Artikel kali ini akan membahas cara membuat omelet telur. Semua pasti udah ga asing lagi sama hidangan yang olahannya ini dibuat dari telur kocok yang dimasak dengan mentega atau minyak dalam wajan tapi kenapa ya bisa dinamain omelet?kita simak asal usul omelet dulu yuk

Sejarah Omelet

Sebelum lanjut kita baca dulu yuk asal usulnya biar  wawasan terus bertambah, karena Omelet yang berbahan dasar telur ini sangat terkenal. Biar gak lama lama lagi, langsung aja kita bahas!

Asal Usul Omelet

Pada referensi sejarah, omelet telur pertama kali di temukan oleh Bangsa Romawi yang memasak telur dadar pakai madu. Mereka menyebut masakan itu dengan nama ovemele. Secara harfiah diterjemahkan menjadi “telur dan madu”. Sejarah lain mengatakan bahwa omelet berasal dari bahasa Perancis, dari kata ‘oeuf’ yang bermakna telur, dan ‘laite’ yang artinya susu. Nah kurang lebih seperti itu asal usul omelet. Tapi kalian udah tau belum kalau bahan dasar omelet itu kan dari telur dan telur itu sendiripun punya banyak manfaat loh..

Ciri Khas Omelet

Omelet biasanya dilipat dua dan di isi dengan macam-macam isian sesuai selera, seperti keju, sayuran, daging, atau kombinasi dari bahan-bahan ini. Dalam beberapa tradisi, omelet telur digoreng untuk memasak bagian bawahnya dan kemudian dibalik atau menjadi dua untuk tahap akhir memasak ada juga yang digulung dan cara membuat telur dadar gulung sangat mudah. Namun, dalam tradisi lain, omelet telur dipanggang agar matang merata atau bagian atasnya dimasak di bawah panggangan.

Omelet yang empurna adalah menggunakan telur lebih dari satu(agar tidak terlalu tipis) kemudian masukkan sedikit air ke dalam telur saat mencampurnya karena air membantu telur menghasilkan uap saat dimasak. Uap membuatnya lebih ringan dan lebih pulen. Menggunakan minyak di bagian bawah wajan anti lengket membantu mencegah telur dadar lengket.

Manfaat Telur Bagi Kesehatan

Telur adalah salah satu dari sedikit makanan yang harus diklasifikasikan sebagai “makanan super”. Telur kaya akan serat dan nutrisi, beberapa di antaranya tidak ada di bahan makanan lain. Manfaat telur bagi kesehatan yang telah dikonfirmasi oleh peneliti :

Vitamin Pada Telur

Vitamin dalam telur Melansir Australian Eggs, telur di antaranya mengandung vitamin dan nutrisi berbeda. Zat gizi yang terkandung dalam telur:

1. Riboflavin (Vitamin B2)

Riboflavin yang juga dikenal sebagai vitamin B2, memiliki banyak manfaat bagi tubuh, di antranya: Menjang pertumbuhan Metabolisme energi Perkembangan sel darah merah Penglihatan Fungsi sistem saraf yang sehat Nutrisi antioksidan Tubuh manusia tidak dapat menyimpan riboflavin, oleh sebab itu penting untuk selalu mengonsumsi bahan makanan sumber vitamin

2. Vitamin D

Vitamin D memiliki sejumlah kegunaan bagi tubuh, seperti: Memiliki peran penting bagi tubuh dalam penyerapan kalsium dan fosfor Penting untuk pemeliharaan tulang dan gigi yang sehat Berkontribusi pada pemelihataan fungsi otot yang sehat Pemeliharaan sistem kekebalan tubuh Kuning telur adalah salah satu dari sedikit makanan yang secara alami mengandung vitamin D. Faktanya, konsumsi dua butir telur dapat memberikan 82 persen asupan vitamin D harian yang direkomendasikan.

3. Vitamin E

Vitamin E memiliki sifat antioksidan bermanfaat yang berperan dalam menjaga kesehatan. Sehingga telur mungkin bermanfaat untuk: Menjaga kesehatan jantung. Ini merujuk pada hasil penelitian yang menghubungkan vitamin E dengan tingkat penyakit jantung yang lebih rendah. Studi juga menemukan hubungan erat antara vitamin E dengan fungsi kekebalan tubuh, pencegahan kanker tertentu, pengurangan gangguan mata terkait usia, dan memperlambat penurunan kognitif yang terkait dengan penuaan. Konsumsi dua telur sehari diketahui dapat menghasilkan 20 persen kadar kebutuhan vitamin E harian.

4. Pantothenic Asam (Vitamin B5)

Asam Pantotenat, yang biasa disebut vitamin B5, berperan dalam beberapa hal, di antaranya: Mengubah makanan menjadi energi dan memecah lemak Ini juga membantu dalam produksi vitamin D Meskipun jarang terjadi, kekurangan vitamin B5 dapat menyebabkan kelelahan, lekas marah, mati rasa, dan kram otot. Baca juga: Jaga Daya Tahan Tubuh di Musim Hujan dengan 3 Jenis Vitamin Berikut Satu porsi makanan yang terdiri dari dua butir telur diketahui bisa memberi 22 persen kebutuhan vitamin B5 harian.

5. Vitamin B12

Vitamin B12 diperlukan juga oleh tubuh, seperti: Sangat penting dalam pembentukan sel darah merah Mengubah makanan menjadi energi Menjaga fungsi kesehatan sistem kekebalan dan saraf Kekurangan vitamin B12 dilaporkan dapat menyebabkan kelelahan, kelemahan, penurunan berat badan, penurunan nafsu makan, pusing, sembelit, dan banyak lagi. Tubuh manusia tidak mampu membuat vitamin B12 sendiri.

6. Vitamin A

Vitamin Amenjaga kesehatan kulit, Menjaga sistem kekebalan tubuh Menjaga kesehatan mata Kekurangan vitamin A dilaporkan dapat menyebabkan rambut rontok, masalah kulit, mata kering dan peningkatan risiko infeksi. Mengonsumsi dua telur setiap hari diketahui dapat menghasilkan 14 persen kebutuhan vitamin A harian.

7. Zat Besi

Zat besi adalah mineral penting yang menghasilkan hemoglobin. Zat gizi ini diketahui memiliki sejumlah manfaat, di antaranya: Membawa oksigen ke jaringan di tubuh Zat besi juga penting dalam membantu otot menyimpan dan menggunakan oksigen Meskipun penting, diperkirakan 1 dari 8 orang Australia mengalami masalah kekurangan zat besi. Kekurangan zat besi padahal dapat menyebabkan berkurangnya pasokan oksigen ke jaringan dan organ tubuh sehingga dapat menimbulkan kelelahan, sakit kepala, insomnia, dan hilangnya nafsu makan. Satu butir telur besar terbukti mengandung 0,9 mg zat besi. Kabanyakan zat itu ditemukan di bagian kuning telur. Satu sajian dua telur dapat menghasilkan 14 persen kebutuhan zat besi harian.

8. Fosfor

Berguna untuk pengembangan dan pemeliharaan tulang dan gigi yang sehat, serta membran sel Fosfor juga berkontribusi pada metabolisme energi dan pertumbuhan otot Tingkat fosfor yang rendah dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan atau nyeri tulang.

Tinggi Kolesterol, Tapi Tidak Mempengaruhi Kolesterol Darah

Memang benar bahwa telur mengandung kolesterol tinggi. Faktanya, satu telur mengandung 212 mg, yang lebih dari setengah dari asupan harian yang direkomendasikan yaitu 300 mg. Namun, penting untuk diingat bahwa kolesterol dalam makanan tidak selalu meningkatkan kolesterol dalam darah. Hati sebenarnya menghasilkan kolesterol dalam jumlah besar setiap hari. Ketika Anda meningkatkan asupan kolesterol makanan, hati Anda menghasilkan lebih sedikit kolesterol untuk meratakannya

Nah banyak sekali kan Manfaat telur bagi kesehatan. Banyak olahan yang bisa dibuat dengan telur seperti kue kering, roti, telur dadar gulung termasuk omelet. Jika kalian ingin membuat telur dadar gulung untuk variasi olahan telur, kalian dapat membaca artikel cara membuat telur dadar gulung yang bisa di praktikan di rumah.

Tips Membuat Omelet Telur

Agar ringan dan lembut, pisahkan putih telur dan aduk hingga kaku, lalu baru kuning telurnya di campurkan kedalam putih telur. Masak dengan cara menggoreng di wajan yang telah diberi mentega dengan api sedang sampai bagian tengah mulai mengering kemudian lipat menjadi dua dan masak sampai panas di bagian tengah.

Cara Membuat Omelet Telur

cara-membuat-omelet-telur

Omelet Telur sendiri memiliki berbagai jenis tergantung dari daerah asal tipe yang paling terkenal adalah : French Style, American Style, Spanish Omelet, Frittata, Soufflé. Pada artikel ini kita akan mengupas kreasi  Omelet telur dari berbagai negara dan cara membuatnya. Kita akan membuat juga Omelet telur yang cocok banget dibuat bekal pergi ke kantor atau sekolah..pastinya mudah dan rasanya enak banget. Pokoknya  bakal bikin ketagihan dan pengen bikin terus. Rasanya pun mewah banget, gak kalah dengan yang biasa dibuat di hotel atau restoran bintang 5..

Sudah siap berkreasi di dapur?Yuk Kita simak.

1. Cara Membuat Omelet Telur French Style

Omelet telur french style memiliki bagian luar yang halus dan lembut dengan sedikit atau tanpa warna kecokelatan. Bagian dalam omelet telur bertekstur yang lembut, lembab, dan sedikit basah. Omelet telur tipe  ini cocok bagi kalian penyuka Telur setengah matang. Yuk kita langsung simak cara membuat omelet telur

BAHAN :

  • 3 butir Telur
  • 2sdm Susu Cair/Air
  • Garam dan Lada Secukupnya
  • 1sdt Unsalted Butter/Mentega

Cara Membuat Omelet Telur French Style  :

  1. Kocok telur, susu/air, garam dan merica dalam mangkuk kecil sampai rata.
  2. Panaskan mentega dalam wajan atau wajan ant lengket berukuran di atas api sedang-besar hingga panas. Miringkan panci untuk melapisi seluruh bagian panci.
  3. Tuang donan telur ke dalam wajan dan aduk2 bagian tengah agar tercampur namun tidak sampai hancur dan goyangkan panci agar sisa telur yang masih cair tersebar dengan rata.
  4. Kecilkan api sampai baagian bawahnya matang dan sedikit coklat
  5. Saat permukaan atas telur mengental dan tidak ada sisa telur yang masih cair, masuka isian di salah satu sisi Omelette.
  6. Lipat telur dadar menjadi dua dengan spatula dan letakan omelet ke atas piring. Sajikan segera.

2. Cara Membuat Omelet Telur American Style

American Style berbeda dengan French Style. American Style memiliki lapisan kulit coklat keemasan dan terlihat lebih kering karena efek  dari memasak telur dengan api yang besar. Kemudian diisi dengan isian (atau tidak) dan dilipat menjadi dua. Mereka jauh lebih mudah dimasak daripada French style yang membutuhkan lebih banyak perhatian dan lebih banyak keterampilan dalam menggulung produk. Omelet telur dengan american style adalah pilihan yang lebih baik bagi mereka yang ingin memakan telur dengan proses yang cepat dan tidak suka telur setengah matang. Untuk lebih detailnya langsung lihat cara membuat omelet telur dibawah inii

BAHAN:

  • 3 butir Telur
  • Garam secukupnya
  • 1sdt mentega
  • 1sdm minyak zaitun(olive oil). Jika tidak ada bisa pakai Minyak biasa

Isian : pilihan (keju, daging, paprika potong dadu, dll.)

Cara membuat omelet telur American style :

  1. Pecahkan telur ke dalam mangkuk dan bumbui dengan garam. Kocok telur dengan garpu sampai putih dan kuning telur tercampur rata.
  2. Panaskan wajan anti lengket dengan api sedang selama beberapa menit. Tambahkan mentega dan minyak. Putar-putar di wajan untuk melapisi bagian bawah dan samping.
  3. Setelah mentega meleleh, tuangkan telur ke bagian tengah wajan dan aduk kuat-kuat dengan selama 5 detik sampai terbentuk. Setelah terbentuk mulai terbentuk, angkat panci dan miringkan hingga sisa cairan tersebar dan atasnya kering.
  4. Saat telur masih basah, taburi dengan keju dan topping lainnya (jangan berlebihan). Biarkan saja sampai terbentuk kerak di sepanjang tepinya.
  5. Goyangkan wajan dengan lembut untuk memastikan telur dadarnya longgar, kemudian gunakan spatula anda untuk membalik satu sisi ke sisi lainnya menjadi setengah bulan. Pindahkan ke piring hangat dan sajikan segera.

3. Cara Membuat Omelet Telur Souffle

Souffle Omelet adalah hidangan telur yang unik dan mengesankan yang dapat anda sajikan untuk sarapan atau makan siang. Telurnya sangat lembut, dengan bagian tengah keju yang meleleh. Souffle original tidak sulit untuk dibuat, tetapi membutuhkan trik yang khusus. Anda harus memanaskan oven terlebih dahulu, membuat béchamel atau Saus lainnya, lalu menunggu dengan sabar hingga mengembang saat dipanggang.

Tips : Mengocok putih telur agar  terisi dengan gelembung udara kecil jadi saat dimasak, gelembung-gelembung itu membesar dan menghasilkan souffle yang mengembang.

BAHAN :

  • 3 ltelur dipisahkan kuning dan putihnya
  • Garam dan lada hitam bubuk
  • 55g Keju cheddar diparut
  • Kucai diiris (boleh pakai boleh tidak)
  • Daun bawang 1 batang (diiris)
  • 1sdm butter

Cara Membuat Omelet Telur Souffle :

  1. Dalam mangkuk sedang, kocok kuning telur dengan sedikit garam dan lada hitam  sampai tercampur rata.
  2. Dalam mangkuk besar yang terpisah,  kocok putih telur(dengan menggunakan mixer, whisk) hingga mengembang dan bertekstur kaku
  3. Tambahkan setengah dari putih telur  yang sudah di kocok kedalam mangkuk kuning telur. Aduk rata sampai putihnya tercampur rata dengan kuning telur menggunakan spatula(souffle memiliki konsistensi yang lebih ringan)
  4. Masukkan keju, kucai, daun bawang kedalam mangkuk yang tadi lalu tambahkan sisa putih telurnya, dengan mengunakan spatul, aduk dengan cara melipat perlahan adonan kedalam dasar souffle sampai tercampur rata
  5. Dalam wajan anti lengket, lelehkan mentega dengan api sedang, sampai panas.
  6. Tuang souffle ke dalam wajan, dengan menggunakan spatula, ratakan souffle agar berbentuk lingkaran sesuai dengan ukuran wajan yang digunakan dan ratakan permukaannya.
  7. Tutup dan masak sampai bagian bawah omelet berwarna kecokelatan dan bagian atasnya hampir mengeras (atau masih setengah matang jika anda mau).
  8. Taburkan lagi Keju di atasnya kemudian tutupi sekali lagi dan masak sampai keju mulai meleleh, sekitar 1 menit lebih lama.
  9. Letakan Omelet ke atas piring dengan hati hati lalu lipat agar berbentuk setengah lingkaran.
  10. Omelet Telur souffle siap disajikan

4. Cara Membuat Omelet Telur dengan Mie

Di Indonesia, omelet secara sederhana dapat dapat diartikan sebagai Telur dadar. Telur dadar sering dijadikan sebagai lauk dan makan bersama dengan nasi putih hangat. Tidak hanya untuk sarapan saja, banyak orang yang juga menyukai konsumsi makanan satu ini ketika siang atau malam tiba.

Selain enak dan mengenyangkan, hidangan ini juga cukup murah meriah karena kita hanya membutuhkan telur dan mie instan sebagai bahan utamanya.

BAHAN :

  • 2 butir telur
  • 1 bungkus mie instan kuah atau goreng sesuai selera
  • 2 siung bawang merah (cincang halus)
  • 1 siung bawang putih (cincang halus)
  • 5 buah cabai rawit (cincang halus)
  • Daun bawang (secukupnya)
  • Minyak goreng (secukupnya)
  • Boleh diberikan isian (sosis, daging asap, daging cincang)

Cara Membuat Omelet Telur dengan Mie :

  1. Rebus mie instan seperti biasa kemudian tiriskan dan beri bumbu, aduk rata.
  2. Siapkan telur di mangkok, campur dengan bawang putih, bawang merah, cabai, daun bawang dan sedikit garam, aduk rata.
  3. Masukkan mie instan ke dalam mangkok yang berisi telur, campur dan aduk rata.
  4. Panaskan minyak di wajan kemudian masukkan adonan telur mie.
  5. Masak ini seperti membuat telur dadar hingga matang.
  6. Jika warnanya sudah kuning kecokelatan, angkat omelet dan sajikan bersama saus sambal atau saus tomat.

Selain itu omelet telur juga bisa dimasak dengan isian. Untuk membuat omelet telur isi caranya juga mudah. Pilih sayuran yang lunak seperti bayam. Rebus sebentar daun bayam lalu tiriskan dan iris halus. Untuk pilihan lainnya bisa memakai brokoli yang diparut halus, wortel yang diserut halus, biji jagung manis atau paprika. Agar rasanya lebih enak tambahkan cabe bubuk, merica bubuk, bawang bubuk dan bumbu kari jika suka.

Umumnya omelet isi setelah dimasak dalam wajan kemudian dipanggang sebentar dalam oven. Karena dadar isi biasanya tebal dan padat sehingga tidak bisa matang sempurna jika dimasak dalam wajan datar. Sebagai sentuhan akhir, tambahkan keju parut dan sajikan dengan saus cabe atau mayones botolan

Sekian artikel Cara membuat omelet telur kali ini, semoga bermanfaat. Selamat Mencoba!! 🙂

Whatsapp Sekarang
Butuh Bantuan?
Halo! ada yang Bisa kami bantu