Halo sobat semua, pada artikel kali ini penulis akan membagikan tips dan cara membuat cold brew yang enak, mudah, dan praktis sob. Kopi yang akan dibuat kali ini memiliki cita rasa seperti kopi coldbrew ala kafe dan kedai kopi namun dengan cara yang mudah untuk diikuti oleh sobat sekalian.

Bagi sobat para pecinta kopi pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah cold brewing. Tapi apakah sobat semua tahu cara membuat kopi coldbrew yang enak, nikmat, dan pastinya mudah dilakukan? Metode pembuatan coldbrew ini bukan kopi panas yang diberi tambahan es, namun kopi yang diseduh menggunakan air dingin.

Cara dan metode pengolahan cold brew pun sangat simple dan tidak rumit. Dengan menggunakan alat dan bahan yang sederhana pun kita bisa membuat coldd brew seperti yang ada di kafe maupun kedai kopi. Soal cita rasa jangan ditanya karena cita rasa dan aroma nya sama seperti yang ada di pasaran.

Sebenarnya, cara dasar pembuatan cold brewing adalah mencampurkan air dingin ataupun air dengan suhu ruangan bersama biji kopi yang digiling kasar, kemudian didiamkan selama 8 hingga 12 jam lalu disaring. Konsentrat atau saripati kopi yang dihasilkan bisa dihidangkan sebagai minuman dingin atau hangat.

Pada cara kali ini, kopi yang penulis bawakan ada dua metode yaitu menggunakan coffee pot sederhana dan juga cara sederhana yang bisa sobat lakukan dengan alat seadanya. Jadi sobat sekalian tidak usah khawatir mengenai cara pembuatannya. Karena caranya tergolong mudah dilakukan.

Agar cita rasanya tetap maksimal, simpanlah konsentrat atau sari pati kopi ke dalam wadah kaca dan tertutup rapat di dalam lemari es dengan waktu konsumsi waktu satu hingga dua minggu. Sangat mudah dan awet tentunya karena melewati proses pengolahan pendinginan yang tepat.

 

Cara Membuat Cold Brew Dari Sejarahnya

Cara Membuat Cold Brew

Kopi bukan sajian minuman biasa, kopi juga dinilai sebagai hidangan minuman di saat berkumpul bersama teman, kerabat, maupun relasi lain. Kopi memanglah sangat identik dengan sajian hangat, berasa pahit, dan berwarna hitam. Dengan berjalannya waktu, kopi dapat disajikan dengan keadaan dingin atau bersama es.

Awal linimasa sejarah, kopi dingin telah dinikmati pada sekitar tahun 1600 masehi oleh saudagar yang  sedang melakukan ekspansi jarak jauh. Bahkan para anggota militer memakai konsentrat atau sari pati kopi dingin untuk dikonsumsi di Perancis, Amerika, dan Inggris pada abad ke-19 atau sekitar perang dunia pertama.

Menurut sejarah lanjutan, alat membuat kopi dengan seduhan dingin diciptakan pada tahun 1964 oleh seorang insinyur kimia yaitu Todd Simpson. Saat itu Todd membeli minuman kopi di sebuah kedai kopi di Guatemala kemudian dia diberikan kopi dingin dengan diberi tambahan air mendidih di sampingnya secara dipisah.

Minuman tersebut sebenarnya diberikan untuk ibunya yang tidak dapat meminum kopi karena efek pencernaannya kurang baik. Namun ternyata ibunya tidak mendapati masalah ketika mengkonsumsi kopi yang dibuat dengan cara dingin ini. Alhasil Todd mengembangkan alat dan wadah ekstraksi kopi seduhan dingin.

Hingga pada akhirnya menu kopi dingin mulai dikomersialkan pada tahun 1990an di beberapa kedai kopi di Amerika. Kopi dingin disebut juga dengan cold brew. Popularitasnya mengalami peningkatan, terutama di kalangan anak muda.

 

Cara Membuat Cold Brew dengan Ciri Khas Aslinya

cara membuat cold brew

Beberapa sobat sekalian pasti sudah mengerti apa itu cold brew seperti yang dijelaskan diatas. Cold brew adalah metode pembuatan minuman kopi dengan seduhan air dingin.Ya, benar, menggunakan air dingin. Mungkin beberapa dari sobat yang baru tahu masih tergeleng-geleng. Oleh karena itu simak ciri khas berikut ini.

Cold Brew Dingin Tapi Tidak Membeku

Cold brewing memiliki cara pengolahan dengan cara menyeduh bubuk kopi menggunakan air dingin atau setidaknya air dengan suhu ruangan kemudian disimpad dalam lemari es selama kurang lebih 8 hingga 12 jam. Namun bukan berati dalam lemari es kita menggunakan kulkas pembeku saat mengekstraksi.

Cocok Juga Tanpa Menggunakan Es Batu

Kopi cold brewing mengalami proses pendinginan pada lemari es selama kurang lebih 8 hingga 12 jam untuk menghasilkan ekstraksi yang kaya rasa dan kental merata. Untuk rasa yang merata dan rasa yang tidak mudah memudar coldbrew boleh tidak disajikan dengan es batu. Pengolahannya pun tanpa es batu.

Es batu jika lama kelamaan akan mencair dan bisa saja mengubah cita rasa dari kopi itu sendiri. Rasa dari kopi akan memudar sedikit demi sedikit ketika es batu mencair. Sehingga cita rasa khas dari hasil ekstraksi menjadi tidak sempurna, sobat jadi tidak bisa menikmati bagaimana rasa khas dari kopi cold brewing.

Murni Diseduh Dengan Air Dingin

Coldbrew memang diolah dengan metode penyeduhan dengan menggunakan air dingin, bukan air panas kemudian dimasukkan ke lemari pendingin. Karena kedua hal tersebut berbeda. Ketika kita menyeduh dengan air panas yang didinginkan masih terasa acidity nya atau keasaman yang tidak hilang saat seduh.

Serupa Dengan Iced Coffee Tapi Tak Sama

Cold  brew merupakan sajian minuman kopi yang murni diseduh dengan air dingin kemudian diekstraksi dalam lemari pendingin hingga 12 jam lamanya. Sedangkan iced coffee merupakan sajian kopi seduhan air hangat yang didinginkan atau diberi es batu sebagai metode pendinginannya.

Kedua hal tersebut berbeda karena inti cold brewing adalah untuk menghilangkan kadar acidity (keasaman) dari kopi. Jadi air yang digunakan menyeduh pun air dingin, atau minimal air dengan suhu ruang. Air dingin tidak ikut mengekstrak keasaman dari kopi, namun ikut menonjolkan cita rasa manis dengan karakter lembut khas kopi.

Rasa Lebih Kuat Merata

Jika dibandingkan dengan sajian minuman kopi dingin lainnya, kopi cold brewing memiliki cita rasa yang jauh lebih kuat rasanya dan terasa merata dari bagian atas minuman hingga pangkal gelas. Hal ini masuk akal terjadi karena pada kopi ini mengalami proses ekstraksi dan pendinginan selama pengolahannya.

Jadi pada minuman kopi coldbrew ini cita rasa kopi yang khas lebih terasa dan rasanya merata. Kopi selain bisa dijadikan sebagai minuman coldbrew, ternyata kopi juga bisa menjadi makanan olahan resep tiramisu cake yang merupakan pengembangan istimewa dari kopi.

Kadar Asam Yang Tidak Menyengat

Bubuk kopi tersebut jika dicampur bersama air panas, akan menghasilkan minyak yang tak dapat larut di temperatur dingin. Minyak ini dipenuhi zat asam yang menghasilkan rasa pahit di kopi. Dengan metode coldbrew, kadar asam di kopi diminimalisir sekitar 67%. Jadi, kopi yang ini lebih sehat untuk gigi dan perut.

 

Cara Membuat Cold Brew yang Istimewa dan Lezat

cara membuat cold brew

Perlu sobat ketahui bahwasanya untuk membuat sajian minuman kopi coldbrew sebenarnya sangat mudah. Sobat hanya perlu menyiapkan semua alat alat dan bahannya. Kopi ini bisa sobat buat menggunakan alat seduh khusus dan juga tidak menggunakan alat seduh khusus.

Untuk mengupas biji kopi hingga menjadikan biji kopi menjadi bubuk kopi melalui beberapa proses yaitu pengupasan dan penumbukan. Sobat perlu mengupas dan menggiling kopi hingga menjadi bubuk. Sobat bisa menggunakan mesin pembubuk kopi grinder kopi yang dapat mengupas hingga menggiling biji kopi dengan mudah.

1. Cara Membuat Cold Brew Menggunakan Coffee Pot

Cara pertama ini adalah cara membuat kopi coldbrew menggunakan alat bernama coffee pot. Coffee pot sendiri merupakan alat seduh non mesin yang cara penggunaannya menaruh bubuk kopi diantara tabung atas dan tabung bawah. Hasilnya kopi akan menjadi lebih kental dan strong.

Cara pembuatan menggunakan coffee pot ini sangat disarankan karena dapat menghasilkan hasil yang lebih baik daripada tidak menggunakan coffee pot. Hasil yang lebih baik ditinjau dari cita rasa, tekstur, dan penampilan dari hasil pembuatan yang memiliki nilai tambah daripada tidak menggunakannya.

Alat dan Bahan

  • 80 gram biji kopi;
  • Coffee Pot Cold Brew ukuran 1.150 ml;
  • Grinder atau penggiling biji kopi;
  • Air kondisi dingin atau bisa menggunakan air biasa (suhu ruang) 1.150 ml;
  • gelas untuk penyajian.

Langkah Membuat Cold Brew Menggunakan Coffee Pot

  1. Gilinglah biji kopi dengan tingkat medium coarse, ataupun sedikit ke tingkatan kasar jika sobat tak ingin rasanya terlalu intens atau terlalu kuat.
  2. Setelah digiling, masukkan hasil bubuk kopi yang telah sobat giling ke bagian strainer (saringan) dalam coffee pot.
  3. Pasanglah strainer atau saringan tadi ke pot/botol kaca.
  4. Tuanglah air, basahi pada seluruh bagian bubuk kopi tadi hingga  basah merata. Tuang air secara perlahan lahan saja. Hentikan ketika level air sekiranya telah mencapai bagian tengah pegangan coffee pot (pot handle).
  5. Aduk dengan perlahan supaya kopi dan air dapat tercampur merata seluruhnya. Sebaiknya tidakmemakai benda-benda yang berujung runcing untuk mengaduk supaya tidak merusak filter pot coffee.
  6. Tutuplah coffee pot. Kemudian masukkan ke dalam lemari pendingin. Waktu standar untuk “mengekstraksi” kopi coldbrew umumnya selama 8 hingga 12 jam, namun durasi lama pendinginan dasarnya kembali lagi menurut preferensi sobat masing-masing.
  7. Setelah kurang lebih 8 hingga 12 jam, ambil dan keluarkan coffee pot dari lemari pendingin. Lepaslah bagian saringan (strainer), jika sobat tidak melepas saringan dari pot secara terpisah, maka setelah ekstraksi rasanya akan menjadi terlalu kuat dan terlalu pahit.
  8. Siapkan gelas saji yang digunakan.  Kemudian tuang hasil ekstraksi yang dingin tadi pada gelas yang telah anda siapkan.
  9. Kopi dengan seduhan dingin yang segar dan nikmat sudah siap disajikan.

 

2. Cara Membuat Cold Brew Tanpa Menggunakan Coffee Pot

Cara kedua ini sangat cocok dilakukan bagi sobat yang ingin mencoba membuat tanpa memiliki alat seduh seperti french press atau coffee pot. Dalam cara kedua ini akan lebih mudah dan sederhana, namun hasilnya sedikit berbeda dengan yang menggunakan coffee pot. Namun hasilnya tidak kalah enaknya kok sob.

Alat dan bahan

  • 80 gram biji kopi;
  • Grinder atau penggiling biji kopi;
  • Air kondisi dingin atau bisa menggunakan air biasa (suhu ruang) 750 ml;
  • Wadah atau botol (disarankan berbahan dasar kaca) yang bisa ditutup rapat;
  • Saringan;
  • Gelas untuk penyajian.

Langkah Membuat Cold Brew Tanpa Coffee Pot

  1. Gilinglah biji kopi dengan tingkat medium coarse, ataupun sedikit ke tingkatan kasar jika sobat tak ingin rasanya terlalu intens atau terlalu kuat.
  2. Setelah digiling, masukkan bubuk kopi hasil gilingan tadi kedalam wadah atau botol kaca.
  3. Tuanglah air dengan perbandingan antara bubuk kopi dengan air rasionya 1:10.
  4. Aduklah air dan kopi dengan sabar hingga menjadi larutan yang tercampur merata, sangat disarankan untuk tidak mengocok campuran karena akan menjadikan struktur larutannya tidak lembut.
  5. Tutuplah wadah sampai rapat, masukkan ke dalam lemari es selama 8 hingga 12 jam, dalam proses ini kopi akan terekstraksi.
  6. Saringlah hasil ekstraksi menggunakan saringan hingga benar benar kalis.
  7. Siapkan gelas saji yang digunakan.  Kemudian tuang hasil ekstraksi yang dingin tadi pada gelas yang telah anda siapkan.
  8. Kopi seduhan dingin yang segar dan nikmat sudah siap disajikan.

 

Kesalahan yang Umum Terjadi Saat Membuat Cold Brew

membuat kopi seduh dingin

Untuk membuat kopi cold brew ternyata cukup sederhana dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Alat yang digunakan pun tidak harus canggih seperti di kedai kopi atau kafe professional, cukup dengan menggunakan peralatan sederhana yang ada di rumah pun kita sudah bisa membuat cold brew. 

Diatas sudah penulis berikan cara membuat cold brew menggunakan alat penyeduh maupun tidak dengan alat penyeduh. Namun beberapa dari sobat mungkin belum mengetahui beberapa kesalahan yang umumnya dilakukan saat membuat kopi coldbrew. Simak penjelasan berikut ini.

1. Salah Memilih Kopi

Memilih biji kopi memang hanyalah soal selera. Namun demikian, beberapa kecocokan harus diperhatikan agar cold brew coffee tidak menghasilkan rasa yang terlalu asam. Pilihan kopi yang salah dapat mencakup banyak faktor penyebab. Misalnya, yang dipilih adalah kopi Robusta, gilingan terlalu halus, dan sangrai terlalu gelap.

Mungkin karena itu, orang Turki menyebut kopi “strong as death”. Perlu sobat ingat, ingat prinsip kopi cold brew adalah dengan mendinginkan di lemari es selama beberapa jam. Oleh karena itu, sebaiknya pilih biji kopi yang telah direndam selama beberapa jam, yang akan memunculkan sifat dan cita rasa khas yang dimilikinya.

2. Tidak Memperhatikan Kualitas Air

Air juga sangat mempengaruhi kualitas rasa yang akan dihasilkan. Jika tidak seperti itu, maka pemenang Barista Champion tidak usah repot-repot membawa air sendiri selama pertandingan barista. Saat menyeduh, perlu diperhatikan bahwa kandungan alkali atau klorin pada air yang digunakan tidak terlalu tinggi.

Air mineral sangat ideal, tetapi air yang disaring biasanya dapat meningkatkan rasa kopi ke tingkat yang lebih nikmat. Dengan demikian air yang dinilaisepele dan sangat sederhana sebenarnya memiliki pengaruh yang cukup kuat pada kenikmatan rasa dari kopi coldbrew.

3. Waktu Pendinginan yang Terlalu Lama

Idealnya, waktu ekstraksi rata-rata untuk kopi cold brew adalah 8 hingga 12 jam. Bukan dua belas hari. Jika kita logika, bubuk kopi yang sudah direndam terlalu lama pasti akan terasa lembab ya sobat. Belum lama ini, seorang pecinta kopi dengan awamnya mengatakan bahwa dia sedang menyeduh kopi, tetapi waktu ekstraksi yang dia gunakan sangat lama, selama 10 hingga 12 hari.

Jelas hal tersebut mengurangi cita rasa dan kualitas kopi. Bukannya menjadi lebih enak dan nikmat malah menjadi kopi yang lembab berair dan bisa saja muncul ampas di dasar kopi. Jadi sangat tidak disarankan untuk mendinginkan kopi terlalu lama dalam lemari es ya sob.

4. Menyeduh Dengan Air Panas Lalu Dimasukkan Ke Kulkas

Nah, ini nih suatu yang kebanyakan orang belum terlalu mengerti. Menurut para ahli kopi, esensi atau konsep dasar dari cold brewing adalah menghilangkan keasaman (atau acidity) kopi. Oleh karena itu, air dingin merupakan air yang digunakan untuk menyeduh, atau setidaknya air bersuhu ruangan.

Air dingin tidak akan ikut mengekstraksi keasaman dari kopi, sebaliknya air dingin justru mendorong cita rasa untuk memunculkan rasa manis dan karakter lembut dari sifat kopi. Jika sobat menyeduh kopi dengan air panas dan memasukkan ke dalam lemari es, ya tentu saja sama dengan membuat iced coffee.

5. Mencampur dengan Campuran Lain

Hal ini sebenarnya sederhana saja, misalnya mencampurkan hasil seduhan tadi bersama sirup melon atau gula sebelum dimasukkann ke lemari pendingin sebab mungkin ingin membuat kopi cold brew-nya terasa lebih manis dan berperisa buah. Namun hal tersebut akan menghilangkan rasa istimewa dari kopi sendiri sob.

Untuk membuat kopi cold brew ini sebetulnya cukup sederhana namun perlu diperhatikan, sebab tidak semua biji kopi atau single origin sesuai dijadikan untuk dijadikan kopi cold brew. Tapi di itulah seninya. Kita harus cermat dan tepat ketika menentukan kopi apa yang cocok pada saat diseduh menjadi cold brew.

Cita rasa khas dan karakter yang dihasilkannya pun dapat menjadi luar biasa meski tanpa ditambahkan gula dalam seduhannya. Banyak orang berpendapat bahwa tingkat manis cold brew sudah cukup enak sehingga terasa seperti ditambahkan gula padahal tidak ditambahkan gula sedikitpun saat diseduh.

6. Salah Wadah Penyimpanan

Hal ini juga sederhana tapi berpengaruh, seperti menyimpan dalam wadah atau botol untuk menyimpan bumbu dapur atau campuran bekas. Oleh karena itu jangan sampai kopinya terasa seperti bumbu makanan. Pilihan terbaik adalah memilih botol yang bersih tanpa meninggalkan bau atau aroma apapun, agar tidak mempengaruhi rasa akhir dari kopi coldbrew.

7. Gilingan Kopi yang Kurang Tepat

Gilingan kopi yang kurang tepat misalnya biji kopi terlalu halus saat menggiling, atau masih terlalu kasar dan menggumpal. Sehingga bubuk kopi yang digunakan dan diseduh tidak akan memiliki tekstur seperti yang kita inginkan. Hal ini biasa disebabkan oleh alat penggiling yang kurang tepat.

Oleh karena itu sebaiknya sobat menggunakan alat penggiling yang tepat, optimal, dan efisien.

Kopi coldbrew merupakan sajian yang sangat lezat dan menarik untuk dicoba. Namun bukan berati kopi seduh hangat sudah tidak zaman. Justru kopi seduh hangat tidak akan tergerus zaman karena memang asal muasal kopi tersebut. Untuk memanaskan kopi dengan suhu yang tepat sobat bisa menggunakan alat pemanas kopi yang akurat dan efisien.

Nah sob, artiket tadi mengenai cara membuat cold brew kaya rasa dan nikmat ala kafe yang istimewa dan lezat. Sangat mudah bukan? Cita rasanya yang kuat, aroma yang sedap serta karakter yang nikmat di lidah sangat ideal jika kita hidangkan di siang hari. Namun jika sobat meminumnya di waktu selain siang juga tidak salah.

Semoga informasi dan tips yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk sobat semuanya. Jangan ragu untuk membagikan tips, artikel, dan informasi ini kepada keluarga, teman, kerabat dan relasi lainnya. Karena berbagi itu indah.

Terima kasih telah membaca artikel ini 🙂

Whatsapp Sekarang
Butuh Bantuan?
Halo! ada yang Bisa kami bantu