1

  1. Bahan yang dibutuhkan ini sangat sedikit dan mudah, yaitu cukup air dan beras putih.
  2. Setiap cangkir beras akan menghasilkan hampir 1 ¼ cangkir tepung beras ketika sudah diayak.
  3. Untuk  pembuatan tepung beras, bilas terlebih dahulu beras sampai bersih dengan air, lalu tiriskan sebentar.
  4. Letakkan beras kedalam mangkuk dan rendam dengan air.
  5. Rendam minimal selama 3 jam dan maksimal hingga 6 jam.

tahap 2

  1. Untuk langkah kedua, tiriskan beras dengan saringan halus.
  2. Lalu, keringkan eras menggunakan tisu selama kurang lebih satu jam.
  3. Beras harus tidak basah atau hanya sedikit lembab ketika hendak dihaluskan menjadi tepung.
  4. Langkah ketiga, giling beras menggunakan blender.
  5. Haluskan beras sedikit demi sedikit sampai seluruh beras habis.
  6. Blender beras sampai halus.
  7. Kemudian, panaskan wajan di atas bara api.
  8. Setelah itu, masukkan beras yang sudah dihaluskan tadi.
  9. Aduk-aduk sampai semua uap menguap.

tahap 3

  1. Panaskan terus beras halus tersebut hingga benar-benar kering ketika disentuh.
  2. Terakhir, ayak tepung beras.
  3. Jika masih ada beras yang belum halus, dapat dihaluskan kembali di dalam blender.
  4. Setelah itu ayak kembali.
  5. Sebaiknya simpan tepung kedalam wadah kedap udara.
  6. Tepung beras yang bagus berwarna salju putih.
  7. Jika mulai coklat saat dipanaskan pada wajan, segera angkat wajan agar tepung tidak gosong.

6.Cara Membuat Tepung Jagung

bahan-bahan:

  • Jagung secukupnya

alat-alat:

  • blender
  • Mesin pemipil jagung
  • Saringan atau ayakan

cara membuat tepung jagung:

  1. Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah memilih jagung. Pastikan jagung yang dipilih adalah jagung yang sudah tua.
  2. Jika sudah memilih jagung yang sudah tua, jemurlah tongkolnya pada terik matahari langsung. Jemur jagung hingga benar-benar kering.
  3. Bila jagung sudah kering, anda dapat melepaskan biji jagungnya, jika kesulitan anda dapat menggunakan mesin pemipil jagung untuk mempercepat prosesnya.
  4. Blender biji jagung hingga halus.
  5. Pada saat biji jagung diblender, pastikan hasil yang didapat halus dan kasar. kalian bisa memisahkan bagian tepung yang kasar dan halus menggunakan saringan. Ambil tepung kasar kemudian blender lagi sampai halus.
  6. Jika tepung yang dihasilkan terasa lembab, jemurlah kembali.
  7. Tepung pun siap digunakan untuk berbagai olahan.

7.Cara Membuat Tepung ikan

tahap 1 penggilingan ikan

Penggilingan ikan basah rata rata dijalankan terhadap ikan yg berukuran akbar & sedang. Kepada ikan bersama ukuran mungil benar-benar jarang sekali utk memasuki proses penggilingan.

Ikan berukuran besar yang sudah dibuang dulu jeroannya dan dicuci. Tidak Sama halnya dgn ikan berukuran mungil yg mana tak ada pembuangan daleman terhadap prosesnya.

tahap 2 pengukusan

Bubur ikan yg berasal dari hasil gilingan langkah perdana & ikan selanjutnya dikukus dalam uap panas tatkala 1 jam. Tunggu sampai bubur ikan tadi sudah matang dengan baik. bertujuan untuk jadi bubur masak ikan.

tahap 3 pengeringan

Masak ikan setelah itu dikeringkan bersama memanfaatkan sarana pengering. jika sudah selesai, hasil pengeringan tersebut menjadi cake kering ikan.

Cake ikan kering menaruh kandungan lemak tinggi di atas 30 prosen. Pengeringan bersama menggunakan cahaya matahari memerlukan jangka disaat yg cukup lama. Bahkan, kurang efisien untuk dilakukan terkait kandungan air terhadap cake ikan yang juga susah untuk terukur.

tahap 4 pemerasan minyak

Manfaatkan sarana pres, cake kering ikan diperas dulu hingga minyaknya keluar. Proses ini berfungsi agar tepung yang didapat menjadi tahan lama.

tahap 5 penggilingan cake

Hasil cake yang melintasi langkah pres selanjutnya digiling menggunakan mesin sampai tepung ikan benar-benar halus.

tahap 6 packaging

Langkah terakhir merupakan mengemasnya tepung ikan ke dalam wadah kedap uap air atau karung plastik. Sebelum memulai pengemasan, pastikan kandungan air pada tepung di bawah 8 prosen agar bisa disimpan dengan jangka waktu yang lama.

Peluang Usaha Penjualan Tepung

Usaha penjualan tepung merupakan salah satu peluang yang cukup menguntungkan, karena saat ini usaha kuliner naik daun dan kebanyakan dari usaha kuliner menggunakan bahan dasar tepung.

Hampir keseluruhan makanan atau jajanan di dunia ini berbahan dasar tepung, bahkan untuk penganan jenis kue basah dan cake  hampir setiap tahunnya muncul dengan  model dan rasa yang bervariasi.

Seperti yang saat ini sedang terkenal yaitu  red velvet atau rainbow cake dan masih banyak lagi jenis cake yang terkenal yang menggunakan bahan dasar tepung.

Tidak hanya cake saja yang terbuat dari bahan dasar tepung, beragam makanan lain seperti pizza, donat, bakpau, bakso dan masih banyak lagi makanan yang terbuat dari bahan dasar tepung.

Maka dari itu peluang usaha tepung ini cukup sangat menjanjikan, bahkan sekarang pemasarannya tidak hanya secara offline namun sudah banyak yang menerapkannya lewat promosi online ke media jejaring social seperti GooglePlus, Facebook, Twitter dan lain-lainnya bahkan hingga membuat blog atau website sendiri.

Banyak jenis tepung yang bisa dijual, seperti tepung ketan yang digunakan untuk pembuatan makanan tradisional. tepung terigu yang biasanya digunakan untuk bahan makanan modern dan tepung tradisional seperti tepung beras, tepung kanji,dan lainnya.

Tepung terigu memang masih sangat dominan sebagai bahan dasar pembuatan kue, namun tepung terigu sebagian besar hanya digunakan sebagai bahan baku pembuatan kue modern. Untuk kue tradisional yang ada di indonesia sebagian masih menggunakan tepung kanji, tepung ketan atau tepung beras.

Pada saat ini kue yang lebih berkembang adalah kue yang modern dikarenakan pembuatannya yang relative mudah dan bisa dibuat dengan berbagai bentuk, lain halnya dengan kue tradisional yang bentuknya tetap dan sangat sedikit perubahan bentuknya.

5 Manfaat Tepung Beras untuk Kecantikan

Perawatan kecantikan kulit dengan air beras mungkin sudah tidak asing lagi bagi kamu. Namun, tahukah kalian ternyata selain air beras, tepung beras juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan?

Tepung beras telah digunakan selama berabad-abad lamanya sebagai bahan perawatan kecantikan alami oleh para wanita di berbagai negara Asia.

1.Mengurangi Jerawat

Tepung beras sangat dikenal untuk menghilangkan jerawat karena sifat antiseptik yang bisa melawan bakteri dan kuman penyebab jerawat.

Selain itu, bahan alami ini juga mengandung allantoin yang memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat baik. Selain itu, khasiat lain dari Allantoin yaitu dapat membantu memperbaiki tekstur kulit.

2.Mencerahkan Kulit

Sudah bukan rahasia lagi jika tepung beras yang kaya mineral ini merupakan solusi tradisional untuk mencerahkan kulit.

Asam amino dan vitamin yang terkandung di dalam tepung beras bekerja untuk mencerahkah kulit dengan meningkatkan kadar kolagen serta elastisitas kulit. Kandungan tirosinase pada tepung beras juga dapat mencegah produksi melanin yang berlebihan di kulit.

3.Melawan Penuaan

Jika kamu sedang mencari bahan alami untuk melawan penuaan pada kulit wajah, tepung beras bisa menjadi salah satu solusinya. Tepung beras memiliki kandungan ferulic acid.

Anti oksidan yang membantu mengencangkan kulit yang kendur, menyamarkan garis-garis halus di wajah, serta membuat kulit terasa lembap. Tepung beras pun juga kaya vitamin B yang dapat meregenerasi sel wajah juga melawan proses penuaan kulit

4.bedak tabur alami untuk kulit berminyak

Sifat dari partikel tepung beras yang dapat menyerap minyak menjadikan bahan alami ini pengganti yang baik untuk bedak wajah bermerek kamu.

Partikel pada tepung beras ini baik digunakan sebagai bedak tabur alami karena sifatnya yang mudah menyatu dengan lapisan kulit serta menyerap kelebihan minyak pada wajah.

5.menyamarkan kantung mata gelap

Merasa terganggu dengan bagian kantung mata kamu yang gelap? Tepung beras merupakan salah satu cara terbaik sekaligus alami untuk menyamarkan mata panda.

Kandungan asam amino dan vitamin pada bahan alami ini dapat membantu menyamarkan kantung mata yang gelap serta memberi efek mendinginkan pada mata yang lelah secara efektif.

 

Nah jadi itu tadi cara membuat tepung yang sangat mudah dan sederhana. Selamat mencoba.