Saat tubuh sedang kurang sehat, enaknya menyantap panganan yang terasa ringan di lidah maupun perut. Bubur salah satunya. Mau bubur manis atau gurih dan ikan juga dikasih pangan mesin pelet ikan, rasanya tetap nikmat. Menu seperti ini juga cocok untuk sarapan.

Inilah Makanan Tidak ada menu sarapan yang lebih klasik daripada bubur. Bagaimanapun, karena menu ini sanFgat sederhana, setiap orang bahkan memiliki resepnya sendiri (termasuk cara menikmatinya). Kami disini menjelaskan beberapa jenis bubur dari bahan yang  berbeda (oat, nasi/beras, dan jelai) sebagai tambahan bagi Anda untuk mengeksplorasi berbagai cara meningkatkan kualitas semangkuk bubur yang Anda nikmati; jika Anda pernah menikmati bubur biasa maka kali ini tunas pengecap pada lidah Anda akan tersentak.

Asal Mula Bubur

Catatan sejarah terawal dari bubur ini sudah ada sejak sebelum masehi, lo.Konon, bubur sudah ada sejak zaman Kaisar Kuning berkuasa. Kaisar Kuning ini adalah Kaisar Xuanyuan Huangdi.

Dikisahkan, pada tahun 238 sebelum masehi, terjadi musim paceklik atau kekurangan bahan makanan. Paceklik ini disebabkan oleh kemarau yang berkepanjangan.

Bubur ayam kerap menjadi pilihan makanan untuk sarapan, tetapi bubur ayam sebenarnya dapat dimakan kapan saja. Selain sarapan, bubur ayam kerap menjadi pilihan hidangan hangat di tengah malam. Karena teksturnya yang lembut, disajikan waktu hangat,  serta memiliki kandungan gizi yang cukup baik untuk tubuh kita, bubur ayam kerap dijadikan makanan bayi, anak-anak, atau orang sakit yang tengah dirawat untuk pemulihan.

1. Cara membuat Bubur Gandum/Oatmeal

gandum

Bahan Bubur Gamdum :

  • 1 cangkir (160 gram) rolled oat (oat utuh tanpa kulit yang telah dipipihkan dengan penggiling/roller)
  • 3 cangkir (600 ml) susu, susu kedelai atau air Garam kasar (sea salt)
  • Taburan/topping (madu, gula cokelat, buah, yoghurt, dll.)

     

cara membuat bubur gandumnya :

  1. Masukkan oat dan air ke dalam sebuah panci besar.
    • Air merupakan pilihan paling mudah karena susu mudah terbakar atau hangus pada bagian dasar panci, sehingga merusak bubur serta membuat dapur Anda berbau. Namun, Anda dapat menambahkan susu pada tahap akhir jika Anda merasa bubur tersebut tidak cukup kental seperti krim.
    • Rolled oat utuh yang  tanpa kulit yang telah dipipihkan dengan alat penggiling/roller—adalah yang terbaik karena utuh, alami, dan belum terlalu banyak mengalami pemrosesan. Tetapi, Anda juga bisa menggunakan steel-cut oats—olahan pertama bulir gandum yang masih kasar—atau quick oats—oat yang telah digiling dan ditipiskan; keduanya mungkin tidak memiliki rasa yang sama persis dengan yang akan Anda jumpai.
2. Tambahkan sejumput garam dan aduk.
    • Gunakan sendok kayu untuk mengaduknya; beberapa orang bahkan menggunakan pucuk sendok seperti sedang mengaduk bubur dengan pensil. Aduklah terus sampai bubur mulai mengeluarkan gelembung.
    • Jangan pernah menggunakan peralatan logam pada permukaan panci antilengket (teflon). Logampun juga dapat menggores/mengikis permukaan panci dan membuat serpihannya yang sangat halus masuk ke dalam makanan juga. Gunakan selalu sendok kayu atau spatula plastik.
3. Didihkan secara perlahan terus-menerus selama 5 menit atau lebih.
    • Segera kecilkan api setelah bubur mendidih karena bisa merusak tekstur bubur (tindakan ini sangat penting, terutama jika Anda menggunakan susu, untuk mencegahnya menjadi hangus). Aduklah sesering mungkin sehingga bubur menjadi lembut dan memiliki kekentalan seperti krim.
    • Jika Anda menyukai bubur encer, tambahkan lebih banyak susu atau air sampai bubur terlihat seperti yang Anda bayangkan. Jika Anda akan membuat bubur untuk suatu kelompok, biarkan setiap orang menambahkan lebih banyak susu/air sesuai selera masing-masing saat bubur telah disajikan dalam mangkuk.
4. Tambahkan sedikit gula cokelat dan madu, jika suka.
    • Kebanyakan orang ingin buburnya sudah terasa manis sebelum diberi pelengkap lain. Beberapa orang bahkan menambahkan mentega! Kalau bubur telah tersaji, pertimbangkan untuk menambahkan sedikit gula dan madu pada setiap piring. Cukup satu sendok atau lebih setiap piring untuk membuat bubur terasa manis.
    • Jika Anda sedang berusaha membatasi asupan gula atau memilih bubur yang lebih gurih, lewati langkah ini. Nantinya, Anda juga bisa menambahkan apa pun yang Anda sukai.
5. Beri taburan untuk menambah cita rasa, lalu sajikan.

Beri taburan untuk memperindah sepiring bubur tawar, sehingga sarapan menjadi mudah namun tetap lezat. Berikut beberapa ide:

    • Perciki dengan madu dan yoghurt Yunani (Greek yoghurt)
    • Beri buah blackberry dan raspberry, yang direbus untuk mengeluarkan sarinya.
    • Tambahkan irisan satu atau dua buah pisang dan sedikit sirup mapel.
    • Tambahkan satu atau dua sendok makan bubuk cokelat dan selai kacang.

2.  Memasak Bubur Beras

bubur beras

Bahan – Bahan Bubur Beras :

  • 4 cangkir nasi
  • Siapkan 8 cangkir air atau kaldu/air daging (untuk bubur kental; tambah air jika Anda ingin bubur lebih encer)
  • 2 butir telur (opsional)

Cara Membuat Bubur Gandumnya :

  1.  Masukkan nasi ke dalam panci besar.

Resep ini juga dapat dibuat dengan beras mentah, meskipun akan memerlukan waktu lebih lama. Anda hanya perlu memastikan panci yang digunakan cukup besar untuk menampung banyak air, selain beras

    • Anda juga dapat membuat masakan ini menggunakan rice cooker atau microwave. Dengan kedua peralatan tersebut waktu memasak akan bervariasi. Pada prinsipnya, bubur beras adalah beras yang dimasak dengan air dalam jumlah lebih banyak dan direbus secara perlahan-lahan.
2. Tambahkan air atau kaldu (air daging) ke dalam panci

Seperti kebanyakan bubur beras dibuat untuk memanfaatkan nasi sisa, pengukuran bukanlah hal standar dari resep abadi ini. Namun, dengan nasi Anda perlu air dua kali lebih banyak cukup untuk menutup beras dan kemudian kira-kira 2,5cm lebih banyak.

    • Jika beras yang masih mentah, Anda akan memerlukan air kira-kira 4 kali lebih banyak dan dicuci juga berasnya. Selama proses, beras tersebut akan mengembang dan menyerap air.
    • Jika Anda menginginkan bubur dengan rasa lebih gurih dan kaya rasa, kaldu merupakan pilihan yang bagus, tetapi nyaris tidak penting.
3. Rebus nasi dan didihkan secara perlahan-lahan selama 10 menit.

Aduk terus sehingga butiran nasi hancur dan membuat teksturnya lebih lembut. Setelah bubur mendidih,cukup menyalakan atau kecilkan api dan biarkan tetap panas.

    • Tutup panci, dan tahan keinginan Anda untuk membukanya lebih dari satu atau dua kali. Semakin sering Anda membukanya, semakin banyak uap dan panas keluar, sehingga akan memperlambat proses.
4. Tambahkan telur.
    • Congee adalah nama untuk bubur beras tradisional Tiongkok—bukanlah bubur beras dengan serpihan orak-arik telur yang mengambang. Untuk memastikan bubur akan memiliki tekstur yang lembut, kocoklah telur lebih dahulu baru kemudian masukkan ke dalam bubur.
5. Aduklah terus sampai bubur mengental dan lembut.
    • Pastikan Anda terus mengaduk bubur; pengadukan adalah cara terbaik agar semua bahan matang secara merata dan tidak ada yang menempel pada bagian bawah panci.

3. Mencoba Buat Bubur Jelai

bubur jelai

Bahan – Bahan Bubur Jelai :

  • 2 cangkir biji barley/jelai
  • 6 cangkir air
  • 1 sendok teh garam
  • 1 cangkir susu
  • Krim berat (heavy cream)
  • Gula cokelat, kayu manis, kenari cincang panggang (opsional)
  • Buah segar untuk penyajian (opsional)
  • Cara Membuat Bubur Jelainya :

  1. Kemudian Campur 2 cangkir jelai dengan 6 cangkir air dan 1 sendok teh garam.

ketiga bahan tersebut dalam panci besar di atas api sedang. Segera setelah mendidih, kecilkan api. Ketika  Anda membiarkan suhu meningkat terlalu tinggi maka jelai akan hangus dan air akan menguap terlalu cepat.

    • Jika Anda tidak akan menyajikan bubur untuk 4 orang, resep ini dapat dibuat separuhnya saja. tidak perlu juga untuk memodifikasi bahan taburan terlalu banyak; jika menyukai bubur yang manis, Anda akan memerlukan cukup banyak gula!
  1. Didihkan juga jelai secara perlahan-lahan, selama kurang lebih 45-60 menit, sampai jelai mejadi lembut/lunak.

Apa itu jelai? jelai adalah kacang yang sukar pecah (Secara harfiah, jelai adalah butiran padi-padian dengan rasa kacang). oleh sebab itu juga  jelai lebih sulit mengental maka untuk membuatnya lunak diperlukan waktu lebih lama dibandingkan oat dan beras. Kemudian Aduklah bubur setiap 10 menit atau lebih sambil memeriksa teksturnya apakah baik atau buruk buburnya.

    • Sebisa mungkin pastikan panci dalam keadaan tertutup. Setelah kira-kira 10 menit, bukalah tutup panci dan aduk bubur beberapa kali menggunakan sendok kayu. Jika sebagian besar air telah terserap habis, artinya bubur jelai tersebut sudah matang.
3. Saringlah jelai yang telah matang.

Apabila Anda menginginkan bubur yang lebih encer, Anda tetap perlu menyaring jelai matang terlebih dahulu. Jika dibandingkan, air sisa yang disaring tersebut rasanya tidak seenak secangkir susu.

    • Cara termudah untuk menyaring adalah menggunakan penyaring makanan yang terbuat dari plastik atau logam. Jika terpaksa, tahanlah tutup di tepi panci dan jungkitkan/miringkan panci di atas bak cuci piring untuk membuang airnya.
4. Campur jelai yang sudah matang dan sisa bahan-bahan ke dalam panci bergagang berukuran sedang, panaskan di atas api sedang.

Secangkir susu, 1 sendok makan gula cokelat, ½ sendok teh kayu manis akan membuat jelai yang hambar menjadi sarapan biasa yang sangat nikmat. Sesuaikan rasa manisnya dengan selera Anda.

    • Susu merupakan bahan yang diperlukan (semakin berlemak susu, semakin lembut rasanya), tetapi Anda dapat bereksperimen dengan gula cokelat dan kayu manis, dan bereksplorasi dengan bahan-bahan lain seperti madu, sari/jus buah, ataupun yoghurt.
5. Masak, dan aduklah sesekali, selama kira-kira 15 menit atau lebih.

Waktu tersebut adalah yang biasanya diperlukan sampai susu telah hampir seluruhnya terserap oleh jelai. Tahap penting selanjutnya jelai akan menyerap sedikit rasa manis dari kayu manis.

    • Ketika semua bahan terlihat mengental dan lengket seperti bubur, berarti masakan sudah matang! Jika menginginkan bubur sedikit lebih encer, Anda bisa menambahkan susu lebih banyak.
6. Sajikan bubur ke dalam empat buah mangkuk.

dan itulah tadi Anda baru saja menyajikan bubur jelai dari resep dasar. Supaya membuatnya lebih kaya rasa, taburi setiap piring bubur dengan kenari, percikan krim berat, dan buah, jika berminat. Langkah tersebut tidak melelahkan!

    • Jika Anda termasuk tipe orang yang ingin tahu, cobalah taburan berupa yoghurt, selai kacang, cokelat, madu, atau bahan tambahan lain yang menurut Anda akan membuat bubur tersebut sebagai sarapan para juara.

4. Cara Membuat Bubur Sumsum

cara membuat bubur

Oiya Bubur sumsum yang nikmat adalah yang bertekstur lembut dan tidak menggumpal. Disantap dengan kucuran saus gula merah makin legit rasanya. Bubur sumsum ternyata bisa dinikmati sebagai menu sarapan, bisa juga dijadikan kudapan.

Memasak bubur sumsum sebenarnya gampang-gampang susah. Kelihatannya memang menu yang sederhana. Perlu diingat juga kalau ada satu saja kesalahan dalam membuatnya, bubur sumsum pun jadi menggumpal.

Bahan – Bahan Membuat Sumsum :

    1. Tepung beras 100 g
    2. Santan 850 ml
    3. Garam 1 sdt
    4. Daun pandan 6 lembar

Cara Membuat Bubur Sumsum :

  1. Siapkan santannya juga sebanyak 650 ml kemudian bagi di dua gelas.
  2. Rebus 1 gelas santan dengan 5 lembar daun pandan dengan api kecil. Terus aduk agar santan tidak pecah.
  3. Ambilkan juga 1 gelas santan, kemudian tuang secara perlahan pada tepung beras. Aduk terus. Jangan sampai menggumpal. Tambahkan ½ sdt garam.
  4. Masukkan adonan ke dalam santan yang sedang direbus. Aduk lagi hingga tercampur rata. Jangan sampai ada gumpalan.
  5. Ketika sudah tercampur, matikan api.
  6. Cincang gula merah lalu masak dengan api kecil. Masukkan selembar daun pandan, tambahkan air secukupnya. Aduk hingga gula larut.
  7. Rebus sisa santan yaitu 200 ml sebagai kuah.
  8. Sajikan bubur sumsumnya dengan cara ambil adonan lalu tuang gula merah dan kuah santan.
  9. Bubur sumsum siap dihidangkan

5. Resep Membuat Bubur Ketan Hitam

cara membuat bubur

Bubur Ketan Hitam adalah bubur yang menggunakan beras ketan hitam sebagai bahan utama. Untuk dapat mengolahnya beras ketan hitam ini harus direndam dalam air selama 24 jam agar beras tersebut menjadi lunak. Bubur ini memiliki rasa manis dan dalam penyajian diberikan santan yang memiliki cita rasa gurih. Makanan ini merupakan jajanan populer dan sering dijadikan menu sarapan yang cepat.

Bahan – Bahan Untuk Membuat Bubur Ketan Hitam :

    • 1/4 kg beras ketan hitam
    • 300 gram gula merah
    • 5 sdm gula pasir
    • garam secukupnya
    • 3 cm kayu manis
    • daun pandan
    • 2 liter air
    • 1 kelapa untuk santan

Cara Membuat Bubur Ketan Hitamnya :

  1. Rendam beras ketan selama semalaman.
  2. Keesokan pagi cuci beras ketan sampai bersih.
  3. Masak air sampai mendidih, masukkan beras.
  4. Masak ketan selama kurang lebih 10 menit.
  5. Diamkan selama 30 menit.
  6. Masak lagi ketan dan tambahkan gula merah, gula, garam, kayu manis.
  7. Kemudian Masak sampai kental sambil diaduk agar tidak lengket.
  8. Masak santan di panci terpisah, tambahkan gula dan daun pandan.
  9. Masak sampai mendidih.
  10. Sajikan bubur ketan hitam bersama santan.

Setelah  Bubur Ketan Hitamnya jadi Bubur Ketannya siap dihidangkan..

6. Membuat Bubur Kacang Hijau

cara membuat bubur kacang hijau

salah satu bubur manis yang paling populer adalah bubur kacang hijau. Kudapan ini merupakan jajanan tradisional yang sudah dikonsumsi masyarakat kita sejak dahulu.

Soal cara membuat bubur kacang hijau, tentu saja sesuai dengan namanya, bahan dasarnya adalah kacang hijau. Biasanya penyajian bubur kacang hijau ini dibarengi dengan santan. Bubur kacang hijau paling nikmat disantap kala hangat terutama ketika cuaca sedang dingin.

Bahan – bahan membuat kacang hijau :

  • Kacang hijau 250 g, cuci bersih dan rendam selama 1 jam
  • Air mineral 2 LGula merah 100 g, cincang halus
  • Santan kental 150 ml
  • Gula pasir 4 sdm
  • Garam 1 sdtJahe 2 cm, memarkan
  • Daun pandan 2 lembar

Cara Membuat Bubur Kacang Hijau :

  1. Kacang hijau yang sudah direndam selama 1 jam kemudian rebus dengan 1 L air hingga matang dan empuk. Sisihkan.
  2. Rebus gula merah dan gula pasir dengan 500 ml air. Tunggu hingga larut.
  3. Setelah gula merah dan gula pasir larut dan mendidih, tuang ke dalam air rebusan kacang hijau dengan memakai saringan.
  4. Rebus kembali kacang hijau dan masukkan pula daun pandan dan santan. Aduk hingga rata.
  5. Masukan jahe dan juga garam. Aduk hingga rata. Aduk hingga santan berbusa.
  6. Bubur kacang hijau siap dinikmati selagi hangat.

Baik Itu tadi Seputar tentang cara membuat bubur yang sehat dan aman yang bisa kalian coba dirumah..