Kali ini kita akan mengupas tuntas cara membuat wedang ronde nikmat, hangat, sedap. GImana sih caranya ? artikel ini akan menjawabnya, mari kita mulai.

Hujan seharian, malam datang, minuman hangat adalah jawaban atas hawa dingin ini, wedang ronde memang pas. Minuman hangat dan manis ini mudah ditemui di malam hari. Minuman hangat nan manis ini terbuat dari butiran ronde , jahe yang diolah menggunakan mesin pengolahan jahe atau bisa secara manual, kemudian diberi isian yang bervarian.

Wedang Ronde identik dengan Jogjakarta, namun dari daerah manakah ronde ini berasal? masih banyak orang yang belum tahu. Berikut ini kami akan mengulasnya..

Sejarah Wedang Ronde

Sebenarnya Ronde adalah makanan tradisional dari China yang bernama Tangyuan. Tangyuan terbuat dari tepung ketan, dicampur sedikit air, diberi isian, dibentuk bola, dan direbus. Untuk isiannya sendiri, ada yang menggunakan kacang, ada yang menggunakan gula merah saja, macam macam variannya.

Pada masa Dinasti Han, terdapat dayang kerajaan bernama Yuanxiao. Ia sangat merindukan kedua orang tuanya namun tidak dapat meninggalkan istana, akhirnya ia terus menangis dan ingin bunuh diri. Seorang menteri yang mengetahu hal itu kemudian berjanji akan menolongnya.

yang harus dilakukan Yuanxiao yaitu membuat Ronde (Tangyuan) sebanyak-banyaknya, Tangyuan merupakan masakan terbaik yang bisa ia hidangkan untuk persembahan kepada Dewa pada tanggal 15 bulan 1 Imlek. Yuanxiao berhasil melakukannya dan membuat sang kaisar merasa puas.

Yuanxiao diizinkan bertemu kedua orang tuanya. Semenjak itu, pada tanggal 15 bulan 1 penanggalan Imlek diadakan sebuah Festival Yuanxiao atau Festival Lampion .Menurut catatan sejarah,Tangyuan telah menjadi cemilan yang populer di China semenjak Dinasti Sung.

cara membuat wedang ronde

Wedang Ronde di China

Di China, minuman ini disantap ketika ada festival Lampion atau biasa di sebut festival Yuanxiao. Ronde di China biasa disantap bersama keluarga, ada yang bilang bahwa bentuk Ronde yang bulat ini melambangkan kebersamaan dalam keluarga.

Di China, Ronde punya 2 nama. China bagian Utara penduduknya menyebutnya Yuanxiao yang merupakan berasal dari nama sebuah Festival, sedangkan di China bagian Selatan penduduknya lebih senang menyebut dengan Tangyuan yang berarti sebuah bola berbentuk bulat yang ada di sup.

Menurut Hao (2009), penduduk China Utara membuat Yuanxiao dengan cara memadatkan isian hingga berbentuk bulat kemudian menggulirkan di atas keranjang yang diisi tepung ketan, sambil terus diberi percikan air sampai bentuk bola terbentuk.

Sebaliknya dari penduduk CHina Utara, Hao (2009) menyebutkan bahwa penduduk China Selatan membuat Tangyuan dengan cara membuat adonan tepung ketan menjadi berbentuk bola dengan isian berada di tengahnya.

Penyajian Ronde di dua bagian ini juga berbeda-beda variannya . China bagian Selatan, Ronde dihidangkan manis dengan isian terdiri dari kacang, gula, wijen, sedangkan di China bagian Utara, Ronde disajikan asin yang memiliki isian daging atau sayuran, dijadikan bahan tambahan dalam sup atau sayuran.

Wedang Ronde di Indonesia

Di Indonesia, Ronde sangat terkenal di Pulau Jawa.Indonesia Ronde disajikan manis, semangkuk Wedang Ronde berisi Ronde, irisan roti tawar, kolang-kaling, kacang tanah sangrai, kemudian disiram dengan kuah jahe panas yang manis nan menghangatkan.

Ronde biasanya dijual malam hari, para penjaja ronde baru mulai beroperasi. Ronde paling pas dan nikmat jika dinikmati pada malam hari, apalagi setelah seharian hujan. Semakin nikmat.

Selain untuk menghangatkan, wedang ronde juga memiliki manfaat bagi tubuh kita, apa aja sih manfaat-manfaat Wedang Ronde ini? nah kali ini kita menuju ulasan manfaatnya.

cara membuat wedang ronde

Manfaat Wedang Ronde

Nah,dari artikel cara membuat wedang ronde ini, memuat ulasan manfaat wedang ronde, berikut manfaat Wedang Ronde bagi kesehatan yang jarang orang tahu dihimpun dari berbagai sumber.

  • Memiliki Kemungkinan untuk Menurunkan Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh akan berpotensi untuk menimbulkan penyakit yang serius. Bubuk jahe ditemukan mampu menurunkan kadar LDL atau juga disebutĀ  sebagai “kolesterol jahat” pada 45 pasien hiperlipidemia atau yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi.

  • Menangkal Infeksi Bakteri dan Virus

Jahe memiliki khasiat untuk menangkal infeksi bakteri serta beberapa virus yang didukung oleh kandungan gingerol dalam jahe yang dapat menghambat infeksi bakteri seperti shigella, e coli, dan lain sebagainya. Jahe juga ditemukan bisa menangkal infeksi virus RSV yang biasa menyerang saluran pernapasan.

  • Obat Anti Mual

Pernah nggak sih merasakan mual, pastinya sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari, namun tidak perlu kesal karena kita bisa menggunakan jahe untuk mengatasi rasa mual yang mengurangi gas dalam perut kita. Jahe dapat mengurangi mual tersebut.

  • Mengatasi Gangguan Pencernaan

Rasa tidak nyaman karena gangguan pencernaan yaitu sakit maag bisa dibantu dengan Jahe. Jahe bekerja dengan cara mempercepat waktu pengosongan lambung yang berarti dapat mengurangi sebuah kemungkinan timbulnya masalah perut.

  • Meningkatkan fungsi otak

Khasiat dari jahe tidak hanya menanggulangi gangguan pencernaan saja, namun juga dapat meningkatkan fungsi otak dan berpotensi jadi obat untuk penyakit Alzheimer. Sebuah riset menemukan bahwa jahe dapat meningkatkan fungsi kognitif pada wanita yang berusia 50 tahun-an.

  • Meredakan Nyeri Otot

Jahe yang menghangatkan tubuh diyakini mempunyai kandungan anti radang yang fungsinnya untuk meredakan nyeri dan sakit pada otot, seperti nyeri otot setelah berolahraga. Tetapi, efek jahe mengurangi rasa nyeri otot tidak langsung dirasakan begitu saja, tapi dibutuhkan waktu beberapa hari.

  • Mengurangi Sakit saat Menstruasi

Bagi kaum wanita yang sedang haid, Jahe membawa khasiat untuk meredakan rasa sakit saat sedang haid dan bahkan ditemukan se-efektif obat antinyeri lainnya.

  • Meringankan Gejala Arthritis

Salah satu gejala arthritis adalah pembengkakan pada persendian. Jahe mampu mengurangi pembengkakan akibat artritis dengan ditempelkan pada kulit ataupun dikonsumsi. Salah satu jenis arthritis yang dapat diatasi adalah osteoarthritis.

  • Berpotensi Menangkal Kanker

Penelitian terhadap manfaat jahe dalam menghambat penyakit kanker belum menemukan sebuah kesimpulan yang pasti. Namun, beberapa penelitian sudah membuktikan khasiat jahe dalam menangkal sakit kanker.

  • Menurunkan Kadar Gula Darah

Penelitian terhadap manfaat jahe untuk menurunkan kadar gula darah masih perlu dilakukan lebih lanjut, tetapi sudah ada studi yang memperlihatkan bahwa terdapat penurunan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

cara membuat wedang ronde

Cara Membuat Wedang Ronde Nikmat, Hangat, Sedap

Cara Membuat Wedang Ronde

Bahan Ronde:

  • 150 gram tepung ketan putih
  • 1/4 sendok teh garam
  • 135 ml air hangat
  • 2 tetes pewarna hijau tua
  • 2 tetes pewarna merah cabai

Bahan Isi:

  • 50 gram kacang tanah kupas, digoreng
  • 1 sendok teh wijen, disangrai
  • 25 gram gula pasir
  • 1/8 sendok teh garam

Sirop Jahe:

  • 2.000 ml air
  • 300 gram gula pasir
  • 100 gram jahe, dibakar, dimemarkan atau bisa menggunakan mesin pengolahan jahe
  • 1 sendok teh garam
  • 4 lembar daun pandan
  • 6 batang serai, dimemarkan atau ditumbuk.

Bahan Pelengkap:

  • 200 gram kolang-kaling, direbus, diiris
  • 25 gram sagu mutiara merah
  • 50 gram kacang sangrai untuk taburan pelengkap Wedang Ronde

Cara Membuat Wedang Ronde:

  1. Untuk membuat Isi dari Wedang Ronde ini dengan cara blender kacang tanah hangat, wijen, gula pasir , serta garam sampai merata. Kemudian bentuklah menjadi bulatan kecil-kecil yang nantinya akan menjadi Ronde.
  2. Untuk Membuat Ronde, campurkan tepung ketan dan garam. Aduk hingga merata. Tambahkan air hangat sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis dan halus.
  3. Bagilah adonan menjadi tiga bagian. Untuk Satu bagian tambahkan pewarna merah, aduk merata. Satu bagian lain tambahkan pewarna hijau, aduk merata. Sisanya biarkan putih, aduk hingga merata.
  4. Ambil sedikit bahan ronde. Pipihkan bahan tersebut, beri isian yang sudah kita bikin tadi. Bentuklah menjadi bulat, lakukan sampai adonan habis.
  5. Didihkan air. Masukkan bola-bola ketan tersebut. Rebus hingga mengapung. Angkat dan tiriskan.
  6. Siapkan Sirup jahe.
  7. Rebus air, gula, jahe, daun pandan, dan serai di atas api kecil sampai mendidih dan aromanya harum.
  8. Sajikan ronde bersama sirup jahe serta pelengkapnya.

TIPS

Berikut ini tips dari kami untuk cara membuat wedang ronde

Letakkan bola-bola Ronde yang telah dibentuk menjadi bulat dalam sebuah wadah yang sudah ditaburi tepung ketan tipis tipis agar tidak lengket satu sama lain.

Jika ronde tidak langsung dihidangkan, masukkan bola-bola ronde dalam air matang. Tiriskan sesaat ketika hendak disajikan.

Demikian ulasan tentang cara membuat wedang ronde yang nikmat, Hangat, Sedap yang bisa kita bikin dirumah sendiri. Menarik bukan, setelah membaca artikel ini apakah anda jadi penasaran untuk mencobanya? silahkan dicoba , semoga berhasil