Pada artikel kali ini, saya akan menunjukkan resep bagaimana cara membuat pentol yang enak dan dijamin nagih. Pasti sudah tahu semua kan apa itu pentol? Kalau masih ada yang belum tahu, yuk simak pembahasan mengenai definisi dan bagaimana cara membuat pentol di bawah ini.

Pentol merupakan makanan yang terbuat dari olahan daging yang dicampur dengan tepung tapioka dan bumbu lainnya. Bahan utamanya yaitu bisa daging sapi, daging ayam, atau daging ikan. Tinggal menyesuaikan selera saja ingin membuat pentol dengan daging yang mana. Biasanya pentol dijual oleh abang-abang di tempat yang ramai dan banyak peminatnya, seperti di sekolah, taman bermain, pinggir jalan, dan lain sebagainya.

Pentol sangat populer di Indonesia. Apalagi di daerah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Yogyakarta sangat mudah menjumpai makanan ini di daerah tersebut. Karena rasanya yang enak nan lezat, tidak heran apabila pentol banyak disukai oleh semua orang. Baik muda maupun tua pasti menyukai makanan ini. Kalau dilihat pada definisinya, apakah pentol sama dengan bakso? Tentu saja ada perbedaan diantara kedua makanan ini.

Pentol memiliki bahan utama tepung tapioka, yang ditambahkan dengan sedikit daging. Inilah mengapa harga pentol relatif lebih murah. Cara pengolahan sama dengan bakso (direbus), tetapi juga lumrah ditemukan pentol goreng atau bakar. Dapat disajikan tanpa kuah dan ditusuk seperti sate. Terkadang ditambahkan bumbu seperti sambal kacang.

Bakso memiliki bahan utama daging yang dicampur dengan tepung tapioka. Cara membuat bakso yaitu dengan cara direbus. Biasanya bakso disajikan dengan kuah kaldu yang lezat dan beberapa bahan pelengkap lainnya, seperti mie, sayur-sayuran, gorengan, dan bawang goreng.

Seperti definisi pentol diatas,  bahan utamanya yaitu bisa daging sapi, daging ayam, atau pun daging ikan. Lalu apa saja manfaat dari daging sapi, daging ayam, dan daging ikan untuk ikan? Yuk simak penjelasan di bawah ini.

Manfaat Daging Sebagai Bahan Utama Pentol

cara membuat pentol

Manfaat Daging Sapi

1. Kaya Protein dan Zat Besi

Daging sapi mengandung protein hewani yang bermanfaat untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak, hingga meningkatkan fungsi otak. Sedangkan kandungan zat besi berfungsi sebagai pengikat oksigen dalam tubuh, membantu proses metabolisme, dan menstabilkan suhu tubuh.

2. Dapat Mencegah Stroke dan Diabetes

Sel-sel syaraf dalam tubuh membutuhkan banyak oksigen. Dengan mengonsumsi daging sapi secara rutin dan pengolahan yang tepat, kadar insulin bisa tercukupi, sehingga kita terhindar dari risiko diabetes.

3. Meningkatkan Sistem Imun

Daging sapi mengandung gizi dan nutrisi yang sangat baik semua orang, terutama apabila sedang beraktivitas. Karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imun, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

4. Menjaga Berat Badan Ideal

Daging sapi mengandung banyak protein. Mengkonsumsi daging sangat disarankan dalam proses diet seseorang, karena kalori bisa terbakar oleh protein yang mampu meningkatkan metabolisme dan menahan rasa lapar. Dengan memilih daging sapi yang lemaknya sedikit atau non-lemak, dapat memaksimalkan program diet kita.

5. Mempercepat Peyembuhan Luka

Daging sapi bisa mempercepat penyembuhan luka dengan kandungan proteinnya. Terhambatnya penyaluran oksigen ke jaringan yang rusak dapat menyebabkan terjadinya luka infeksi. Kekurangan mineral dapat menunda pembentukan dan perbaikan jaringan. Mineral berperan penting dalam penyembuhan, karena berperan mendistribusikan oksigen lewat darah.

6. Membantu Fungsi Jantung

Mengkonsumsi daging sapi tanpa lemak dengan porsi yang tepat sangat baik untuk kesehatan jantung. Daging sapi yang diolah dengan pengolahan yang tepat, seperti direbus atau dipanggang juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Daging sapi juga bisa membantu regenerasi kulit, menghilangkan noda hitam pada wajah, serta mencegah penuaan dini karena kandungan nutrisi dan mineralnya. Zat antikarsinogenik yang terkandung di dalam daging sapi juga mampu mencegah pertumbuhan kanker, termasuk kanker kulit.

Banyak sekali manfaat daging sapi bagi kesehatan tubuh. Tapi ingat, jangan berlebihan dalam mengonsumsinya, karena semua yang berlebihan berakhir tidak baik.

Manfaat Daging Ayam

1. Kaya Akan Protein

Daging ayam terutama bagian dadanya, merupakan salah satu sumber protein yang paling baik. Seperti yang kita tahu, protein merupakan komponen yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

2. Mengandung Vitamin dan Mineral

Daging ayam mengandung vitamin B yang berperan penting untuk membentuk sel darah merah. Selain itu, vitamin D juga terkandung dalam daging ayam yang dapat membantu penyerapan kalsium dan menguatkan tulang. Lalu, vitamin A yang ada di dalamnya pun menyehatkan untuk penglihatan dan berperan penting dalam sistem imun.

Daging ayam juga mengandung mineral seperti zat besi yang bisa mencegah anemia. Selain itu, kalium dan natrium yang ada di dalamnya pun baik untuk kesehatan gigi hingga otak.

3. Menurunkan Berat Badan

Protein yang banyak terkandung dalam daging ayam, terutama bagian dada, baik untuk Anda yang sedang diet. Sebab, protein akan membuat Anda merasa kenyang tanpa harus banyak makan, sekaligus mengurangi rasa ngidam terhadap makanan lain yang tidak sehat.

4. Mengandung Senyawa Antikanker

Daging ayam termasuk sebagai salah satu “daging putih” bersama dengan ikan. Dengan mengonsumsi daging putih, dipercaya dapat meminimalisir risiko terkena kanker. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat daging ayam yang satu ini.

5. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat selanjutnya yaitu membantu menurunkan tekanan darah dengan mengkonsumsi daging ayam, bersama dengan kacang-kacangan dan sayur serta buah telah terbukti kebenarannya. Namun, manfaat daging ayam yang satu ini baru bisa didapatkan apabila diolah secara sehat, bukan digoreng atau dimasak dengan tambahan banyak garam maupun natrium.

6. Menurunkan Kolesterol

Jika dimasak dengan cara yang sehat, kandungan lemak jenuh pada ayam tergolong rendah. Seperti yang kita tahu, konsumsi lemak jenuh berlebih merupakan salah satu penyebab utama naiknya kadar kolesterol di dalam darah.

7. Menguatkan Tulang

Protein yang ada pada daging ayam, bersama dengan kalsium akan membantu untuk melindungi tulang dari kerusakan. Jadi, pastikan Anda selalu mengonsumsi protein dalam jumlah yang cukup agar tulang tetap kuat dan sehat.

Manfaat Daging Ikan

1. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Asam lemak omega 3 yang ada di dalam ikan mampu membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi pembekuan darah, serta menyehatkan jantung. Manfaat-manfaat tersebut bisa membuat kalian terhindar dari penyakit kardiovaskular.

2. Melawan Kanker

Penyakit kanker merupakan salah satu masalah yang dapat dicegah dengan konsumsi ikan. Kandungan gizi dalam ikan mampu meminimalisir risiko berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker mulut, kanker ovarium, kanker usus besar, kanker prostat, dan kanker kerongkongan.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Mengonsumsi ikan sebanyak dua kali seminggu dapat meningkatkan fungsi otak karena ikan memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi.

4. Kaya Nutrisi

Kepala ikan juga menyimpan manfaat karena sejumlah nutrisi yang dimilikinya. Ikan bisa memenuhi kebutuhan tiroid dan yodium di dalam tubuh. Selain itu, kandungan gelatin di dalamnya juga baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan.

5. Menyembuhkan Depresi

Selain kesehatan fisik, kesehatan mental juga dapat dijaga dengan mengkonsumsi ikan. Hal ini tellah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa mereka yang rajin mengonsumsi ikan, memiliki risiko yang rendah untuk terserang depresi.

Resep Membuat Pentol

cara membuat pentol

1. Resep Pentol Daging Sapi

Bahan-bahan:

  • 250 gram daging sapi
  • 50 gram tepung tapioka
  • 1 butir putih telur
  • 6 balok es batu
  • 3 gram bawang merah goreng
  • 3 gram bawang putih goreng
  • 1 sdm kaldu bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt lada bubuk

Cara Membuat Pentol Daging Sapi:

  1. Siapkan bahan-bahan
  2. Masukkan daging, semua bawang goreng, es batu, garam, kaldu & lada ke dalam Blender atau Food Processor. Apbila ingin lebih praktis bisa menggunakan mesin pembuat bakso yang lebih kuat dalam menghaluskan daging.
  3. Giling sampai es batu hancur kemudian masukkan putih telur dan tepung tapioka.
  4. Giling kembali sampai tidak menempel lagi pada gelas Food Processor.
  5. Didihkan air, bentuk bulat adonan daging dengan menggunakan sendok.
  6. Rebus hingga pentol mengapung (artinya sudah matang) lalu angkat dan tiriskan.
  7. Pentol daging sapi siap disajikan.

2. Resep Pentol Daging Ayam

Bahan-bahan:

  • 6 bagian dada ayam
  • 3 bagian paha ayam
  • 6 sdm tepung tapioka
  • 1/2 sdt baking powder
  • 2 butir putih telur
  • 4 sdt bawang merah goreng
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 5 siung bawang putih (haluskan)
  • 1,5 sdt garam
  • 2 sdt kaldu bubuk
  • 20 balok es batu ukuran kecil

Cara Membuat Pentol Daging Ayam:

  1. Cuci ayam hingga bersih dan ambil bagian daging-dagingnya saja
  2. Potong ayam berbentuk kecil-kecil.
  3. Kemudian masukan ayam dan semua bahan dalam blender (kecuali tepung).
  4. Blender hingga semua tercampur rata.
  5. Masukan dalam wadah dan masukan tepung tapioka
  6. Aduk hingga benar-benar tercampur rata.
  7. Rebus Air dalam panci dan tambahkan kaldu bubuk sapi di dalamnya
  8. Biarkan sampai mendidih, lalu matikan Api.
  9. Bentuk bulat-bulat adonannya lalu masukkan ke dalam air yang sudah mendidih tadi, lakukan sampai adonan habis.
  10. Rebus kembali di atas kompor sampai semuanya mengapung ke atas.
  11. Angkat kemudian tiriskan.
  12. Sajikan selagi hangat.

3. Resep Pentol Daging Ikan

Bahan-bahan:

  • 800 gr ikan tenggiri fillet
  • 7 sdm tapioka
  • 2 butir putih telur
  • 5 siung bawang putih
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1,5 sdt garam
  • 5 sdt kaldu jamur
  • 1/2 sdt lada
  • es batu

Langkah Membuat Pentol Daging Ikan:

  1. Siapkan semua bahan.
  2. Blender atau giling ikan.
  3. Campurkan es batu, putih telur, bawang, Gula Garam, kaldu bubuk.
  4. Tambahkan sedikit demi sedikit tepung atau bisa juga mencampurkan tepung saat ikan dan bumbu sudah tercampur rata di wadah yang lainnya.
  5. Setelah tercampur rata semua, siapkan air mendidih.
  6. Setelah mendidih matikan, dan bulat-bulat adonan dengan menggunakan tangan dan sendok sampai adonannya habis.
  7. Kemudian setelah selesai, Nyalakan kompor dan biarkan sampai mendidih
  8. Apabila pentol mengapung ke atas berarti pentol sudah matang.
  9. Setelah semua pentol mengapung, siapkan baskom yang berisi es batu dan air dingin
  10. Ambil pentol dengan penyaring, lalu masukkan ke dalam air es tadi.
  11. Biarkan kurang lebih 10 menit. Lalu angkat dan tiriskan.
  12. Pentol Daging ikan siap dinikmati.

Tips: Apabila kalian membuat pentol daging ikan dengan porsi yang banyak, kalian dapat menggunakan mesin pemisah tulang ikan untuk memisahkan antara tulang dan duri ikan dengan dagingnya dengan mudah, praktis, dan cepat.

4. Resep Pentol Daging Sapi Campur Daging Ayam

Bahan-bahan:

  • 500 gr daging ayam (bekukan 1 jam)
  • 200 gr daging sapi (bekukan 1 jam)
  • 7 siung bawang putih
  • 1 sdm bawang goreng
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 2 butir telur utuh
  • 5 butir es balok kecil
  • 7 sdm full munjung tapioka

Langkah Membuat Pentol Daging Sapi Campur Daging Ayam:

  1. Siapkan semua bahan.
  2. Giling semua bahan (kecuali tepung tapioka) menggunakan blender atau food processor sampai benar-benar halus dan tercampur rata.
  3. Setelah halus pindahkan ke wadah lain, lalu campur tapiokanya dengan spatula atau tangan.
  4. Coba rasa jika kurang asin bisa tambahkan garam karena biasanya rasa pentol kadang berkurang saat perebusan.
  5. Setelah adonan sudah siap, saatnya mencetak adonan menjadi bulatan.
  6. Siapkan air yang sudah didihkan
  7. Cetak adonan menggunakan tangan dan sendok, lalu masukan ke dalam air tersebut.
  8. Lakukan sampai adonan habis.
  9. Setelah itu, nyalakan kembali kompor dan tunggu hingga mengambang ke atas.
  10. Angkat dan tiriskan.
  11. Pentol daging sapi campur daging ayam siap dinikmati

Tips: Perbandingan daging sapi dan daging ayam, bisa 1:1, 1:2, sampai 1:3 bebas. Rasa sapinya tetap terasa. Untuk tepung tapioka kuncinya 100 gr berat daging itu 1 sendok makan.

Peluang Dalam Usaha Pentol yang Menguntungkan

cara membuat pentol

Peluang dalam berbisnis pentol terbilang cukup menguntungkan loh, karena cara pembuatannya yang mudah, bahan-bahan juga mudah untuk didapat serta harganya pun terjangkau. Apalagi pada saat ini varian pentol pun sangat beragam. Lalu, apa saja sih variannya yang menarik untuk dijual? Yuk simak penjelasan dibawah ini.

Macam-Macam Varian Pentol

1. Pentol Mercon

Pentol mercon merupakan jenis pentol yang mengedapankan cita rasa pedas. Pentol ini dinamakan pentol mercon karena dalam adonan pentol mercon juga dicampur dengan cabai rawit yang melimpah ruah, sehingga sensasi pedas dari pentol mercon ini sangat terasa dan bikin nagih pastinya.

2. Pentol Bakar

Pentol bakar diolah dengan cara dibakar. Setelah pentol matang berbentuk bulatan lalu dibakar diatas bara api yang panas serta dilumuri pula dengan bumbunya yang khas. Makanan ini biasanya dinikmati dan disajikan dengan bumbu kacang yang menggoda selera.

3. Pentol Puyuh

Bagi kalian pecinta telur, makanan ini cocok nih buat kalian! Pentol puyuh merupakan jenis pentol yang didalamnya terdapat isian telur puyuh. Perpaduan rasa antara daging pentol dan telur puyuh ini sangat nikmat. Pentol puyuh ini sangat mudah untuk dijumpai di pedagang pentol keliling di sekitaran tempat tinggal kalian.

4. Pentol Edan/Gila

Pentol Edan/Gila merupakan jenis pentol yang sangat populer di Surabaya. Mengapa dinamakan pentol Edan/Gila? Karena makanan ini dipadukan dengan saus cabai yang sangat pedas namun nikmat. Bagi kalian yang doyan sama makanan pedas, wajib coba pentol yang satu ini nih!

Tips Menarik Konsumen dalam Berbisnis Pentol

Dalam berbisnis tentunya harus ada target pemasaran atau biasa disebut konsumen. Agar produk kita dapat dikenal dan diminati oleh konsumen, pastilah harus ada langkah-langkah yang tepat dalam memasarkan produk kita.

Dengan kita memasarkan produk kita dengan baik dan tepat, produk kita akan dikenal dan diminati banyak orang. Bisa jadi dengan banyak orang yang mengenal dan meminati produk kita, maka orang yang mengenal produk kita akan melakukan pemasaran mulut ke mulut. Berikut tips menarik konsumen dalam berbisnis.

1. Mengedepankan Kualitas dan Rasa yang Bermutu

Kualitas dan rasa suatu produk haruslah dijaga dan dijamin kemutuannya. Mengapa? karena para konsumen pasti menyukai produk yang berkualitas tinggi dan rasa yang terjamin. Namun perlu digaris bawahi, dengan mengoptimalkan kualitas produk, kita juga harus menyeimbangkan harga yang sewajarnya.

2. Tampilan yang Unik dan Menarik.

Pada zaman sekarang, banyak sekali makanan atau jajanan yang unik-unik namanya. Contohnya adalah Pentol Edan, Pentol Gila, Pentol Goyang Lidah, dan lain sebagainya. Dengan kita memasang nama produk yang unik, itu akan menambah rasa penasaran konsumen untuk mencoba produk kita.

3. Variasi Produk yang Beragam

Variasi produk sangat menentukan ketertarikan para konsumen. Variasi produk dapat ditentukan apabila dasar suatu produk sudah ada lalu dikembangkan. Seperti halnya pentol yang dikembangkan dengan berbagai isian, seperti pentol isi cabai (Pentol Edan), pentol keju, pentol puyuh, dan lain sebagainya. Sehingga produk pun beragam dan konsumen lebih tertarik ke produk kita.

4. Kemasan yang Menarik

Pada zaman sekarang, tidak bisa dipungkiri konsumen juga akan tertarik dari tampilan luar produk kita yaitu kemasan. Apabila kemasan kita menarik maka konsumen pun akan tertarik untuk membeli produk kita. Namun dengan menariknya kemasan dari produk kita, jangan lupa mengedepankan dengan fungsi utama kemasan yaitu melindungi produk. Sehingga dapat disimpulkan kriteria kemasan suatu produk harus menarik dan juga berkualitas.

5. Pemasaran yang Menyeluruh

Seperti yang kita ketahui, pemasaran merupakan kunci utama produk kita dikenaal oleh banyak orang. Pemasaran yang menyeluruh dapat diartikan yaitu kita memasarkan prodak kita dalam berbagai aspek, seperti dalam media sosial, dalam bentuk brosur, dalam bentuk banner, dan berbagai pemasaran lainnya

Dan juga bisa melakukan berbagai penawaran promo seperti buy 2 get 1, beli perpaket lebih murah, atau lain sebagainya. Hal ini dapat menarik minat pembeli untuk membeli produk yang kita tawarkan.

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kalian semua tentang Cara Membuat Pentol yang Enak dan Dijamin Nagih. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke keluarga dan teman-teman kalian agar wawasan yang kalian peroleh dapat dirasakan oleh orang lain.

Sharing is Caring, terimakasih sudah membaca artikel ini.

Whatsapp Sekarang
Butuh Bantuan?
Halo! ada yang Bisa kami bantu