Pada Artikel kali ini saya akan membagikan Cara membuat pempek telur yang sangat mudah dan rasanya enak sekali. Pempek telur kali ini adalah dengan dan tidak menggunakan ikan yang pastinya bahan yang digunakan sangat murah, juga bisa menjadi prospek bisnis yang bagus. Sebelum lanjut kita liat dulu yuk asal usul Pempek

Sebelum lanjut ke cara membuat pempek telur, kalian harus tau kalau pempek telur adalah makanan khas Palembang yang salah satu bahan dasarnya terbuat dari daging ikan yang digiling lembut dan tepung kanji, serta beberapa komposisi lain seperti telur, bawang putih yang dihaluskan, penyedap rasa dan garam. Namun sekarang sudah banyak pempek yang tidak perlu menggunakan ikan dan rasanya sangat mirip. Yuk kita langsung cek fakta da nasal usul pempek

Asal Usul dan Sejarah Pempek

Sekarang kita mau bahas dulu sejarah dan asal usul pempek nih temen-temen, biar wawasan kalian tentang masakan nusantara semakin bertambah. Pempek adalah kuliner khas Palembang yang sangat populer sejak zaman dahulu. Rasanya yang enak dan gurih, membuat makanan yang satu ini sangat digemari oleh banyak orang. Para penjual pempek saat ini bisa dengan mudah ditemukan hampir di seluruh pelosok Indonesia.

Nah daripada kepo gimana sejarah dan asal usul dari pempek yang sudah terkenal itu langsung aja kita bahas yuk!.

Sejarah Pempek

Fakta dibalik kelezatan pempek yaitu, ternyata pempek memiliki sejarah yang sangat menarik. Konon katanya, kuliner hasil olahan ikan ini sudah ada sejak abad ke 16 di Palembang yang berarti sekitar 400 tahun yang lalu, masyarakat di Palembang sudah mengenal pempek.

Pada masa Kesultanan Palembang, Pempek Dikenal dengan Nama Kelesan. Zaman dahulu Sultan Mahmud Badaruddin II menjadi penguasa di kesultanan Palembang-Darussalam. Pada masa itu pempek lebih dikenal dengan Kelesan. Makanan ini merupakan makanan adat di dalam rumah Limas.

Rumah Limas adalah rumah tradisional Palembang, biasanya dipakai untuk acara adat ataupun pernikahan. Pada zaman itu pempek disebut Kelesan karena makanan ini tahan di keles, atau disimpan dalam waktu yang lama.

Asal mula Nama pempek

Pada Masa pemerintahan kolonial Belanda barulah Pempek mulai dijual secara luas . Makanan ini dijual oleh orang-orang keturunan Tionghoa yang memang sangat pandai berdagang. Bahkan nama pempek juga berasal dari bahasa Tionghoa.

Para penjual kelesan ini dipanggil dengan nama pek atau empek oleh para pembeli, Ini merupakan sebutan untuk lelaki tua dalam bahasa Tionghoa. Sejak saat itu lama kelamaan nama pempek sangat populer dimana mana dibandingkan kelesan nama aslinya dan sebutan pempek bertahan hingga saat ini. Pempek mulai dijual di sekitar kawasan keraton (sekitar Masjid Agung dan Masjid Lama Palembang) sejak 1916.

Bahan untuk membuat pempek

Ikan merupakan bahan baku utama olahan pempek. Pada masa kekinian ikan yang paling sering digunakan untuk membuat pempek adalah ikan tenggiri. Namun di masa lalu, pempek dibuat dari ikan Belida. Namun seiring dengan perkembangan jaman, ikan Belida menjadi semakin langka dan sulit ditemukan. Harganya pun menjadi melambung tinggi.

Oleh karena itu ikan Gabus kemudian dijadikan pengganti ikan Belida, rasanya tetap gurih dan enak. Pada zaman sekarang ini, semakin banyak jenis ikan yang bisa dipakai untuk membuat pempek. Ada yang memakai ikan kakap merah, ikan ekor kuning, ikan putak, ikan toman, ikan lele, dan bahkan ada yang memakai ikan tuna.

Bukan hanya ikan, untuk membuat pempek juga diperlukan tepung tapioka dan terigu. Saat disajikan pempek akan ditemani dengan kuah saos yang disebut cuko. Kuah pempek ini terbuat dari gula merah, ebi, cabe rawit, bawang putih dan garam. Pempek disajikan biasanya bersama dengan irisan timun dan mie kuning sebagai pelengkap, ada juga yang menggunakan sohun/bihun.

Tips Membuat Pempek Telur

Kebanyakan orang saat membuat pempek telur pasti adonanya bolong sehingga membuat isian bocor keluar dan berantakan saat direbus atau bahkan adonan tidak bisa ditutup.Jangan Khawatir sebelum lanjut ke cara membuat pempek Telur kalian bisa baca dulu Tips tips saat membuat pempek telur berikut ini :

Ikan Harus Segar

Gunakanlah Ikan yang segar atau Ikan laut yang benar benar fresh, bisa juga memakai ikan tenggiri, balida atau ikan fillet yaitu ikan yang sudah diambil dagingnya. Pada saat menggunakan ikan dalam adonan, daging yang digunakan harus dalam keadaan dingin agar tekstur pempek jauh lebih kenyal

Tepung

Jika tidak menggunakan Ikan maka komposisi tepung yang digunakan harus pas agar tetap menjaga tekstur pempek yang kenyal dan tidak keras. Pakailah tepung sagu atau tepung tapioka keduanya sama saja membuat pempek bertekstur kenyal. Hindari pemakaian tepung yang sudah apek.

Bahan

Pastikan komposisi dan jumlah perbandingan bahan antara Daging,tepung terigu, tepung sagu harus pas. Karena jika tidak pas maka hasil akhir pempek akan menjadi sangat keras setelah direbus atau bisa jadi kelembekan dan hancur saat direbus.

Air

Campur semua bahan menggunakan air dingin, karena air dingin membuat adonan lebih cepat menyatu dan lebih cepat merata. Jika menggunakan air panas biasanya adonan akan sedikit lebih lengket dan tidak mudah merata

Adonan

Jika Daging ikan dan sagu sudah dicampur, saat mengaduk adonan juga jangan di uleni terlalu lama atau terlalu sering. Cukup sampai merata saja karena jika terlalu lama maka hasil akhir pempek akan menjadi keras.

Saat dibentuk pastikan takaran adonannya pas dan sesuai. Lebih baik ditimbang agar besarnya sama. Jika terlalu tipis maka akan bocor dan tidak bisa menahan telur yang ada di dalamnya

Telur

Jika ingin membuat pempek yang besar maka biasanya telur yang digunakan satu butir utuh untuk satu buah pempek, agar tidak bocor dan gagal kurangi putih telur saat memasukan ke pempek. Namun ada juga yang mengocok telurnya terlebih dahulu baru dimasukan ke dalam adonan sehingga tidak ada telur yang terbuang. Banyak sekali ya olahan telur selain pempek kalian juga bisa coba dirumah cara membuat telur dadar gulung yang gak kalah enak sama pempek

Merebus dan Menggoreng

Saat merebus pastikan menggunakan minyak agar tidak menempel. Masukan pempek saat sudah mendidih. Jika terlalu awal memasukan kedalam air yang belum mendidih maka adonan akan lembek dan bisa hancur. Saat menggoreng gunakan minyak yang banyak agar matang merata, bisa menggunakan penggorengan atau deep fryer agar warna kematangannya merata.

Nah sudah baca tipsnya kan berarti sudah siap untuk membuat pempek telur. Yuk simak resepnya!

Cara Membuat Pempek Telur

cara-membuat-pempek-telur

1. Cara Membuat Pempek Telur Ikan Tenggiri

Bahan-Bahan :

  • 125 gr tepung terigu protein sedang
  • 4 siung bawang putih kecil
  • 250 ml air
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt kaldu jamur (opsional)
  • 1/2 sdt lada
  • 1 sdt gula pasir
  • 4 butir telur (2 untuk adonan, 2 untuk Isian)
  • 300 gr ikan tenggiri
  • 300 ml air es
  • 350 gr tepung sagu

Bahan Cuko

  • 500gr Gula Merah
  • 50gr Asam jawa
  • 4sdt Cuka Putih
  • 5gelas Air
  • 5-8 Siung bawang putih yang sudah ditumbuk
  • 2 sendok makan ebi yang sudah dihaluskan
  • 20 cabai rawit
  • 1sdt garam

Cara Membuat Pempek Telur Ikan Tenggiri :

  1. Untuk membuat bahan biang, didihkan air terlebih dahulu, masukkan bawang putih yang sudah dihaluskan, garam, gula pasir, lada, kaldu jamur, dan terigu ayak/cairkan terlebih dahulu, kemudian aduk cepat sampai mengental, matikan kompor.
  2. Jika adonan biang sudah tidak terlalu panas masukkan kocokan telur dan aduk hingga rata.
  3. Giling ikan yang sudah difillet dengan air es, lalu masukkan ke bahan biang tadi, aduk sampai rata.
  4. Setelah semua bumbu dan ikan diaduk rata, terakhir masukkan tepung sagu  (kualitas sagu menentukan tekstur dan warna pempek nantinya) sedikit demi sedikit, cara mengaduk sagu jangan terlalu lama agar hasil pempek tidak keras.
  5. Jika adonan masih lembek tidak apa-apa, saat membentuk pempek siapkan tepung sagu untuk balutannya dan selalu olesi tangan dengan sagu agar tidak lengket.
  6. Bulatkan Pempek lalu buat lubang ditengahnya seperti sumur, masukan telur(jangan terlalu penuh) tutup atasnya rapatkan
  7. Sambil membentuk pempek, didihkan air, beri sedikit garam dan minyak untuk merebus pempek. Saat pempek sudah mengambang jangan buru-buru diangkat, tunggu agak mengembang sedikit supaya matang sampai ke dalam dan tidak ada tepung yang mentah di tengah.
  8. Tiriskan pempek yang sudah mengembang. Pempek bisa langsung dinikmati atau digoreng terlebih dahulu sesuai selera.
  9.  Untuk Kuahnya, Rebus gula merah, masukkan garam secukupnya pada air rebusan di awal sebelum gula merah dimasukkan. Setelah air mendidih dan gula merah mulai meleleh baru masukkan gilingan bawang putih, cabai, dan ebi ke air rebusan gula merah.
  10. Setelah gilingan bawang dan cabai tercampur, masukkan asam jawa sebanyak 50 gram dan jika ingin lebih ingin mendapat rasa masam, tambahkan lagi asam jawa atau cuka botol 1-2 sendok teh.
  11. Rebus semua bahan tadi hingga mendidih.  Setelah jadi, cuka pempek yang kental nan gurih siap disajikan dengan pempek yang kenyal dan nikmat. Selamat mencoba!

2. Cara Membuat Pempek Telur Tanpa Ikan

Bahan-Bahan :

  • 250 ml air
  • 2 sdt kaldu bubuk ikan
  • 1,5 sdt garam
  • 125 gr tepung terigu
  • 2 btr telur ayam
  • 200 gr tepung sagu atau tapioka
  • Bahan isian: Telur dikocok lepas dan tambahkan sedikit garam

Bahan Cuko

  • 500gr Gula Merah
  • 50gr Asam jawa
  • 4sdt Cuka Putih
  • 5gelas Air
  • 5-8 Siung bawang putih yang sudah ditumbuk
  • 2 sendok makan ebi yang sudah dihaluskan
  • 20 cabai rawit
  • 1sdt garam

Cara Membuat Pempek Telur Tanpa Ikan:

  1. Didihkan air, kaldu bubuk, garam kemudian masukkan terigu, aduk cepat hingga adonan kalis (gunakan api kecil) dan matikan api.
  2. Tunggu hingga agak hangat, masukkan telur dan aduk rata hingga adonan halus.
  3. Setelah itu, masukkan sagu dan aduk perlahan hingga rata dan adonan menyatu.
  4. Panaskan air sampai mendidih dan beri sedikit minyak. Ambil adonan secukupnya dan bentuk pempek sesuai selera, bisa berbentuk kapal selam.
  5. Bentuk adonan hingga berbentuk cekungan di tengah dan beri isian telur jangan sampai penuh. Satukan dengan cara menekan ujungnya hingga tertutup dan langsung masukkan ke dalam air mendidih.
  6. Rebus hingga mengapung, biarkan beberapa saat sampai matang, angkat dan tiriskan.
  7. Bisa langsung dimakan atau digoreng hingga kecokelatan.
  8.  Untuk Kuahnya, Rebus gula merah, masukkan garam secukupnya pada air rebusan di awal sebelum gula merah dimasukkan. Setelah air mendidih dan gula merah mulai meleleh baru masukkan gilingan bawang putih, cabai, dan ebi ke air rebusan gula merah.
  9. Setelah gilingan bawang dan cabai tercampur, masukkan asam jawa sebanyak 50 gram dan jika ingin lebih ingin mendapat rasa masam, tambahkan lagi asam jawa atau cuka botol 1-2 sendok teh.
  10. Rebus semua bahan tadi hingga mendidih.  Setelah jadi, cuka pempek yang kental nan gurih siap disajikan dengan pempek yang kenyal dan nikmat. Selamat mencoba!

3. Cara Membuat Pempek Telur Dadar

Bahan-Bahan :

  • 1 buah pempek lenjer.
  • 2 butir telur ayam.
  • Garam secukupnya.
  • Lada secukupnya.

Kuah cuko:

  • 150 gram gula jawa, sisir.
  • 2 siung bawang putih.
  • 1 ruas jahe.
  • 5 cabai rawit hijau.
  • 30 mililiter cuka.
  • 3 sendok makan asam jawa (tidak cair).
  • 250 mililiter air.
  • Lada secukupnya.
  • Garam secukupnya.

Pelengkap:
– Mi kuning secukupnya.
– Ebi yang disangrai.
– Mentimun secukupnya.

Cara membuatnya:

  1. Potong pempek lenjer sesuai selera, lalu campurkan dengan telur. Aduk hingga rata.
  2. Tambahkan garam dan lada.
  3. Goreng hingga matang dan berwarna kecokelatan.
  4. Haluskan bawang putih, cabai rawit hijau, jahe, garam, dan air dengan menggunakan blender.
  5. Untuk membuat kuah cuko: campurkan bahan yang telah dihaluskan bersama asam jawa, gula jawa, lada, dan air. Aduk hingga merata.
  6. Tambahkan cuka.
  7. Sajikan di atas piring bersama mi kuning, mentimun, dan saus pempek.
  8. Beri tambahan ebi.

4. Cara Membuat Pempek Telur Asin

Bahan-Bahan:

  • 200 gram daging ikan tuna fillet
  • 4 buah telur asin matang, potong 4 bagian
  • 1/2 sendok makan garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 2 butir bawang merah, haluskan
  • 2 batang daun bawang, iris halus
  • 100 ml santan kental dari 1/2 butir kelapa
  • 150 gram tepung sagu
  • 300 ml minyak untuk menggoreng

Bahan Cuko:

  • 500 gram gula merah pempek, sisir halus
  • 1500 ml air
  • 50 gram asam kandis
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 2 1/2 sendok teh cuka

Bumbu Halus:

  • 2 1/2 sendok makan tongcai
  • 10 siung bawang putih

Bahan Pelengkap:

  • 25 gram ebi, sangrai, haluskan
  • 2 buah mentimun buang bijinya, potong kotak
  • 200 gram mi kuning basah
  • 5 sendok makan sambal rawit hijau

Cara Membuat Pempek Telur Asin:

  1. Uleni daging ikan tuna, garam, gula pasir, penyedap rasa, bawang merah, dan daun bawang sampai merata
  2. Tuang santan kental sedikit-sedikit sambil diuleni sampai lembut jangan terlalu lama
  3. Tambahkan tepung sagu. Aduk rata. Ambil adonan 35 gram ditimbang agar hasilnya sama dan pas.
  4. Beri telur asin. Bentuk bola-bola dengan tangan yang dilumuri tepung sagu.
  5. Goreng di dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api kecil sampai matang.
  6. Cuko, rebus gula merah dan air sampai larut. Saring. Tambahkan bumbu halus, asam kandis, cuka, dan garam. Masak sampai matang dan kental. Saring.
  7. Sajikan pempek bersama cuko, sambal, dan pelengkap.

 

5. Cara Membuat Pempek Telur Vegetarian

Bahan-Bahan :

  • Siapkan 300 gr tepung terigu
  • Ambil 250 gr tepung tapioka
  • Siapkan 500 ml air masak
  • Ambil secukupnya air untuk rebusan
  • Perlu 2 1/2 sendok teh garam.
  • Siapkan 1 1/2 sendok teh totole (kaldu jamur).
  • Ambil Isian.
  • Perlu 6 butir telur.
  • Siapkan sedikit lada.
  • Siapkan 1/2 sendok teh totole (kaldu jamur).
  • Siapkan 1 sendok teh garam.

Bahan Cuko :

  • 500gr Gula Merah
  • 50gr Asam jawa
  • 4sdt Cuka Putih
  • 5gelas Air
  • 5-8 Siung bawang putih yang sudah ditumbuk
  • 2 sendok makan ebi yang sudah dihaluskan
  • 20 cabai rawit
  • 1sdt garam

Cara Membuat Pempek Telur Vegetarian :

  1. Panaskan air 500ml hingga mendidih.
  2. Campurkan tepung terigu, garam, kaldu jamur kedalam baskom.
  3. Tuangkan air mendidih kedalam baskom, aduk hingga menyatu dengan tepung terigu.
  4. Campurkan tepung tapioka secara bertahap hingga menyatu dengan tepung terigu, aduk hingga menjadi tekstur yg mudah dibentuk.
  5. Kocok telur bersama dengan lada, garam, kaldu jamur.
  6. Panaskan air secukupnya dikuali untuk merebus pempek telur.
  7. Bentuk adonan tepung menjadi mangkok kecil yang dapat diisi telur (untuk ukuran saya biasanya bentuk segenggam tangan/ medium size).
  8. Isi dengan telur yang sudah dibumbui.
  9. Tutup bagian mulut mangkok adonan dengan gerakan mencubit hingga menutupi semua isian telur.
  10. Rebus pempek telur didalam air mendidih -/+ 10-15 menit.
  11. Ulangi langkah 7-10 hingga semua adonan habis.
  12. Angkat pempek telur yang sudah matang
  13. Untuk Kuahnya, Rebus gula merah, masukkan garam secukupnya pada air rebusan di awal sebelum gula merah dimasukkan. Setelah air mendidih dan gula merah mulai meleleh baru masukkan gilingan bawang putih, cabai, dan ebi ke air rebusan gula merah.
  14. Setelah gilingan bawang dan cabai tercampur, masukkan asam jawa sebanyak 50 gram dan jika ingin lebih ingin mendapat rasa masam, tambahkan lagi asam jawa atau cuka botol 1-2 sendok teh.
  15. Rebus semua bahan tadi hingga mendidih.  Setelah jadi, cuka pempek yang kental nan gurih siap disajikan dengan pempek yang kenyal dan nikmat. Selamat mencoba!
  16. Sajikan sesuai selera (goreng/langsung dinikmati).
  17. Jika Anda vegetarian dan mengonsumsi telur, maka Anda masuk dalam jenis ovo vegetarian. Ya, jenis vegetarian ini masih makan telur, namun tidak sama sekali mengonsumsi daging merah, unggas, ikan, serta produk susu. Selain mengonsumsi produk tumbuhan, pesco vegetarian juga makan ikan.

6. Cara Membuat Pempek Telur Sutra

Bahan-Bahan :

  • 300gr Putih Telur
  • 120gr Tepung Sagu
  • Plastik ukuran 1kg atau plastik Es yang panjang
  • Secukupnya minyak sayur untuk melapisi plastik
  • 4 siung bawang putih
  • 1sdt kaldu jamur
  • 1sdt garam
  • 1sdt gula
  • 1sdt lada

Bahan cuko :

  • 500gr Gula Merah
  • 50gr Asam jawa
  • 4sdt Cuka Putih
  • 5gelas Air
  • 5-8 Siung bawang putih yang sudah ditumbuk
  • 2 sendok makan ebi yang sudah dihaluskan
  • 20 cabai rawit
  • 1sdt garam

Cara Membuat Pempek Telur Sutra :

  1. Siapkan seluruh bahan bahan di dalam wadah
  2. Campurkan Putih telur dengan bahan bumbu, lalu aduk dengan rata
  3. Setelah rata tuang Tepung sagu dan aduk kembali sampai rata
  4. Saring adonan tersebut hingga tidak ada yang bergerindil
  5. Tuang sedikit Minyak sayur ke dalam plastik ratakan dengan cara meremas plastik, agar pempek tidak menempel dan gampang dikeluarkan dari bungkusnya
  6. Jika menggunakan plastik yang besar, ikat rapat bisa menggunakan karet juga.
  7. Setelah itu kocok adonan hingga tetap menyatu. Masaj dalam air mendidih kurang lebih 10 menit atau sampai plastik terlihat mengapung
  8. Jika sudah mengapung angkat dan sisihkan
  9. Keluarkan pempek dari plastiknya, kemudian goreng baru dipotong atau dipotong terlebih dahulu baru di goreng sampai kecoklatan.
  10. Cuko, rebus gula merah dan air sampai larut. Saring. Tambahkan bumbu halus, asam kandis, cuka, dan garam. Masak sampai matang dan kental. Saring.
  11. Sajikan pempek bersama cuko, sambal, dan pelengkap.

7. Cara Membuat Pempek Telur Puyuh

Bahan-Bahan :

  • 500g Ikan tenggiri giling
  • 12 btr Telur puyuh rebus
  • 250g Tepung sagu tani
  • 1 sdt penyedap rasa
  • 1 sdm Garam
  • 100 ml Air es
  • 1 L Minyak goreng

Saus Cuka:

  • 350g Gula merah serut
  • 50g Air asam jawa
  • 2 sdm Bawang putih halus
  • 1/2 sdm Garam
  • 750 ml Air

Pelengkap:
Mie basah, timun, ebi, dan sambal hijau.

  1. Campurkan tenggiri, sagu, air es, garam, dan penyedap rasa, aduk rata.
  2. Isi adonan dengan telur puyuh, bulatkan, sisihkan.Rebus pempek hingga mengapung, angkat, tiriskan, dan dinginkan.
  3. Saus cuka; masukkan gula merah, air asam jawa, bawang putih halus, garam, dan air, nyalakan api. Masak hingga mendidih, angkat, dan dinginkan.
  4. Goreng pempek dengan api sedang hingga kuning keemasan, angkat, dan tiriskan. Sajikan dengan pelengkap dan saus cuka.

Sekian Resep Pempek Telur Kali ini Semoga Bermanfaat dan Selamat mencoba!

 

Whatsapp Sekarang
Butuh Bantuan?
Halo! ada yang Bisa kami bantu