Cara Membuat Tape Ketan Yang Manis Dan Sederhana

tape ketan hitam

Tape dapat dibuat dari dua bahan sumber karbohidrat yang sangat masyhur sekalee.., yaitu singkong dan ketan sehingga setelah menjadi tape kedua bahan tersebut berubah nama menjadi tape singkong dan tape ketan.

Tape singkong sendiri merupakan makanan khas Bandung yang sering disebut sebagai olahan makanan oleh warga lokal. Sedangkan tape ketan lebih banyak tersebar di berbagai wilayah Indonesia dengan ragam variasinya.

Ada tape yang dibuat dari ketan putih, hijau, dan ada juga yang dari ketan hitam. Nah kali ini kita akan mengulas tentang bagaimana cara membuat tape hitam yang manis dan juga lezat.

Tape Ketan Hitam

Dalam pembuatan tape ketan, beras ketan perlu dimasak dan dikukus terlebih dahulu sebelum dibubuhi ragi. Campuran tersebut ditutup dengan daun dan diinkubasi pada suhu 25-30 °C selama 2-4 hari.

Selain rasanya yang manis dan aroma yang memikat, tape juga dibuat dengan beberapa warna berbeda. Warna tersebut tidak berasal dari pewarna buatan yang berbahaya, melainkan berasal dari pewarna alami.

Bagi kalian yang penasaran ingin membuat tape ketan hitam, bisa simak artikel dibawah ini..

Semoga sukses dalam proses pembuatannya..

1. Membuat Tape Ketan manis

tape ketan hitam

Bahan -Bahan Yang Dipelukan :

  • 1/2 kilo beras dulu, jangan banyak-banyak
  • Daun pisang untuk pembungkus secukupnya
  • 2 gelas air bersih
  • Gunakan 2 butir ragi untuk membuat tape seperti biasanya Bisa menggunakan gula pasir jika menghendaki rasa yang lebih manis, yaitu gula halus dengan takaran 2 sendok makan saja.

Cara Membuat Tape Ketan Hitam :

1. Beras Direndam Semalaman

Beras ketan yang sudah dicuci, direndam semalaman terlebih dahulu. Keesokan harinya saat akan dimasak, beras perlu ditirisakan hingga kesat. Kemudian, kukus beras ketan setengah matang.

2. Tuang Air Panas pada Beras Ketan yang Dikukus

Begitu beas ketan yang dikukus sudah mengepulkan uap panas, siram dengan 2 gelas air panas. Kemudian aduk kembali sampai rata. Lanjutkan proses pengukusan sampai beras ketan matang. Setelah matang, beras diratakan dalam nampan. Biarkan sampai benar-benar dingin.

3. Bungkus dengan Daun Pisang

Kita bisa mengambil wadah yang besar sekaligus dan memberinya alas daun pisang. Masukkan beras ketan, ratakan, lalu taburi dengan ragi yang sudah dihaluskan (dan gula bila ingin rasanya lebih manis) sampai rata. Tambahkan lapisan beras ketan, taburi dengan ragi, dan lakukan berulang sampai beras habis. Tutup permukaan atas dengan daun pisang. Pastikan ditutup rapat. Bisa dilapisi dengan kain serbet bersih di atasnya sebagai penutup. Simpan di tempat yang hangat.

4. Tape Ketan Baru Boleh Dibuka setelah 3 Hari 2 Malam

Jangan terlalu sering membuka dan menutup daun pisang atau mengintip tape ketan. Agar fermentasinya berjalan dengan baik, sebaiknya tape ketan baru boleh dibuka setelah 3 hari 2 malam.

Selamat mencoba, ya. Semoga tape ketan hitam yang dihasilkan bisa manis sesuai harapan.

2. Mencoba Tape Ketan Bugis

Dulu tape ketan merupakan makanan tradisional yang selalu dihidangkan pada saat lebaran, baik Idul Fitri maupun Idul Adha, berbeda dengan sekarang, kapanpun kita ingin mencicipi panganan khas ini maka mudah kita dapatkan di toko-toko kue. Jadi tak perlu lagi menunggu datangnya hari raya.

Saya sendiri setiap pulang kampung ke Soppeng, hampir tidak pernah tidak membawa ole-ole berupa tape ketan hitam ini untuk di bawa ke Selayar. Awalnya keluarga di Selayar tidak menyentuh tape tersebut, dianggapnya “songkolo” basi…?!?!?

Tapi entah kenapa, setelah mencicipi dan merasakan kesegaran dari manisnya tape ketan hitam akhirnya rasa senang dan suka-pun muncul. Kerinduan untuk menyantap tape ketan terkadang muncul bukan hanya saya sendiri bahkan keluarga di rumah, mereka ingin kembali merasakan bukan hanya rasa tapi aneka manfaat tape ketan hitam untuk kesehatan.

Bahan – Bahan Yang Dibutuhkan :

  • 2 Liter beras ketan hitam/putih bisa dicampur
  • 1 butir ragi tape
  • Air secukupnya

Alat – Alat Yang Digunakan :

  • Baskom
  • Panci plus Kukusan
  • Spatula
  • Nampan besar
  • Mangkuk Kecil
  • Wadah Plastik plus Penutup
  • Sendok besi
  • Piring kecil
  • Ayakan
  • Daun pisang atau plastik bening

Cara Membuatnya Tape Ketan Hitam Bugis :

  1. Rendam beras ketan di baskom semalaman, lalu kukus hingga matang. Sebenarnya ini hanya salah satu contoh saja, intinya beras ketannya harus benar-benar matang. Bisa juga menggunakan presto atau menggunakan rice cooker untuk memasak beras ketan tersebut.
  2. Setelah matang, angkat lalu masukkan dan sebar ke dalam nampan tunggu beberapa saat hingga uap panasnya hilang dan betul-betul dingin serta suhunya sama seperti suhu ruangan.
  3. Setelah dingin, ambil ragi lalu gerus di piring kecil menggunakan sendok besi sampai halus, kemudian taburkan diatas ketan yang sudah matang dan dingin tadi dengan menggunakan ayakan. Aduk hingga rata.
  4. Masukkan air hangat ke dalam mangkuk kecil, basahi tangan kanan secukupnya lalu ambil beras ketan tadi secukupnya atau sesuai selera dan buat bulatan seperti bola.
  5. masukkan dan susun di wadah plastik yang telah disiapkan sebelumnya. Setiap selesai satu lapisan bola-bola tape, lapisi dengan daun pisang atau plastik bening.
  6. Setelah selesai, tutup wadah plastik tersebut dengan sangat rapat sampai betul-betul kedap udara
  7. Tunggu selama 3 x 24 jam, tape ketan sudah siap dihidangkan.

3. Es Campur Dari Tape Ketan Hitam Segar

tape ketan hitam

Ngomongin soal es campur, pasti dibenak kita inget yang seger-seger dan langsung terjuju pada aneka buah, santan dan sirup yang segar. memang benar, kebanyakan es campur berbahan dasar seperti itu, namun kali ini Tim kami akan menyajikan resep es campur yang special yaitu es campur tape ketan hitam.

Jika pembaca pernah minum es ini pasti yang paling bikin menggiurkan adalah ketan hitamnya. paduan warna ketan hitam dan santan putih saja sudah membuat ngiler apalagi dicampur tape dan beberapa buah, hmm pasti kita tidak akan tahan godaannya ketika melihatnya, apalagi disiang hari yang panas dan gerah.

Bahan-bahan Es Campur Tape Ketan Hitam Special Segar :

  • Tape ketan hitam 300 cc
  • Garam 1 sendok makan
  • Santan 1 liter
  • Daun pandan 2 lembar

Bahan Pelengkap Es Campur Tape Ketan Hitam Special Segar :

  • Nangka 5 mata ( buah ) , ( diiris dadu 1 centi meter )
  • Kelapa mudah 2 butir ( dikerok )
  • Sirup vanili 300 cc ( warna putih )
  • Sagu mutiara 300 cc ( siap pakai )
  • Secukupnya es serut

Cara Membuat Es Campur Tape Ketan Hitam Special Segar :

  1. Pertama-tama didihkan santan dengan daun pandan dan garam , aduk rata kemudian angkat lalu dinginkan .
  2. Penyajian : pertama-tama siapkan gelas , tata kelapa muda , nangka , sagu mutiara yang siap pakai , dan tape ketan hitam .
  3. Selanjutnya tuangkan santan lalu tambahkan dengan sirup vanili dan es batu secukupnya agar lebih segar .

Selesai , es campur tape ketan hitam yang enak dan segar siap untuk dihidangkan . rasa manis dan gurih dari santan memang sangat enak dan cocok sekali jika dipadukan dengan tape ketan hitam ,kelapa muda , nangka dan santan .

so , silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Es Campur Tape Ketan Hitam Special Segar ini dirumah . jangan lupa buka juga informasi-informasi resep minuman lainnya seperti Resep Membuat Kopi Susu Enak Special Nikmat . terimakasih sudah membuka Harian Resep. semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda dirumah . sekian :)..

4. Puding Tape Ketan

Bahan puding tape:

  • Bubuk agar-agar plain
  • 150 gram tape ketan hitam
  • 500 ml air
  • 40 gram gula pasir
  • 1 lembar daun pandan, sobek lalu simpulkan

Bahan puding susu:

  • Bubuk agar-agar plain
  • 400 ml susu cair
  • 60 gram gula pasir

Cara membuat puding ketan hitam:

  1. Campur agar – agar bubuk, daun pandan, gula pasir, dan air hingga rata dalam panci. Masak hingga mendidih sambil terus diaduk.
  2. Masukkan tape ketan. Aduk rata. Matikan api lalu buang daun pandannnya.
  3. Tuang adonan puding ke dalam cetakan. Sisihkan dan biarkan hingga setengah mengeras.
  4. Campur agar – agar bubuk, susu cair, dan gula hingga rata. Masak hingga mendidih. Matikan api.
  5. Tuang adonan ini ke atas puding tape yang sudah setengah mengeras tadi. Biarkan dingin dan masukkan kulkas.
  6. Puding tape ketan siap disajikan.

5. Es Krim Tape Ketan

Salah satu jenis beras yang banyak dikonsumsi di Indonesia adalah beras ketan, pada umumnya beras ketan dimakan untuk program diet, sering juga ketan dibuat untuk membuat tape. Jika anda ingin mencoba perosotan dalam bentuk es krim Anda bisa mencoba resep baru kami bagaimana cara membuat es krim tape ketan.

Bahan – Bahan Yang Dibutuhkan :

  • 250 gram tape ketan hitam
  • 1 kaleng Susu Kental manis
  • 250 ml santan kental
  • 1000 ml air untuk memasak es
  • 750 gr gula pasir
  • 1 sdt vanilli

Cara membuat Es Krim Ketan hitam:

  1. Rebus terlebih dahulu air hingga mendidih kemudian tambahkan gula secara bergantian tambahkan pula susu santan kemudian vanili.
  2. Sambil Anda menunggu mendidik dan merata tetap aduk hingga merata sampai Anda mendapatkan adonan agak mengental dan pastikan tidak dalam keadaan pecah.
  3. setelah anda mendapatkan adonan yang mendidih dan mengental kemudian tambahkan tape ketan hitam yang anda siapkan kemudian sambil mendidih aduk hingga merata.
  4. kemudian anda mendapatkan adonan yang sudah mendidih dan agak mengental kemudian angkat dan dinginkan
  5.  tahapan pendinginan selesai siapkan atau gelas yang anda siapkan untuk penyajian tergantung selera Anda mana yang Anda lebih suka, saran kami gunakan Cup kecil yang bagus sehingga nanti anda bisa menghiasnya dengan beberapa topping.
  6. Setelah anda selesai meletakkannya dalam wadah kemudian dinginkan ke dalam freezer tunggu antara 4 hingga 6 jam.
  7. Setelah anda mendapatkan es krim tape ketan hitam, yang sudah anda 2 tadi anda bisa mengeluarkannya dan menambahkan topping Anda bisa menambahkan dismiss atau kurma tergantung selera anda.

5. Bolu Kukus Ketan Hitam

Bahan – Bahan yang dibutuhkan :

  • Tepung ketan hitam sebanyak 250 gram
  • Margarin sebanyak 200 gram, lelehkan
  • Gula halus sebanyak 250 gram
  • Susu kental manis putih sebanyak 2 sdm
  • Baking powder sebanyak 1 sdt
  • Emulsifier sebanyak 1 sdt
  • Vanili bubuk sebanyak ½ sdt
  • Garam halus sebanyak ¼ sdt
  • Telur ayam sebanyak 6 butir

Cara membuat bolu kukus ketan hitam :

    1. Lengkah pertama siapkan dahulu wadah bersih berupa mangkuk atau baskom. Masukan bahan-bahan seperti telur, emulsifier, gula pasir halus dan garam.  Kocok menggunakan mikser hingga semua adonan rata dan mengembang.
    2. Tambahkan bahan-bahan kering seperti tepung ketan hitam, vanili bubuk dan baking powder sambil di ayak agar adonan lebih halus dan tepung tidak menggumpal. Aduk rata kembali sampai semua adonan menyatu.
    3. Tuangkan susu kental manis sedikit demi sedikit beserta ke dalam adonan sambil terus diaduk.
    4. Masukan juga bahan lain yaitu margarin yang sudah dilelehkan, aduk rata kembali menggunakan spatula.
    5. Jangan lupa untuk memanaskan kukusan. Tuangkan adonan yang sudah jadi dalam loyang yang sebelumnya sudah di olesi dengan mentega.
    6. Kukus kue bolu sampai matang sekitar 20 sampai 25 menit. Angkat, dinginkan dan bolu kukus ketan hitam siap dihidangkan.

Sebagai tips, anda sebaiknya memotong kue saat kue sudah dingin.  Memotong kue yang masih hangat atau panas bisa membuat potongan kue tidak rapi dan berantakan.  Hal yang sama juga dilakukan ketika anda ingin menghias kue terlebih dengan bahan cair seperti butter cream atau mentega., hal ini dilakukan agar hiasan tidak meleleh.

5. Bolu Kukus Ketan Tape Hitam Lapis Keju

Bahan-Bahan Yang Dibutuhkan :

  •  4 butir telur
  • 120 gram gula pasir
  • 150 gram tepung ketan hitam yang sudah diayak
  • 1 sendok teh emulsifier atau zat pelembut
  • 1 sendok teh vanili
  • 50 ml minyak sayur
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 sendok makan susu bubuk
  • 100 ml santan
  • 5 slice keju

Langkah-Langkah tape hitam lapis keju:

1. Kocok telur, gula pasir dan emulsifier atau zat pelembut dalam wadah hingga kental. Berjejak.
2. Masukkan tepung ketan hitam, susu bubuk, vanili dalam mixer. Campurkan dengan mixer tersebut dengan speed rendah.
3. Masukkan minyak goreng dan santan, aduk lagi dengan spatula.
4. Bagi dua adonan.
5. Siapkan loyang ukuran loyang brownies, alasi dengan kertas roti bagian bawahnya. Untuk bagian sisi cukup oleskan minyak sayur.
6. Tuangkan adonan pertama ke dalam loyang, kukus selama 15 menit, (sebelumnya kukusan sudah di panaskan ya).
7. Setelah 15 menit, angkat dan beri keju slice.
8. Kemudian tuang adonan kembali, kukus kembali selama 25-30 menit.
9. Jika sudah matang, angkat dan dinginkan.
10. Potong-potong sesuai selera.
11. Silahkan dinikmati bersama keluarga!

5. Membuat Bolu Kukus Tape Ketan Hitam Tanpa Mixer

Bahan-Bahan Yang Diperlukan :

  • 250 gr tepung ketan hitam
  • 2 sendok makan tepung maizena
  • 4 buah telur
  • 15 sendok makan gula pasir
  • 150 gr margarin cair
  • 65 ml santan instan
  • 1/2 sendok teh emulsifier atau zat pelembut

Langkah-Langkah bolu kukus tape keta tanpa mixer:

1. Blender telur, gula dan emulsifier atau zat pelembut kurang lebih 5 menit.
2. Masukan adonan telur tadi di wadah, masukan juga tepung ketan hitam dan maizena sambil diayak supaya tidak menggumpal.
3. Masukan margarin cair dan santan.
4. Aduk menggunakan sepatula sampai tercampur rata.
5. Pindahkan kedalam cetakan.
6. Siapkan kukusan yang telah dipanaskan. Setelah kukusan panas masukan cetakan kedalam kukusan, lalu tutup.
7. Tutup dipakein serbet bersih agar air tidak menetes ke bolu.
8. Kukus dengan menggunakan api kecil dan tunggu sampai 20-25 menit.
9. Angkat jika sudah matang dan jangan lupa matikan kompor.
10. Setelah agak dingin, pindahkan bolu dari cetakan ke piring saji.
11. Nikmati bersama sanak family!

6. Membuat Bolu Kukus Tape Ketan Hitam Rasa Susu

Bahan-bahan :

  • 6 butir telur
  • 250 gram gula halus
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh vanilli bubuk
  • 1 sendok teh emulsifier atau zat pelembut
  • 250 gram Tepung Ketan Hitam Halus
  • 1 sendok teh baking powder
  • 200 gram mentega yang telah dilelehkan
  • 5 sendok makan susu kental manis

Langkah-langkah bolu tape ketan hitam rasa susu :

1. Campur dengan mixer 6 butir telur, 250 gram gula halus, 1/4 sendok teh garam , 1/2 sendok teh vanilli bubuk ,1 sendok teh emulsifier atau zat pelembut hingga mengembang & kental.
2. Sambil nunggu, panaskan panci kukusan.
3. Masukkan 250 gram Tepung Ketan Hitam Halus dan 1 sendok teh baking powder sedikit demi sedikit hingga tercampur rata.
4. Tuang bahan 200 gram mentega yang telah dilelehkan dan sendok makan susu kental manis lalu campur masih menggunakan mixer dengan speed rendah sampai tercampur sempurna.
5. Tuang dalam Loyang.
6. Kukus kurang lebih 30 menit hingga matang.
7. Jika sudah matang, angkat lalu hidangkan.
8. Selamat mencoba si hitam manis ini!

Baik itu tadi ulasan tentang resep tape ketan hitam yang bisa dicoba dirumah dan divariasikan sendiri dirumah. Selamat mencoba dan Sukses selalu..