Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Cara membuat Telur Balado atau salah satu sajian khas Minang yang mudah dimasak dan disukai oleh berbagai kalangan serta cocok ke aneka jenis masakan.

Cara Membuat Telur Balado

Hampir tidak ada mungkin orang Indonesia yang tidak mencintai masakan khas Minang. Cita rasa yang kaya akan rempah dan terkenal pedas pastinya menggugah selera setiap orang yang melihatnya. Untuk para penggemar masak, baik pemula ataupun profesional, masakan dari daerah padang atau minang adalah tantangan tersendiri  karena banyaknya rempah yang digunakan dan ketika tersaji membuat tidak sabar untuk segera dinikmati. Salah satu cara untuk memperdalam dan mengenal kuliner khas Sumatera Barat bisa dimulai dengan belajar cara membuat telur balado terlebih dahulu.

Apa itu balado?

Sebelum lanjut ke cara membuat telur Balado, kalian harus tau kalau Balado adalah teknik memasak khas Minang dengan cara menumis cabe giling dengan berbagai rempah, seperti bawang merah, bawang putih dan jeruk nipis. Balado dihidangkan dengan cara dimasak kembali dengan berbagai jenis bahan daging, teri, ikan goreng, ayam goreng, telur rebus, dan tempe goreng. Sehingga sering kita dengar penggunaan kata Balado  digunakan setelah kata bahan utama masakan, seperti Dendeng balado, Ikan Balado, Saur Bayam Balado, dan lainnya.

Balado sendiri sering dijual terpisah atau bisa disebut hanya sambalnya saja dan kalian juga bisa membuat itu menjadi prospek bisnis dalma menjual sambal balado berbentuk frozen food. Sambal yang sudah dibuat dimasukan kedalam wadah/plastik lalu dikemas dengan pedal sealer agar proses pengemasan lebih cepat dan rapih.

Rempah yang ada pada Telur Balado

Cara Membuat Telur Balado sangat mudah, cabai yang biasa digunakan adalah cabe keriting merah, walaupun kenyataannya masakan balado dengan cabe hijau juga populer. Berbeda dengan sambal lain yang hanya menggunakan cabe giling sebagai pendamping makanan dengan cara dicelup.

Sajian khas Minang dikenal dengan penggunaan bumbu rempah-rempah seperti cabai, serai, lengkuas, kunyit, jahe, bawang putih, dan bawang merah. Dari rempah rempah tersebut ada beberapa di antaranya diketahui memiliki aktivitas anti mikroba sehingga masakan minang dapat bertahan berhari-hari asal wadahnya bersih dan dipanaskan terus,

Sejarah Balado

Asal Usul Balado

Dalam dokumen sejarah, Gubernur Hindia Belanda Thomas Stanford Raffles, pernah mengatakan Minangkabau adalah sumber kekuatan dan asal Bangsa Melayu yang kini penduduknya tersebar luas di kawasan Asia Tenggara.

Sebagai pewaris tradisi lama Kerajaan Melayu dan Sriwijaya yang gemar berdagang dan dinamis, orang Minang cukup menonjol di bidang perniagaan. Lebih dari separuh jumlah keseluruhan anggota masyarakat Minang berada dalam perantauan di kota-kota besar Indonesia. Kebiasaan ini turut mengenalkan adat dan budaya masyarakat Minang ke seluruh penjuru negeri, mulai bahasa, tata cara perkawinan, hingga masakan.

Masakan khas Minang yang populer dengan sebutan masakan Padang  sangat digemari di Indonesia bahkan sampai mancanegara. Dengan citarasanya yang pedas, membuat masakan ini banyak digemari berbagai kalangan masyarakat.

Manfaat Telur

Sebelum kita masuk ke Cara membuat telur balado ada baiknya kita mengetahui manfaat yang ada pada telur  yang sangat berguna bagi kesehatan. Selama ini banyak orang menganggap telur ayam hanya sebagai bahan makanan sumber protein. Namun pada kenyatannya, telur juga mengandung aneka zat gizi lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin dalam telur di antaranya mengandung 11 vitamin dan nutrisi berbeda sebagai berikut :

1. Riboflavin (Vitamin B2)

Riboflavin yang juga dikenal sebagai vitamin B2, memiliki banyak manfaat bagi tubuh, di antranya: Menjang pertumbuhan Metabolisme energi Perkembangan sel darah merah Penglihatan Fungsi sistem saraf yang sehat Nutrisi antioksidan Tubuh manusia tidak dapat menyimpan riboflavin, oleh sebab itu penting untuk selalu mengonsumsi bahan makanan sumber vitamin B2. Baca juga: Direbus atau Digoreng, Mana Cara Masak Telur yang Lebih Sehat? Konsumsi dua butir telur diketahui dapat mencukupi asupan 24 persen kebutuhan vitamin B2 harian.

2. Vitamin D

Vitamin D memiliki sejumlah kegunaan bagi tubuh, seperti: Memiliki peran penting bagi tubuh dalam penyerapan kalsium dan fosfor Penting untuk pemeliharaan tulang dan gigi yang sehat Berkontribusi pada pemelihataan fungsi otot yang sehat Pemeliharaan sistem kekebalan tubuh Kuning telur adalah salah satu dari sedikit makanan yang secara alami mengandung vitamin D. Faktanya, konsumsi dua butir telur dapat memberikan 82 persen asupan vitamin D harian yang direkomendasikan.

4.Vitamin E

Vitamin E memiliki sifat antioksidan bermanfaat yang berperan dalam menjaga kesehatan. Sehingga telur mungkin bermanfaat untuk: Menjaga kesehatan jantung. Ini merujuk pada hasil penelitian yang menghubungkan vitamin E dengan tingkat penyakit jantung yang lebih rendah. Studi juga menemukan hubungan erat antara vitamin E dengan fungsi kekebalan tubuh, pencegahan kanker tertentu, pengurangan gangguan mata terkait usia, dan memperlambat penurunan kognitif yang terkait dengan penuaan. Konsumsi dua telur sehari diketahui dapat menghasilkan 20 persen kadar kebutuhan vitamin E harian.

5. Pantothenic Asam (Vitamin B5)

Asam Pantotenat, yang biasa disebut vitamin B5, berperan dalam beberapa hal, di antaranya: Mengubah makanan menjadi energi dan memecah lemak Ini juga membantu dalam produksi vitamin D Meskipun jarang terjadi, kekurangan vitamin B5 dapat menyebabkan kelelahan, lekas marah, mati rasa, dan kram otot. Baca juga: Jaga Daya Tahan Tubuh di Musim Hujan dengan 3 Jenis Vitamin Berikut Satu porsi makanan yang terdiri dari dua butir telur diketahui bisa memberi 22 persen kebutuhan vitamin B5 harian.

6. Vitamin B12

Vitamin B12 diperlukan juga oleh tubuh, seperti: Sangat penting dalam pembentukan sel darah merah Mengubah makanan menjadi energi Menjaga fungsi kesehatan sistem kekebalan dan saraf Kekurangan vitamin B12 dilaporkan dapat menyebabkan kelelahan, kelemahan, penurunan berat badan, penurunan nafsu makan, pusing, sembelit, dan banyak lagi. Tubuh manusia tidak mampu membuat vitamin B12 sendiri. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin ini. Satu porsi makanan yang terdiri dari dua telur diketahui dapat memenuhi 15 persen kebutuhan B12 harian.

7. Vitamin A

Vitamin A di antaranya penting untuk: Menjaga kesehatan kulit Menjagasistem kekebalan tubuh Menjaga kesehatan mata Kekurangan vitamin A dilaporkan dapat menyebabkan rambut rontok, masalah kulit, mata kering dan peningkatan risiko infeksi. Mengonsumsi dua telur setiap hari diketahui dapat menghasilkan 14 persen kebutuhan vitamin A harian.

8. Zat Besi

Zat besi adalah mineral penting yang menghasilkan hemoglobin. Zat gizi ini diketahui memiliki sejumlah manfaat, di antaranya: Membawa oksigen ke jaringan di tubuh Zat besi juga penting dalam membantu otot menyimpan dan menggunakan oksigen Meskipun penting, diperkirakan 1 dari 8 orang Australia mengalami masalah kekurangan zat besi. Kekurangan zat besi padahal dapat menyebabkan berkurangnya pasokan oksigen ke jaringan dan organ tubuh sehingga dapat menimbulkan kelelahan, sakit kepala, insomnia, dan hilangnya nafsu makan. Satu butir telur besar terbukti mengandung 0,9 mg zat besi. Kabanyakan zat itu ditemukan di bagian kuning telur. Satu sajian dua telur dapat menghasilkan 14 persen kebutuhan zat besi harian.

9. Fosfor

Manfaat fosfor, di antaranya: Sangat penting untuk pengembangan dan pemeliharaan tulang dan gigi yang sehat, serta membran sel Fosfor juga berkontribusi pada metabolisme energi dan pertumbuhan otot Tingkat fosfor yang rendah dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan atau nyeri tulang.

10. Folat

Folat adalah nutrisi penting bagi semua orang dan khususnya bagi wanita hamil karena memiliki manfaat; Membantu memproduksi dan memelihara sel-sel baru Melindungi terhadap cacat lahir yang serius, seperti spina bifida Pada pria dan wanita, folat berkontribusi untuk pembentukan sel darah merah yang sehat Menjaga sistem kekebalan tubuh Disarankan rata-rata orang dewasa mengonsumsi sekitar 200 μg folat setiap hari (lebih banyak pada kehamilan). Makan dua telur akan menghasilkan 49 persen dari jumlah kebutuhan folat harian.

11. Yodium

Mineral penting ini diperlukan untuk tiroid. Di mana, yodium dibutuhkan, antara lain untuk: Menghasilkan hormon yang mengatur laju metabolisme tubuh Membantu fungsi kognitif dan perkembangan otak Menjaga kulit yang sehat Kekurangan yodium bisa sering terjadi dan menyebabkan sejumlah masalah seperti pembengkakan kelenjar tiroid dan kelelahan. Mengkonsumsi hanya dua telur sehari membantu Anda mencapai 29 persen dari asupan yodium harian yang direkomendasikan.

12. Selenium

Meskipun hanya diperlukan dalam jumlah yang lebih sedikit dibandingkan dengan vitamin dan mineral lainnya, selenium juga dibutuhkan oleh tubuh. Berikut ini fungsinya: Menjadi antioksidan penting yang dapat membantu mencegah kerusakan radikal bebas pada sel-sel dalam tubuh Mendukung sistem kekebalan tubuh, fungsi kelenjar tiroid, dan pemeliharaan rambut dan kuku yang sehat Telur adalah sumber selenium yang sangat baik, dengan rata-rata penyajian dua telur memenuhi 41 persen dari asupan harian yang direkomendasikan.

Keistimewaan Telur balado

Hampir semua protein ada resep olahannya di masakan Minang, dan telur ayam juga tidak ketinggalan tentunya. Telur balado sangat terkenal sebagai makanan khas indonesia dan makanan yang wajib ada di menu masakan sehari-hari.

Cara Membuat Telur Balado sendiri mudah dan dapat  bersinergi dengan masakan-masakan lainnya. Sajian ini sering dipilih sebagai pendamping untuk sarapan nasi uduk ataupun nasi kuning di pagi hari. Jangan lupa tambahkan kecap pada sambal baladonya agar makanannya terasa lebih lezat dan sempurna

Cara Membuat Telur Balado yang mudah

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasak sajian satu ini juga mudah untuk didapatkan. Tomat, kemiri, cabai dan bawang yang menjadi tulang punggung makanan pedas ini bisa ditemukan di dapur setiap saat. Kalian bisa masak telur balado sebagai pilihan jika sedang darurat dan ingin sesuatu yang cepat tinggal tambahkan nasi saja sebagai pelengkap.

Kagum rasanya melihat masakan yang satu ini bisa bersinergi di berbagai level, kemudian diaplikasikan dalam banyak masakan dan akhirnya menjadi tenar. Hanya saja sepertinya menu ini terkadang dipandang sebelah mata hanya karena proteinnya berupa telur. Tapi sesungguhnya, masakan khas Indonesia ini layak mendapat predikat sebagai salah satu masakan nasional negeri ini.

Agar tidak berlama lama kita lanjut yuk ke cara membuat telur balado, mari kita memulai dulu dengan memasaknya,  Ketika sudah menemukan formula dan komposisi yang pas untuk bumbu balado, kalian bisa dengan mudahnya mengkombinasikannya dengan sumber protein atau karbohidrat lain. Jika tidak suka telur rebus maka bisa diganti dengan telur yang lain misalkan seperti telur dadar gulung dan kalian harus tau kalau cara membuat telur dadar gulung gampang banget lhoo dan sangat bisa dikombinasikan dengan sambal balado

Yuk Kita simak cara membuat telur balado!

Cara Membuat Telur Balado

cara-membuat-telur-balado

1. Cara Membuat Telur Balado Pedas

Bahan-Bahan :

  • Telur ayam ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 6 pcs.
  • Kaldu ayam bubuk instan untuk memperkuat aroma dan rasa gurihnya kurang lebih sebanyak seperempat sendok teh saja. Gunakan kaldu ayam yang kualitas bagus supaya rasanya lebih enak dan sedap.
  • Bawang merah lokal ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4-5 siung. Kupas kulitnya dan iris tipis tipis lalu haluskan untuk bumbu tumisan.
  • Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 pcs. Kupas kulitnya juga untuk ditumis lalu iris tipis tipis.
  • Buah cabai keriting merah kurang lebih sebanyak 15-20 pcs. Bisa ditambahkan atau dikurangi sesuai selera.
  • Buah tomat merah ukuran sedang kurang lebih sebanyak 1.5 butir. Cuci bersih lalu potong iris tipis tipis. Bisa ditambahkan apabila penggunaan cabainya dikurangi.
  • Daun jeruk kurang lebih sebanyak 1-2 helai.
  • Gula pasir putih kurang lebih sebanyak setengah sendok makan.
  • Air bersih kurang lebih sebanyak 300 ml untuk membuat bumbu balado nya.
  • Garam dapur yang mempunyai kandungan yodium secukupnya.
  • Minyak goreng untuk menumis bumbu dan menggoreng telur balado nya secukupnya.

Cara Membuat Telur Balado Pedas :

  1. Cuci bersih semua bahan untuk membuat bumbu telur baladonya.
  2. Siapkan panci untuk rebusan beri air secukupnya lalu masukkan telur ayamnya. Masak sampai telur matang lalu angkat. Tunggu agak dingin lalu kupas dan buang kulit telurnya dan kerat kerat tipis bagian luar telur supaya mudah saat digoreng dan bumbunya cepat meresap kedalam resep telur baladonya.
  3. Haluskan bawang merah, bawang putih dan buah cabai rawit merahnya sampai benar benar halus.
  4. Siapkan penggorengan, beri minyak secukupnya dan tunggu sampai minyak benar benar panas.
  5. Masukkan dan goreng telur yang sudah direbus sebelumnya sampai bagian luar telur berkulit dan matang. Angkat dan tiriskan sebentar.
  6. Kurangi minyak di penggorengan untuk menumis bumbu halusnya. Masukkan bumbu halus aduk aduk sebentar lalu masukkan daun jeruknya. Aduk aduk lagi sampai tercium bau harum dari bumbu baladonya.
  7. Masukkan 300 ml air bersih, kaldu ayam, garam dapur beryodium dan gula pasirnya. Aduk aduk sebentar sampai tercampur dengan bumbu lainnya.
  8. Masukkan tomat yang sudah diiris tipis sebelumnya lalu aduk aduk lagi.
  9. Masukkan telur rebus gorengnya lalu aduk aduk lagi dengan bumbu baladonya sampai tercampur rata dan semua bagian telur terkena bumbunya.
  10. Agak kecilkan api lalu masak sampai matang sambil sesekali diaduk aduk dan air kuahnya agak menyusut lalu matikan.

2. Cara Membuat Telur Balado Cabe Hijau

Bahan-Bahan :

  • 8 btr telur ayam, rebus sampai matang, kupas kulitnya.
  • 1 bh (50 g) tomat hijau ukuran besar, potong-potong
  • 1 lbr daun salab
  • 1 btg serai (sereh), memarkan
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 gula pasir
  • 1/2 sdt kaldu instan rasa ayam
  • 1 sdm air asam jawa, (dibuat dari 1 sdt asam jawa dilumatkan dengan 2 sdm air)
  • 3 sdm minyak, untuk menumis

Bumbu Tumbuk Kasar :

  • 5 btr bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 8 bh (150 g) cabe hijau
  • 5 bh cabe hijau keriting

Cara Membuat Telur Balado Cabe Hijau:

  1. Panaskan miyak, tumis bumbu tumbuk kasar, daun salam dan serai sampai harum.
  2. Tambahkan tomat hijau, tumis sampai layu. Masukan telur, kaldu instan, garam, dan gula pasir, aduk rata.
  3. Masukan air asam jawa, aduk rata dan masak sampai meresap.

3. Cara Membuat Telur Balado Santan

Bahan-Bahan :

Bahan Utama :

  • Telur ayam ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 10 sampai 11 butir.
  • Santan kental kurang lebih sebanyak 200 ml.
  • Daun jeruk segar kurang lebih sebanyak 2 pcs.
  • Gula pasir kurang lebih sebanyak 1 sendok makan atau sesuai selera.
  • Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil.
  • Tomat merah segar ukuran sedang yang sudah dipotong potong dan diiris kurang lebih sebanyak 1 buah.
  • Penyedap rasa kalau suka sedikit saja atau kurang lebih sebanyak 1/2 sendok kecil.
  • Air bersih dan minyak secukupnya sesuai kebutuhan.

Bahan Bumbu Telor Balado Santan

  • Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4 pcs.
  • Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 6 pcs.
  • Buah cabai merah besar sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 4 sampai 5 pcs.
  • Buah cabai rawit kalau suka pedas sesuai selera.

Cara Membuat Telur Balado Santan

  1. Pertama kali siapkan air dan panaskan kemudian rebus telur ayam tadi sampai matang.
  2. Keluarkan dan dinginkan sebentar kemudian kupas kulitnya sampai bersih.
  3. Siapkan minyak di wajan kemudian masak dan goreng telur tadi sampai bagian kulit luarnya ada lalu sisihkan.
  4. Haluskan dan uleg bawang putih, merah dan cabai di bumbunya sampai halus.
  5. Kurangi minyak di wajan kemudian masukkan bumbu yang dihaluskan tadi kemudian aduk sampai wangi.
  6. Masukkan potongan tomat bersmaa gula pasir, penyedap rasa, garam dapur bersama dengan daun jeruknya kemudian aduk aduk sebentar.
  7. Masukkan air sedikit saja kemudian aduk aduk kembali sampai semua bumbu tadi matang dan harum.
  8. Masukkan telur yang sudah direbus dan digoreng tadi kemudian aduk aduk sebentar sampai tercampur rata.
  9. Tuang santan kentalnya kemudian aduk aduk kembali sampai santannya menyusut.
  10. Tes rasa dan tambahkan gula, penyedap atau garam kalau perlu.
  11. Aduk kembali dan telur balado santan siap disajikan.

4. Cara Membuat Telur Balado Ceplok

Bahan-bahan :

  • Telur ayam yang sudah digoreng mata sapi dan diberi sedikit garam dapur kurang lebih sebanyak 4 pcs.
  • Bawang merah ukuran sedang besar yang sudah dirajang dan diiris kurang lebih sebanyak 5 pcs.
  • Air asam jawa sedikit saja atau kurang lebih sebanyak 1 sendok makan.
  • Daun jeruk kurang lebih sebanyak 2 pcs.
  • Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.
  • Gula pasir secukupnya sesuai selera masing masing.
  • Air bersih sedikit saja atau kurang lebih sebanyak 50 ml saja.
  • Minyak goreng sedikit saja untuk menumis.

Bahan Bumbu Telur Balado Ceplok

  • Buah cabai merah besar sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 5 sampai 6 pcs.
  • Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 pcs.

Cara Membuat Telur Balado Ceplok:

  1. Pertama haluskan dan uleg bumbu halus , yaitu cabai dan bawang putih sampai halus.
  2. Siapkan wajan dengan sedikit minyak lalu masukkan irisan bawang merah lalu aduk sampai wangi.
  3. Masukkan bumbu balado halus diatas bersama dengan daun jeruk dan aduk sebentar sampai wangi.
  4. Tuang air bersih bersama dengan air asam jawanya kemudian aduk sebentar dan masak sampai semua bahan mendidih.
  5. Setelah mendidih masukkan telur ceploknya kemudian aduk sebentar dan matikan apinya.
  6. Resep telur balado ceplok siap disajikan bersama dengan taburan bawang merah goreng.

Nah sekian artikel Cara membuat telur balado, serta tips dan ulasan-ulasan mengenai telur balado. Semoga Bermanfaat dan Selamat Mencoba!

Whatsapp Sekarang
Butuh Bantuan?
Halo! ada yang Bisa kami bantu