Halo Sobat! Resep yang akan aku bagi kali ini yaitu cara membuat vla coklat yang pastinya dijamin mantap rasanya serta lembut teksturnya. Sobat sekalian pasti tau dong apa itu vla? yup, vla merupakan sebuah saus yang memiliki tekstur creamy dan tentunya rasa yang manis.Vla ini terbuat dari beberapa bahan dasar utama seperti tepung maizena, susu, dan gula. Vla yang merupakan saus dengan rasa manis dan tekstur creamy ini seringkali dijadikan sebagai bahan pelengkap pada suatu hidangan misalnya pada puding sebagai topping dan pada kue susu sebagai isian atau filling.

Walaupun vla ini hanya menjadi bahan pelengkap di suatu hidangan, tetapi peran vla sangat penting untuk membuat hidangan berupa puding menjadi makanan yang sempurna. Jika sobat mungkin juga ingin membuat puding sobat bisa membaca artikel  Bahan bahan dasar yang digunakan untuk membuat saus manis nan creamy ini memang sangat udah untuk ditemukan, tapi masih banyak yang belum bisa membuatnya menjadi vla yang sempurna.

Tapi tenang aja sobat selain bagi bagi resep cara membuat vla coklat dengan berbagai variasi aku bakal bagi juga tips membuat vla yang lembut super enak tentunya. Jadi simak tips dan resep cara membuat vla coklat berikut, yuk cusss

Asal Usul dan Sejarah Vla

Sekarang kita mau bahas dulu sejarah dan asal usul vla nih sobat, biar sekalian wawasan sobat bertambah hehe. Sebenernya sobat, vla dan puding itu dalam sejarahnya memiliki suatu hubungan dan mungkin sangat berkaitan. Nah daripada kepo gimana sejarah dan asal usul vla kita bahas yuk!

Sejarah Vla

Pada abad ke-13, waktu itu merupakan saat dimana kata “vla” pertama kali didokumentasikan. Kata vla ini sebenarnya merujuk pada suatu bahan makanan seperti custard yang digunakan untuk melapisi kue atau produk produk makanan lainnya. Selain itu, kata vla ini merupakan suatu kata yang memiliki keterkaitan dan pada umumnya masih merujuk pada sejenis pai.

Jika dilihat dari bahan dan cara pembuatannya, secara tradisional vla terbuat dari bahan bahan seperti telur, gula, dan susu segar. Meskipun pada saat ini sejumlah produsen besar telah menggunakan bahan dasar berupa tepung jagung daripada menggunakan telur.

Saus manis nan creamy ini memiliki berbagai varian rasa dan rasa vanilla menjadi salah satu rasa yang populer dari vla ini sobat. Berbagai varian rasa dari vla ini seperti rasa coklat, karamel, jeruk, pisang, rum, blackcurrant, arbei, kayu manis, persik, frambus, apel, dan masih banyak lagi.

Vla memang pertama kali dikenalkan di Belanda dan  merupakan produk asli dari Belanda. Tetapi, Vla ini juga telah dipublikasikan atau diperkenalkan oleh Campina di Wallonia dan Jerman sejak tahun 2010. Jadi kurang lebih begitu sobat sejarah dari vla, sekarang lanjut yuk ke sejarah puding

Manfaat Vla bagi Kesehatan Tubuh

Ternyata nih sobat, saus yang memiliki rasa manis dan tekstur creamy memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh kita lho. Kira kira apa ya manfaat manfaat yang terkandung dalam vla. Karena vla sangat sering dikonsumsi dengan puding maka kita juga akan simak manfaat dari keduanya. Oh iya kita juga bakal bahas manfaat coklat karena vla yang akan kita buat kali ini memiliki rasa coklat.

Melancarkan Pencernaan

Vla memiliki bentuk dan tekstur yang lembut sehingga hal ini sangat baik untuk melancarkan sistem metabolisme tubuh dan pencernaan. Kalau sobat makan dengan puding nih memiliki manfaat yang berkali lipat. Serat yang terdapat di dalam puding dapat membantu membersihkan usus dan menjaga pencernaan agar selalu sehat.

Memakan vla dengan puding juga sangat efektif dalam mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar. Kita harus tetap menjaga kesehatan pencernaan kita, karena pencernaan yang lancar akan menjauhkan kita dari penyakit.

Mencegah Gangguan Kardiovaskular

Puding memang memiliki rasa yang manis dan tekstur lembut hampir sama dengan vla. Ternyata sobat, kandungan pada puding dan vla dapat melancarkan peredaran darah serta sangat baik untuk mencegah dan mengatasi gangguan kardiovaskular terutama seperti penyakit stroke dan penyakit jantung. Hidangan ini juga sangat manjur untuk mencegah hipertensi atau darah tinggi.

Mencegah Osteoporosis

Lumuran vla yang menjadi pelengkap sajian berupa puding ini bahan dasar berupa susu. Hal ini tentunya sangat baik untuk memperkuat tulang dan gigi. Susu sendiri memiliki kandungan kalsium dan zat besi yang memiliki peran untuk menguatkan tulang dan gigi, tentunya juga untuk mencegah osteoporosis.

Baik untuk Program Diet

Mungkin beberapa orang menganggap dengan mengonsumsi vla dan puding dapat membuat orang menjadi semakin gemuk. Usut punya usut nih di dalam puding tedapat kandungan serat yang tinggi yang dapat menahan rasa lapar di perut atau menahan kenyang lebih lama. Bagi sobat yang sedang menjalankan porgram diet harus memasukkan sajian ini ke dalam list menu diet nih.

Manfaat Coklat Bagi Kesehatan Tubuh

KIta tadi kan udah bahas manfaat vla dan puding kan sobat, nah sekarang giliran kita bahas si manis coklat dengan beberapa manfaat yang di milikinya. Oke seperti biasa skuyyy…

Mencegah Penyakit Kanker

Saat ini kanker memang merupakan salah satu penyakit yang berbahaya. Sebenarnya sobat, banyak obat kanker yang sudah tersedia di alam seperti contohnya yakni coklat. Coklat memiliki manfaat untuk membasmi dan mencegah sel sel penyebab kanker.

Coklat juga bisa melawan penyakit kanker seperti halnya khasiat dan manfaat pada bawang putih, buah anggur merah, dan teh. Dari suatu riset atau penelitian juga menyatakan bahwa coklat dapat mencegah dan menghalangi pemisahan sel kanker dan dapat mengurangi peradangan.

Dapat Mengatasi Diare

Gangguan pencernaan seperti diare ini sangat umum di masyarakat, karena penyakit ini menyerang anak anak maupun orang yang sudah dewasa. Banyak cara untuk menangani penyakit diare ini salah satunya dengan mengonsumsi coklat. Coklat sendiri memiliki kandungan berupa flavonoid yang dapat membantu untuk mengikat protein dan membantu dalam proses penyembuhan.

Menghindari Pre Eklampsia

Sobat udah tau belum apa itu pre eklampsia? Pre eklampsia merupakan suatu pemicu persalinan prematur dengan ditandainya tekanan dan protein tingkat darah tinggi yang terjadi sepanjang kehamilan. Tekanan darah yang bertambah dapat menimbulkan kejang dan mengakibatkan pembekuan darah serta rusaknya hati.

Tapi jangan khawatir sobat, coklat dapat menjadi solusi alternatif dari pre eklampsia. Coklat mengandung zat theobromine yang dapat menghindari hal tersebut terjadi, seperti pernyataan dalam laporan Annals of Epidimiology.

Jadi itu sobat beberapa manfaat pada vla, puding dan coklat. Sebenarnya masih banyak lagi sobat dapat mengeksplorenya sendiri.

Resep dan Cara Membuat Vla Coklat dengan Berbagai Variasi dan Kreasi

Oke sobat sekalian…pasti nuggu ini nih…hehe. Sekarang aku mau bagi bagi resep cara membuat vla coklat dengan berbagai variasi dan kreasi nih. Dalam membuat vla coklat tentunya kita membutuhkan coklat sobat, entah itu coklat bubuk maupun coklat batangan. Kalau sobat ingin membuat coklat batangan sendiri untuk bahan membuat vla coklat sobat dapat membaca artikel cara membuat coklat batang yang bisa sobat praktikan di rumah.

Cara Membuat Vla Coklat Donat Kentang

cara membuat vla coklat

Wih…kita mau buat doken sobat, doken kalau sekarang ini dikenal dengan donat kentang. Jika sobat mungkin memiliki suatu bisnis donat sobat dapat menggunakan mesin pembuat donat untuk mempercepat pekerjaan. Tetapi dalam resep kali ini kita mau buat manual dulu ya, agar sobat juga tau detail bagaimana cara membuat vla coklat donat kentang, yuk disimak!

Bahan-bahan:
  • Kentang 1 buah yang memiliki ukuran kecil
  • Tepung terigu yang berprotein sedang dengan takaran 250 gram
  • 1 sendok teh fermipan atau ragi pengembang
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula pasir
  • Telur 1 butir saja
  • 150ml susu kental manis cair
  • 2 sendok makan margarin cair
Bahan Topping atau Vla:
  • 100gram coklat compound (coklat yang berasal dari kombinasi cocoa powder dan lemak nabati)
  • 1 sendok makan margarin
Cara Membuat Vla Coklat Donat Kentang:
  1. Pertama yang harus sobat lakukan yaitu mengupas kulit kentang lalu cuci sampai bersih. Setelah dicuci sampai bersih, masukkan kentang ke dalam panci dan kukus sampai matang. Jika dirasa sudah matang, angkat kentang dan haluskan.
  2. Untuk proses pembuatan topping, yang pertama lelehkan coklat compound bersama dengan margarin dengan cara di tim atau sobat bisa juga menggunakan teflon. Lelehkan dengan menyalakan api yang kecil, jika sudah leleh, angkat dan diamkan sampai agak dingin.
  3. Kemudian lelhkan 2 sendok makan margarin cair lalu sisihkan.
  4. Masukkan terigu, garam, gula pasir, dan fermipan (ragi pengembang) aduk sampai tercampur rata. Masukkan kentang yang tadi sudah dihaluskan beserta telur, susu, dan margarin cair sobat uleni atau aduk aduk hingga adonan kalis.
  5. Setelah itu diamkan adonan kurang lebih 1 jam dan jangan lupa ditutup dengan lap bersih. Jika 1 jam sudah berlalu, bagi rata adonan dengan cara mengempiskannya sesuai selera. Bentuk adonan menjadi donat kemudian diamkan kembali selama 30 menit.
  6. Kemudian panaskan wajan, masukkan adonan donat untuk digoreng, goreng adonan sampai berwarna kuning kecoklatan dengan api yang kecil saja. Jika sudah matang angkat donat dan diamkan agar agak dingin lalu beri topping sesuai dengan selera sobat.

Cara Membuat Vla Coklat Pie Susu

cara membuat vla coklat

Sobat pasti pernah makan pie susu kan? Pie susu ini biasanya dijual di kedai-kedai dan seringkali menjadi oleh oleh dari Bali. Sobat bisa membuatnya dirumah sendiri lho, jika sobat berminat membuat pie susu dengan varian rasa selain vla coklat, sobat bisa membaca artikel resep kue pie tersebut ya. Oke yuk langsung aja kita lanjut ke resep cara membuat vla coklat pie susu.

Bahan Kulit Pie:
  • Tepung terigu protein sedang 250 gram
  • Blue band atau margarin 150 gram
  • Telur sebanyak 1 butir
  • Tambahkan sedikit garam
Bahan Vla:
  • Kuning telur sebanyak 2 butir
  • 2 sendok makan tepung terigu
  • 2 sendok makan tepung maizena
  • 60 gram DCC (Dark Cooking Chocolate)
  • 500ml air putih biasa, ganti dengan susu cair
  • 1 bungkus susu bubuk dancow
  • 90 gram gula pasir
  • Tambahkan sedikit garam
Cara Membuat Vla Coklat Pie Susu:
  1. Pertama-tama sobta siapkan bahan kulit pie yang terdiri dari tepung terigu, margarin atau blueband, garam dan 1 butir telur. Aduk bahan bahan tersebut sampai tercampur rata.
  2. Jika sudah tercampur rata, masukkan adonan ke dalam cetakan. Cetak adonan pie dengan cara dipipihkan dengan jari sampai adonan merata.
  3. Kemudian masukkan adonan yang telah dicetak ke dalam kulkas dalam waktu sekitar 10 menit. Kalau sudah keluarkan adonan dan permukaan pada pie di tusuk tusuk dengan menggunakan garpu.
  4. Masukkan adonan pie ke dalam oven. Panggang adonan pie dengan suhu 180 celcius, tunggu hinga adonan benar benar matang.
  5. Untuk membuat vla nya, yang sobat lakukan pertama yaitu siapkan panci. Masukan air ke dalam panci setengah saja jangan sampai penuh, tambahkan gula pasir dan dark cooking chocolate ke dalam panci tadi, aduk hingga larut dan gunakan api yang kecil ya.
  6. Siapkan wadah terpisah, masukkan kuning telur, tepung maizena, dan susu lalu aduk sampai tercampur rata. Masukkan sisa air yang akan dimasak tadi sampai larut ke adonan. Jika sudah tercampur rata masukkan ke dalam panci yang sudah berisi air, gula pasir, dan dark cooking chocolate yang sudah dimasak tadi. Aduk secara terus menerus sampai mengental dan meletup letup, lalu angkat dan diamkan smapai agak dingin.
  7. Jika sudah agak dingin, masukkan vla tadi ke dalam piping bag. Bagi sobat yang belum tahu apa itu piping bag, piping bag yaitu sebuah sebuah kantong plastik yang memiliki bentuk segitiga biasanya untuk wadah cream untuk hiasan kue dan roti. Kalau sudah dimasukkan ke piping bag, sobat masukkan ke dalam kulkas.
  8. Vla coklat yang sudah di freezer di semprotkan ke kulit pie yang sudah jadi sampai hampir penuh.
  9. Nah…kalau sudah selesai di isi dengan vla coklat, pie susu ini siap dihidangkan.

Cara Membuat Vla Coklat Kue Sus

cara membuat vla coklat

Kue sus merupakan kue kering yang berbentuk bundar dengan rongga di dalanya. Rongga tersebut biasanya berisi vla, custard atau daging. Tapi sobat kali ini kita akan membuat kue sus isi vla coklat, tentunya dengan vla coklat yang lumer yummy….oke simak resepnya kuyy!

Bahan Kulit Sus:
  • Margarin dengan takaran 100 gram
  • Air putih biasa 200 ml
  • Telur dengan takaran 180 gram
  • Tepung terigu 125 gram
  • Garam 1/2 sendok teh
Bahan Vla Coklat:
  • Tepung Maizena 10 gram
  • Tepung terigu 5 gram
  • Butter cream 200 gram (Butter cream merupakan krim terbuat dari margarin dan gula yang dikocok sampai mengembang dan lembut)
  • Gula pasir 35 gram
  • Susu cair 125 ml
  • Garam 1/8 sendok teh
  • Coklat bubuk atau cocoa powder 15 gram
  • Dark Cooking Chocolate 25 gram, potong
  • Kuning telur 1 saja
  • Pasta vanilla 1/8 sendok teh
  • Margarin dengan takaran 1 sendok makan
Cara Membuat Kue Sus:
  1. Siapkan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat adonan kulit kue sus,yakni terdiri dari beberapa wadah, panci, dan spatula kayu.
  2. Jika sudah selesai menyiapkan peralatan yang dibutuhkan, sobat masukkan telur ke dalam wadah dan kocok. Cara secara rincinya, pertama sobat masukkan telur yang sudah dipecah diatas wadah mangkuk. Aduk aduk bahan tersebut secara terus menerus sampai merata. Sementara sisihkan
  3. Kemudian panci yang disiapkan taruh di atas kompor dan panaskan dengan menggunakan api yang kecil. Masukkan air ke dalam panci serta bahan bahan yang terdiri dari garam dan margarin. Aduk aduk bahan tersebut sampai merata dan mendidih. Setelah itu angkat dan diamkan, tentunya matikan api juga ya sobat.
  4. Masukkan tepung terigu ke dalam panci dan aduk aduk hingga merata.Masak kembali bahan bahan tadi sampai menjadi kalis dan teksturnya lebih padat secara merata dengan mengunakan api yang kecil. Jika sudah selesai, angkat dan diamkan samapi dingin
  5. Masukkan telur ke dalam adonan tadi sedikit demi sedikit  sambil di aduk aduk secara terus menerus dengan cepat. Jika adonan sudah tercampur rata, masukkan adonan ke dalam kantong plastik dan beri spuit dibawahnya dengan rata. Adonan yang sudah di masukkan ke kantong plastik disemprotkan ke loyang yang permukaanya sudah di olesi mentega sebelumnya,
  6. Kemudian masukkan ke dalam oven, panggang dengan suhu dibawah 200 derajat celcius selama 25 menit.
  7. Jika adonan sudah matang, angkat dan keluarkan dari dalam oven, sisihkan kue sus yang sudah jadi ke dalam wadah yang lain.
Cara Membuat Vla Coklat:
  1. Tepung maizena bersama tepung terigu serta dengan coklat bubuk yang sudah disiapkan tadi dilarutkan ke dalam susu cair (sebagian). Aduk bahan bahan tersebut sampai benar benar tercampur.
  2. Kemudian masukkan sisa susu cair ke dalam panci, rebus dan masukkan gula pasir serta garam. Aduk smapai merata.
  3. Masukkan tepung maizena yang sudah dilarutkan ke dalamnya dan aduk secara terus menerus sampai bahan mendidih.Jika sudah mendidih dan meletup-letup matikan api.
  4. Tambahkan kuning telur ke dalam adonan yang sudah di panaskan aduk hingga rata. Ssetelah itu masukkan juga pasta vanilla dan margarin aduk kembali hingga benar-benar tercampur rata. Masak kembali dan aduk terus menerus hingga mendidih. Matikan, api dan diamkan adonan dingin.
  5. Masukkan butter cream sedikit demi sedikit sambi diaduk hingga rata.
  6. Untuk cara penyajian, begini sobat caranya. Kulit sus yang sudah jadi dibelah menjadi dua, semprotkan vla coklat ke dalam bagian tengahnya. Bagian kue susu yang sudah dibelah tadi disatkan kembali, tadaaa…jadi deh kue sus dengan isian vla coklat nan lumernyaa.

Selesai Sudah Resepnya

Mudahkan sobat resep cara membuat vla coklat yang di variasikan ke berbagai sajian yang udah aku bagikan tadi, jangan lupa di praktikan yaa. Dengan resep yang udah aku bagi sobat tentunya tidak perlu membeli vla coklat jauh-jauh ke toko kue atau ke kedai-kedai. Baik kalau begitu terimakasih buat sobat sekalian yang udah baca artikel aku, terimakasih banyak ya ❤😘

Whatsapp Sekarang
Butuh Bantuan?
Halo! ada yang Bisa kami bantu