Tips Cara Membuat Coklat Batangan ini Simple Banget Sob!

Kali ini kita akan mengupas tips cara membuat coklat batangan yang mudah dan tentunya enak, tips ini juga dapat kalian coba dirumah sendiri lho sobat.  Coklat batangan biasanya dijual atau dapat kita temui di supermarket maupun di kedai-kedai terdekat.

Coklat merupakan suatu sebutan untuk hasil olahan berupa makan atau minuman yang terbuat dari biji kakao (Theobroma cacao). Para bangsawan dari penduduk Mesoamerika dipercaya menjadi pengonsumsi coklat pertama kali dengan sajian coklat berupa minuman. Hasil olahan berupa coklat ini umumnya diberikan kepada orang lain sebagai hadiah atau bingkisan hari raya. Bentuk dan rasa yang unik, coklat sering digunakan sebagai ungkapan rasa terima kasih, simpati, dan rasa cinta.

Salah satu jenis coklat yang paling disukai yaitu coklat batangan. Cara membuat coklat batangan ternyata mudah lho sob, selain proses pembuatan coklat batangan dari kakao kita dapat membuatnya dari cokelat bubuk, sehingga coklat bubuk dapat dibuat kembali menjadi coklat batangan. Dengan cara membuat coklat batangan yang mudah dan enak kali ini dapat dicoba oleh siapa pun sobat.

Sejarah Coklat

Coklat yang dihasilkan dari kakao mulanya diperkirakan tumbuh di hutan Amazon utara sampai ke Amerika Tengah. Pada peradaban pertama penduduk yang mendiami daerah Meso-Amerika itu mulai mengenal pohon “kakawa” yang duhulunya buah tersebut dikonsumsi sebagai minuman yang dikenal dengan nama xocolātl yang berarti minuman dengan rasa pahit. Menurut mereka, minuman ini perlu dikonsumsi setiap hari, entah untuk alasan apa. Namun, tampaknya cokelat juga menjadi simbol kemakmuran.

Cara penyajian dari minuman tersebut pun tidak sembarangan. Dengan cara memegang wadah cairan ini setinggi dada dan menuangkan ke wadah lain di tanah, seorang penyaji yang ahli dapat membuat busa tebal, bagian yang membuat minuman itu begitu bernilai. Jadi gini sobat, busa ini sebenarnya hasil dari lemak kokoa (cocoa butter) namun terkadang juga ditambahkan busa tambahan. Menurut sejarah, dahulu penduduk Meso-Amerika sepertinya memiliki suatu kebiasaan penting minum dan makan bubur yang memiliki kandungan cokelat.

Masa Berkembangnya Coklat

Pada masa itu coklat dianggap sangat berharga hingga dianggap sebagai makanan para dewa yang menjadi asal-usul nama latin pohon coklat. Sehingga biji kakao seringkali digunakan dalam upacara keagamaan dan sebagai hadiah. Karena sangat berharga biji kakao juga dipakai sebagai alat pembayaran atau penukaran yaitu berupa mata uang. Spanyol melakukan penaklukan di Meksiko dan Amerika Tengah, pada saat terjadi penaklukan orang-orang Spanyol mulai membuka perkebunan kakao. Bahkan diketahui keuntangan dari penaklukan tersebut sangatlah besar, sehingga orang Spanyol menguasai perdagangan coklat sampai abad ke-18.

Awal ditemukannya pembuatan coklat dalam berbagai cara ditemukan pada waktu revolusi industri di Eropa. Peningkatan mutu coklat mengalami perubahan yang signifikan, karena mesin uap mulai digunakan untuk menggiling coklat, hal ini terjadi pada tahun 1828 di Belanda. Coenraad van Houten menemukan cara untuk memisahkan bubuk dan minyak kakao dari adonan biji kakao yang sudah selesai digiling. Hal ini menjadi acuan beberapa penemuan yang mampu mencampur coklat berupa cairan kental dan pekat yang proses berikutnya dicampur minyak kakao serta gula.

Nah, asal mula dari coklat padat tersebut kini menjadi cikal bakal coklat batangan yang saat ini dikenal oleh masyarakat. Coklat batangan kini makin diminati oleh setiap orang, baik dari kalangan anak-anak, remaja, maupun dewasa. Dalam pengolahan coklat juga dapat disajikan berupa kue coklat, susu coklat panas, agar-agar santan coklat, dan masih banyak lagi. Beberapa riset telah membuktika bahwa mengonsumsi coklat dapat memberikan beberapa manfaat bagi kita nih sob…Yuk kita ulas apa aja sih manfaatnya.

cara membuat coklat batangan

Manfaat Coklat Bagi Kesehatan Tubuh

  • Kaya akan Anti-oksidan yang Tinggi

Yap, betul sekali, coklat tidak hanya memiliki rasa yang enak tetapi faktanya coklat mengandung anti-oksidan yang tinggi. Kandungan pada coklat sendiri yaitu berupa flavanols, yakni semacam zat flavanoid yang terkandung pada coklat merupakan zat anti-oksidan yang baik bagi tubuh yang berfungsi untuk mencegah radikal bebas pada tubuh.

  • Mencegah Kanker

Saat ini kanker merupakan penyakit yang cukup berbahaya, karena sulit untuk penyembuhan. Sebenarnya, alam sudah banyak menyediakan obat yang digunakan sebagai obat anti kanker. Contohnya adalah coklat, mengonsumsi coklat dapat menghindari dan mencegah sel yang menyebabkan kanker.

Coklat dapat juga menjadi alternatif untuk melawan kanker selain bawang putih, blueberry, anggur merah, dan teh. Pasti sobat pensarankan bagaiman caranya coklat dapat melawan sel kanker. Beberapa riset menyatakan bahwa coklat dapat menghalangi pemisahan sel kanker dan mengurangi peradangan.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Jika sering sekali darah tinggi kamu kambuh, kamu dapat mengonsumsi coklat sebagai penurun tekanan darah tinggi. Coklat merupakan alternatif yang cukup efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

Coklat merupakan zat yang mengandung yang berfungsi sebagai penenang syaraf-syaraf yang tegang. Dengan mengonsumsi coklat dapat mmbuat perasaan orang menjadi rileks, oleh karena itu mengonsumsi coklat dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi. Ddalam suatu studi, telah ditunjukkan bahwa dark chocolate dapat menurunkan tekanan darah tinggi, serta jika dikonsumsi secara teratur sudah dibuktikan dapat menurunkan kolesterol LDL persentasenya sejumlah 10%.

  • Mencegah Stress

Stress akibat tugas sekolah? skripsi kuliah? atau pekerjaan kantor? Saat stress datang ada baiknya jika kamu mengalami hal seperti itu, kamu wajib untuk mengonsumsi coklat. Coklat dapat mencegah maupun meredakan stress yang sedang kamu alami. Setelah mengonsumsi coklat kamu dapat merasakan perasaan bahagia.

Kandungan psikoaktif yang terdapat dalam coklat dapat memberikan perasaan nyaman bagi pengonsumsi. Beberapa zat yang terkandung dalam coklat seperti theobromine, caffeine,phenylethylalanine, dan methyl-xanthine telah diakui dapat mengurangi rasa lelah, memperbaiki mood atau bisa dibilang bahasa gaulnya sih moodbooster sob, serta dapat menjadi obat anti-depresi.

  • Menghindari Kerusakan Gigi

Seringkali orang tua melarang anak untuk mengonsumsi coklat. Dikarenakan beberapa orang tua beranggapan kalau coklat dapa merusak gigi. Faktanya hal tersebut suatu kesalahan yang besar, coklat justru merupakan obat yang baik untuk mencegah kerusakan gigi.

Kebanyakan orang beranggapan bahwa dengan mengonsumsi coklat dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Sebenarnya sesuatu yang membuat kerusakan pada gigi bukan coklatnya namun gula yang terdapat pada penganan coklat.

Jadi, sekarang bukan suatu masalah jika kamu mengonsumsi coklat sob, yang penting ingat harus disiplin gosok gigi. Hasil riset telah menyatakan bahwa di dalam coklat terdapat kandungan zat theobromine yang berfungsi sebagai zat yang melawan streptokokus mutans, yaitu bakteri yang dapat menyebabkan kerusakan pada gigi pada rongga mulut kita. So, masih percaya kalau coklat bisa merusak gigi sobat?

Jika suatu waktu gigi sobat rusak akibat terlalu sering mengonsumsi coklat. Kemungkinan besar coklat yang sobat konsumsi bukanlah coklat yang terbuat dari bahan alami. Melainkan coklat yang terbuat dari bahan dengan campuran gula yang terlalu berlebihan.

  • Menghindari Resiko Serangan Jantung

Dengan mengonsumsi coklat yang cukup, coklat dapat membantu untuk menurunkan resiko terkena serangan jantung. Seorang peniliti yang bernama John Hopkins telah melakukan riset yang menunjukkan bahwa coklat hitam dapat membantu untuk mengurangi resiko terkena serangan jantung dengan persentase 50%. Hal ini dikarenakan trombosit akan mengalami pembekuan dalam waktu yang lambat apabila kita mengonsumsi dark chocolate atau coklat hitam secara teratur. Lantaran telah diduga salah satu hal menyebabkan terjadinya serangan jantung yaitu adanya pembekuan darah dengan cepat pada peredaran darah.

  • Menurunkan Berat Badan

Buah-buahan dan sayuran memang terkenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh serta dapat melindungi berat badan kita, mengonsumsi coklat terkadang dapat menjadi ketakutan tersendiri bagi orang yang tengah menjalankan program diet. Mungkin banyak dari mereka berpikiran bahwa coklat mengandung lemak yang sangat banyak, sehingga berat badan malah bukannya turun, tapi naik secara drastis.

University of Copenhagen telah mengerjakan suatu riset, pada riset ini membuahkan suatu hasil penemuan bahwa kalau coklat hitam dapat memberikan perasaan kenyang pada orang yang mengonsumsinya. Khasiat tersebut terdapat pada jambu biji, dan manfaat yang terkandung dalam apel, daripada coklat putih. Jadi, hal ini menandakan bahwa coklat cukup efektif dalam menurunkan berat badan.

Saat sobat sedang menjalankan program diet nih, mungkin ada baiknya jika sobat memasukkan coklat dalam daftar makanan untuk diet. Sehingga dapat memberikan perasaan yang lebih rileks dan lebih baik selama menjalankan program diet.

  • Meningkatkan Fungsi Otak

Dalam sebuah penilitian menunjukkan hasil bahwa coklat panas dapat membantu meningkatkan peredaran aliran darah yang menuju ke bagian otak. Lavado atau yang biasa disebut ekstrak kako dapat mengurangi atau mencegah kerusakan yang terdapat pada jalur syaraf yang dapat ditemukan pada pasien pengidap penyakit Alzheimer. Ekstrak kakao ini memiliki fungsi untuk memperlambat gejala penurunan kognitif.

Meminum sekitar dua cangkir coklat panas sehari disarankan oleh seorang ilmuwan dari Harvard Medical School. Dikarenakan memiliki manfaat yang dapat membantu menjaga otak tetap sehat dan memperlambat penurunan daya ingat pada orang tua atau lansia. Jadi sobat masih yakin nih ga doyan coklat?

Tips Mengolah Coklat Batangan

cara membuat coklat batangan

Oke sobat, inilah yang ditunggu-tunggu, kali ini aku akan memberikan 2 tips cara untuk membuat coklat batang. Dengan memanfaatkan bahan dasar biji kakao dan coklat bubuk. Langsung aja cusss….

1.  Resep membuat coklat batangan dari biji kakao

Bahan-bahan yang diperlukan:
  • Biji kakao yang sudah di panen
  • Cetakan untuk coklat
Proses pembuatan:
  1. Proses yang harus dilakukan sobat pertama kali yaitu memetik buah coklat yang benar-benar sudah matang. Buat coklat yang dipetik harus benar kematangannya karena kualitas yang akan dihasilkan coklat dapat ditentukan juga oleh kematangan coklat yang akan diolah tersebut. Coklat yang sudah matang tetapi setelah dipetik kualitasnya kurang baik dibandingkan dengan coklat yang matang secara sempurna langsung dari pohonnya.
  2. Setelah sobat memetik buah coklat yang sudah matang, langkah yang harus dilakukan selanjutnya yaitu proses fermentasi kurang lebih selama  lima hari. Getah yang dihasilkan oleh coklat itu sendiri digunakan dalam proses fermentasi ini, karena getah pada coklat mampu menghasilkan suatu enzim alami yang berfungsi untuk mempercepat proses fermentasi dan hasil fermentasinya akan lebih sempurna. Pengawan pada proses fermentasi ini sangat dibutuhkan karena jika prosesnya terlalu lama, hasil coklatnya akan tidak bagus.
  3. Sekarang kita memasuki proses sortasi biji, mesin sortasi kakao dibutuhkan pada proses ini. Hasil fermentasi dari biji coklat yang sudah dilakukan sebelumnya harus dikeringkan dan disortir secara manual, karena dalam memilih biji coklat yang sesuai antara berat dan jenisnya      satu sama lain hal ini sangat diperlukan. Hitunglah biji coklat yang berjumlah 100 gram dan apabila biji coklat tersebut bagus, maka terdapat 80  hingga 90 biji dalam 100 gram. Jika tidak sesuai dengan takaran tersebut dapat dikatakan coklat yang sobat gunakan berkualitas kurang baik,    cara ini merupakan cara yang paling mudah.
  4. Setelah selesai dikeringkan, proses yang sobat selanjutnya lakukan yaitu proses pemanggangan. Proses pemanggangan ini bertujuan untuk      mengeluarkan aroma coklat, yakni aroma khas yang dapat menggugah selera kita nih sob. Proses pemanggangan pada setiap biji memiliki waktu dan temperatur suhu yang berbeda-beda.

Wait nunggu proses pemanggangan…..Oke lanjut lagi Sob!

  1. Bila pemanggangan biji coklat telah selesai, proses yang akan dilakukan selanjutnya yaitu proses pemisahan cangkang dari biji voklat yang nantinya akan sobat olah. Saat melakukan proses pemisahan ini harus hati-hati nih sob, karena buah kakao ini sangat rawan untuk rusak apabila tidak hati-hati dalam cara pemecahannya. Agar mendapatkan buah yang berkualitas, pemecahan kakao ini dapat sobat lakukan dengan bantuan mesin pemecah buah kakao, namun cangkang yang setengah hancur tersebut otomatis akan hilang saat melalui proses pengayakan.
  2. Dalam bentuk setengah hancur, inti dari biji coklat harus digiling sampai halus, hasil yang diberikan akan lebih bagus jika alat yang sobat gunakan adalah batu. Tetapi, mesin penggiling coklat akan lebih mudah dalam pengolahannya. Penghancuran massal yang nantinya akan dilakukan akan menghasilkan cairan coklat yang kental.
  3. Jika ingin mendapatkan cairan coklat yang kental berupa pasta dengan rasa yang lebih enak dan mantap. Sobat dapat menambahkan bahan lain seperti susu dan gula agar memiliki cita rasa yang lebih manis.
  4. Pasta yang dihasilkan sudah agak manis setelah melalui proses yang ke tujuh, langkah selanjutnya yaitu proses pengadukan. Proses pengadukan ini bertujuan untuk mengurangi keasaman pada coklat. Pengadukan pada coklat harus dilakukan secara terus menerus agar keasamannya bisa berkurang, keluarnya hawa panas dari coklat menandai bahwa keasaman telah berkurang.
  5. Nah, kali ini memasuki proses terakhir nih sobat, proses yang terakhir dalam pengolahan coklat ini yaitu memisahkan coklat berdasarkan jenis susu. Hasil dari proses terakhir ini biasanya akan menghasilkan cocoa butter dan cocoa powder. Cocoa butter disebut dengan coklat putih karena memiliki warna putih seperti mentega putih, dark chocolate juga akan dihasilkan pada tahap ini yang nantinya akan dicetak dalam bentuk batangan. Setelah dicetak jangan lupa dimasukkan dalam freezer ya sob untuk penyimpanannya.

2. Resep membuat coklat batangan dari coklat bubuk

Bahan-bahan yang diperlukan: 
  • Coklat bubuk
  • Gula
  • Tepung Maizena
  • Susu cair
Proses Pembuatan:
  1. Sobat bisa ambil 2 sendok makan coklat bubuk
  2. Setelah itu ambil tepung maizena dengan takaran 1 sampai 1,5 sdm
  3. Ambil gula dan susu secukupnya saja ya sob
  4. Masukkan semua bahan diatas ke dalam wadah, setelah itu aduk hingga tercampur rata
  5. Masak semua bahan diatas api yang kecil dengan diaduk secara terus menerus sampai warna adonan menjadi agak kehitaman
  6. Siapkan cetakan yang akan digunakan, lalu cetak adonan coklat yang sudah matang
  7. Setelah dicetak, silahkan sobat masukkan ke lemari pendingin atau freezer
  8. Tadaaa….coklat batangan sudah siap dihidangkan

Mudah kan sobat…seperti itulah tips-tips cara membuat coklat batangan yang dapat saya bagikan ke sobat-sobat semua nih. Coklat ini bisa dijadikan isian atau juga olesan berbagai macam makanan, salah satu contohnya adalah donat yang pembuatannya lebih mudah dilakukan jika menggunakan mesin pembuat donat. Selain dijadikan cemilan atau hadiah untuk seseorang, cara membuat coklat yang sederhana ini dapat dijadikan bisnis lho sobat. Jadi silahkan dicoba, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Whatsapp Sekarang
Butuh Bantuan?
Halo! ada yang Bisa kami bantu