Halo sobat, kali ini author mau bagi-bagi tips cara membuat puding oreo yang pastinya simple dan rasanya lezat dengan tekstur yang lembut nih sob. Sepertinya belum lengkap deh sob kalau kita makan hidangan pencuci mulut atau dessertnya ketinggalan, jadi dessert yang mau kita buat kali ini yaitu puding oreo. Hidangan puding oreo ini sangat direkomendasikan buat sobat yang lagi gabut di rumah. Sobat tidak perlu keluar rumah untuk membeli puding oreo ini karena dengan cara membuat puding oreo yang praktis dan sederhana ini sobat dapat menyulap bahan yang sudah tersedia di rumah menjadi puding oreo yang super lezat.

Biasanya sobat pasti makan biskuit oreo untuk pengganjal lapar maupun camilan disaat belajar atau saat nonton film. Biskuit oreo ini bisa sobat jadikan sebagai pelengkap aneka makanan bahkan minuman salah satunya yaitu puding oreo yang akan kita buat. Puding oreo sendiri memiliki tekstur yang lembut atau smooth dan rasa yang lezat tentunya.

Hidangan puding oreo dapat disajikan dengan beberapa bahan tambahan seperti nutella, milo, chocolatos, dan lain sebagainya. Dengan rasa yang lezat dan tekstur yang lembut, puding oreo ini bisa disantap oleh seluruh anggota keluarga sobat. Oke sobat, sebelum kita masuk ke resep cara membuat puding oreo kita kupas dulu apa kandungan gizi dan manfaat yang terkandung dalam puding serta asal usul dan jenis-jenis puding yang mungkin sobat belum tau, yuk…capcuss….

Asal Usul Puding 

Hidangan penutup berupa puding ini memiliki sejarah atau asal usul yang menarik lho sob, puding memang dikenal dengan makanan yang memiliki tekstur lembut dan kenyal serta memilki rasa yang manis. Uniknya tentang asal usul puding ini sobat, ternyata menurut catatan sejarah makanan nih sob, puding dibuat pertama kali oleh seorang koki kuno berasal dari Perancis dan koki itu menghasilkan sebuah makanan yang memiliki bentuk menyerupai sosis dan memiliki cita rasa yang gurih. Puding yang merupakan dessert ini berasal dari bahasa Perancis yaitu boudin yang artinya “sosis darah” ihh…serem ya sobat, puding juga berasal dari bahasa Latin yakni botellus yang memiliki arti “sosis kecil”. Istilah puding ini banyak digunakan di Eropa pada abad pertengehan berupa hidangan daging yang dibungkus.

Puding di Inggris raya terdiri dari 2 macam rasa, yaitu rasa manis yang didapat dari bahan berupa kacang, tepung, dan gula serta rasa gurih karena bahan yang digunakan untuk membuat puding ini berupa daging. Kedua rasa puding tersebut baru ditemukan pada abad ke-17, puding dengan 2 macam rasa tersebut biasanya direbus dalam suatu tas puding khusus. Salah satu contoh puding yang memiliki rasa gurih adalah Haggis, karena terbuat dari bahan-bahan yang bisa dibilang unik yaitu dari jantung, paru-paru dan hati domba yang dicampur dengan bawang bombay, lemak, oatmeal, aneka rempah dan garam. Haggis dimasak secara tradisional dengan cara dibungkus dalam perut hewan kemudian akan direbus selama kurang lebih 3 jam.

Memasuki abad ke-18, di Inggris hidangan puding ini tidak lagi terbuat dari bahan berupa daging dan semacamnya. Lalu pada abad ke-19, para koki menciptakan hasil puding yang baru dan lebih mirip kue atau cake, tetapi dengan cara pembuatan yang masih sama yaitu direbus. Puding juda disajikan secara tradisional pada saat itu juga, salah satu contohnya yaitu Christmas pudding atau puding plum.

Perkembangan Puding dari Masa ke Masa

Sobat semua tau custard atau kustar ngga? Sebenarnya puding sekarang lebih mirip dengan custard yaitu suatu bahan makanan yang terbuat dari campuran susu atau krim dan kuning telur. Asalkan sobat tau sejarah dari custard ini juga hampir sama kunonya dengan sejarah puding. Istilah custard dan puding ini seolah bisa jadi dikatakan sama pada abad ke-19 di Amerika, padahal kedua jenis hidangan tersebut berbeda. Custard atau kustar ini merujuk pada hidangan Romawi Kuno yang terbuat dari telur. Penduduk bangsa Romawi Kuno memang dikenal ahli dalam membuat bermacam hidangan dengan bahan dasar telur, salah satunya crustades.

Beberapa ahli sejarah makanan menyatakan bahwa custard yang sekarang mirip dengan puding ini pertama kali dibuat sejak pertengahan abad. Cara mengonsumsi custard pada saat itu biasanya dimakan secara langsung atau dijadikan isian pie, kue tart, atau roti. Flan merupakan custard atau puding yang kemungkinan besar hidangan asal Inggris ini terbuat dari sebuah sponge cake yang memiliki bentuk bulat yang diberi isian dengan rasa manis atau gurih. Flan dikenal dengan nama creme caramel di Spanyol dan Perancis, yang terasa manis karena berlapis karamel lembut di atasnya.

Berjalannya waktu mengikuti kemajuan jaman sekarang, hidangan puding ini disajikan dengan berbagai macam topping dan pelengkap, jadi tidak hanya polosan begitu saja. Orang-orang saat ini mulai memodifikasi puding dengan cara menambahkan bahan isian atau dibentuk dan dibuat berlapis-lapis agar terlihat lebih menarik pada saat di sajikan. Ada juga pembuatan donat tetapi divariasikan dengan puding biasanya berisi fla. Hasil akhir dari puding yang sudah dibuat akan ditambah dengan topping, yang membuat hasil jadi dari puding ini semakin menarik untuk dihidangkan.

Kandungan Gizi dan Manfaat Puding

Selain memiliki tekstur lembut dengan rasa yang enak puding juga memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang tentunya sangat baik bagi tubuh kita. Berikut kandungan gizi dan manfaat puding:

  • Serat

Serat merupakan salah satu kandungan yang terdapat di dalam puding.Fungsi dari serat sendiri yaitu untuk memperlancar sistem pencernaan dan metabolisme tubuh, oleh karena itu puding sangat baik dikomsumsi oleh penderita obesitas.

Tubuh kita akan sehat, bugar, dan tidak mudah terserang penyakit apabila sistem pencernaan dan metabolisme pada tubuh kita berfungsi dengan baik. Jadi sob, jangan heran jika banyak ibu-ibu yang memberikan konsumsi berupa puding ke anaknya yang dikonsumsi minimal sekali dalam satu hari. Hal ini bertujuan untuk melancarkan sistem pencernaan pada anak agar berfungsi dengan baik.

  • Kalsium

Puding memiliki komposisi yang biasanya terdapat susu, kita dapat memberikan tambahan komposisi tersebut berupa susu bubuk maupun susu cair. Kandungan kalsium yang tinggi pada susu memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh. Kalsium memiliki peranan yang berfungsi untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang tentunya.

  • Protein

Protein yang terkandung pada puding ini sama halnya dengan serat yang merupakan enzim yang dibutuhkan oleh tubuh. Enzim ini memiliki fungsi untuk menjaga sistem metabolisme dan pencernaan pada tubuh. Protein yang terkandung dalam puding juga dapat memelihara kesehatan kuku, rambut, kulit dan berfungsi sebagai reproduksi sel darah merah.

  • Vitamin dan MIneral

Ada lagi nih kandungan gizi yang merupakan komponen penting yang terdapat pada puding yaitu vitamin dan mineral. Terdapat banyak vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh kita seperti vitamin A, C, B, B6, B12, dan E. Mineral memiliki peran penting yang hampir sama dengan kalsium, yaitu untuk memperkuat tulang dan gigi terutama pada anak-anak.

Manfaat Lain dari Puding

Ada lagi nih manfaat lain dari puding, ternyata hidangan seperti puding ini banyak banget manfaatnya bagi kesehatan tubuh ya sob.

  • Mengendalikan Kadar Kolesterol

Menjaga kadar kolesterol pada tubuh merupakan salah satu manfaat dari puding yang belum banyak diketahui. Penghambatan saluran darah dapat terjadi apabila kolesterol jahat yang berasal dari makanan berlemak masuk kedalam tubuh dan tidak dibersihkan.

Memiliki tubuh yang ideal merupakan manfaat dari pengendalian kolesterol, namun mengendalikan kolesterol juga dapat menjaga peradaran darah selalu lancar. Hal ini sangat baik untuk menjaga organ tubuh agar berfungsi secara optimal.

  • Mencegah Kanker

Ternyata nih sob, puding yang dijual di pasaran umumnya terbuat dari bahan dasar berupa rumput laut yang mengandung kaya akan anti-oksidan. Hidangan puding ini sangat efektif dalam menangkal radikal bebas, dan memiliki peranan penting dalam melindungi tubuh dari serangan penyakit kanker maupun tumor.

  • Mencegah Gangguan Kardiovaskular

Manfaat puding ini memanglah sangat banyak, termasuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh kita. Hal ini sangat baik, karena dengan peredaran darah yang lancar dapat mencegah berbagai penyakit yang mengganggu kardiovaskular, sebagai contohnya penyakit stroke dan jantung. Puding juga dapat mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Sejumlah penelitian juga menemukan bahwa puding dapat berfungsi untuk menengendalikan tekanan darah. Komposisi bahan seperti rumput laut sangat ampuh dalam menyerap lemak jahat dan kadar garam yang tinggi.

  • Sangat Baik untuk Program Diet

Pasti banyak dari sobat semua yang menganggap bahwa mengonsumsi puding, seperti puding coklat ataupun puding kopi dapat membuat badan kita gemuk iya kan? Nah, sebenarnya dalam puding ini terdapat kandungan serat yang tinggi, kandungan serat ini dapat membuat kita yang mengonsumsi puding dapat membuat perut lebih lama tahan lapar. Bahkan puding ini sangat direkomendasikan untuk dimasukkan daftar cemilan sobat saat diet, waw… bisa gitu ya sob.

Mengonsumsi puding juga dapat mengoptimalkan metabolisme tubuh dalam membakar lemak dan kalori yang ada pada tubuh. Oleh karena itu, sobat jangan ragu untuk memasukkan puding ini kedalam daftar makanan untuk program diet. Nah, dibalik rasa puding yang manis dan lembut ini ternyata menyimpan banyak seklai manfaat ya sobat, jadi tunggu apalagi yuk capcuss kita ke next topik yaitu cara membuat puding oreo yey!

Cara Membuat Puding Oreo dengan Berbagai Variasi

Puding oreo ini ternyata sangat booming di kalangan remaja, banyak sekali dari mereka yang mengkreasikan puding ini menjadi hidangan puding yang super lezat dan sangat bervariasi. So, kali ini aku bakal bagi-bagi 3 resep ke sobat sekalian nih, udah gasabar kan hehehe…

Cara Membuat Puding Oreo Original

cara-membuat-puding-oreo

Bahan-Bahan:
  • 1 bungkus Nutrijell yang plain ya sob
  • 1 bungkus agar-agar yang plain juga ya
  • 200 gram gula pasir pakai secukupnya atau disesuaikan selera saja
  • 1250ml susu UHT original, warna putih
  • Oreo yang sudah dihancurkan
Cara Membuat Puding Oreo:
  1. Langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah masukkan Nutrijell, gula, agar-agar, dan susu UHT ke dalam panci, masak semua bahan tersebut, tunggu hingga mendidih atau matang.
  2. JIka sudah mendidih angkat panci, lalu tunggu hingga uap panasnya hilang.
  3. Oreo yang sudah dihancurkan tadi dimasukkan lalu aduk hingga rata ya sob.
  4. Kemudian tuang ke cetakan sesuai dengan selera sobat.
  5. Langkah terakhir jika sudah agak dingin masukkan ke dalam kulkas atau freezer, hidangan puding oreo siap disajikan.

Cara Membuat Puding Oreo Susu

cara membuat puding oreo

Bahan yang kita butuhkan kali ini terpisah sob…kita umpamakan saja bahan A dan bahan B, oke cuss…

Bahan A:
  • 900ml susu cair, bisa coklat atau putih
  • 5 sendok teh agar-agar plain
  • 75-100gram gula pasir, pakai secukupnya aja sob
  • 1/2 sendok teh vanilla powder atau bubuk vanilla
  • 30 gram coklat bubuk yang sudah dilarutkan dengan 50ml air panas
  • 100ml whip cream cair
  • Garam sedikit saja
Bahan B:
  • 1250ml susu cair, rasa sesuai selera
  • 100 gram gula pasir
  • Oreo yang sudah dihancurkan
  • 6 sendok teh agar-agar plain
  • Garam sedikit juga sob
Cara Membuat Puding Oreo:
  1. Siapkan loyang yang memiliki diameter 24cm, beri percikan air lalu sisihkan
  2. Selanjutnya campur semua bahan A kecuali whip cream ya sob, lalau aduk terus menerus hingga mendidih. Jika sudah mendidih matikan api, masukkan whip cream, aduk lagi sampai tercampur rata
  3. Tuangkan ke loyang, lalu tunggu pastikan sampai benar-benar set
  4. Sambil menunggu, siapkan bahan B. Masak semua bahan hingga mendidih, setelah itu angkat tetapi sisakan beberapa bagian tetap berada dalam panci
  5. Kemudian masukkan oreo yang sudah dihancurkan ke dalam adonan yang sudah diangkat, aduk sampai upa panasnya menghilang
  6. Tekan-tekan secara perlahan pinggiran puding yang berada dalam loyang, lalu angkat pinggirnya perlahan dengan menggunakan spatula. Tuangkan adonan orea ke bagian pinggir atau tepi
  7. Lakukan langkah ke-enam juga disisi lain sampai menutupi loyang
  8. Adonan putih yang belum diberi oreo diaduk-aduk agar tidak mengeras atau bisa juga sobat panaskan dengan api yang kecil
  9. Adonan yang sudah ditungkan ke loyang ditunggu sampai set, kemudian tuangkan sisa agar-agar putih yang sudah dipanaskan tadi diatas adonan sebelumnya
  10. Simpan didalam kulkas, lalu hidangkan

Cara Membuat Puding Oreo Dark Chocolate

Dalam membuat puding oreo dark chocolate ini sobat membutuhkan 2 macam lapisan puding, yang pertama lapisan cokelat dan yang kedua lapisan oreo tentunya. Sobat juga bisa memakai coklat batangan, cara membuat coklat batang dirumah sendiri juga mudah kok sobat.

Bahan Lapisan Coklat:
  • 100 gram dark cooking chocolate
  • 1000ml susu cair yang full cream
  • Agar-agar coklat 2 bungkus
  • coklat bubuk dengan takaran 1,5 sendok makan
  • 170 gram gula pasir, bisa pakai sesuai selera
  • sedikit garam untuk tambahan
Bahan Lapisan Oreo:
  • Agar-agar plain 1 bungkus saja
  • 100ml air mineral
  • 500ml susu cair full cream
  • Susu kental manis, secukupnya
  • 80 gram gula pasir
  • Biskuit oreo sekitar 10
  • Sedikit garam untuk tambahan
Cara Membuat Puding Oreo:
  1. Pertama kita akan membuat lapisan coklat, caranya masak semua bahan yang ada pada list bahan lapisan coklat tunggu hingga mendidih. Jika sudah mendidih tuangkan ke dalam cetakan dan tunggu sampai hampir set.
  2. Kedua kita buat lapisan oreo, caranya kita harus memisahkan cream dan biskuit oreo, hancurkan bagian biskuitnya. Kemudian masak semua bahan yang ada pada list bahan lapisan oreo, daripada cream oreo yang sudah dipisahkan tadi dimakan langsung tambahkan cream oreo juga.Tunggu sampai mendidih, matikan api jika sudah mendidih.
  3. Biskuit oreo yang sudah dihancurkan dimasukkan ke dalam adonan agar-agar, aduk sampai rata kemudian tuangkan secara perlahan ke atas lapisan coklat yang sudah set dengan menggunakan sendok.
  4. Sisa agar-agar yang mengeras harus dipanaskan kembali, setelah itu tuangkan perlahan ke atas lapisan oreo yang sudah setengah set dengan menggunakan sendok juga ya sobat.
  5. Jika semua proses diatas sudah selesai, masukkan ke dalam kulkas, lalu dapat dihidangkan puding oreo dark chocolatenya.

Selesai Sudah Resep Cara Membuat Puding Oreo

Nah…jadi begitu sobat cara membuat puding oreo dalam berbagai variasi, mungkin sobat bisa juga membuat variasi puding oreo yang baru, oh iya sobat puding ini bukan cuma bisa dijadikan camilan doang lho tapi juga bisa dijadikan bisnis. Saat ini peluang bisnis dalam bidang kuliner sangatlah besar, kalian bisa memulai bisnis kecil-kecilan dengan membuat beberapa jenis puding seperti puding oreo dan bisa juga membuat puding kopi maupun puding roti tawar untuk bisnis. Oke sobat jadi sekian dari author, terimakasih sudah mampir dan membaca, jangan lupa lho ya dipraktikan resep yang udah dishare hehehe….oke sampai jumpa di next artikel dadaa

 

 

 

 

 

 

 

Whatsapp Sekarang
Butuh Bantuan?
Halo! ada yang Bisa kami bantu