Halo Sobat! di artikel ini aku mau bagi-bagi sama sobat tips, resep, cara membuat cake coklat yang lembut dan enak dengan berbagai varian. Sobat, pada umumnya hampir semua orang entah itu kalangan anak-anak ataupun orang dewasa pasti suka dengan coklat. Coklat memiliki rasa manis yang ramah di lidah, selain itu coklat dapat meningkatkan mood kita atau membuat perasaan menjadi jauh lebih baik biasanya sih disebut sebagai moodbooster.

Coklat memiliki berbagai varian dan cara pembuatan, seperti contohnya cara membuat coklat batang, cara membuat coklat putih, memiliki jenis seperti dark cooking chocolate dan masih banyak lagi. Coklat sangat identik dengan sajian berupa minuman, permen, dan berbagai olahan kue dan roti. Seperti contohnya kue bolu, coklat seringkali menjadi bahan utama atau topping pada kue bolu yang dapat menambah cita rasa.

Hidangan kue coklat sangatlah nikmat apabila disajikan dengan keluarga, saudara, dan teman-teman nih sobat. Kue coklat ini memiliki berbagai varian yang bermacam-macam, sama halnya seperti kue tradisional atau camilan khas Indonesia pada umumnya. Beberapa varian dari kue coklat ini seperti kue coklat kukus, kue pisang coklat, dan masih banyak lagi varian yang lainnya. Karena memiliki variasi yang beragam dan rasa yang manis dengan tekstur yang lembut, kue coklat menjadi salah satu dessert favorit kebanyakan orang.

Kue coklat biasanya dapat ditemukan di restoran, cafe, atau toko kue terdekat. Sobat biasanya menyajikan kue coklat ini untuk hidangan penutup atau sebagai hadiah misalnya kue ulang tahun, kalau ingin buat kue ulang tahun sobat bisa baca di artikel resep kue ulang tahun coklat. Tetapi ya sobat, daripada beli di restoran, cafe, atau toko kue, lebih baik sobat membuat kue coklat sendiri di rumah dengan tips cara membuat cake coklat yang aku bagikan. Sobat dapat berkreasi sesuai selera dan rasanya pasti ngga kalah sama kue coklat yang dijual. Oke langsung aja seperti biasa yuk cusss

Asal Usul dan Sejarah Cake

Sobat udah pada tahu asal usul dan sejarah dari cake belum? Cake memiliki sejarah yang sangat panjang. Jika ditinjau secara etimologi yang berdasarkan kamus Oxford, kata cake berasal dari kata “Kaka” yakni sebuah bahasa kuno Norse yang dipakai pada masa era viking di wilayah Scandinavia. Bahasa kuno Norse ini digunakan berkomunikasi oleh para pendatang yang berasal dari Jerman Utara.

Bangsa Mesir kuno sudah mengenal cake pada awal sejarah cake ini sobat. Pada awal ditemukan cake memiliki proses pembuatan atau cara pengolahan yang sangat sederhana dan bahan bahan yang digunakan untuk membuat kue sangat sederhana. Dahulu cake dibuat unutuk keperluan acara acara penting seperti upacara upacara keagamaan.

Orang Mesir kuno membuat roti dengan cara memanggangnya di atas batu yang sudah dipanaskan, roti terbuat dari tepung gandum dan dibuat menjadi berbentuk gepeng. Pada abad pertengahan, cara pembuatan roti sudah mulai dikembangkan di Eropa tentunya dengan cara pembuatan yang lebih modern. Dengan cara pembuatan yang lebih modern ini, roti memiliki perubahan seperti contohnya memiliki aroma yang lebih harum dan tekstur yang lembut karena terdapat penambahan bahan seperti susu dan kuning telur.

Dalam perkembangannya jenis-jenis cake pun semakin bervariasi, baik dari ukuran, tekstur, bentuk dan rasa. Campuran dan topping pada cake juga semakin beragam seperti coklat, keju, kismis, vla, dan masih banyak lagi. Tetapi sebenarnya banyak macam jenis dari cake yang belum diketahui asal usul nya, sehingga penulusuran pencipta cake sangat sulit dilakukan. Nah, sekarang aku mau bagi cerita dari beberapa jenis kue atau cake yang memiliki kisah menarik buat sobat, yuk simak ceritanya….

Muffin

Bener ga sih dari sobat banyak yang masih bingung bedanya muffin dengan cupcake? Yup, jika kita lihat sekilas bentuk dari muffin dan cupcake ini hampir sama karena keduanya memakai wadah yang sama untuk cetakan yakni berbentuk cangkir. Muffin merupakan saudara tua dari cupcake, karena muffin ini diciptakan pada abad ke-18 sedangkan cupcake diciptakan satu abad setelah muffin ditemukan.

Muffin berasal dari kata moufflet, kata tersebut berasal dari Prancis kuno yang digunakan untuk menamai suatu jenis roti yan memiliki arti lembut. Nama muffin ini belum diketahui dengan jelas asal usulnya di Inggris, tetapi kemungkinan berasal dari German muffe yang berarti kue. Di Inggris kata muffin mulai dipublikasikan pada tahun 1703 dan penulisan resep muffin dilakukan oleh Hannah Glasse di buku resepnya pada tahun 1747.

Seabad kemudian muffin ini mulai populer dan mulai menjadi sajian pada saat acara minum teh yang merupakan suatu tradisi kuno di Inggris. Umumnya, muffin disajikan pada saat musim dingin dengan ditemani secangkir teh panas, biasanya juga dilengkapi dengan selai atau mentega. Penjual kue di jalanan mulai menjual muffin dengan cara meletakannya di atas baki makanan pada masa era Victoria.

Muffin di benua lain memiliki versi yang berbeda dan lebih dikenal dengan American muffin. Muffin versi Amerika ini memiliki tekstur yang lebih moist karena mengganti ragi dengan baking powder sebagai bahan pengembangnya. Untuk penyajiannya pun berbeda, di Inggris muffin disajikan pada saat minum teh sedangkan di Amerika muffin dihidangkan saat sarapan atau dijadikan dessert setelah makan malam.

Cupcake

Ide pembutan cupcake ini tercetus karena orang-orang mulai jenuh dan merasa bahwa muffin kurang manis dan menarik. Awal dari sejarah cupcake ini bermula pada abad ke-14 (satu abad setelah ditemukannya muffin) di Amerika Serikat. Tetapi ada suatu kisah yang berbeda pada sejarah ditemukannya cupcake, kisah tersebut menceritakan bahwa cupcake ini ditemukan oleh Amelia Simms dalam buku resepnya yakni American Cookery. Dalam buku resep tersebut ia mereferensikan sebuah resep kue yang dipanggang pada cangkir kecil.

Asal usul nama cupcake ini masih menjadi perdebatan, apakah itu diambil dari pemakaian bahan yang ditakar menggunakan cangkir atau diambil dari pemakaian cetakan yang memang menggunakan cangkir teh. Sebenarnya nih sobat, cupcake dulunya pernah diberi nama dengan 1234 yang memiliki arti 1 cangkir mentega, 2 cangkir gula, 3 cangkir terigu dan 4 butir telur. Karena bahan dan pembuatannya yang sederhana kue cupcake ini cepat populer.

Terdapat suatu fakta menarik sobat, telah dicatat di Amerika Serikat yakni tempat terciptanya cupcake. Suatu toko kue yang bernama Crumbs di New York memperoleh pendapat yang cukup fantastis hanya dengan pendapatan dari cupcake saja, yakni sebesar 23,5 juta dollar dalam kurun waktu satu tahun. Hal ini telah membuktikan bahwa cupcake sangat populer dan disukai banyak orang karena penampilannya yang menarik serta rasanya yang manis.

Pound Cake

Sejarah dari pound cake ini hampir mirip dengan sejarah cupcake yang sama sama tercipta dari cara penakaran bahan yang dipakai. Di Indonesia, pound cake memiliki julukan kue bolu, takaran dari kue bolu ini memiliki rasio 1:1:1:1. Pound cake ini awalnya muncul pada hidangan sebuah keluarga di Eropa Utara pada tahun 1700-an. Resep kue ini agak sedikit berbeda dari resep aslinya pada pertengahan tahun 1800-an.

Seorang penulis yang bernama Eliza Lieslie pada tahun 1851, telah menciptakan suatu resep pound cake yang baru dengan cara pembuatan yang lebih ringan atau sekarang dikenal dengan sponge cake. Tidak lama kemudian James Villas juga menerbitkan suatu ulasan tentang pound cake.

Seiring berjalannya waktu resep asli dari pound cake ini sudah mulai berevolusi dan mulai banyak jenis kue baru yang memakai pound cake sebagai dasar pembuatannya. Seperti contohnya ada red velvet, rainbow cake, dan masih banyak lagi.

Resep dan Cara Membuat Cake Coklat

Oke ini dia yang ditunggu-tunggu, disini aku mau bagi resep cara membuat cake coklat tentunya dengan cara pembuatan yang sederhana dan menghasilkan rasa yang mantap jiwaaa…. Jadi aku mau bagi 5 resep andalan buat bikin chocolate cake. Langsung aja cusss….

Cara Membuat Cake Coklat Kukus

cara membuat cake coklat

Cake coklat yang satu ini tentunya dalam proses pembuatannya tidak memakai oven sobat. Jika sobat tidak memiliki oven jadi jangan bingung, simak resep yang satu ini

Bahan Adonan:
  • Telur sebanyak 1 butir
  • 90 gram mentega tawar
  • Gula pasir dengan takaran 100 gram
  • 50 gram tepung dengan protein rendah
  • 100 gram susu cair yang full cream ya sobat
  • Coklat bubuk dengan takaran 25 gram
  • 1/4 sendok teh soda kue
  • 1/4 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh vanilla essens atau perisa vanilla
Bahan Saus Coklat:
  • 60 gram SKM atau Susu Kental Manis yang putih
  • 25 gram coklat bubuk
  • 60 gram susu cair yang full cream
  • Minyak sayur dengan takaran 1 sendok teh
  • 1 sendok makan maizena + 3 sendok makan air aduk rata (larutan maizena ini digunakan sebagai pengental)
Cara Membuat Cake Coklat Kukus:
  1. Pertama-tama, lelehkan gula, mentega dan susu cair dengan api yang kecil dan jangan sampai mendidih, jika sudah meleleh matikan api
  2. Kemudian kocok telur dan perisa vanilla, lalu tuangkan ke dalam cairan susu yang hangat, aduk dengan menggunakan wisk sampai rata
  3. Setelah itu tuangkan ke dalam campuran coklat bubuk, tepung terigu, baking powder, dan soda kue, aduk secara merata. Jika adonan sudak tercampur rata, tuangkan dalam loyang yang berdiameter 16 cm yang sudah diolesi mentega sebelumnya.
  4. Kukus adonan dalam waktu sekitar 30 menit sampai benar-benar matang
  5. Kemudian untuk membuat saus coklatnya sobat panaskan semua bahan di list tadi kecuali larutan tepung maizena. Yang terakhir masukkan larutan maizena dan diaduk secara terus menerus dengan cepat dengan menggunakan wisk sampai mengental
  6. Ambil cake yang sudah matang, sajikan dengan cara menyiramkan saus coklat tadi diatas cake

Cara Membuat Cake Coklat Pisang

cara membuat cake coklat

Wihh….ternyata cake coklat memang banyak variasinya ya sobat, disini kita mau buat cake coklat pisang, tentunya membutuhkan bahan utama berupa pisang, oke simak yaa

Bahan-bahan:
  • Tepung gandum utuh atau whole wheat flour dengan takaran 1 cup
  • 1 sendok teh baking soda
  • Telur sebanyak 1 butir
  • 100ml susu coklat yang lowfat atau rendah lemak
  • 1 sendok teh vanilli
  • 2 buah pisang tentunya yang sudah matang, lalu hancurkan
  • 1 cup dark cooking chocolate
  • Cocoa powder atau coklat bubuk kemasan dengan takaran 1/2 cup
  • 1 cup kecil yoghurt yan plain
  • Sirup maple atau madu dengan takaran 1/2 cup
  • Garam secukupnya
Cara Membuat Cake Coklat Pisang:
  1. Pertama yang harus disiapkan yaitu wadah berupa mangkok, masukkan tepung gandum, cocoa powder, baking soda, dan garam aduk menjadi satu sampai tercampur, lalu sisihkan
  2. Masukkan telur, susu, yoghurt, madu atau sirup mapple, dan vanilli lalu campur dengan menggunakan mixer dengan keceptan sedang. Kemudian sobat tambahkan campurang tepung yang sudah dibuat tadi sedikit demi sedikit dengan kecepatan yang rendah
  3. Pisang yang sudah dihancurkan dan dark cooking chocolate dimasukkan, aduk dengan menggunakan spatula
  4. Kemudian sobat siapkan sebuah loyang yang sudah dilapisis dengan kertas roti diatasnya, panaskan oven juga ya. Tuangkan adonan kue yang sudah tercampur rata ke dalam loyang, taburi dengan dark cooking chocolate
  5. Masukkan ke dalam oven, panggang hingga adonan matang dengan waktu sekitar 45 menit. Cara memastikan matang atau belumnya dengan cara menusuk kue sampai ke dalam, kue sudah matang merata jika tidak ada adonan yang menempel pada tusukan
  6. Jika sudah matang angkat, diamkan kue sekitar 15 menit lalu sajikan

Cara Membuat Cake Coklat Choco Mousse

cara membuat cake coklat

Kita mau buat cake coklat yang super duper yummy nih….yaitu choco mousse cake. Kue dengan varian satu ini memiliki tekstur yang moist banget dan cokat yang lezat, yuk ikuti resepnya

Bahan-bahan Adonan Cake:
  • Telur sebanyak 4 butir
  • 4 sendok makan tepung terigu
  • 4 sendok makan cocoa powder atau bubuk coklat
  • Mentega yang sudah dicairkan dengan takaran 4 sendok makan
  • 1 sendok makan baking powder
  • 4 sendok makan gula pasir yang halus
Bahan-bahan Mousse:
  • Dark Cooking Chocolate (DCC) 250 gram
  • Whip cream 250 gram
Cara Membuat Cake Coklat Choco Mousse:
  1. Masukkan telur ke wadah dan mixer dalam waktu sekitar 4 menit sampi warnanya berubah menjadi pekat
  2. Jika warna sudah menjadi pekat, tambahkan mentega yang telah dicairkan tadi ke dalam adonan telur, campur hingga rata
  3. Semua bahan kering yang ada dalam daftar bahan adonan cake dimasukkan ke dalam mangkuk lain kecuali baking powder
  4. Adonan telur yang sudah dibuat tadi dituangkan ke dalam campuran bahan kering dan aduk hingga tercampur rata. Kemudian masukkan baking powder dan aduk kembali adonan
  5. Loyang yang sudah disiapkan diolesi dengan mentega dan taburkan sedikit coklat bubuk. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat celcius
  6. Adonan ke yang sudah tercampur rata dituangkan ke dalam loyang dan masukkan ke oven, panggang sekitar 20 menit
  7. Jika sudah matang dinginkan cake
Cara Membuat Choco Mousse:
  1. Mixer whip cream samapi berubah menjadi pekat
  2. Lelehkan coklat dengan menggunakan microwave, jika sudah meleleh diamkan agar agak dingin
  3. Setelah itu, tuangkan coklat yang sudah meleleh ke dalam whip cream dan aduk hingga tercampur rata secara pelan-pelan
  4. Tuangkan choco mousse yang sudah jadi di atas cake coklat yang sudah di panggang tadi
  5. Jika sudah, masukan ke dalam kulkas atau freezer, dan tunggu sampai benar-benar set minimal dalam waktu 1 jam
  6. Kemudian keluarkan dari loyang, sajikan dan potong-potong sesuai dengan selera sobat

Cara Membuat Cake Coklat Keto

Oke sobat kita akan membuat cake coklat keto nih, usut punya usut ternyata protein dari tepung keto ini sangat bagus untuk kesehatan. Di resep ini kita memisahkan bahan menjadi 2 yakni bahan basah dan bahan kering. Kuy simak resep selanjutnya

Bahan-bahan Kering:
  • Tepung keto 80 gram
  • Tepung kelapa 50 gram
  • Pemanis alami atau lakanto 60 gram (fyi, lakanto ini merupakan alternatif gula yang sehat)
  • Bubuk coklat dengan takaran 1 sendok makan
  • 1 sendok teh baking soda
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh vanila bubuk atau vanilla powder
Bahan-bahan Basah:
  • Air kopi dengan takaran 50ml
  • 1 sendok makan cuka aple atau bisa menggunakan air perasan jerus nipis
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh pasta coklat
  • Minyak barco dengan takaran 100ml
  • Telur sebanyak 2 butir
  • Santan instan atau whipped cream dengan takaran 65ml
Cara Membuat Cake Coklat Keto:
  1. Masukkan semua bahan basah dan campur hingga rata
  2. Masukkan juga semua bahan kering ke wadah yang lain, aduk sampai tercampur rata
  3. Jika bahan basah sudah tercampur rata tuangkan ke dalam adonan bahan kering lalu aduk hinnga rata. Kemudian tuangkan adonan ke dalam loyang cup yang memiliki ukuran 5x8x7
  4. Masukkan adonan ke dalam oven dan panggang dengan suhu 170 derajat celcius. Tunggu dalam waktu selama 25-30 menit sampai benar-benar matang.
  5. Jika sudah matang, angkat dan sajikan cake coklat keto

Selesai Sudah Resepnya

Nah Sobat, jadi begitulah cara membuat cake coklat dengan berbagai variasi, mungkin sobat dapat menambahkan variasi yang sudah sobat buat sendiri. Cake coklat ini selain rasanya manis dan lezat tentunya juga menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Jika sobat tertarik juga untuk membuat dessert berupa donat, sobat dapat menggunakan mesin pembuat donat agar mepermudah dan tentunya mempercepat proses pembuatan. Oke jadi begitu saja sobat, terimakasih sudah membaca artikel ini, dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya bye bye….❤😊

Whatsapp Sekarang
Butuh Bantuan?
Halo! ada yang Bisa kami bantu