Cara memotong daging sapi, Bagi yang belum terbiasa memasak daging pastinya bertanya-tanya,Bagaimana sih cara memotong daging sapi yang benar deang mesin pemotong daging?

Lebih baik searah atau melawan arah serat ya? Nah, ternyata masing-masing masakan memiliki cara pemotongan dagingnya tersendiri. cara pemotongan ini akan saya bahas didalam artikel ini simak dengan baik ya.

Kerap terjadi, pilihan daging sapi kita sudah berkualitas. Jenisnya juga sudah betul. tetapi, cara pemotonganya keliru yang menyebabkan tekstur daging sapi tidak sesuai dengan harapan kita.

Kalau diperhatikan, ada serat-serat yang tampak pada permukaan daging. Itu yang disebut serat daging. Arah serat inilah yang harus dijadikan patokan ketika kita mau memotong daging.

Jika arah seratnya keliru,maka akan membuat daging akan sulit matang ketika dimasak. Hasilnya, tentu daging jadi sulit dikunyah.

Jika anda ingin membuat hidangan daging untuk anak-anak yang masih sulit mengunyah, cobalah memilih daging has dalam (tenderloin). Daging jenis ini bertekstur empuk.

Memasaknya pun akan lebih cepat dan empuk hingga tidak menyita waktu Anda. Nah, untuk memasak hidangan daging yang bertekstur empuk seperti ini, memotong daging harus melawan serat.

Tujuannya ialah untuk membuat serat lebih pendek sehingga mudah untuk dikunyah. seumpamanya kita makan mi, akan jauh lebih mudah dikunyah bila mi-nya pendek-pendek.

Oleh sebab itulah cara memotong melawan serat ini sangat cocok untuk daging yang diolah jadi steak dan tumisan.

Meski daging sebaiknya dipotong melawan serat agar empuk, ada masakan tertentu yang justru harus menggunakan daging yang potongannya searah dengan serat.

Masakan ini umumnya adalah masakan yang harus diolah lama. Contoh masakan yang membutuhkan potongan daging searah serat di antaranya adalah rendang, semur, dendeng batokok, pindang serani, dan empal.

Masakan yang kelak dagingnya harus disuwir seperti abon atau daging suwir juga menggunakan potongan daging jenis ini. Pilihan daging untuk empal adalah daging sengkel.

Daging ini terbungkus lapisan-lapisan putih yang melindungi daging sehingga tidak akan hancur kalau lama dimasak. Sementara itu, untuk rendang, gunakan daging gandik atau has luar.

Berikut adalah Tips dan langkah-langkah memotong daging sapi

Cara Memotong Daging Sapi Melawan Serat

Teknik memotong daging yang benar menurut kebanyakan chef terkenal adalah memotong melawan alur serat daging

      1. Yang pertama bersihkan terlebih dahulu lemak yang menempel pada daging tersebut
      2. Kemudian potong daging dengan melawan arah serat daging.
      3. Dengan memotong tipis daging, serat daging akan semakin pendek, dan hal ini menyebabkan tekstur daging semakin lembut dan mudah dikunyah (opsional).

Memotong searah dengan serat daging akan menjadikan daging menjadi alot apabila sudah dimasak.

jika kita memotong dengan melawan arah serat daging. Saat dimakan akan terasa empuk karena serat pada daging akan mudah dihancurkan.

Tips Memotong Daging Ala Ivan Anggri

Ivan Anggri, adalah pengusaha restoran favorit di Jakarta.

Ivan mengutarakan, “Yang terpenting dalam memotong daging adalah memotong daging untuk rendang dengan cara melawan alur urat dari daging tersebut.

Umumnya dengan mudah kita akan mengenali serat penanda jalur urat. lalu kita tinggal potong menggunakan teknik melawan jalur uratnya, tapi perlu diingat tidak perlu sampai diiris merintang.”

Ivan mengutarakan bahwa, “daging berkualitas ekspor pun jikalau tidak tepat cara mengirisnya, maka masakannya bakal keras saat disantap”.

Tips Memotong Daging Menurut Vincen Bima

Sementara itu Vincen Bima ialah seorang Chef berpangkat Diamond di hotel Barinda, memberikan perihal cara mengiris daging untuk rendang.
Bima menjabarkan,

“Yang pertama ialah menghilangkan daging dari lemak yang ada pada daging. Kemudian barulah kita bisa mengiris dagingnya.”

“lalu, Selaput keras yang ada di daging harus dihilangkan. Kemudian sayat menyamping secara berlawanan terhadap serat dagingnya.”

Ia juga mengutarakan bahwa, “Menyayat sealur dengan jalur serat akan membuat daging yang sudah dimasak menjadi keras. Berbeda dengan kita memotong berlawanan dengan arah serat.

Ketika dimakan daging akan terasa empuk sebab serat daging akan mudah terurai.”

Sebagai informasi tambahan Bima menjelaskan, “Beberapa item daging tersusun oleh banyak otot daging. Misal terbentuk dari lima otot daging.

Maka tiap bagian otot harus dipisahkan satu per satu mengikuti setiap selaput otot. setelah itu daging itu diiris menyamping mengikuti arah serat daging.” tutup Bima.

Cara Memotong Daging Sapi Secara Tipis

Kalau yang satu ini, mungkin sedikit beda dengan cara lainnya. Meski kita menggunakan teknik melawan alur serat yang sama, ada juga teknik lain yang anda butuhkan ketika anda ingin mengiris daging secara tipis.

      1. bersihkan daging sapi dari lemak yang menempel, anda dapat membersihkannya dengan air.
      2. Setelah itu, anda diamkan daging di dalam kulkas atau freezer selama kurang lebih 30 menit.
      3. Setelah itu, keluarkan daging dan iris tipis dengan pisau daging yang tajam,ramping namun bermata pisau tajam

Cara Memotong Daging Sapi Untuk dibuat Dendeng

      1. Rebus daging bulat-bulat hingga matang sempurna.
      2. Setelah daging matang sempurna, angkat, tiriskan hingga dingin.
      3. Daging sudah bisa dipotong-potong sesuai bentuk yang diinginkan untuk dibuat dendeng.

 

Teknik Teknik Memotong Daging Dengan Istilah Barat

    • Chateaubriand

Potongan daging ini diambil dari ujung bawah dari Tenderloin, jadi sangat pas diolah jadi steak yang cukup tebal. Cara memotongnya:

      1. Potong serta pisahkan bagian kepala filletnya dari bagian tengah.
      2. Memotong kepala fillet, potong urat-urat dan lemak yang berlebihan. Sisakan sedikit lemak yang melekat pada steak, untuk memberikan aroma lezat dan membuat tekstur tidak terlalu garing.
      3. Tournedo Memotong daging menggunakan teknik Tournedo dimulai dari proses Skinning; pisahkan lapisan urat putih seperti lemak dari fillet. Caranya yaitu dengan menuukkan pisau fillet antara daging dan kulit, kemudian gerakkan pisau ke arah kepala. Usahakan tidak ada daging yang melekat pada fillet kulit.
    • Fillet Migno

Teknik potong Fillet Migno melewati dua proses sebagai berikut:

      1. Potong bagian ekor fillet melintang menjadi potongan yang sama beratnya, panjangnya sekitar 30-50 cm.
      2. Flattern, Flattern Mignon juga dapat digepengkan seperti tournedo dengan menggunakan cutle bat.
    •  “T” Steak Tulang

Jenis potongan “T” Tulang Steak diambil dari sirloin yang masih utuh (memiliki tulang dan fillet). Potong mulai dari ujung depan rusuk.

Setelah terpotong, tulang ini memiliki 3 jari dan 1 tonjolan berlubang di mana sumsum turt terbagi pada masing-masing bagian tulang belakang yang tampak seperti huruf “T”.

    • Entrecote

Berasal dari kata ‘entre’ yang berarti antara dan ‘cote’ yang artinya tulang rusuk, Entrecote diartikan sebagai bagian daging antara rusuk.

ntuk menghasilkan daging dengan irisan ini, teknik pemotongannya sebagai berikut:

      1. Letakan sirloin diatas talenan dengan bagian lemak menghadap ke bawah.
      2. Potong urat tebal yang berwarna kuning yang melekat pada tulang punggung.
      3. Piting urat-urat tipis yang melekat pada daging, lapisn urat ini melekat satu persatu hingga bersih.
      4. Ukur lebar sirloin sekitar 16 cm dari bekas tulang belakang. Daging yang selebihnya dipotong sejajar dengan Arah bekas tulang belakang.
      5. Potong salh saatu ujung dengan rata, selanjutnya sirloin steak yang dipotong melintang mulai dari bagian ujung yang telah dipotong rata.

Cara Memotong Daging Sapi Dengan Menyayat

      • Sayatan daging

Untuk menghasilkan potongan Cutlet, mulai dari bagian tulang rusuk yang terdiri dari tulang rusuk dan daging. Pada potongan ini, tulang rusuk masih melekat bersama daging.

Teknik pemotongannya sebagai berikut.

      1. Letakkan iga pada talenan dengan tulang mengarah ke badan.
      2. Potong (trim) bagian tepi yang berlebihan
      3. Potong bagian daging atau pecahan tulang yang masih bergelantungan atau melekat pada tulang belakang.
      4. Potong bagian tepi tang berlebihan
      5. Potong salah satu ujung untuk porsi
      6. Pada potongan daging masing-masing dengan tulang rusuk, Jadi masing-masing potongan daging memiliki satu tulang rusuk, satu potong daging memiliki berat 180-250 gr.
      7. Gepengkan potongan daging hingga ketebalannya 1,5-2 cm.

Walaupun demikian, metode penyayatan daging hanyalah salah satu faktor untuk menyajikan daging yang empuk dan enak dilidah.

Dengan teknik pemotongan yang tepat, pastinya sajian daging buatan Anda tidak kalah dari menu lezatnya di restoran.

Nah, demikianlah tips dan cara memotong daging yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat bagi kita semua, kalian dapat mencobanya sendiri dirumah ya, Semoga Berhasil 🙂