Cara Membuat Yakiniku yang Sederhana dan Mudah Dibuat Dirumah

cara membuat yakiniku

Kali ini saya akan membahas tentang cara membuat yakiniku yang halal, praktis, dan bisa dicoba dirumah.

cara membuat yakiniku adalah daging panggang atau yakiniku ini adalah makanan dari jepang yang dimasak dengan berbagai masakan daging sapi, babi, atau jeroan yang dipanggang, seperti bistik, panggang daging domba, dan barbeque.

Potongan daging berbentuk segi empat yang sering ditusuk dengan logam atau besi sebelum dipanggang. di rumah makan yakiniku, sesudah daging dipanggang, daging yang berukuran agak besar dipotong dengan gunting di hadapan pengunjung.

Pengunjung pun bisa memilih sendiri daging mentah yang diingini, dalam satu set piring. pengunjung rumah makan itu pun memanggang sendiri daging tersebut.

Menggunakan alat pemanggang daging  yang sudah disediakan di meja pengunjung, dan bisa berupa alat pemanggang daging dengan sumber api gas atau arang. Sebelum dimakan, daging dicelup ke dalam saus yang disebut saos tare.

Saus tare yang digunakan ini memiliki dua jenis niku tare atau saus yang berbahan dari wijen dan saus soto tare yang tidak menggunakan wijen.

Selain membahas cara membuat resep sayap ayam,  saya akan membahas tentang cara membuat yakiniku.

Yakiniku

cara membuat yakiniku

Yakiniku merupakan masakan yang sudah tidak asing lagi untuk kalian penikmat masakan jepang. yakiniku memiliki arti bahwa hidangan ini dimasak dengan cara dipanggang diatas bara api/arang.

Bahkan bahan yang digunakan tidak hanya beef tetapi bisa juga jeroan atau daging babi. di Jepang sendiri ketika akan mengunjungi rumah makan yakiniku, pengunjung akan memilih sendiri daging mentah sesuai dengan selera.

Makan ini pun sangat identik dengan makanan khas negeri sakura yang banyak peminatnya oleh masyarakat indonesia. cara untuk menyajikannya menambahkan tambahan nasi putih sebagai bahan pelengkap ditambahkan dengan salad yang menyegarkan.

berikut ini adalah beberapa cara membuat yakiniku.

1.Resep Yakiniku Yang Halal

bahan-bahan yang diperlukan:

  • Daging sapi sebanyak 250 gram diiris tipis
  • Bawang putih sebanyak 2 siung iris tipis
  • Bawang bombay sebanyak 1 butir iris tipis-tips
  • Paprika merah 1 buah potong menjadi bentuk segitiga atau sesuai selera anda
  • Kaldu ayam sebanyak 100 ml
  • Minyak wijen 1 sendok makan
  • Biji wijen 1 sendok makan sangrai
  • Minyak goreng 5 sendok makan atau secukupnya

bahan untuk saos beef:

  • Kecap asin 500 ml
  • Kecap manis 1 sendok makan
  • Garam 1 setengah sendok teh
  • Jahe 2 cm iris tipis memanjang
  • Daun bawang 1 batang, iris menjadi 2 cm
  • Bawang putih 2 siung, cincang halus

cara membuat Yakiniku:

  1. Langkah pertama campur semua bahan saus yang sudah anda buat, kemudian masak sampai mendidih, angkat, lalu dinginkan, dan saring kemudian tiriskan.
  2. Setelah itu, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai bau harum, masukan juga paprika kemudian angkat sebentar, lalu angkat dan sisihkan.
  3. Panaskan minyak wijen dan minyak goreng, masukan irisan daging yang sudah anda potong, aduk sampai merata dan berubah warna. Kemudian tambahkan kaldu ayam, dan saus lalu aduk rata.
  4. Langkah terakhir adalah Masak kembali sampai daging kuah tinggal sedikit dan matang. Setelah itu, masukan tulisan paprika yang tadi disisihkan, aduk rata, kemudian angkat. Sajikan daging sapi yakiniku dengan wijen sangrai.

2.Resep Chicken Yakiniku Jepang

 

bahan-bahan yang diperlukan:

  • 200 gram ayam fillet, dipotong kotak
  • 1/2 buah bawang bombay, diiris panjang
  • 1/2 buah paprika hijau, dipotong kotak
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

bahan saus:

  • Bawang putih 1 siung (diparut)
  • Jahe 1 cm (cincang halus)
  • Kecap asin 1 sendok makan
  • 1/2 sendok makan kecap manis
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 100 ml kaldu ayam
  • 1/2 sendok teh minyak wijen

cara membuat yakiniku chicken:

  1. Pertama panaskan minyak. lalu tumis bawang bombay dan paprika hijau sampai tercium bau harum.
  2. Kemudian masukkan ayam. aduk sampai berubah warna.
  3. Selanjutnya tambahkan kecap ikan, kecap manis, garam, merica bubuk, dan gula pasir. lalu aduk rata. tuangkan kaldu ayam dan minyak wijen. Masak sampai matang.

3.Resep Sate Kambing Yakiniku

bahan-bahan yang diperlukan:

  • Daging kambing 1 kg
  • Lada bubuk /blackpapper ataupun sesuai selera 1 sdm
  • Garam 1 sdm (sesuai kebutuhan)
  • 2 sdm air lemon/ jeruk nipis

cara membuat yakiniku sate kambing:

  1. pertama siapkan semua bahan, lalu potong-potong dadu daging kambing.
  2. Kemudian masukkan garam, blackpapper, air lemon kedalam potongan daging kambing yang sudah dipotong tadi.
  3. tusuk daging kambing dengan penusuk sate, kemudian bakar diatas bara api hingga matang.
  4. Sate kambing yakiniku siap disajikan. sate ini bisa dinikmati dengan bumbu kacang ataupun bumbu kecap.

Peluang Usaha Masakan Yakiniku

Masakan yakiniku ini memang sangat banyak digemari oleh berbagai kalangan. karena cita rasa yakiniku begitu khas dan menggoda, sudah sering menemukan sajian menu yakiniku di berbagai rumah makan hingga direstoran besar.

Yakiniku ini  memang sangat disukai oleh segala lapisan masyarakat jadi  tak heran jika usaha yakiniku begitu menguntungkan. yakiniku juga berpotensi bagus dalam jangka yang sangat panjang.

Dimana peluang usaha yakiniku ini cukup menarik dijalankan. Pengolah masakan yang mudah dan sederhana sehingga banyak diketahui oleh semua oranhg. Bahan baku menu yakiniku mudah didapat dipasaran dengan harga yang lumayan terjangkau.

Ada juga hal-hal yang perlu diperhatikan jika kalian ingin menjalankan bisnis ini. untuk kelancaran dan jua kenyamanan usaha yakiniku.

Hal-Hal yang perlu Diperhatikan saat Ingin Menjalankan Bisnis:

1.Konsumen Usaha Yakiniku

yakiniku sudah banyak ditemui dimana-mana. karena rasanya yang enak dan nikmat memang banyak peminatnya. apalagi jika mampu membuat yakiniku dengan ciri khas dan tekstur empuk tentu bisa menarik berbagai kalangan. baik anak-anak hingga orang dewasa pati usaha akan lebih laris.

2.bahan baku yakiniku

Bahan baku untuk membuat yakiniku harus disediakan dengan lengkap agar bisa menghasilkan olahan yakiniku yang enak dan nikmat. dan memperhatikan dalam memilih kentang yang digunakan sehingga nanti bisa mendapatkan masakan yang banyak disukai.

Pengolahan yakiniku ini membutuhkan berbagai bahan seperti daging ayam, daging sapi, daging babi , bawang merah, bawang putih, bumbu instan yakiniku, cabe, garam, dan masih banyak yang lain.

Dan bahan baku yakiniku yang sangat mudah dicari dipasaran dan harganya pun sangat terjangkau maka kalian bisa mudah untuk mencarinya.

3.peralatan usaha yakiniku

Usaha yakiniku dapat dijalankan dengan lancar dan mudah jika sebelum memulai usaha terlebih dahulu mempersiapkan peralatan untuk memudahkan dakam proses  produksi yakiniku.

Berbagai peralatan yang diperlukan untuk memproduksi yakiniku, seperti pisau, wadah, wajan, alat pemanggang, kompor dan tabung gas, piring dan peralatan pendukung yang lainnya. adanya peralatan tersebut membuat usahayakiniku berjalan dengan maksimal.

4.harga jual yakiniku

Sering dijadikan menu dalam menjalankan bisnis kuliner. harga jual yakiniku ini juga dapat disesuaikan dengan harga yang sudah ada dipasaran.

Dengan mematok harga jual yakiniku dengan penawaran yang lebih tinggi juga bisa menghambat usaha yang sedang kalian jalankan. oleh karena itu, harga jual menu yakiniku juga sebaiknya jangan mematok harga yang terlalu tinggi.

Sehingga membuat usaha yakiniku yang kalian sedang  jalankan bisa berjalan dengan lancar. harga jual yakiniku yang sangat terjangkau dan tidak terlalu menguras kantong sehingga banyak diminati oleh semua kalangan.

5.pemilihan lokasi

Bisnis  yakiniku ini dapat dijalankan dimana pun sesuai keinginan. akan tetapi apabila ingin menjalankan usaha dengan lancar maka perlu memilih tempat yang berada di kawasan strategis.

Pemilihan lokasi yang sesuai untuk menjalankan bisnis kuliner yakiniku adalah di dekat kampus, mall,sekitar perkantoran, dekat tempat rekreasi, dan berbagai tempat strategis yang lain.

kandungan gizi daging sapi

1.zat besi

Zat besi adalah salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi tubuh kita. kita juga  mendapatkan zat besi dari daging sapi karena daging sapi mengandung zat besi yang sangat tinggi. Kekurangan zat besi akan menyebabkan anemia sehingga tubuh menjadi lesu.

Pada daging sapi zat yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh kita, dan bisa mempengaruhi semangat belajar anak dan juga sebagai benteng bagi tubuh kita karena zat besi bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

2.protein

Mengandung kandungan gizi yang mestinya tidak kalah pentingnya dari zat besi, yaitu proetin. Protein sangat penting karena bisa membantu perkembangan otak pada anak. selain itu protein juga bisa membantu tubuh kalian untuk membentuk jaringan baru pada otot kalian.

3. Selenium

Kandungan gizi lainnnya pada daging sapi adalah selenium. Selenium sangat dibutuhkan untuk membentuk zat antioksidan dan meningkatkan imunitas anak.

4. Seng atau Zinc

Zat seng juga terdapat pada daging sapi. Zat ini memiliki fungsi untuk meningkatkan metabolisme dan fungsi kekebalan tubuh. Kekurangan zat seng bisa menyebabkan gangguan pada pengembangan fungsi reproduksi laki-laki.

5. Vitamin B Kompleks

Konsentrasi dan daya ingat bisa menjadi masalah tersendiri bagi kita. vitamin B kompleks pada daging ini bisa membantu kerja sistem saraf otak sehingga mampu menjaga konsentrasi dan meningkatkan daya ingat.

6.omega 3

Gizi lain daging sapi yang terakhir adalah omega 3. omega 3 membantu fungsi jantung, sistem saraf pusat dan hati. sekitar 150 gram daging sapi, mengandung kurang lebih 30 gram asam lemak omega 3.

Kandungan Gizi

cara membuat yakiniku

Kandungan Gizi Jeroan

Jeroan mengandung banyak zat gizi, di antaranya karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. vitamin yang terdapat pada jeroan adalah B kompleks dan vitamin A, vitamin B12, dan asam folat.

Sementara mineral yang terkandung dalam jeroan di antaranya zat besi, kalium, magnesium, fosfor, dan seng. nilai protein jeroan pun tidak kalah dengan daging sapi dan daging lembu.

Baik juga untuk memelihara sel-sel saraf agar berfungsi optimal. Kandungan vitamin B12 pada jeroan dapat mengurangi potensi gangguan sistem kerja sel-sel saraf sehingga mampu menurunkan risiko terjadinya gangguan memori pada otak.

Selain itu, jeroan juga baik untuk mencegah anemia yang disebabkan karena kekurangan asam folat dan zat besi. kandungan seng dan vitamin A jeroan, khususnya hati, sangat baik untuk  kesehatan jaringan epitel, termasuk endotelium dalam pembuluh darah.

Akan tetapi jeroan juga mempunyai resiko yang sangat tinggi jika kalian mengonsumsi tidak wajar. selain nutrisi yang telah disebutkan tadi, jeroan juga memiliki senyawa purin yang sangat tinggi.

Resikonya adalah seperti kelebihan vitamin A, kolesterol tinggi, dan menyebabkan asam urat. asalkan mengonsumsi dengan wajar tidak akan menyebabkan efek samping.

Kandungan Gizi Daging Ayam

100 gr ayam mengandung air (65 g), energi (215 kkal), protein (18 g), lemak (15 g), lemak jenuh (4 g), kolesterol (75 mg), kalsium (11 mg), besi (0,9 mg), magnesium (20 mg), fosfor (147 mg), kalium (189 mg), natrium (70 mg), dan seng (1,3 mg).

Di antara vitamin dalam daging ayam antara lain vitamin C, vitamin B1 (hiamin), riboflavin, niacin, vitamin B-6(pyridoxamine), folat, vitamin B-12, vitamin A, vitamin E (tocopherol), vitamin D dan vitamin K.

Daging ayam juga memiliki manfaat, manfaat makan daging ayam bagi kesehatan jelas sangat tinggi, karena daging ayam mengandung protein tinggi, serta vitamin dan mineral.

Makan daging ayam juga dapat membantu menurunkan berat badan, mengontrol kadar kolesterol, tekanan darah serta  mengurangi risiko kanker.

Manfaat Daging Ayam Bagi Kesehatan

1.Kandungan Protein yang tinggi

Jumlah protein daging ayam sekitar 18 g per 100 g ayam, ini sangat tinggi. protein sangat penting dalam diet sehat kita. protein pada ayam ini ialah  asam amino yang sangat bermanfaat untuk membangun otot kita.

Disarankan nilai kebutuhan protein dalam diet harian 1 g per 1 kg berat badan,  atau 0,4 g protein per pon berat badan.

2.sumber mineral dan vitamin

Vitamin dan mineral yang ditemukan pada daging ayam sangat banyak, dan berguna untuk berbagai proses dalam tubuh kita.

Misalnya, vitamin B berguna untuk katarak, gangguan kulit, kekebalan tubuh, kelemahan, pencernaan, sistem saraf, migrain, gangguan jantung, rambut beruban, kolesterol tinggi, diabetes, dll.

Dalam vitamin D membantu penyerapan kalsium dan menguatkan tulang. vitamin A juga membantu menjaga penglihatan, dan mineral seperti zat besi sangat membantu untuk membentuk hemoglobin, aktivitas otot, dan mencegah anemia.

3.berat badan

Diet menggunakan kandungan protein yang tinggi diketahui efektif mengurangi berat badan. ayam banyak menyediakan kandungan protein yang tinggi. percobaan telah menunjukkan bahwa kontrol berat badan yang signifikan ditemukan pada orang-orang yang malah makan daging ayam.

Manfaat Daging Sapi

Tentunya daging sapi tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. keunggulan dari kandungan daging sapi adalah kadar sodiumnya yang rendah.

Selain itu daging sapi juga merupakan sumber dari protein, vitamin B3, vitamin B6, fosfor, zinc, selenium, dan vitamin B12.

Sedangkan kekurangannya adalah masih adanya kandungan lemak jenuh dan juga kolesterol di dalamnya. daging sapi juga masih mengandung sejumlah lemak trans.

Konsumsi daging sapi secara rutin dipercaya dapat membantu mempertahankan massa otot.

Seiring dengan bertambahnya usia, perubahan bentuk tubuh sulit untuk dihindari. salah satu yang mungkin akan anda alami adalah sarkopenia atau hilangnya massa otot.

Kondisi ini pada dasarnya dapat dicegah dengan cara latihan kekuatan dan meningkatkan asupan protein. seperti mengonsumsi daging sapi.

Anemia defiensasi merupakan jenis anemia yang paling umum. daging sapi tidak hanya menyediakan sumber zat besi bagi tubuh, tapi diketahui juga dapat membantu penyerapan zat besi yang berasal dari sumber nabati.

Maka dari itu, makan daging dianggap efektif dalam mencegah anemia defisiensi besi.

Beberapa menyebutkan bahwa daging sapi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. bagian dari daging sapi yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung adalah kandungan lemak jenuhnya. maka dari itu, kalian dapat mempertimbangkan untuk mengonsumsi daging sapi tanpa lemak yang lebih sehat.

Sejarah Yakiniku

Sebelum restorasi meiji pada 1866-1869, orang-orang di negeri sakura tidak terbiasa menyantap daging sapi atau babi yang jadi bahan utama membuat yakiniku.

Di jepang, salah satu daerah penghasil daging sapi lezat dan sangat mewah adalah kobe. daging sapi di kobe dijual mahal karena berkualitas tinggi.

Lantas, apa bedanya daging panggang ala jepang dan korea selatan? daging panggang di korea selatan rata-rata sudah dimarinasi dengan bumbu sebelum dibakar. karena dagingnya sudah gurih, tidak ada saus tambahan kecuali gochujang (pasta cabai).

Sementara daging yakiniku jepang dibakar tanpa melewati proses marinasi, lalu daging yang matang dicocol ke saus agar lebih lezat saat disantap.

 

Demikian itu tadi resep dan kandungan gizinya. semoga bermanfaat bagi kalian dan selamat mencoba!