Kali ini kita akan mengupas tuntas cara membuat telur gulung. Anak tahun 90-an pasti akan bernostalgia dengan jajanan yang satu ini. Namun telur gulung yang dahulu dan sekarang banyak perbedaannya loh. Agar terlihat berbeda dengan yang dulu, kini telur gulung diberi campuran bahan lain, Kira kira apa ya?.

Fakta-Fakta Telur Gulung

Membahas pembuatan telur gulung pasti makanan ini berkaitan dengan jajanan yang sering dijumpai di sekolahan yang ngangenin banget. Sekarang inipun sudah mulai banyak yang menjual telur gulung dengan aneka variasi. Jajanan ini dibuat sangat sederhana, hanya berbahan telur ayam, garam dan tusuk lidi dengan proses menggoreng dengan gaya memutar. Selain enak, kalian juga bisa bernostalgia dengan menikmati beraneka makanan yang hits pada era 90-an.  Sebelum lanjut ke cara membuat telur gulung, pengen tau ngga sih sebenernya Telur gulung sejarahnya apa sih? terus harganya kalo dijual berapa ya? yuk simak

Asal Usul

Telur gulung merupakan makanan terfavorit bagi para siswa – siswi jaman dulu terutama siswa – siswi SD. Pedagang biasanya datang pada pagi hari sampai pulang sekolah dan harga tiap tusuk sekitar Rp 500,00 dan harga itu dapat dijangkau untuk kalangan SD hingga dewasa.

Telur gulung ini membuatnya adalah dengan menggunakan telur ayam yang dikocok dengan bumbu penyedap. Bagi  yang menginginkan pedas dapat ditambahkan merica dan saus lalu kemudian di tuangkan sekitar 2 sampai 3 sendok dalam minyak goreng yang sudah mendidih dan langsung di gulung menggunakan tusukan lidi agar mudah digulung. Minyak yang digunakan juga jangan terlalu panas karena akan membuat telur cepat matang dan dapat menghambat atau mempersulit saat penggulungan dengan lidi.

Harga

Pada masa kini telur gulung sudah mengalami perkembangan atau dimodifikasi seperti penambahan mi, bakso, dan sosis. Pada jaman saya sekolah telur gulung masih telur gulung biasa atau cuma menggunakan telur serta harganya satu tusuk seharga Rp 200,00 atau Rp 1.000,00 dapat lima tusuk dan sekarang sudah beranekaragam tetapi rasanya masih tetap lembut, gurih dan sedap hingga bernostalgia kembali pada saat SD.

Telur gulung ini sekarang ini diburu bukan cuma anak kecil atau anak sekolah tetapi orang tua juga karena ingin kembali mencoba jajanan pada jaman SD dulu hingga bernostalgia kembali. Telur gulung pun ada yang digulung dengan lidi ada juga yang digulung tidak menggunakan lidi biasanya disebut dengan telur dadar gulung dan kalian tau ngga sih kalo cara membuat telur dadar gulung itu gampang banget loh kapan-kapan boleh dicoba dirumah ya guys…

Menyajikan aneka jajanan selama pandemi Covid-19 adalah pilihan menarik. Karena tak perlu Keluar rumah untuk beli jajan sebagai teman nonton tv atau bekerja. Makanannya pun tak perlu harus mewah, kalian mungkin bisa mencoba membuat aneka jajanan khas tahun 90-an atau jajanan yang biasa dijual di sekolahan.

Bisnis Telur gulung yang menguntungkan

Rata-rata harga telur gulung yang sudah diolah biasa dijual Rp2.000 per tusuknya. Untuk satu butir telur seharga Rp2.000 bisa menghasilkan satu hingga 5 tusuk. Dengan kata lain, dengan modal Rp2.000 bisa menghasilkan pendapatan hingga Rp10.000. Seandainya ingin berjualan telur gulung, kalian bisa mencoba dengan membeli 2 kilogram telur, dengan harga Rp48 ribu. Bihun sebanyak 1 kilogram dengan harga Rp18 ribu.

Minyak goreng seberat 1 liter dengan harga Rp21 ribu, dan 1 tabung gas 3 kg seharga Rp22 ribu. Sertakan uang operasional sebesar Rp100 ribu. Jumlah modal Rp209 ribu, kalian sudah bisa berjualan. Jika diasumsikan per butir telur bisa menghasilkan 5 tusuk telur gulung, maka untuk 2 kilogram telur bisa menghasilkan sekitar 150 tusuk telur.

Artinya, dengan 150 tusuk x Rp2.000, maka akan menghasilkan pendapatan sekitar Rp800.000 per hari. Nah untuk perhitungan untung, kalian bisa menghitungnya semacam ini. Pendapatan dikurangi modal. Untung Rp300 ribu – modal Rp209 ribu= Rp91 per hari.

Dengan perhitungan ini, potensi keuntungan per bulan, bisa mencapai Rp2,366 juta.

Tips Telur Gulung Anti Gagal

Telur memang makanan yang enak dan sangat di gemari banyak orang. Cara membuatnya pun mundah namun harus menggunakan trik-trik yang mungkin belum banyak diketahui dan menjadi penyebab kegagalan telur gulung. Karena pembuatan Telur gulung dengan lidi dan  cara membuat telur dadar gulung memiliki trik yang berbeda. Nah, sekarang kalian tidak perlu khawatir lagi karena sekarang sudah mengetahui  rahasia sukses dibalik pembuatan telur gulung. Berikut ini beberapa hal yang harus kalian perhatikan saat membuat masakan ini :

1. Minyak dan Penggorengan yang digunakan

Saat memasak masakan ini minyak yang digunakan harus bersih dan banyak. Jika minyak yang digunakan sedikit maka akan mempersulit telur untuk mengembang dan sulit juga untuk menggulung karna telur tidak akan mengapung. Jika minyak banyak maka akan ada ruang untuk menggulung telur. Penggorengan yang digunakan juga harus lebar, boleh juga seperti panci yang dalam,jika ingin lebih mudah dan tidak boros minyak maka bisa menggunakan mesin sosis telur

2. Adonan Telur

Adonan Telur yang digunakan untuk membuat masakan ini harus diperhatikan juga. Jangan terlalu kental jangan terlalu Cair dan adonan harus ditambahkan dengan air. Biasanya ditambahkan larutan maizena juga.

3. Kocok Telur Sampai Berbusa

Pada proses pembuatan masakan ini kalian harus kocok telur sampai berbusa agar adonan telur mengembang. Cara mengocok telurnya bisa menggunakan garpu di wadah dan bisa juga memasukkan adonan telur ke dalam botol dengan corong kecil

Macam Macam Kreasi Telur Gulung

cara-membuat-telur-gulung

Rasa serta tekstur makanan ini sangat lembut, gurih dan beraroma sedap yang membuat pelanggan dari berbagai kalangan menyukainya. Serta masakan ini baik untuk kesehatan bagi jaringan tubuh terutama pertumbuhan anak kecil karena mengandung banyak protein. Sedangkan untuk kalangan remaja ke atas biasanya selain rasanya tetapi juga tingkat kepedasan seperti diberi bumbu merica, bubuk cabe, dan saus pedas menjadi sensasi pedas yang di cari para pemuda pada jaman sekarang. Variasi makanan ini Juga bermacam macam lhoo..simak ulasan berikut..

1. Keju Mozarella

Belum asik kalo nggak pakai Mozzarela, makanan ini juga nggak mau ketinggalan jadi makanan hits lho, faktanya telur gulung dengan lelehan mozzarella ini dijamin makin bikin ngiler dan gak bakal berhenti mengunyah.

2. Mie

JIka kalian menyukai sesuatu yang renyah maka wajib banget nih coba  yang di gulung dengan mie. Makanan ini dicampur dengan adonan mie yang kenyal kemudian digoreng hingga kering, dijamin deh bikin ketagihan

3. Aci

Pecinta makanan serba aci, wajib cobain Telur Gulung yang satu ini, memiliki tekstur yang lebih kenyal, telur gulung ini digoreng dengan adonan aci dan sangat enak jika dinikmati selagi hangat  karena masih kenyal dengan bubuk cabai ataupun saus sambal.

4. Sosis

Telur gulung sosis sangat enak dinikmati karena menambah variasi dari rasa telur itu sendiri. Sosis yang asin dibalut dengan telur yang berbumbu akan sangat lezat sekali

5. Saus Lada Hitam

Telur gulung saus lada hitam boleh dicoba untuk kalian yang bosan dengan saus sambal atau mayonaise. Cita rasa saus lada hitam yang pedas dan wangi khas lada hitam yang membuat telur gulung akan terasa semakin mewah

Cara Membuat Telur Gulung

cara-membuat-telur-gulung

1. Cara Membuat Telur Gulung Original

Bahan-Bahan :

  • 1 batang daun bawang
  • 5 lembar daun seledri
  • 3 butir telur
  • 3 sdm air
  • 1 sdt bawang putih bubuk
  • ½ sdt merica bubuk
  • ½ sdt kaldu instan

Resep Telur Gulung Original :

  1. Cincang halus daun bawang dan daun seledri
  2. Campurkan dengan telur, air, bawang putih bubuk, merica bubuk, dan kaldu instan
  3. Kocok hingga merata
  4. Panaskan minyak
  5. Jika adonan ditaruh di wadah maka tuang adonanya menggunakan sendok makan satu per satu kirakira 4 sendok makan.
  6. Tunggu sampai dia mengapung dan membentuk bedang gulung telur dengan cepat menggunakan tusuk sate, tiriskan
  7. Jika adonan ditaruh di dalam botol yang tutupnya dilubangi maka akan mudah. tuangkan adonan dengan cra memutar agar telur tidak terputus. setelah telur mengapung gulung dengan tusuk sate, tiriskan
  8. Sajikan dengan saus sambal

2. Cara Membuat Telur Gulung Ayam

Bahan-Bahan

  • 1 batang daun bawang
  • 5 lembar daun seledri
  • 3 butir telur
  • 3 sdm air
  • 1 sdt bawang putih bubuk
  • ½ sdt merica bubuk
  • ½ sdt kaldu instan
  • Dada Ayam (dipotong dadu berukuran sedang)

untuk Sambal :

  • 3 buah Bawang Merah
  • 5 buah Bawang Putih
  • Secukupnya Lada Putih Bubuk
  • Secukupnya Garam
  • Secukupnya Gula
  • 1/4 Potong Jeruk Nipis
  • 10 buah Cabe Rawit Merah

Resep Telur Gulung Ayam  :

  1. Cincang halus daun bawang dan daun seledri. Campurkan dengan telur, air, bawang putih bubuk, merica bubuk, dan kaldu instan. Kocok hingga merata
  2. Tumis Dada ayam yang sudah dipotong2 sampai matang setelah itu masukan ke dalam tusuk sate sebanyak 3 atau 4 potong. Jumlah ayam di tusuk sate sesuai selera dan tergantung besar atau kecilnya potongan ayam.
  3. Untuk Sambalnya, Haluskan Cabe dan Bawang (merah dan putih). Saat setengah halus, masukan lada bubuk, garam, gula dan perasan jeruk nipis. Aduk dan haluskan kembali. Tumis sebentar saja, lalu angkat dan sisihkan.
  4. Panaskan Minyak untuk menggoreng Telur
  5. Jika adonan ditaruh di wadah maka tuang adonanya menggunakan sendok makan satu per satu kirakira 4 sendok makan. Jika adonan ditaruh di dalam botol yang tutupnya dilubangi maka akan mudah.
  6. Tuangkan adonan dengan cara memutar agar telur tidak terputus. Setelah telur mengapung gulung dengan tusuk sate yang sudah ada ayamnya. Gulung Telur yang di penggorengan sampai habis dan ayam tertutupi.
Tiriskan dan Sajikan dengan sambal yang tadi sudah dibuat.

3. Cara Membuat Telur Gulung Aci

Bahan-Bahan :

  • 3 butir telur ayam
  • 5 sdm tepung tapioka/aci
  • Saos Sambal dan Saos Tomat
  • Cabai Bubuk Sesuai Selera
  • 1 bks magic lezat/garam
  • Lada Bubuk
  • Air secukupnya

Resep Telur Gulung Aci :

  1. Kocok telur di mangkok sampai berbusa. Selanjutnya bumbui dengan garam lada cabai bubuk  secukupnya.
  2. Dimangkok yang berbeda campurkan Air dan Tepung tapioka sampai encer. Boleh ditambahkan garam jika suka asin
  3. Oleskan Teflon dengan minyak atau mentega, Tuang telur ke dalam teflon kiraira 2sdm dan di ratakan ke seluruh permukaan teflon agar menyebar
  4. setelah itu, tuang adonan cair tapioka lebih banyak daripada adonan telur, kirakira 4 sampai 5 sendok ratakang
  5. Sebelum digulung beri saos sambal diatas nya dan taburan cabai bubuk. Jika adonan tapioka/aci sudah terlihat mengering langsung gulung dan matikan kompor agar tidak gosong, Papeda nikmat disajikan selagi hangat dengan saus ataupun tanpa saus.

4. Cara Membuat Telur Gulung Sosis

Bahan-bahan:

  • 3 buah sosis (potong menjadi 4 bagian)
  • 3 butir telur
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 60 ml air
  • Garam, merica bubuk, kaldu bubuk secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • 12 tusuk sate

Resep Telur Gulung Sosis:

  1. Siapkan tusuk sate, pastikan sudah dicuci bersih dan tidak ada lidi yang terkelupas
  2. Lalu tusukkan sosis di tusukan sate sebanyak yang diinginkan
  3. Campurkan telur, bawang putih halus, merica bubuk, garam, kaldu bubuk dan air. Lalu kocok sampai rata dan berbusa. agar telur mengembang dengan sempurna, dan tidak putus saat di goreng
  4. Nyalakan kompor dan panaskan minyak di wajan dengan api sedang.
  5. Goreng sosis yang telah ditusuk ke dalam wajan hingga setengah matang (pegang tusuk satenya) lalu tuang telur di wajan secara menyebar. Kalau ingin lebih cepat membuatnya gunakan mesin sosis telur agar tidak boros minyak dan bentuknya lebih rapih.
  6. Gulung telur dengan sosis tersebut dengan cepat, lalu tiriskan.
  7. Sajikan dengan saus sesuai selera.

5. Cara Membuat Telur Gulung Korea (Gyeran Mari)

Bahan-Bahan :

  • 4 butir Telur ayam
  • Secukupnya Garam dan Lada
  • Bahan Isian (sesuai selera):
  • 1/2 buah Wortel
  • 2 buah Buncis
  • 1 batang Daun bawang
  • 1 buah Sosis sapi
  • 2 sdm Keju parut
  • 1/2 lembar Gheem (seasoned nori)

Resep Telur Gulung Korea :

  1. Rajang halus/cincang semua Bahan Isian, kecuali keju parut dan nori.
  2. Pecahkan telur, beri garam dan lada, masukkan Bahan Isian kecuali nori, kocok.
  3. Oleskan minyak tipis2 di wajan teflon, tuang 1/3 adonan, putar teflon supaya adonan merata.
  4. Kalau sudah mulai mengeras, gulung telur sekecil/serapat mungkin, sisakan bagian telur yg tidak digulung, dan beri nori diatasnya. (TIPS: Tidak apa2 kalau telur sobek di awal2 krn nantinya bakal ketutup pas digulung.
  5. Geser telur ke atas, tuang lagi sebagian adonan di bawah telur yg belum digulung.
  6. Pastikan tuangan kedua ini nempel ke telur yg belum digulung yaa, sekalian dibuat nambal kalo ada telur yg sobek sebelumnya.
  7. Kalau pinggirannya sudah agak mengeras, gulung lagi sambil dipadatkan, sisakan bagian bawahnya. Gunakan 2 sutil untuk memudahkan. Ulangi langkah 5 dan 6 sampai adonan habis.
  8. Kalau adonan sudah habis, gulung telur sampai ujung, letakkan bagian ujung di posisi bawah (ditindih), diamkan sebentar untuk mengunci gulungan. TIPS: Balik dan diamkan sebentar di masing2 sisi sambil ditekan2 untuk mendapatkan hasil akhir yg kotak.
  9. Angkat dan angin2kan 10-15 menit, baru diiris2. Iris dulu ujung2nya. (TIPS: pisau bs dimiringkan sedikit waktu mengiris buat hasil yg lebih bagus)

6. Cara Membuat Telur Gulung Bihun

Bahan-Bahan :

  • 2 butir telur ayam
  • 50 gram bihun
  • 4 sdm air
  • garam, lada bubuk, dan penyedap rasa secukupnya

Resep Telur Gulung Bihun :

  1. Masukkan telur, garam, lada bubuk, penyedap rasa, dan air ke dalam botol. Kocok sampai rata.
  2. Seduh bihun dengan air panas, diamkan sampai lunak, lalu tiriskan.
  3. Panaskan minyak, tuang telur lalu masukkan bihun sambil diputar-putar dengan tusukan sate. Gulung telur ke pinggiran wajan. Lakukan sampai adonan habis.
  4. Nikmati dengan saus favoritmu.

7. Cara Membuat Telur Gulung Saus Lada Hitam

Bahan-Bahan :

  • 4 Sosis ayam
  • 4 telur ayam
  • 3 daun bawang (iris tipis)
  • Royco ayam

Bahan saus :

  • 3 bawang merah
  • 2 bawang putih
  • Garam
  • 2 sendok Gula
  • 1 sendok saos tiram
  • 5 sendok saus cabe
  • 1 sendok bubuk lada hitam
  • 1 sendok saos tomat
  • 3 cabe merah padang (sesuai selera)

Resep Telur Gulung Saus Lada Hitam :

  1. Goreng telur sedikit2 lalu gulung dengan sosisnya angkat dan tiriskan (saya pakai teflon) lalu potong sesuai selera
  2. Goreng sosis setengah matang angkat dan tiriskan, kocok telur dan masukan daun bawang dan garam + royco.
  3. Untuk sausnya tumis bawang merah putih, lalu masukan air kira2 1/2 gelas belimbing, aduk2 dan masukan semua bahan lainnya tunggu sampai agak mengental lalu sajikan

Sekian Resep Telur Gulung Kali ini..Semoga resepnya bermanfaat dan bisa kalian praktekan dirumah..

Whatsapp Sekarang
Butuh Bantuan?
Halo! ada yang Bisa kami bantu