Halo Sobat! Author kali ini mau bagi-bagi tips dan cara membuat bolu coklat yang pastinya mudah dan dijamin enak rasanya. Bagi sobat pecinta kuliner pastinya udah tau apa sih bolu itu, karena kue bolu merupakan salah satu hidangan atau makanan yang cukup populer di Indonesia. Kue bolu sendiri ini memiliki rasa yang manis dan legit yang sangat digemari oleh berbagai kalangan. Selain itu juga rasa yang dimiliki kue bolu ini cukup familiar bagi kita semua, bagaimana tidak, sajian bue bolu ini seringkali menu utama pada suatu acara hajatan.

Pada hari raya keagamaan seperti salah satu contohnya yaitu hari raya Idulfitri, banyak dari masyarakat Indonesia membuat sajian kue bolu ini di rumah, oleh karena itu sobat dapat menemukan kue bolu menjadi sajian untuk tamu saat bersilaturahmi. Memang benar hal seperti ini akan menambah kehangatan saat berkumpul dengan keluarga dan saudara.

Tetapi, saat ini banyak orang-orang yang mengonsumsinya di cafe atau restoran, hal tersebut akan menimbulkan kebiasaan konsumtif dan boros. Sebaiknya sobat meninggalkan hal seperti itu, dengan membuat bolu di rumah sendiri dengan cara yang praktis dan sederhana sobat dapat menghilangkan kebiasaan konsumtif tersebut. Nah, sobat semua, jadi kita akan mulai mengupas tuntas cara membuat bolu coklat beserta asal usul dan manfaatnya hehehe…yuk seperti biasa, capcusss….

Asal Usul Bolu

Kue bolu ini merupakan jajanan atau makanan yang memiliki rasa manis atau bisa disebut dengan sweet goods, hidangan kue bolu ini terbuat dari bahan utama yang terdiri dari tepung terigu, telur, gula, dan juga margarin. Sejarah roti yang berasal dari Mesir kuno tidak dapat terlepas dari sejarah Cake atau bolu ini yang memiliki sejarah cukup panjang.

Nama bolu ini usut punya usut ternyata berasal dari bahasa Portugis yaitu “bolo” yang memiliki arti sama dengan cake yang berasal dari bahasa Inggris. Tetapi secara etimologi yang diambil berdasarkan kamus Oxford, nama bolu atau dalam bahasa Inggris disebut dengan “Cake” diambil dari sebuah kata yang berasal dari bahasa kuno Norse (sebuah bahasa yang sering digunakan berkomunikasi oleh pendatang yang berasal dari utara Jerman) yaitu kata “Kaka”. Bahasa kuno Norse ini digunakan di wilayah Scandinavia pada abad 13, dimana saat itu ketik pada masa era Viking.

Pada masa itu, cake sangatlah berbeda bila dibandingkan dengan cara membuat kue cake maupun rasa yang kita konsumsi pada masa saat ini. Salah satu perbedaanya yaitu cake berbentuk seperti roti yang memang sama seperti sekarang yakni memiliki rasa manis tetapi rasa manis tersebut derasal dari madu.

Tujuan dari bolu ini dibuat untuk memperingati upacara keagamaan pada awal sejarah bolu. Namun, seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman, cake iini dihidangkan secara khusus dengan tujuan untuk memperingati hari yang penting atau bersejarah di dalam kehidupan manusia. Misalnya dihidangkan saat acara penting di saat suka atau menyenangkan seperti hari kelahiran, perkawinan, bahkan di saat duka pun cake ini juga disajikan salah satu contohnya ketika ada seseorang yang meninggal, biasanya orang orang menggunakan coklat batangan sebagai suatu pemberian tetapi cake ini juga bisa dijadikan hadiah untuk orang tercinta atau spesial.

Perkembangan Bolu

Pada abad 19 sejak ditemukannya baking powder yakni suatu bahan makanan yang digunakan untuk mengembangkan cake atau bisa dijuluki leavening agent perkembangan bolu ini mulai bervariatif. Penggunaan bahan tambahan seperti gula icing yang di Indonesia sendiri bisa disebut dengan tepung gula atau gula halus sebagai topping maupun menggunakan butter cream sebagai hiasan atau bisa juga dijadikan isian. Oleh karena itu, kita dapat mengenal cake seperti yang sobat konsumsi di saat ini.

Bolu yang sebelumnya memiliki istilah di kenal sebgai suatu hidangan atau makanan yang memiliki bentuk menyerupai roti dengan penambahan untuk pemanis yang berasal dari madu, dengan ditemukannya bahan pengembang makanan yang berupa baking powder tersebut variasi dari bolu ini menjadi sangat bervariatif. Sejarah cake atau bolu yang sangat beragam ini dapat sobat temukan di berbagai negara di Eropa.

Istilah Pound Cake mulai di kenal dan berkembang di sekitar wilayah Inggris Raya, hal ini ditinjau dari bahan utama yang digunakan dengan ukuran satu pon, jadi 1 pon terigu, 1 pon telur, 1 pon mentega, 1 pon gula. Nah, jumlah dari telur yang digunakan dalam ukuran tersebut, dapat membuat cake menjadi mengembang naik dengan mudah tanpa adanya bahan tambahan seperti baking powder atau baking soda. Pound Cake ini bisanya disajikan dengan menggunakan loyang roti atau loaf pan bisa juga dibentuk berupa “bundt” yang memiliki lubang di bagian tengah seperti bentuk donat dengan taburan berupa gula icing.

Cake atau bolu memiliki istilah di kenal dengan “Gateaux” di Perancis, cake dengan istilah tersebut merupakan sebuah makanan yang terbuat dari bahan utama berupa adonan pastry seperti contohnya ada puff pastry, danish pastry, croissant pastry, choux pastry atau kue sus, genoese, dan meringue. Gateaux merupakan salah satu jenis cake sederhana yang memiliki bentuk bulat dengan bahan utama pembuatan menggunakan terigu dan air, dan tidak lupa juga penambahan bahan berupa susu, butter cream, telur dan madu.

Manfaat Bolu Bagi Tubuh

Kalau ngomongin tentang bolu nih sobat, hidangan berupa bolu ini memiliki tekstur yang lembut dengan rasa yang manis dan mantap abiss, sehingga rasa dan tekstur yang dimiliki oleh bolu ini pasti bikin sobat ketagihan untuk mengonsumsinya. Walaupun bolu ini sudah banyak dijual dimana saja seperti contohnya dapat sobat temukan di kedai-keadi terdekat, di cafe, restoran maupun di pasar jajanan tradisional, tidak ada salahnya sobat mencoba membuat bolu di rumah sendiri dengan cara yang mudah seperti resep yang ada di artikel ini yakni cara membuat bolu coklat dengan sederhana dan pastinya dijamin lezat. Hal ini juga dikarenakan bolu merupakan makanan yang memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh kita nih sob.

Sobat pasti tidak menyangka bahwa dalam bolu ini menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Oke jadi langsung aja kita bahas apa sih manfaat dan khasiat dari bolu? Kuyyy…!

  • Membantu Program Diet

Kalau sobat memiliki berat badan yang berlebih atau disebut dengan obesitas pasti sobat memiliki suatu keinginan untuk menurunkan berat badan tersebut, entah bagaimana caranya yang penting harus berkurang berat badannya. Dalam masalah menurunkan berat badan diet merupakan suatu alternatif yang seringkali direkomendasikan oleh kebanyakan orang atau dokter.

Pada saat menjalani program diet yang bertujuan untuk menurunkan berat badan yang berlebih, ternyata nih sob bolu wajib kamu masukkan ke daftar menu program diet. Hal ini dikarenakan bolu dapat membantu kamu menahan rasa lapar dengan memberikan rasa kenyang yang cukup lama.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat yang kedua dari bolu ini yaitu dapat menjaga kesehatan mata. Wah, ternyata selain wortel ada bolu nih yang bisa menjaga kesehatan mata sobat sekalian, pasti sobat belum pernaha mendengar manfaat yang seperti ini dari bolu. Maka dari itu sobat yang sedang belajar atau bekerja menghadap di depan layar monitor laptop atau komputer keseringan dapat mengonsumsi bolu. Tujuannya untuk mengantisipasi terjadinya hal buruk yang mungkin saja terjadi pada bagian mata.

  • Bagus untuk Pembentukan Otot

Jika Sobat belum tau nih, ternyata usut punya usut roti bolu ini memiliki senyawa protein yang cukup tinggi loh sobat. Protein ini memiliki peran dalam menjaga kesehatan tubuh dan membantu perkembangan otot di tubuh kita.

Hal ini dikarenakan dalam pengolahan makanan ini yang terjadi pada sistim metabolisme tubuh berbagai makanan di fermentasikan, satunya bahan utama yang terkandung dalam bolu yaitu telur. Telur memiliki khasiat yang sangat baik untuk proses pembentukan otot. Nah, jadi buat sobat yang mengidamkan tubuh dengan otot yang kekar, bolu menjadi salah satu makanan yang disarankan untuk menemani sobat saat workout.

  • Meningkatkan dan Menjaga Kesehatan Jantung

Pada roti bolu ini memiliki suatu senyawa yang sangat bermanfaat dalam membentuk suatu perlindungan khusus pada tubuh, dengan cara menstabilkan kandungan kolesterol yang berada di dalam tubuh kita. Senyawa tersebut dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung karena  senyawa ini dapat membasmi kolesterol jahat ynag dapat menyebabkan penyakit jantung.

Masih banyak lagi manfaat yang terkandung dalam manfaat terkandung dalam bolu ini sobat. Jadi, sobat jangan takut kalau makan bolu dapat menyebabkan obesitas, tetapi ingat harus dengan porsi secukupnya. Oke kita sekarang lanjut ke resep dan cara membuat bolu coklat yang tentunya mudah dan dijamin mantap, seperti biasanya yuk capcusss….. ngueng

Resep dan Cara Membuat Bolu Coklat Variatif

Dalam pembuatan bolu ternyata terdapat proses pembuatan yang bervariatif. Disini aku bakal bagi 4 resep cara membuat bolu coklat yang sederhana dalam pembuatannya dan menghasilkan rasa yang enak.

Cara Membuat Bolu Coklat Original dan Istimewa

cara membuat bolu coklat

Resep yang akan author bagi pertama ini yaitu cara membuat volu coklat istimewa. Dalam resep ini pastinya sobat membutuhkan coklat, baik itu berupa coklat batangan atau dark cooking chocolate. Untuk mendapatkan coklat batangan sobat dapat membaca artikel cara membuat coklat batang. Oke kalau gitu yuk kita mulai resep masakan bolu istimewanya

Bahan yang Diperlukan:
  • 80 gram tepung terigu
  • Telur sebanyak 3 butir
  • 70ml minyak sayur atau minyak goreng
  • 40ml susu kental manis rasa coklat
  • Gula pasir dengan takaran 40gram
  • 25 gram DCC (Dark Cooking Chocolate)
  • 15 gram coklat bubuk
  • 1 sendok teh SP (merk emulsifier atau pengembang kue)
Cara Membuat Bolu Coklat Istimewa:
  1. Pertama sobat lelehkan Darck Cooking Chocolate dengan susu kental manis dan minyak
  2. Kemudian campurkan tepung terigu dan coklat bubuk ke dalam panci
  3. Aduk rata gula dan telur dengan menggunakan mixer, lalu tambahkan SP sampai tekstur menjadi kaku
  4. Setelah itu tambahkan terigu, coklat dan aduk rata dengan menggunakan whisk
  5. Kemudian tambahkan laruan coklat, susu kental manis, dan minya yang sudah dilelehkan, lalu aduk sampai rata dan tuangkan ke dalam wadah  berupa loyang
  6. Panggang adonan dengan oven dalam waktu 22 menit dan suhu 160-170 derajat celcius. Loyang yang akan dimasukkan diberi alas loyang yang sudah berisi air
  7. Tambahkan goldenfill choco crunch dan bagi menjadi dua, kemudian tumpuk dan masukkan ke dalam kulkas agar mendapatkan hasil dengan tekstur yang moist
  8. Kue bolu coklat istimewa siap dihidangkan, bisa diberi tambahan topping sesuai selera sobat

Cara Membuat Bolu Coklat Kukus Tanpa Menggunakan Oven

cara membuat bolu coklat

Kalau diantara sobat mungkin ada yang belum mampu untuk membeli sebuah oven, aku bagi tips nih caramembuat bolu coklat kukus tanpa oven. Yuk disimak bareng bareng…

Bahan yang Diperlukan:
  • 6 sendok makan tepung terigu
  • Soda kue dengan takaran 1/4 sendok makan
  • Vanilli dengan takaran 1/4 sendok makan juga ya
  • Telur sebanyak 2 butir
  • 5 sendok makan minyak goreng atau minyak sayur
  • 2 sendok makan bubuk coklat
  • Gula pasir dengan takaran 10 sendok makan
  • Air yang sudah direbus atau air hangat secukupnya
  • Garam secukupnya
Cara Membuat Bolu Coklat Kukus:
  1. Pertama, hal yang harus lakukan yaitu mencampurkan bahan yang sudah disiapkan yakni gula, telur, garam, lalu aduk secara terus menerus sampai warnanya menjadi pucat
  2. Jika warna adonan sudah memucat. Sobat dapat memasukkan vanili, soda kue dan tepung terigu tapi dengan sedikit demi sedikit, kemudian aduk hingga rata
  3. Setelah itu masukkan coklat bubuk dengan takaran 2 sendok makan ke dalam adonan, aduk secara terus menerus sampai adonan benar-benar mengental
  4. Jika adonan sudah mengental, sobat masukkan adonan tadi ke dalam panci besar atau dandang yang sudah sobat siapkan
  5. Masak dan tunggu dalam waktu sekitar 25-30 menit
  6. Setelah dirasa matang dengan sempurna adonan bolunya, bisa sobat hidangkan dalam piring dan bisa diberi tambahan topping sesuai selera sobat
  7. Bolu coklat enak nan lembut siap dihidangkan….

Cara Membuat Bolu Kukus dengan Rice Cooker

Aku juga bagi tips lagi nih cara membuat bolu coklat tanpa oven, tapi kali ini kita pakai rice cooker sobat. Pemakaian rice cooker bisa sobat praktikan di rumah apalagi sobat yang lagi nge kos nih hehehe…

Bahan yang Diperlukan:
  • Telur sebanyak 2 butir
  • Gula pasir dengan takaran 2 sendok makan
  • Susu kental manis rasa coklat kemasan sachet 1 saja ya sob
  • Minyak goreng atau minyak sayur dengan takaran 6 sendok makan
  • 1/2 sendok teh SP atau emulsifier (zat pelembut)
  • Coklat bubuk dengan takaran 2 sendok makan
  • 6 sendok makan tepung terigu
  • Air rebusan yang masih hangat secukupnya saja
Cara Membuat Bolu Coklat dengan Rice Cooker:
  1. Pertama-tama sobat masukkan tepung terigu dan bubuk coklat ke dalam mangkok, aduk hingga tercampur rata
  2. Susu kental manis yang sudah disiapkan tadi dicairkan terlebih dahulu. Sobat dapat mencairkan susu kental manis ini dengan menggunakan air hangat
  3. Kemudian, masukkan telur dan gula ke dalam wadah yang lain. Kocok kedua bahan tersebut dengan menggunakan whisk sampai mengembang dan berwarna putih
  4. Setelah itu masukkan emulsifier atau zat pelembut ke dalam wadah yang digunakan mengocok telur dan gula tadi. Kocok hingga tercampur rata
  5. Jika adonan sudah tercampur rata, masukkan tepung terigu, bubuk coklat, susu kental manis. Sobat aduk secara pelan-pelan sampai rata
  6. Tuangkan minyak goreng atau minyak sayur, aduk sampai merata
  7. Kalau adonan sudah benar-benar merata, tuangkan adonan ke dalam rice cooker
  8. Lalu tekan tombol cook, pada rice cooker. Sobat tunggu sampai pindah ke warm
  9. Tunggu lagi sampai 3 menit, kemudian tekan cook lagi pada rice cooker
  10. Sobat harus melakukan proses ini berulang hingga adonan benar-benar matang. Jika sudah matang angkat adonan
  11. Adonan siap dihidangkan, potong sesuai selera dan beri topping diatasnya biar tambah mantap

Cara Membuat Bolu Coklat dengan Teflon

cara membuat bolu coklat

Selain menggunakan oven, dandang, dan rice cooker bolu coklat ini juga bisa dibuat dengan teflon lho sobat. Untuk pembuatan dengan menggunakan teflon bahan yang kita gunakan dibagi menjadi 3, sebut saja bahan utama, bahan A, bahan, B

Bahan Utama:
  • Tepung terigu dengan takaran 200 gram
  • Coklat dengan takaran 3 sendok makan
  • Susu bubuk full cream rasa coklat dengan takaran 2 sendok makan
Bahan A:
  • Gula pasir dengan takaran 200 gram
  • 1 sendok teh emulsifier
  • Kuning telur sebanyak 8 butir
  • Putih telur sebanyak 6 butir
Bahan B:
  • Margarin 200 gram yang sudah cairkan
  • 100 gram white chocolate atau coklat putih
  • 100 gram dark cooking chocolate (DCC)
Cara Membuat Bolu Coklat dengan Teflon:
  1. Semua bahan utama tadi diaduk sampai rata, lalu disisihkan
  2. Campurkan semua bahan A dengan menggunakan mixer sekitar 10 menit sampai adonan mengembang dan berwarna pucat
  3. Sobat masukkan bahan utama secara sedikit demi sedikit, mixer adonan pelan-pelan hingga adonan tercampur rata
  4. Kemudian masukkan margarin dan mixer hingga tercampur rata
  5. Tambahkan coklat lalu aduk lagi hingga rata
  6. Adonan yang sudah selesai diaduk dituangkan ke teflon. Panggang adonan menggunakan api kecil saja tunggu hingga matang sekitar 45-60 menit. Cara memastikan atau mengecek adonan sudah matang atau belum dengan cara ditusuk-tusuk.
  7. Jika bolu sudah matang, angkat lalu sajikan, beri topping sesuai selera sobat

Selesai Sharing Resep Cara Pembuatan Bolu Coklat Sobat

Oke Sobat, jadi itulah resep cara membuat bolu coklat yang udah aku bagi bagi, resep ini sangat simple, praktis, dan tentunya menghasilkan rasa yang mantap. Eh tapi asal sobat tau sekarang bolu sangat banyak variasinya bukan hanya cara pembuatannya, tetapi rasa, bentuk bahkan ada juga lho bolu donat, kalau sobat ingin membuat donat juga, sobat bisa menggunakan mesin pembuat donat yang pastinya bakal bikin sobat terbantu karena lebih praktis dan cepat.

Sobat sekalian terimakasih sudah membaca artikel yang udah author buat, nantikan artikel selanjutnya yaa…bye bye😊

Whatsapp Sekarang
Butuh Bantuan?
Halo! ada yang Bisa kami bantu