Halo sobat, pada artikel kali ini saya akan menunjukkan bagaimana cara membuat bakso aci atau baso aci yang enak, kenyal, dan mudah sekali untuk dibuat. Sobat semua pasti sudah tahu kan apa itu baso aci? Buat sobat yang belum tahu tentang makanan ini, yuk simak penjelasan tentang baso aci dan bagaimana cara membuat baso aci di bawah ini.

Baso aci merupakan baso kekinian yang sekarang sedang digemari oleh banyak orang. Makanan ini menjadi viral karena rasa pedasnya yang menggugah selera, sehingga makanan ini juga sangat digemari oleh para pecinta kuliner pedas. Selain itu, baso aci juga mempunyai isian yang beragam loh sobat, seperti cuangki tahu, batagor, cuanki, dan berbagai macam isian lainnya.

Bicara tentang baso aci, Sobat semua ada yang tahu belum dimana asal dan bagaimana perkembangan makanan ini hingga menjadi makanan kekinian dan makanan hits saat ini? Nah di bawah ini saya akan menunjukkan bagaimana asal usul bakso aci dan perkembangannya. Yuk kita simak!

Asal Usul Baso Aci

cara membuat baso aci

Bakso aci atau yang biasa sobat semua sebut dengan baso aci merupakan salah satu kuliner khas Garut yang sampai saat ini sedang naik daun karena diminati oleh banyak kalangan. Kuliner ini terbuat dari tepung kanji atau yang biasa orang sunda sebut aci. Secara tampilan, makanan ini ini sangat mirip dengan cilok kuah. Namun, kedua kuliner khas Jawa Barat tersebut mempunyai penyajian dan rasa yang berbeda.

Baso aci mempunyai ciri khas kuah yang gurih, asam dengan aroma kencur yang menggugah selera. Isian atau topping dari kuliner ini itu sendiri pun sangat beragam. Mulai dari tahu baso, cuangki tahu, cuangki lidah, sukro, ceker ayam, dan isian-isian yang lainnya. Karena rasa dan isian dari kuliner ini yang beragam, kuliner ini mulai berkembang dan menjadi hits di kalangan masyarat. Lalu, bagaimana perkembangannya?

Perkembangannya dari Masa ke Masa

Jika mengunjungi Kota Garut belum lengkap rasanya jika belum menikmati baso aci. Di Kota Garut banyak sekali warung-warung baso aci yang jumlahnya mencapai ratusan. Karena banyak sekali peminatnya, kuliner berbentuk bulat-bulat dan bertekstur kenyal ini sudah mulai merambah ke pasar nasional. Pasalnya, penggemar makanan ini kini tidak hanya terbatas penduduk Kota Garut saja.

Bahkan, beberapa pengusaha kuliner di kota-kota lain, seperti Semarang, Tasikmalaya, Bandung, dan kota-kota di luar pulau Jawa pun sudah mulai memproduksi dan menjajakan baso aci dengan inovasi penyajian, kemasan, dan cita rasa yang beragam. Di Indonesia sendiri, kuliner ini mulai populer sejak tahun 2016.

Hingga saat ini, banyak sekali UMKM maupun publik figur atau artis yang menjadikan kuliner ini menjadi ladang usaha. Dengan mengemas baso aci menjadi kemasan instan, kuliner pun mudah sekali untuk dijual dan dipasarkan ke seluruh wilayah Indonesia. Sehingga sekarang mudah sekali kita menjumpai kuliner ini dengan penyajian yang instan.

Rasanya yang Khas

cara membuat baso aci

Beberapa tahun ke belakang, lidah kita sudah dibuat kebarat-kebaratan dengan populernya bumbu-bumbu dan bahan tambahan dari negara luar. Seperti ayam geprek mozarela, bakso mercon mozarela, nasi goreng mozarela, sate ayam mozarela, ikan asin mozarela, tahu aci mozarela, dan mozarela-mozarela lainnya. Sehingga lidah kita rindu dengan masakan bercitarasa lokal. Hadirlah baso aci yang ibarat kata rasanya seperti pulang kepangkuan ibu.

Salah satu hal yang membekas dalam ingatan setiap penikmat kuliner ini adalah kuahnya yang bercita rasa khas.  Kuah panas yang bercita rasa asam dan gurih memberikan kesegaran bagi lidah siapapun yang menikmatinya. Kuah kuliner ini kalau dirasakan di lidah saya dan lidah sobat semua, saya yakin pasti sama segarnya.

Kuah kuliner ini diracik dengan bumbu-bumbu yang sudah biasa kita temui di pasar tradisional, dengan komposisi antara air, garam, bumbu-bumbu dan rempah, kaldu, ebi, dan daun jeruk menghasilkan kuah hangat yang pas di lidah dan tenggorokan. Kuahnya rasanya hampir mirip dengan kuah seblak. Rasa kaldunya yang gurih dengan tambahan kencur menghasilkan cita rasa rempah khas Indonesia.

Selain itu, yang membuat yang spesial adalah penyajiannya yang disandingkan dengan jeruk limau. Kuah mie instan saja jika ditambah perasan jeruk limau juga pasti lezat apalagi kuah baso aci. Semua makanan berkuah jika diberi perasan jeruk limau rasanya jadi makanan enak. Pasti sangat nikmat jika semangkuk kuah gurih disantap bersamaan dengan baso aci yang kenyal dan perasan jeruk limau yang segar dalam keadaan hangat-hangat pada saat hujan.

Jenis Toppingnya yang Beragam

Semakin beragam, semakin kaya akan rasa. Baso aci tanpa topping sudah enak. Apalagi kalau ditambah dengan tahu, ceker, tetelan, cuanki lidah, sukro cikur, dan ayam suwir, pasti akan lebih nikmat. Kenikmatan ini berasal dari keberagaman rasa dan tekstur dari setiap jenis topping. Topping sukro cikur misalnya, selain sebagai tambahan rasa kencur, bahan tambahan ini juga menghasilkan tekstur yang berbeda dari yang lainnya. Sukro cikur dalam semangkuk kuliner ini, bisa disamakan dengan kerupuk udang dalam dalam sepiring nasi rawon, pangsit dalam semangkuk mi ayam, juga peyek dalam sepiring nasi pecel. Lagi-lagi ini soal jodoh. Sukro cikur, sejak awal memang sudah ditakdirkan untuknya.

Kalau sobat tidak suka sukro cikur, bisa memilih topping yang lainnya, seperti ceker. Untuk sobat yang tidak suka ceker, bisa pilih topping yang lain sesuai selera. Teman, yakinlah hidup ini sangat-sangat simpel, janganlah sekali-kali dibuat susah. Dari banyaknya jenis topping untuk kuliner ini, jangan terpaku pada ceker ataupun sukro cikur saja. Banyak sekali varian jenis toping yang beragam.

Resep Baso Aci

cara membuat baso aci

1. Resep Baso Aci Kuah

Bahan-bahan:

  • 4 sdm tepung tapioka
  • 4 sdm tepung terigu
  • 1 sdt kaldu sapi bubuk
  • 4 siung bawang putih yang sudah dihaluskan
  • Garam secukupnya
  • Air mendidih secukupnya

Bahan untuk Kuah:

  • 4 siung bawang putih, iris kasar
  • 2 siung bawang merah, iris kasar
  • 1 buah cabai merah, iris kasar
  • Cabai rawit, disesuaikan dengan selera, iris kasar
  • Jeruk limau 1 buah
  • Garam, gula, kaldu sapi bubuk, dan merica secukupnya

Isian (disesuaikan dengan selera):

  • Tahu coklat 2 buah
  • Siomay kering
  • Sukro cikur
  • Ceker ayam rebus

Cara Membuat Baso:

  1. Siapkan panci kemudian didihkan sedikit air
  2. Masukkan bawang putih yang sudah dihaluskan, kaldu sapi bubuk, dan sedikit garam. Lalu aduk sebentar.
  3. Ambil wadah berukuran sedang. Campurkan tepung tapioka, terigu, lalu masukkan air tadi sedikit demi sedikit pada adonan sambil diaduk. Lakukan sampai adonan kalis atau agak padat, serta bisa diambil untuk dibentuk.
  4. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat seperti bakso, bisa menggunakan tangan dan sendok atau jika ingin lebih mudah bisa menggunakan mesin pencetak bakso.
  5. Sisakan sedikit adonan untuk digunakan sebagai isian tahu.
  6. Rebus adonan yang sudah dibentuk dalam air mendidih. Tunggu hingga adonan bakso mengapung ke atas.
  7. Angkat dan tiriskan semua baso aci.

Cara Membuat Cuangki Tahu:

  1. Ambil tahu yang sudah dipotong segitiga.
  2. Ambil isi tahu lalu isikan kembali dengan adonan baso aci.
  3. Panaskan minyak menggunakan wajan di api sedang.
  4. Goreng tahu yang sudah diisi adonan hingga kuning ke emasan.
  5. Angkat dan tiriskan tahu.

Cara Membuat Baso Aci Kuah:

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan cabai rawit.
  2. Panaskan sedikit minyak menggunakan wajan di api sedang. Tumis bumbu halus hingga harum.
  3. Tuang air secukupnya. Setelah mendidih, masukkan baso axi dan ceker ayam rebus.
  4. Masukkan garam, gula pasir, dan kaldu sapi bubuk. Koreksi rasa.
  5. Setelah hampir matang, masukkan siomay kering. Aduk sebentar lalu angkat.
  6. Tuang bakso aci di mangkok. Tambahkan tahu serta taburi dengan sukro cikur.
  7. Tambahkan perasan jeruk limau.
  8. Sajikan dan nikmati selagi hangat.

2. Resep Baso Aci Goreng

Bahan-bahan:

  • Baso aci sesuai selera
  • 2 butir telur
  • 1 sdm tepung maizena
  • ¼ sdt merica bubuk
  • 50 ml air
  • ½ sdt garam
  • ¼ sdt kaldu jamur
  • Tusuk sate

Cara Membuat Baso Aci Goreng:

  1. Tusuk baso aci menggunakan tusuk sate hingga baso aci habis.
  2. Campurkan telur, merica, dan kaldu jamur. Kocong hingga merata.
  3. Tuangkan maizena yang sudah dilarutkan dengan air. Setelah itu, aduk hingga merata.
  4. Masukkan sate baso aci ke dalam adonan telur tersebut. Pastikan seluruh bagian bakso terbalur dengan bumbu.
  5. Panaskan minyak dalam wajan. Goreng sate bakso aci gingga matang atau berwarna kuing keemasan. Lalu angkat dan tiriskan.
  6. Sajikan dan nikmati selagi hangat. Lebih nikmat sajikan dengan saus sambal.

3. Resep Baso Aci Mercon

Bahan-bahan:

  • 200 gram tepung tapioka
  • 200 gram tepung terigu
  • 6 siung bawang putih yang sudah dihaluskan
  • Kaldu sapi bubuk
  • 1 sdm garam
  • Merica bubuk secukupnya
  • 2 batang seledri, iris halus

Bahan Isian:

  • 20 biji cabai rawit domba, direbus

Bahan untuk Kuah:

  • Topping (sesuai selera):
  • Sukro cikur
  • Cuangki lidah, cuangki tahu, siomay kering
  • Cabai bubuk
  • Jeruk limau

Cara Membuat Baso Aci Mercon:

  1. Campurkan tepung terigu dan tapioka dalam wadah sedang. Masukkan kaldu sapi bubuk, gram, merica, dan seledri. Aduh hingga merata.
  2. Didihkan air, tuang irisan bawang putih ke dalamnya.
  3. Setelah mendidih, tuangkan ke adonan tepung sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis dan bisa dibentuk.
  4. Ambil dan pipihkan adonan lalu letakkan isian cabai rawit. kemudian bentuk bulat-bulat. Sebagian adonan juga bisa dibentuk tanpa isian, sesuaikan dengan selera.
  5. Panaskan air dalam panci hingga mendidih, lalu masukkan semua adonan baso aci yang sudah dibentuk. Tunggu hingga semua baso mengapung ke atas.
  6. Angkat dan tiriskan.
  7. Panaskan sedikit minyak menggunakan wajan di api sedang. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Setelah itu, beri air secukupnya. Masukkan baso aci dan tunggu hingga matang dan matikan api.
  8. Masukkan toping seperti cuangki lidah, cuangki tahu, dan siomay kering.
  9. Angkat dan tuang ke dalam mangkok.
  10. Taburi sukro cikur dan perasan jeruk limau.
  11. Sajikan dan nikmati selagi hangat.

4. Resep Seblak Baso Aci

Bahan-bahan:

  • 1 sdm tepung terigu
  • 2 sdm tepung sagu
  • Garam secukupnya
  • Lada bubuk secukupnya
  • Kaldu sapi bubuk secukupnya
  • Air matang secukupnya

Bahan Seblak:

  • 2 siung bawang putih
  • 1 butir bawang merah
  • Garam secukupnya
  • Sejuput gula pasir
  • Kaldu sapi bubuk secukupnya
  • 1 1/2 sdt lada bubuk
  • 3 sdm cabai bubuk (atau sesuai selera)
  • Air matang 2 gelas atau sekitar 500ml
  • 2 genggam kerupuk, rendam air panas
  • 1/2 Mie keriting
  • Daging ayam matang
  • 1 butir telur
  • 5 cm batang daun bawang, rajang

Cara Membuat Seblak Baso Aci:

  1. Buat adonan, masukkan semua bahan ke dalam mangkuk.
  2. Tambahkan air sedikit demi sedikit hingga kalis, bulatkan atau bisa di sendok langsung tanpa dibulat-bulatkan.
  3. Rebus baso aci hingga semua mengapung ke atas, lalu angkat dan tiriskan.
  4. Haluskan bawang merah dan bawang putih, tumis hingga harum dan tambahkan air.
  5. Masukkan garam, gula, penyedap, lada, cabai bubuk.
  6. Setelah sedikit mendidih masukkan telur, tunggu hingga setengah matang.
  7. Tambahkan ayam dan tunggu hingga air mendidih dan telur matang
  8. Tambahkan mie setelah air mendidih, tunggu setengah matang.
  9. Masukkan seblak dan bakso aci.
  10. Masak hingga matang dan tuangkan ke dalam mangkuk.
  11. Sajikan selagi hangat. Lebih nikmat jika ditaburi rajangan daun bawang.

Peluang Usaha Baso Aci

cara membuat baso aci

Peluang dalam berbisnis baso aci terbilang sangat menguntungkan loh sobat. Apalagi nama dari baso aci yang saat ini sedang naik daun dan digemari oleh masyarakat pasti akan sangat menguntungkan sekali dalam memulai bisnis ini. Lalu, apa saja sih keuntungan dalam berbisnis kuliner ini? Yuk simak penjelasan dibawah ini.

Keuntungan Bisnis Baso Aci

1. Alat dan Bahan Baku Mudah Didapat

Alat untuk membuat kuliner ini mudah sekali untuk didapat. Seperti wadah-wadah, perabot masak, dan mesin pembuat bakso yang memudahkan kita untuk membuat kuliner ini dalam jumlah banyak. Bahan baku pembuatan kuliner ini juga sangat mudah sekali didapat. Bahan baku kuliner ini bisa didapat di pasar, di supermarket, dan tempat perbelanjaan dapur lainnya.

2. Harga Bahan Baku Terjangkau

Selain mudah didapat, bahan baku pembuatan kuliner ini juga terjangkau harganya. Apalagi kalau kita membeli di agen atau tempat langganan kita, pasti akan lebih murah lagi. Dengan harga yang terjangkau kita dapat mendapatkan keuntungan yang lebih dari menjual kuliner ini.

3. Proses pembuatan mudah

Proses pembuatan kuliner ini juga mudah sekali. Dapat dilihat pada resep di atas pasti sobat semua merasa mudah bukan untuk membuatnya. Yuk sobat semua mencoba membuat kuliner ini sesuai resep di atas.

4. Dapat dikemas secara instan

Pada saat ini, kuliner ini banyak sekali yang dikemas secara instan. Dengan menggunakan kemasan yang kedap udara, kuliner ini dapat bertahan lama dan dapat dijual ke seluruh wilayah.

Tips Menarik Konsumen dalam Berbisnis Baso Aci

Dalam berbisnis tentunya harus ada target pemasaran atau biasa disebut konsumen. Agar produk kita dapat dikenal dan diminati oleh konsumen, pastilah harus ada langkah-langkah yang tepat dalam memasarkan produk kita.

Dengan kita memasarkan produk kita dengan baik dan tepat, produk kita akan dikenal dan diminati banyak orang. Bisa jadi dengan banyak orang yang mengenal dan meminati produk kita, maka orang yang mengenal produk kita akan melakukan pemasaran mulut ke mulut. Berikut tips menarik konsumen dalam berbisnis kuliner ini.

1. Mengedepankan Kualitas dan Rasa yang Bermutu

Kualitas dan rasa suatu produk haruslah dijaga dan dijamin kemutuannya. Mengapa? karena para konsumen pasti menyukai produk yang berkualitas tinggi dan rasa yang terjamin. Namun perlu digaris bawahi, dengan mengoptimalkan kualitas produk, kita juga harus menyeimbangkan harga yang sewajarnya.

2. Tampilan yang Unik dan Menarik.

Pada zaman sekarang, banyak sekali makanan atau jajanan yang unik-unik. Nama produk juga dapat ditambahkan dengan asal makanan, seperti Baso Aci Khas Garut. Dengan kita memasang nama produk yang unik, itu akan menambah rasa penasaran konsumen untuk mencoba produk kita.

3. Variasi Produk yang Beragam

Variasi produk sangat menentukan ketertarikan para konsumen. Variasi produk dapat ditentukan apabila dasar suatu produk sudah ada lalu dikembangkan. Seperti halnya baso aci yang dikembangkan menjadi baso aci mercon, baso aci goreng, dan lain sebagainya. Sehingga produk pun beragam dan konsumen lebih tertarik ke produk kita.

4. Kemasan yang Menarik

Pada zaman sekarang, tidak bisa dipungkiri konsumen juga akan tertarik dari tampilan luar produk kita yaitu kemasan. Apabila kemasan kita menarik maka konsumen pun akan tertarik untuk membeli produk kita. Namun dengan menariknya kemasan dari produk kita, jangan lupa mengedepankan dengan fungsi utama kemasan yaitu melindungi produk. Sehingga dapat disimpulkan kriteria kemasan suatu produk harus menarik dan juga berkualitas.

5. Pemasaran yang Menyeluruh

Seperti yang kita ketahui, pemasaran merupakan kunci utama produk kita dikenal oleh banyak orang. Pemasaran yang menyeluruh dapat diartikan yaitu kita memasarkan prodak kita dalam berbagai aspek, seperti dalam media sosial, dalam bentuk brosur, dalam bentuk banner, dan berbagai pemasaran lainnya

Contoh pemasaran melalui media sosial yaitu seperti membayar jasa endorse ke selebgram/artis untuk mempromosikan produk kita, mempromosikan produk kita melalui keluarga, saudara, atau teman melalui instagram, whatsapp, atau media sosial lainnya, dan lain sebagainya.

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kalian semua mengenai baso aci baik asal usul, resep, maupun peluang bisnisnya. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke keluarga dan teman-teman kalian agar wawasan yang kalian peroleh dapat dirasakan oleh orang lain.

Sharing is Caring, terimakasih sudah membaca artikel ini.

Whatsapp Sekarang
Butuh Bantuan?
Halo! ada yang Bisa kami bantu