Cara Membuat Jus Apel yang Enak dan Nikmat Yang Dicoba Dirumah

jus apel

Membuat buah menjadi air minum jus bisa Anda lakukan dengan cara mudah yaitu hanya mencampur beberapa bahan-bahan yang diperlukan ke dalam juicer.

kemudian tunggu proses hingga halus berbentuk bubur buah. Namun jika Anda menginginkan rasa yang enak, segar, dan nikmat ketika diminum, Anda harus cermat dalam menentukan campuran buah, bahan utama dan bahan pelengkap. Mari simak tips berikut.

1. Membuat Jus Agar Rasanya Nikmat, Lezat dan Enak Saat Diminum

Mungkin Anda pernah bertanya, kenapa minuman jus buatan saya cita rasany aneh? Tidak lezat, tidak fresh atau malah membuat perut mual (eneg). Padahal lan

Tahukah Kamu? Jus yang akan diolah apa menggunakan blender hakekatnya termasuk dalam kategori smoothies?

gkah-langkah membuatnya sudah benar dan berbagai bahan juga telah lengkap. Apa masih ada yang salah?

Pastinya Anda sudah paham bila buah-buahan yang dijadikan sebagai bahan utama olahan minuman jus memiliki kandungan vitamin, gizi, nutrisi serta enzim.

Hal itulah yang menjadi alasan utama olahan jus apel menjadi salah satu minuman berkhasiat yang digemari banyak orang. Selain memiliki rasanya yang  sangat enak, cara membuatnya juga begitu mudah, hanya perlu menyediakan sebuah mesin blender.

Apakah Anda tahu, jus yang diolah menggunakan mesin blender hakekatnya termasuk dalam jenis smoothies?

    • Jus alias smoothies tekstur kental, mengenyangkan serta bentuknya serupa dengan bubur buah. Sedangkan untuk jus (juice) yang original adalah sari buah, pada umumnya dibuat menggunakan mesin bernama juicer.
    • Kendati demikian, dua-duanya memiliki manfaat kesehatan yang sama, hanya saja berbeda dari sisi tampilan dan bentuk. Tidak mengapa apabila Anda menamai smoothies menjadi mijnuman jus, toh masyarakat Indonesia lebih mengenal nama tersebut.
    • Tips simple cara Membuat Jus Apel Supaya Memiliki Rasa Segar dan lezat.
      Usahakan memilih bahan buah-buahan yang masih fresh supaya rasa dan kandungan vitamin nya bisa diperoleh dengan sempurna.
    • Hindari mengkombinasikan dua bahan atau lebih dengan aroma yang sama-sama menyengat atau tajam.
    • Agar tampilan minuman jus lebih eye catching, gunakan beberapa variasi bahan yang berwarna-warni. Contohnya seperti jus campur jambu merah (buah jenis lain).
    • Jangan diragu lagi untuk memasukan air perasan jeruk nipis pada jus buatan Anda dikarenakan air tersebut dapat menambah rasa sekaligus menghilangkan bau menyengat terhadap bahan tertentu.
    • Air perasan jeruk nipis juga bisa membuat minuman jus menjadi lebih segar.

Tiga opsi agar jus menjadi lebih enak:

    1.  Masukkan es serut ke dalam mesin blender dan juga bahan yang lain
    2. Pakailah air es dingin bukan air putih
    3. Gunakanlah air putih lalu masukan beberapa potongan es batu di atas minuman jus yang siap saji.

Apabila memungkinkan, jangan masukan gula, susu manis maupun sirup kental karena dapat menghalangi penyerapan vitamin oleh tubuh.

Namun bila mengharuskan, buatlah sirup gula. Caranya rebus gula pasir menggunakan air dengan komparasi 1:1. Jika kita Pakai sirup gula lebih cepat larut dan menyatu dengan minuman jus daripada menggunakan gula pasir.

Setelah semua caranya selesai, alangkah baiknya jus segera diminum karena jika terlalu lama dibiarkan maka kandungan vitamin dalam jus akan dirusak oleh udara dan ultraviolet, hal ini mengakibatkan rasanya tidak enak sekaligus khasiat tidak maksimal.

Waktu terbaik untuk mengkonsumsi jus adalah sebelum makan agar penyerapan berbagai zat gizi yang terkandung bisa optimal.

Perlu diingat juga Takaran jus untuk anak berumur 6 bulan ke bawah sebaiknya tidak melebihi dari 177 ml atau kurang dari 1 gelas standar / hari.

Bonus Tips

Jika menggunakan juicer, gunakanlah hanya buahnya saja sedangkan bahan pendukung seperti susu, air putih, sirup gula, madu tidak usah dipakai. Anda dapat menambahkan es batu sesudah sari buahnya keluar atau memasukanya kedalam lemari es agar jus lebih segar.

Kembali ke penjelasan awal, minuman jus adalah sari buah yang dibuat dengan memeras kandungan air dalam buah tersebut.

Oleh karena itu yang dihasilkan adalah sari buah, lambung akan terlepas dari rasa kurang nyaman atau eneg. hasil juga Berbeda jika memakai mesin blender, dimana yang dihasilkan ialah bubur buah dengan tekstur kental, lembut dan mengenyangkan perut tentu akan jenuh bila terus meminumnya setiap hari.

Solusi mudahnya, pakailah kain tipis (kasa) atau saringan khusus untuk memisahkan minuman jus dengan buih ataupun remah-remah buah yang tidak hancur dengan sempurna.

Bahan yang Diperlukan untuk Membuat Jus:

    • Dua buah apel yang telah matang
    • 80 mili liter gula cair, air matang seperlunya
    • Es batu secukupnya
    • Mesin blender

Cara Membuat Jus Apel:

    • Bersihkan semua bahan dan kupas kulitnya.
    • Campurkan semua bahanya ke dalam blender dan proses sampai lembut.
    • Pisahkan air dan serat kemudian tuangkan ke dalam gelas.
    • Sajikan segera

Gunakanlah buah apel yang mempunyai kualitas baik, masih segar supaya ketika diolah menjadi sebuah jus yang memiliki rasa segar dan nikmat. Gunakan juga buah apel yang telah masak sehingga memiliki rasa yang segar.

2. Cara Membuat Jus Apel Fuji

apel fuji

Mengolah buah menjadi air minum jus bisa Anda lakukan dengan cara mudah yaitu hanya mencampur beberapa bahan yang dibutuhkan ke dalam juicer, kemudian tunggu proses hingga halus berbentuk bubur buah.

Namun apabila Anda hendak menginginkan cita rasa yang segar, enak dan nikmat saat diminum, Anda harus cermat dalam menentukan perpaduan buah, bahan dasar serta bahan tambahan. Berikut tips selengkapnya.

Cara Membuat Jus Supaya Rasanya Nikmat Pada Saat Dikonsumsi :

Mungkin Anda pernah bertanya pada diri sendiri, mengapa minuman jus bikinan saya cita rasanya aneh? Tidak lezat, tidak fresh atau bahkan membuat perut mual (eneg). Padahal cara membuatnya sudah benar dan berbagai bahan juga sudah komplit. Apanya yang salah?

Tentunya Anda telah mengerti bila buah-buahan yang digunakan sebagai komponen utama olahan minuman jus mempunyai kandungan vitamin, nutrisi, gizi dan enzim.

Hal itulah yang menjadi alasan utama olahan jus buah menjadi salah satu minuman kesehatan yang disukai banyak kalangan. Selain rasanya yang nikmat, cara mengolahnya juga tidak sulit, hanya perlu menyediakan sebuah mesin blender.

Tahukah Anda, jus yang diolah menggunakan blender hakekatnya termasuk dalam kategori smoothies?

Perhatikan ciri-cirinya:

    • Minuman jus atau smoothies teksturnya kental, mengenyangkan dan berbentuk seperti bubur buah.
    • Sedangkan minuman jus (juice) yang sebenarnya adalah sari buah, umumnya dibuat menggunakan alat bernama juicer.
    • Meskipun begitu, keduanya mempunyai khasiat kesehatan yang sama, hanya tidak sama dari segi bentuk dan tampilan saja.
    • Tidak masalah apabila Anda menyebut smoothies dengan jus, toh penduduk Indonesia lebih mengenal sebutan nama tersebut.

Bahan yang Diperlukan untuk Membuat Jus Apel Fuji:

    • Dua buah apel fuji yang sudah matang
    • 80 ml gula cair, air matang seperlunya
    • Es batu seperlunya
    • Mesin blender

Cara Mudah Mengolah Minuman Jus Apel Fuji:

    1. Bersihkan semua bahan dan kupas kulitnya.
    2. Campurkan semua ke dalam mesin blender dan proses sampai halus
    3. Saring kemudian tuang ke dalam gelas.
    4. Sajikan segera

Gunakanlah buah apel fuji yang mempunyai kualitas baik agar ketika diolah menjadi sebuah minuman jus yang memiliki rasa nikmat dan segar. Gunakan juga buah apel fuji yang telah masak sehingga mempunyai rasa yang manis..

3. Cara Membuat Jus Wortel Dan Apel Jika Diminum Setiap Hari

jus apel

Wortel dan apel merupakan jenis buah dan sayuran yang banyak mengandung zat gizi dan zat non-gizi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Untuk memperoleh zat-zat bermanfaat tersebut, anda bisa mengkonsumsinya langsung atau di buat segelas jus sehat.

Manfaat jus wortel dan apel yaitu mencerahkan kulit, mengobati flu, menyuburkan rahim wanita, menjaga kesehatan ibu hamil dan janin, menurunkan kolesterol darah, mencegah diabetes dan membantu menurunkan berat badan.

Resep jus wortel dan apel yang akan kami bagikan dibuat menggunakan mesin blender, kami juga menambahkan bahan herbal yaitu jahe dan madu untuk menambah rasa, khasiat serta manfaat sehat yang terkandung dalam jus.

Konsumsi jus wortel campur apel satu porsi per hari sudah cukup untuk memberikan asupan vitamin dan mineral penting bagi tubuh.Justru aturan minum jus wortel yang baik adalah 1 porsi per hari.

Jika terlalu banyak dapat menyebabkan carotenodermia yaitu warna kulit menjadi kekuningan. Meskipun tidak berbahaya bagi tubuh tetapi alangkah baiknya jika dihindari.

Sebuah wortel ukuran sedang mengandung sekitar 15.000 IU beta karoten.

Beta karoten merupakan jenis zat antioksidan yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dari munculnya masalah kesehatan dan penyakit.
Sedangkan buah apel merupakan sumber vitamin C, kalium, serat larut (pektin), dan serat tidak larut.

Kombinasi wortel dan apel akan menghasilkan jus sehat yang kaya vitamin, mineral, dan mikronutrien yang berguna bagi kecantikan kulit serta kesehatan tubuh anda.

Manfaat Jus Wortel Dan Apel Jika Diminum Setiap Hari

  1. 1. Membuat kulit cerah bersinar

Bukan rahasia lagi jika minum jus buah dan sayur bermanfaat bagi kesehatan kulit. Jus wortel campur apel salah satunya.

Wortel mengandung antioksidan beta karoten yang berubah menjadi Vitamin A dalam tubuh kita. Vitamin A membantu membentuk dan menjaga kesehatan kulit.

Vitamin penting lainnya yang terkandung dalam jus wortel dan apel adalah Vitamin C yang mampu merangsang produksi kolagen di kulit kita.

2. Mencegah keriput dan menghambat penuaan kulit

Manfaat meminum jus wortel yang dicampur buah apel bagi kecantikan tidak hanya dapat mencerahkan kulit, tetapi juga efektif menghambat munculnya tanda-tanda penuaan.

Quercetin adalah zat alami dalam apel yang berkhasiat antiradang dan antioksidan kuat yang akan menetralkan radikal bebas sebelum merusak DNA dan komponen penting dalam tubuh termasuk di kulit untuk mencegah keriput.

3. Menyembuhkan flu dan menurunkan panas demam

Kandungan beragam vitamin dan mineral dalam jus wortel apel bermanfaat untuk mengobati flu, menurunkan demam, pilek, dan memperbaiki nafsu makan.

Khususnya pada anak-anak, meminum segelas jus sehat merupakan cara paling manjur untuk memberikan asupan nutrisi penting dari buah dan sayuran.

4. Menyuburkan rahim dan memperbaiki kesuburan wanita

Satu buah apel memiliki kandungan antioksidan 5 kali lebih banyak dibandingkan buah pisang.

Minum jus wortel campur apel sangat bermanfaat bagi wanita yang sedang menjalankan promil (program hamil). Jus penyubur rahim dari wortel dan apel akan lebih berkhasiat jika ditambahkan 1 bahan lagi yaitu tomat.

5. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Buah apel mengandung Pektin yaitu serat larut yang bermanfaat menghambat penyerapan kolesterol sehingga kadarnya di dalam darah menurun.

Sementara wortel mengandung Kalsium pektat yaitu jenis serat larut yang mampu membuat LDL (kolesterol jahat) anda turun.

Jadi, manfaat minum jus wortel dan apel bagi kesehatan adalah menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

6. Mencegah dan mengobati diabetes

Diabetes atau kencing manis terjadi karena kadar gula dalam darah (glukosa) meningkat naik akibat pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh.

Buah-buahan seperti apel mengandung serat larut air yang disebut Pektin yang berperan penting dalam memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat sehingga dapat membatasi pelepasan hormon insulin untuk metabolisme karbohidrat.

7. Mengatasi sembelit susah buang air besar

Berkat tingginya kandungan serat dalam wortel dan apel, jus sehat dari kedua bahan ini berkhasiat meningkatkan kontraksi usus sehingga mempermudah BAB dan mengatasi sembelit.

8. Jus wortel dan apel bermanfaat bagi ibu hamil

Apel kaya serat, sumber vitamin A, vitamin C, dan potasium yang baik untuk ibu hamil.

Dalam jus wortel campur apel terkandung Vitamin C untuk menjaga kesehatan otak bayi dan melindungi janin dari masalah kesehatan pernapasan, dan Kalium untuk mendukung kesehatan jantung ibu hamil dan janin.

9. Membantu menurunkan berat badan berlebih

Kandungan kalori yang tergolong rendah dalam secangkir jus wortel (53 kkal) dipadu dengan komposisi serat dan air yang ideal dapat membantu menangkap kelebihan lemak di usus kemudian membuangnya melalui usus besar.

Mikronutrien dan serat pada buah apel bisa memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga menurunkan keinginan makan. Itulah mengapa jus apel baik untuk diet menurunkan berat badan.

Cara Membuat Jus Wortel Dan Apel Yang Benar Agar Rasanya Enak :

Agar rasa jus wortel apel lebih enak untuk diminum, anda bisa menambahkan satu bahan herbal yang mampu menambah cita rasa jus yaitu jahe.

Jahe merupakan bahan herbal yang berkhasiat untuk kesehatan seperti melancarkan aliran darah, menurunkan hipertensi, memperbaiki sistem pencernaan tubuh, mencegah penggumpalan darah yang merupakan penyebab utama stroke dan serangan jantung.

Bahan-bahan :

    • 10 cm wortel
    • 1 buah apel
    • 12 cm jahe
    • 1 sdm madu
    • 1 gelas air
    • Potongan es batu

Cara membuat jus wortel apel :

  1. Memarkan jahe kemudian rebus dengan 1 gelas air, setelah mendidih ambil 150 ml air jahe.
  2. Masukkan wortel dan air jahe ke dalam blender, haluskan.
  3. Tambahkan apel, madu, dan es batu. Blender lagi hingga halus.
  4. Sajikan jus segera atau simpan di kulkas dalam wadah kedap udara tidak lebih dari 24 jam untuk meminimalkan hilangnya nutrisi.

Catatan :

Manfaat jus wortel dan apel yaitu mencerahkan kulit, mengobati flu, menyuburkan rahim wanita, menjaga kesehatan ibu hamil dan janin, menurunkan kolesterol darah, mencegah diabetes dan membantu menurunkan berat badan.

Jus wortel yang dicampur apel memang mengandung banyak manfaat kesehatan yang luar biasa. Mulai dari merawat kesehatan dan kecantikan kulit sampai membantu menurunkan berat badan.

Namun demikian agar khasiat di dalam jus bisa optimal dan tidak berkurang, minumlah jus segera setelah selesai dibuat. Jika ingin disimpan, simpanlah jus dalam wadah kedap udara maksimal 1 x 24 jam agar kandungan nutrisinya tidak berkurang.

4. Membuat Jus Buah Apel Mix Semangka

jus apel

Bahan-bahan :

    • 100 gram apel merah
    • 100 gram semangka
    • 1 sdt air perasan jeruk nipis
    • 50 gram es serut

Cara membuatnya jus apel semangka:

    • Potong-potong buah apel dan semangka.
    • Blender apel dengan menambahkan air jeruk, lalu tuang ke dalam gelas.
    • Blender semangka, lalu tuangkan di atas jus apel tadi.
    • Sajikan jus dengan menambah es serut agar lebih enak.
Baik itu tadi ulasan tentang aneka ragam cara membuat jus apel yang bisa dicoba dirumah dan divariasikan sendiri dirumah. Selamat mencoba dan Sukses selalu..