Pada artikel kali ini, saya akan menunjukkan Cara Membuat Roti Boy yang tentunya enak, praktis, mudah, dan dapat dipraktekkan oleh sobat-sobat yang baru memulai belajar memasak loh! Tapi sebelum kita tahu cara untuk membuat roti boy tersebut, apakah kamu tahu apa itu roti boy? Simak penjelasan berikut sob!

Coba sobat perhatikan saat sobat sedang berada di suatu bandara maupun di stasiun pasti sudah tidak asing lagi dengan sebuah brand toko kudapan yang memiliki warna khas cokelat dan kuning. Benar sekali, toko kudapan tersebut tidak lain lagi adalah sebuah toko roti yang bernama Roti boy.

Pada umummya toko kudapan Roti boy tersebut dapat dengan mudah kamu temui pada stasiun, bandara-bandara, dan pertokoan kota hingga komplek pertokoan seperti mall. Terdapat salah satu menu roti andalan yang cukup populer dari brand toko roti yang berasal dari negeri jiran Malaysia ini, yaitu Coffee Bun.

Usut punya usut, Awalnya Roti boy dibawa ke Indonesia oleh seorang wanita asal Indonesia yang membawa oleh-oleh dari negeri jiran Malaysia setelah melakukan perjalanan ke negara tersebut. Diketahui di negara asalnya yaitu Malaysia, roti ini sangat diminati karena cita rasanya yang khas yang menarik minat orang-orang untuk mencobanya sob!.

Berawal dari orang indonesia yang membawa roti boy tersebut dari negeri jiran Malaysia sebagai kudapan oleh-oleh untuk keluarganya, alhasil roti boy juga membuka gerai di Indonesia dengan resep yang telah dibeli dari produk aslinya. Akhirnya roti boy pun dijual di Indonesia yang kini dapat sobat jumpai di mall, pertokoan, bandara ataupun stasiun.

 

Cara Membuat Roti Boy Yang Enak dan Mudah

cara membuat roti boy

Roti boy dikenal dengan karakteristik roti yang memiliki aroma khas setiap kita melewati gerainya hingga citarasa yang tidak biasa yang mampu memikat hati para penikmat roti. Roti boy biasanya dinikmati sebagai makanan sarapan sederhana dan camilan saat di perjalanan kereta ataupun pesawat.

Untuk mengetahui cara membuat roti boy, sobat perlu ketahui apa itu roti boy. Dari ilustrasi diatas bisa kita simpulkan bahwa roti boy adalah sebuah merek roti dengan ciri khas aroma dan rasa roti dengan cita rasa kopi moka nya yang khas. Kopi selain bisa digunakan untuk membuat rotiboy, juga dapat digunakan untuk membuat resep tiramisu cake yang tidak kalah enaknya loh.

Tidak kalah pentingnya, jika sobat membuat sendiri akan menambah wawasan serta menghemat dana yang sobat keluarkan loh. Dibandingkan dengan memesan produk roti diluar yang bisa jadi lebih mahal dan jadi tidak efisien. Oleh karena itu dapat kita ketahui bahwa efisiensi dari segala aspek merupakan hal yang penting.

 

Karakteristik Roti Boy

cara membuat roti boy

Sebelum sobat membuat rotiboy ada baiknya jika sobat memahami terlebih dahulu bagaimana saja karakteristik dari rotiboy itu sendiri, sebab jika sobat telah memahami karakteristiknya sobat akan lebih mudah dalam improvisasi cita rasa.

1.Roti Boy Memiliki Cita Rasa yang Khas dan Lezat.

Bukanlah rahasia jika roti boy memiliki rasa dan tekstur yang khas. Mulai dari rasa moka dan kopi nya yang sudah menjadi unique value dari roti tersebut hingga tekstur lembut empuk dan kress nya yang tiada duanya.

2.Dalam Hal Harga, Rotiboy Termasuk Mahal.

Mungkin jika sobat perhatikan harga roti boy cukup merogoh kocek yang lebih dalam. Apalagi jika sobat membelinya dalam jumlah yang besar seperti saat sobat akan mengadakan suatu acara. Oleh karena itu penulis berbagi tips dan cara untuk membuat rotiboy yang lebih murah dan terjangkau dengan cita rasa yang identik loh sob.

3.Cocok Dijadikan Peluang Usaha.

Jika sobat bisa membuat rotiboy lebih murah dengan rasa yang identik, hal ini merupakan suatu modal yang dapat dijadikan peluang usaha potensial dengan segmentasinya dapat menjangkau pasar dengan klasifikasi menengah kebawah sob.

 

Keunikan Roti Boy Dibanding Roti Moka Lainnya

cara membuat roti boy

Wah perlu sobat ketahui nih, banyak orang yang telah terpikat dengan roti tersebut tanpa menyadari apa yang membuat mereka terpikat loh sob!. Tanpa kita sadari roti boy ini sangat unik. roti boy memiliki beberapa keunikan diantaranya :

1. Tekstur Yang Kress dan Tus-Tus

Jika sobat rasakan, pasti tekstur dari roti boy yang sobat beli dibandingkan dengan yang sobat buat sendiri tidak jauh berbeda. Hal tersebut dikarenakan kadar kerapatan dan kepadatan roti yang unik dipengaruhi oleh kombinasi proporsi tepung terigu dengan baking powder yang tepat sob. mulai dari luar dan tepiannya yang garing hingga rasa lembut di dalam.

2. Cita Rasa yang Khas dan Merata

Keunikan yang satu ini tidak usah diragukan lagi deh, rasa dari roti tersebut sangat khas dengan kopi dan moka nya. Ditambah lagi keunikan topping nya yang bikin rasanya semakin mantab sob. Coba bandingkan deh yang sobat buat dengan roti boy beli. Rasanya pasti tidak jauh berbeda, sama sama bercirikan kopi dan moka yang merata.

3. Ukuran yang “Friendly” Untuk Konsumen

Salah satu hal yang bikin orang terpikat dan merasa sangat ketagihan secara tidak langsung adalah ukurannya. Memiliki ukuran yang tidak terlalu besar namun juga tidak terlalu kecil. Faktor tersebut secara tidak langung mempengaruhi kita untuk membeli lagi dan lagi sehingga merasa bahwa roti tersebut sangat unik.

4. Aroma Khas yang Menggoda

Hmmmm… aroma wangi panggangan yang memberi sensasi ingin segera menyantapnya. Dari aromanya juga tidak jauh berbeda antara rotiboy buatan sendiri dengan produk aslinya. serius deh, apalagi jika dalam keadaan hangat. Ketagihan abis deh pasti.

 

Namun bisa jadi banyak diantara sobat-sobat belum mengetahui resep atau cara untuk membuat roti boy. Sehingga karena aroma dan cita rasanya yang sangat memikat, sobat jadi keterusan beli roti boy deh. Padahal sebenarnya sobat bisa dengan mudah mencoba bikin sendiri dirumah loh sob!.

Daripada terus-terusan membeli roti boy, yuk kita coba membuat roti boy sendiri di rumah! Selain kita bisa tahu bagaimana cara untuk bikin rotiboy. Kita juga bisa sesuaikan dengan kebutuhan kita, lebih efisien dan tentunya sangat higenis serta mudah dilakukan loh sob!

Berikut adalah cara mudah untuk membuat rotiboy coffee bun yang pastinya kamu bisa membuatnya sendiri loh sob! Yuk intip resep dan membuatnya yang enak dan mudah :

Sebelum sobat mencoba langkah-langkahnya, pastikan sudah menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan oleh sobat semuanya yah sob!

Alat Pembuatan Roti

  • Sebuah oven dengan loyangnya;
  • 2-3 wadah sebagai pencampur adonan;
  • Sendok atau alat pengaduk adonan lainnya, sobat boleh juga menggunakan mixer agar lebih mudah;
  • Plastik segitiga sebagai wadah jadi topping, sobat boleh juga menggunakan alat lain untuk menyimpan toppingnya loh.

Bahan-Bahan Pembuatan Roti

  • Tepung terigu protein tinggi 550 gram (menggunakan merk Cakra Kembar);
  • Susu cair 280 ml (boleh memakai susu full cream atau susu krimer kental manis);
  • Gula pasir 80 gram  atau sekitar 1 sendok teh;
  • Ragi instan 10 gram (menggunakan merk Fermipan);
  • Telur 1 butir;
  • Telur 1 butir (pisahkan kuning telur dengan putihnya);
  • Butter atau bisa memakai margarin 50 gram;
  • Garam 1 sendok teh.

Bahan Isi Roti Boy 

  • Butter 50 gram atau sesuaikan dengan jumlah yang sobat inginkan;
  • Keju 50 gram atau sesuaikan dengan jumlah yang sobat inginkan.

Atau bila sobat ingin lebih mudah lagi sobat juga bisa menggunakan selai instan (rasa apapun) untuk isi roti boy nya sob. Intinya pada isian produk bisa sobat sesuaikan dengan selera masing-masing.

Bahan Topping Coffee Roti Boy

  • Butter 50 gram;
  • Gula halus 4 sendok makan munjung;
  • Baking powder ¼ sendok teh;
  • Tepung terigu protein sedang 100 gram (direferensikan menggunakan merk Segitiga Biru);
  • Putih telur 2 butir;
  • Kopi instan 2 sendok teh merk bebas asalkan tanpa ampas ya sob;
  • Pasta moka 2 tetes atau bisa menggunakan perisa moka sejenis yang lainnya.

Sobat juga bisa sesuaikan jumlah bahan topping dengan selera dan keinginan yah sob.

 

Cara Membuat Roti Boy Mudah Sekali 

rotiboy isi enak

Prosedur Bagian Roti 

Persiapkan semua bahan dan alat-alatnya.

  1. Campurlah ragi dan gula pasir dalam sebuah wadah. Aduklah sampai rata dan diamkan sekitar 10 hingga 15
  2. Campurlah telur, kuning telur, tepung terigu susu, dan garam ke dalam satu wadah. Aduk aduk sampai terbentuk adonan tepung yang merata.
  3. Campurlah kedua adonan tersebut (adonan ragi dan adonan tepung) kemudian aduklah dengan sabar sampai kedua adonan tersebut tercampur rata dan uleni hingga teksturnya menjadi kalis dan lembut.
  4. Setelah adonan kalis dan lembut, tambahkan butter dan aduk hingga tekstur menjadi kalis elastis.
  5. Bulatlah adonan tersebut, lalu pindahlah ke wadah lalu tutup wadah itu menggunakan selembar kain ataupun kain lap yang
  6. Diamkan adonan sampai ukurannya mengembang sekitar 2x, untuk waktu tersebut kurang lebih didiamkan selama 50 menit hingga 1 jam.
  7. Setelah adonan mengembang dengan ukuran 2 kali lipat, kempeskan adonan tersebut.
  8. Bulatkan dan padatkan kembali adonan tersebut lalu potong-potong menjadi 15 bagian (sesuaikan dengan kebutuhan anda).
  9. Ambil satu bagian adonan, kemudian pipihkan, lalu beri bahan isian(keju / butter / selai berperisa bebas), lalu bulatkan kembali hingga bentuknya menjadi seperti roti isi.
  10. Lanjutkan dan ulangi langkah ke-9 (sesuaikan jumlah dengan yang anda inginkan) sampai adonan habis.
  11. Diamkan adonan roti kurang lebih selama sekitar setengah jam.

Prosedur Bagian Topping

  1. Campurlah kemudian kocok gula halus dan butter hingga lembut untuk dijadikan adonan
  2. Masukkan tepung terigu, baking powder, pasta moka, dan kopi instan pada adonan topping tersebut kemudian aduk hingga
  3. Kocoklah putih telur hingga membusa, lalu campurlah dengan adonan butter yang tadi.
  4. Letakkan adonan topping ke dalam plastik segitiga (sebagai wadah ketika disimpan).
  5. Lumerkan topping pada adonan roti yang sebelumnya telah mengembang dengan pola memutar hingga tiga per empat bagian roti.
  6. Panaskan oven, kemudian setelah oven panas masukkan roti ke dalam oven. Panggang sampai toping mengering yang menjadi indikator kematangan roti atau kurang lebih selama 15-20 menit dalam oven dengan suhu panggang 180 derajat Celcius.

Setelah sobat melakukang langkah-langkah diatas akhirnya Roti boy ala buatan rumah siap dihidangkan untuk disantap. Agar lebih nikmat dan kress ketika disantap sebaiknya disajikan dalam keadaan hangat sesuai ciri khas dari roti boy tersebut yaitu disajikan dengan kehangatan.

 

Tips Cara Membuat Roti Boy Agar Sempurna

adonan

Untuk membuat rotiboy yang sempurna sobat bisa simak beberapa poin dibawah ini, agar hasil yang sobat buat bisa maksimal

  • Kondisi telur dan susu cair dalam kondisi suhu ruang atau sekitar 25-27 derajat Celcius (tidak dingin dan tidak panas).
  • Pastikan ragi yang sobat gunakan aktif dan kondisinya bagus agar adonan roti bisa mengembang dengan baik.
  • Jika sobat membuat tersebut untuk berbisnis, sobat juga dapat mengganti bahan susu atau krimer dengan air putih atau air mineral agar biaya produksi dapat diminimalisir loh sob!
  • Agar lebih mudah sobat perlu pahami dahulu karakteristinnya dengan baik supaya bisa dengan leluasa mengembangkan cita rasa dan variasi tanpa menghilangkan karakteristik inti asli dari roti boy tersebut.

Jika Roti Boy yang sobat buat tidak mengembang dengan baik kemungkinan bisa disebabkan oleh :

  • Proporsi cairan dengan adonan tidak sesuai, oleh karena itu sobat perlu perkirakan dengan proporsi cairan dengan adonan sekitar 1 banding 3 atau 4.
  • Adonan yang terlalu padat juga menyebabkan roti boy tidak bisa mengembang dengan benar.
  • Tepung terlalu banyak dapat menjadikan adonan menjadi lebih padat dari yang seharusnya. Oleh karena itu sobat bisa seimbangkan dengan menambahkan satu butir telur.
  • Penambahan baking soda juga bisa sobat lakukan jika adonan tidak mengembang dengan baik. Untuk kadar baking soda cukup tambahkan satu hingga dua sendok teh dengan proporsi adonan seperti pada langkah diatas.
  • Jika wadah ataupun adonan yang sobat buat sangat lengket sobat bisa mengoleskan mentega atau margarin untuk mengatasi tekstur yang lengket.
  • Suhu oven yang kurang tepat juga menyebabkan hasil saji roti tidak maksimal.
  • Peralatan yang salah atau sudah tidak layak pakai akan mengakibatkan hasil yang kurang maksimal loh sob, sebagai contoh jika sobat menggunakan oven yang sudah tua atau berumur akan berbeda dengan oven yang lebih baru. Karena oven yang baru akan menghasilkan suhu oven yang lebih tepat dan presisi daripada oven yang telah berumur.

 

Tips Penyajian Roti

sajian rotiboy

1. Disajikan Hangat Lebih Nikmat

siapa sih yang tidak mau roti dengan aroma khas selagi hangat?. pastinya sangat menggoda kan. Hangatnya dapat memberi sensasi ketenangan yang berdampak pada tingkat stress yang menurun.

2. Disajikan Dengan Kopi Sangatlah Cocok

Kopi memang minuman sajian serba cocok, apalagi jika dikonsumsi bersama roti. Kopi merupakan salah satu minuman yang cocok dalam keadaan santai maupun dalam keadaan sibuk.

3. Disajikan Bersama Keluarga

Rasanya kurang lengkap jika dikonsumsi sendirian. Karena jika dikonsumsi bersama keluarga dapat mempererat ikatan emosi hanya karena sebuah roti.

4. Sebagai Bekal Sekolah atau di Tempat Kerja

Roti boy ini sangat cocok untuk dijadikan bekal karena ukurannya yang “friendly” serta tidak terlalu berat.

5. Diproduksi Dalam Jumlah yang Besar? Tidak Masalah!

Karena pembuatannya yang mudah, maka sangat memungkinkan apabila sobat membuatnya dalam jumlah yang besar atau banyak. Sobat hanya tinggal meyesuaikan proporsi adonan dengan proporsi yang sobat inginkan.

6. Sebagai Jamuan Tamu

Selain untuk makanan sarapan, kudapan, dan camilan, rotiboy juga cocok dijadikan sajian untuk menjamu para tetamu ataupun hidangan yang diberikan kepada para tamu undangan loh sob. Contohnya saat acara syukuran atau acara yang melibatkan banyak orang pasti sangat cocok dan efisien.

 

Tips Sukses Usaha Roti

bisnis usaha rotiboy

Caranya angat mudah dan praktis untuk dicoba bukan?. Apabila sobat tertarik untuk berbisnis roti juga bisa kok sob, karena roti ini tidak ketinggalan zaman bahkan sangat instagramable. Apabila anda berminat dengan usaha roti, maka anda bisa menggunakan etalase penghangat roti yang cocok untuk usaha anda.

Agar sukses dengan bisnis roti ada beberapa hal yang perlu anda lakukan, diantaranya adalah :

1. Riset Pasar

Sebelum memulai alangkah baiknya anda validasi pasar yang ada. Mulai dari mencari tahu harga pasaran hingga analisa kompetitor yang ada. Segmentasi anda juga sangat mempengaruhi kelangsungan usaha, sebagai contoh Rotiboy. Brand tersebut menargetkan orang-orang kota sibuk yang ingin membeli roti instan. Anda juga boleh menargetkan pasar menengah kebawah.

2. Riset Produk

Tahapan ini dimulai setelah anda memulai membuat produk. Tahap ini juga biasa disebut “usability testing” dimana para produsen memvalidasi produknya dengan cara meminta pendapat pada calon konsumen. Tahap ini diperlukan kematangan uji karena akan mencerminkan seberapa layak produk anda di pasar.

Cari tahu jajak pendapat orang-orang tentang produk yang anda buat. Catat apa saja yang mereka katakan, mulai dari rasa, tekstur dan aroma. Jangan abaikan saran mereka.

3. Buatlah UVP(Unique Value Proportion)

UVP atau unique value proportion merupakan sesuatu yang unik dalam produk anda yang tidak dimiliki oleh produk kompetitor. Boleh jadi sesuatu tersebut adalah yang menggambarkan produk anda. Misalnya rasa asam yang khas atau aroma yang kuat.

4. Tentukan Metode 3 P (Price, Place, Promotion)

Metode ini meliputi kualitas produk terhadap harga produk, dimana tempat anda memasarkan dagangan anda, dan bagaimana metode promosi anda. Pada umumnya metode promosi ada dua macam yaitu online dan offline. Online meliputi media sosial, periklanan digital, dan platform digital lainnya sedangkan offline bisa jadi melalui spanduk, flyer, pamflet, poster, hingga sebaran promo lainnya.

Bicara tentang makanan tidak lengkap tanpa minuman, jika anda berminat dengan usaha cozy cafe dengan bakery maka anda bisa menggunakan alat pemanas kopi yang bisa digunakan untuk membuat kopi dengan mudah.

Itu tadi mengenai cara membuat roti boy, cukup mudah dipraktekkan bukan? Terimakasih telah membaca artikel ini 🙂

 

 

 

Whatsapp Sekarang
Butuh Bantuan?
Halo! ada yang Bisa kami bantu