Haloo teman teman… Kali ini saya akan memberi tahu kalian nih..!!! cara bikin bakso ayam enak dan lezat, nah bagi kalian nih yang hobbynya makan dan khususnya menjadikan bakso menjadi makanan favorite kalian akan sangat cocok sekali untuk menyimak tutorial dari saya 😂.

Sejarah Bakso

Sejarah bakso bermula dari bakti dan kasih sayang anak terhadap ibunya pada masa Dinasti Ming pada tahun (1368-1644) di Cina.Di masa akhir Dinasti Ming pada abad ke-17 Masehi, hidup seorang anak yang tinggal bersama ibunya di daerah Fuhzo , anak tersebut bernama Meng Bo. ia sangat ingin memasak daging yang disukai sang ibu.
Namun, lantaran usia yang sudah renta, gigi ibunya sudah tidak mampu lagi mengunyah daging.
Meng Bo lantas berpikir bagaimana caranya memasak daging yang lembut sehingga bisa dimakan oleh ibunya. Ia tiba-tiba teringat dengan penganan lunak sejenis mochi yang dibuat dari ketan dan ditumbuk sampai halus.
Dari situlah Meng Bo kemudian beraksi. Daging yang alot ditumbuknya, kemudian dibentuk bulat-bulat kecil agar lebih mudah dinikmati dan disantap bersama kuah kaldu hangat. Ternyata, masakan buatan Meng Bo ini sangat lezat. Kisah Meng Bo dan resep baksonya segera tersebar luas ke seluruh penjuru kota. Orang-orang berdatangan karena penasaran dan ingin mempelajari resep daging giling berkuah yang terkenal nikmatnya itu.
Bakso alias daging giling pun menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Cina dan terus berkembang secara turun-temurun. Hingga akhirnya, jenis kuliner ini sampai ke Nusantara, dibawa oleh kaum imigran dari negeri asalnya, Cina.

Manfaat Bakso dan Cara Bikin Bakso Ayam

  • Pengatur Suhu Tubuh

Manfaat dari bakso adalah bisa membantu dalam mengatur suhu tubuh dengan demikian nantinya suhu badan tetap bisa terkendali sangat baik. Selain itu, bisa membantu untuk meningkatkan fungsi dari otot, karena oksigen yang disuplai dengan zat besi akan dapat disampaikan dengan baik dan maksimal.

  • Membawa Oksigen Ke Seluruh Tubuh

Bakso juga punya kandungan zat besi yang berfungsi untuk membantu mengalirkan oksigen keseluruh tubuh, sehingga bisa didistribusikan dengan maksimal yang membuat semua organ tubuh dapat berfungsi secara maksimal.

  • Membantu Pembentukan Hemoglobin

Manfaat bakso juga bisa membantu dalam pembentukan hemoglobin, karena kandungan yang terdapat pada bakso memilki zat besi yang mampu memberikan warna merah tua yang terdapat pada sel darah merah. Sehingga produksi hemoglobin akan meningkat dan kebutuhan tubuh akan hemoglobin tersebut akan terpenuhi dengan baik.

  • Membantu Sistem Saraf

Kandungan yang ada di dalam makanan ini memiliki peranan utuk membentuk beberapa serotonin (senyawa kimia yang ada pada otak ) serta neurotransmitter esensial ( senyawa kimiawi yang ada di dalam tubuh yang berfungsi menyampaikan pesan antara satu sel saraf ke sel saraf lain pada otot) . Kemudian, kedua kandungan ini berperan untuk mengolah dan juga mengirim sinyal saraf sehingga nantinya fungsi dari otak dan juga saraf akan bekerja secara maksimal.

  • Meningkatakan Sistem Kekebalan Tubuh

Bakso dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh . Hal ini di terjadi karena kandungan yang ada di dalam makanan ini memiliki senyawa yang akan membantu untuk mencegah resiko terkena berbagai macam penyakit. Selain itu, makanan ini juga sebagi komponen yang penting di dalam penyusunan enzim dan juga bahan-bahan lainya yang ada di dalam tubuh seperti myoglobin serta katalase.

  • Mencegah Anemia

Bagi anda jika kekurangan darah merupakan salah satu penyakit yang membutuhkan senyawa yang ada di dalam bakso. Agar dapat kembali dengan cepat membentuk darah merah secara drastis. Maka dari itu, ketika seseorang terserang anemia, banyak yang merekomendasikan mengonsumsi makanan ini yang penuh akan zat besi.

  • Membantu Pembentukan Enzim

Bakso juga dapat membantu pembentukan enzim. Berbagai macam jenis enzim yang penting seperti katalase, myoglobin serta cytochrome di bentuk dengan bantuan kandungan yang ada di dalam makanan ini.

Bahaya Bakso Menggunakan Boraks

Yah selain dari segi manfaat yang begitu banyak, akan tetapi bakso juga ada bahaya nya juga lho,, kalau makannya di sembarang tempat. mengapa demikian? yah karena sempat marak adanya pembuatan bakso yang dicampur dengan boraks dan itu sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Boraks merupakan kristal lunak yang mengandung unsur boron, berwarna dan gampang larut dalam air. Boraks adalah garam Natrium Na2 B4O7 10H2O yang sering digunakan dalam berbagai industri non pangan khususnya industri kertas, pengawet kayu, gelas dan keramik. Gelas pyrex yang terkenal dibuat dengan campuran boraks.

Mengkonsumsi boraks yang ada pada makanan tidak akan secara langsung berakibat buruk, namun sifatnya tertimbun sedikit sedikit dalam organ hati, otak dan testis. Boraks juga tidak hanya diserap melalui pencernaan tetapi juga bisa diserap melalui kulit.

Boraks yang masuk terserap ke dalam tubuh dengan jumlah kecil akan dikeluarkan melalui air kemih dan tinja, serta keringat. Boraks bukan menganggu enzim-enzim metabolisme saja akan tetapi boraks juga menganggu alat reproduksi pria.

Nah… setelah mengetahui manfaat dan bahaya nya bakso jika membelinya di sembarang tempat. bagaimana menurut kalian ??? lebih baik dan lebih aman membuatnya sendiri kan 😉.

Berikut Cara Bikin Bakso Ayam Enak, Lezat dan Mantap!!!

1. Cara Bikin Bakso Ayam Biasa

Cara Bikin Bakso Ayam

Bahan Bahan Bakso :

  • 1 kg daging ayam, tanpa tulang
  • 50 gram tepung kanji
  • 1 butir telur
  • 1 sdt lada bubuk
  • 1 sdt garam
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • 2 sdm bawang merah goreng
  • 40 gram es batu, hancurkan
  • 2 L air

Langkah Langkah Membuat Bakso :

  1. Masukkan daging ayam yang telah digiling dengan Mesin Pembuat Bakso ke dalam wadah, campurkan tepung kanji, telur, lada bubuk, garam, bawang putih yang telah dihaluskan dan bawang merah goreng. Uleni menggunakan tangan atau dapat juga menggunakan alat sampai semuanya tercampur sempurna.
  2. Jika adonan masih terasa lembek dan sulit dibentuk, maka bisa ditambahkan es batu secara perlahan sampai adonan bisa dibentuk.
  3. Rebus air dalam panci sampai mendidih.
  4. Ambil adonan daging menggunaan tangan dan bentuk adonan menjadi bulat dengan kedua tangan atau untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan dapat juga di bulatkan menggunakan Mesin Pencetak Bakso.
  5. Kemudian masukkan adonan yang telah terbentuk bulat ke dalam air panas.
  6. Lanjutkan hingga semua adonan habis.
  7. Jika telah mengapung maka pentol telah matang.
  8. Angkat pentol dari panci.

Bahan Bahan Kuah Bakso :

  • 1/2 kg tulang sapi atau tetelan sapi
  • 12 siung bawang putih, sampai halus untuk ditumis nantinya.
  • 1 bungkus kaldu sapi instan
  • Merica halus secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Secukupnya air bersih

Langkah Langkah Membuat Kuah Bakso :

  1. Siapkan panci dan beri air bersih secukupnya.
  2. Masukkan tetelan bersama dengan tulang sapinya lalu rebus sampai empuk atau kurang lebih selama 1 jam.
  3. Kemudian untuk menumis siapkan penggorengan dan beri minyak secukupnya.
  4. Masukkan bawang putih yang sudah dicincang halus dan tumis sampai tercium bau harum kemudian matikan.
  5. Masukkan tumisan bawang putih bersama dengan kaldu sapi, garam dan merica bubuk ke dalam panci berisi kuah kaldunya.
  6. Aduk semua bahan agar tercampur merata sampai mendidih kemudian matikan apinya.

2. Cara Bikin Bakso Ayam Isi Telur Puyuh

Bakso telur puyuh

Bahan Bahan Bakso Telur Puyuh :

  • 500 g Daging ayam
  • 150 g Tepung tapioka
  • 150 g Es batu
  • 1 butir Putih telur
  • 5 siung Bawang putih goreng
  • 4 siung Bawang merah goreng
  • 2 sdt Garam
  • 1 sdt Merica bubuk
  • 1/2 sdt Kaldu ayam
  • 1/2 sdt Baking powder
  • secukupnya btr telur puyuh

Langkah Langkah Bikin Bakso Telur Puyuh

  1. Cuci bersih telur puyuh, rebus hingga matang, angkat, kupas, sisihkan
  2. Sambil membuat adonan bakso, sebelumnya didihkan air terlebih dahulu pada panci.
  3. Siapkan chopper/ blender. Masukkan daging ayam yang sudah difilet dan dipotong kecil kecil. (Jika menggunakan blender, cincang halus dulu daging ayamnya). Giling sebentar, masukkan es batu yang sudah dihancurkan, giling lagi hingga halus. Tambahkan semua bahan kecuali Tapioka, giling lagi hingga rata. Terakhir, tambahkan Tapioka, giling kembali hingga benar benar tercampur rata dan adonan seperti pasta.
  4. Angkat panci berisi air yang sudah dididihkan sebelumnya atau matikan apinya. Basahi tangan dengan air atau bisa menggunakan sendok. Ambil adonan bakso, pipihkan, isi dengan telur puyuh, tutup rapat, bulatkan, cemplungkan pada air panas. Lakukan hingga selesai.
  5. Rebus bakso dengan api sedang cenderung kecil hingga mengapung. Angkat. Tiriskan.

Nah… Bagaimana teman teman gampangkan ??? itu adalah cara bikin bakso ayam sendiri dan akan lebih aman dibandingkan dengan kita membeli baksonya di luar kan 😂. oke mungkin cukup sekian dan selamat mencoba !!!.