Gimana sih cara membuat sate daging sapi yang rasanya manis?, Anda tentunya tidak asing lagi dengan masakan sate daging sapi dengan bumbu manis bukan? Sajian sate yang umum banyak dijual di pedagang kaki lima atau bahkan restoran ini memang memiliki cita rasa gurih yang begitu enak.

Apa Sih Sate itu?

Nah, bagi anda yang ingin belajar sendiri bagaimana sih cara membuat sate daging sapi ini dirumah agar bisa dihidangkan untuk keluarga. Mari kita ulas…

Sate dari Indonesia menduduki urutan 14 dari 50 makanan ter-enak di dunia menurut hasil survei CNN yang dirilis pada 2017 lalu. Akan tetapi, apakah sate memang kuliner asli Nusantara? Atau justru sajian daging bakar ini memiliki riwayat sejarah dari bangsa lain seperti Tamil, Gujarat (India), Arab, atau Cina.

Terdapat berbagai jenis sate di Indonesia dengan ciri khas dan varian resep sendiri ,contohnya Sate Madura, Sate Padang, Sate Lilit dari Bali, Sate Buntel dari Solo, Sate Klathak dari Yogyakarta, Sate Ambal dari Kebumen, Sate Kerang dari Surabaya dan sate diberbagai daerah lainnya.

Bahan utama sate adalah daging, bisa daging ayam, kambing, domba, sapi, kerbau, kelinci, bebek, babi, kerang, udang, bahkan kuda. Tetapi, yang paling familiar dibikin sate di Indonesia biasanya adalah kambing, sapi, atau ayam.

Daging dipotong kecil-kecil sebelum diberi bumbu, ditusuk dengan rapi, kemudian dibakar di atas bara api dengan menggunakan arang. Masing-masing sate di berbagai daerah di Indonesia menggunakan varian bumbu yang berbeda-beda dan disantap dengan beberapa bahan tambahan yang berbeda pula.=

Sate Madura, misalnya, biasa dimakan dengan bumbu kacang dan dimakan bersama lontong. Sate klathak asal Yogyakarta dibakar hanya dengan bumbu garam dan dimakan dengan kuah gulai. Sate Padang citarasa kari yang kuat menjadi ciri khas sate jenis ini.

cara membuat sate daging sapi

Sejarah Sate di Indonesia

Sate di perkirakan muncul dari pedagang kaki lima yang berada di sekitar jawa pada abad ke-19, faktanya sate mulai populer pada abad itu bersamaan dengan pedagang arab, gujarat india dan pedagang muslim lainnya yang datang ke pulau jawa.

Awalnya, masyarakat Indonesia memasak daging dengan cara direbus. Akan tetapi setelah mengenal makanan kebab yang berasal dari timur tengah, masyarakat Indonesia pun suka makan daging sapi atau kambing dengan cara dibakar. Hal inilah menjadi awal mula sate sebagai makanan favorit masyarakat Indonesia saat itu.

Kata sate diperkirakan berasal dari bahasa Tamil, yaitu catai yang artinya daging. Sate berkembang di seluruh wilayah Indonesia. Di setiap daerah di Indonesia memiliki varian / jenis sate yang khas. Pada abad 19 ini sate menyebar hingga ke wilayah Afrika Selatan, di negara ini sate disebut dengan sosatie.

Di beberapa negara seperti Malaysia, Singapura dan Thailand sate juga banyak ditemui, tidak lain karena para perantau dari Jawa banyak berjualan sate di sana.

Ragam Jenis Sate di Indonesia

Di Indonesia ragam sate dimasak dengan cara yang hampir sama yaitu dibakar kemudian dibumbui dengan bumbu kecap atau bumbu kacang dan bumbu lainnya yang berbeda bebda, beirkut ini ragam jenis sate di Indonesia

  • Sate Madura

sate yang sangat populer di Indonesia. kuliner khas Pulau Madura di Jawa Timur. Biasanya bahan dagingnya adalah daging ayam atau kambing dengan bumbu kecap manis dan gula jawa dicampur bawang putih, bawang goreng, kacang tanah goreng yang dihaluskan, petis, kemiri, dan garam. Itu untuk sate ayamnya.

  • Sate Padang

Sate khas Padang, Sumatera Barat. Biasanya terbuat dari jeroan sapi maupun kambing yang direbus dengan bumbu kemudian dipanggang. Yang menjadi Ciri khas utama dari kuliner ini ialah kuahnya yang kuning terbuat dari tepung beras dicampur kaldu daging dan jeroan, kunyit, jahe, bawang purih, lengkuas, bubuk kari, garam, dan ketumbar.

  • Sate Ambal

Sate asal Kebumen, Jawa Tengah. Sate Ambal terbuat dari daging ayam kampung. Uniknya, bumbu yang digunakan bukanlah bumbu kacang, melainkan tempe tumbuk yang dicampur dengan cabai dan aneka bumbu lainnya. Sebelum dibakar, daging ayam dibaluri bumbu selama 2 jam sehingga rasnaya nikmat. Sate ini dimakan dengan ketupat.

  • Sate Ponorogo

Sate asal Ponorogo Jawa Timur ini berupa sate ayam bumbu kacang dengan irisan bawang merah dan cabai rawit serta jeruk nipis. Setiap tusuk hanya terdapat satu potong daging ayam yang diiris memanjang yang sebelumnya sudah melalui proses bacem kemudian dihidangkan dengan lontong.

  • Sate Tegal/ Sate Baibul

Sate satu ini berbahan kambing muda berumur 5 bulan. Biasanya dipanggang satuan kodi dan disajikan dua tusuk sate dengan isian empat potong dagung dan lemak. terkadang juga diganti dengan jeroan kambing. Disajikan dengan kecap manis yang encer dan dicampuri dengan irisan sabai, bawang merah, tomat hijau, dan nasi putih yang ditaburi bawang goreng.

  • Sate Blora

Sate khas Blora berbahan daging ayam dan kulit ayam.

  • Sate Banjar

Sate ini memiliki rasa bumbu yang berbeda dari sate kebanyakan di Indonesia.

  • Sate Buntel

Sate buntel adalah sate khas dari Solo atau Surakarta, Jawa Timur. Sate ini terbuat dari daging sapi atau kambing terutama bagian perut dan iga yang dicincang. Memiliki ukuran yang besar mirip daging kebab.

  • Sate Makassar

Ini merupakan sate khas Sulawesi Sulatan. Ini terbuat dari jeroan sapi atau kambing dibumbui dengan saus yang terbuat dari belimbing. Rasanya asam dan pedas.

  • Sate Lilit

Kuliner khas Bali  terbuat dari daging cincang berbahan sapi, ayam, ikan, babi atau kura-kura. Daging yang dicincang dicampuri kelapa parut, santan kental, jeruk nipis, bawang merah, dan merica.Adonan ini akan dibungkus meliliti tusukan bambu, batang tebu atau batang serai lalu dipanggang.

  • Sate Pusut

Sate pusut khas Lombok ini terbuat dari daging cincang baik sapi, ikan, maupun ayam yang dicampur dengan parutan kelapa dan bumbu hampir sama dengan sate lilit.

  • Sate Maranggi

Sate ini terkenal di tanah Sunda. Menggunakan bumbu khusus yaitu bunga kecombarang dan tepung ketan.

  • Sate Kere

Ini merupakan sate vegetarian murah yang dibuat dari tempe gembus khas Kota Solo. Isitlah kere diambil karena bahan yang digunakan terbuat dari bahan murah khas orang miskin. Selain tempe gembus, sate ini biasanya dibuat dari bahan usus, hati, dan daging sapi.

cara membuat sate daging sapi

Resep Cara membuat Sate Daging Sapi Manis nan Empuk

Bahan-Bahan yang Diperlukan

  • 250 gram daging sapi yang dipotong-potong menggunakan mesin pemotong daging, atau bisa juga secara manual.
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 2 lembar daun pepaya yang di remas-remas
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 10 buah tusuk sate

Bumbu Sate Daging Sapi Manis

  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3/4 sendok teh ketumbar
  • 1/2 sendok teh jintan
  • 1 sendok teh garam

Bahan Pelengkap Sate Daging Manis

  • Acar Timun
  • Mentega
  • Kecap Manis

Cara membuat Sate Daging Sapi Manis

  1. Potonglah  daging sapi yang sudah disiapkan dengan bentuk potongan sate berbentuk dadu. Agar lebih baik, jangan memotong daging dengan ukuran terlalu besar, sebab hal ini akan membuat daging yang dimasak atau dibakar menjadi sulit matang secara merata.
  2. Tempatkan daging pada wadah dan sisihkan sementara.
  3. Kemudian bungkus daging sapi menggunakan daun pepaya yang sudah diremas-remas, selama kurang lebih 30 menit , hal ini agar supaya ketika dibakar daging menjadi lebih empuk dan lezat.
  4. Sisihkan daging kedalam wadah dan diamkan, sementara itu kita akan membuat bumbunya.

Cara Membuat Bumbu Sate

  1. Haluskan bumbu yang harus dihaluskan, bisa menggunakan ulekan ataupun menggunakan mesin penghalus agar lebih mudah.
  2. Setelah selesai menghaluskan semua bumbu-bumbu, sekarang campurkan kecap manis dan minyak goreng kedalam bumbu yang dihalsukan. Kemudian aduk-aduk hingga bumbu tercampur merata.
  3. Setelah daging didiamkan selalam kurang lebih 30 menit, sekarang ambil daging dan lumuri daging dengan bumbu ini, pastikan jika semua bagian daging terlumuri dengan baik.
  4. Sebelum daging dibakar, diamkan terlebih dahulu daging agar bumbunya meresap kedalam hingga keseluruhan selama kurang lebih 1 jam.
  5. Ambil tusukan sate, dan tusuk-tusuk sate dengan menggunakan tusukan sate secara manual atau dapat menggunakan mesin tusuk sate . Kemudian bakar diatas api higga matang secara merata.

Demikian Artikel tentang cara membuat sate daging sapi yang enak secara simpel, Mudah bukan, Selamat Mencoba..

Whatsapp Sekarang
Butuh Bantuan?
Halo! ada yang Bisa kami bantu