Kali ini kita akan membahas Es Serut  Pelangi Penggugah Selera Ala Rumahan, low budget alias murah, namun lengkap nan Enak bikin anak jadi suka,mari kita simaks..

Es Serut Pelangi Penggugah Selera Ala Rumahan

Minuman manis dan segar memang kerap dijadikan pilihan untuk menu buka puasa atau juga menu minuman di siang hari. Salah satunya adalah es serut .

Rasanya yang menyegarkan dapat melepaskan dahaga. Anak-anak pun pasti suka karena warnanya yang menarik. Untuk membuatnya pun cukup mudah. Sehingga sangat cocok dan pas untuk kita mencoba membuatnya di rumah ya .

Terlebih lagi jika ditambah sirup yang memiliki banyak varian rasa. Sekarang varian rasa dan inovasi dari es pun sudah beragam. Beberapa waktu yang lalu sempat viral es kepal milo yang banyak diminati dan disukai banyak orang dewasa maupun anak – anak.

Bentuk es kepal milo sendiri yaitu es yang di serut menggunakan mesin serut es atau bisa juga dengan serutan kemudian dikepal dan diberi cokelat yang kental dari milonya. Lalu ditambah dengan taburan sedikit toping di atasnya, sederhana bukan? namun dapat menjadi penggugah selera dan banyak diminati.

Es Serut dari Berbagai Belahan Dunia

es serut pelangi

Tahu kah anda? Dulu Seorang kaisar Romawi bernama Nero yang memerintah sejak 54 hingga 68 M sering mengutus pelari cepat terbaiknya untuk membawakan salju dari pegunungan. Para pelari tersebut lalu turun sambil membawa salju yang ditaruh di wadah khusus es. Sampainya di istana, Nero akan menikmati salju tersebut dengan olahan yang disiram dengan sari buah dan potongan buah-buahan.

Orang-orang di Cina di masa itu sudah biasa mencampuri salju dengan buah-buahan dan bir. Tak hanya itu saja, di Persia ada kudapan es bernama sharbat yang kelak diserap namanya menjadi sorbet.

Es serut yang diberi pemanis serta buah-buahan kemudian menjadi pondasi dasar yang kemudian melahirkan berbagai varian kudapan dan minuman berbahan es.

Di Indonesia, tentu nyaris semua orang mengenal es campur . Bahan utama es campur ialah es serut , yang diberi sirup dan susu kental manis. Kemudian toppingnya ada berbagai macam varian dan jenisnya, tergantung kreativitas kita dalam membuatnya.

Mulai dari kolang-kaling, aneka buah seperti nangka serta rambutan, cincau, bahkan roti tawarpun bisa menjadi toppingnya. Di beberapa daerah, es campur disiram oleh santan agar rasanya gurih dan tidak terlalu manis.

Di Cina dan Taiwan, Bao Bing yang arti harfiahnya ialah es serut jadi hidangan yang paling populer disana. Dasarnya tak berbeda: es serut yang didampingi oleh berbagai jenis buah-buahan seperti mangga dan rambutan.

Macam-macam Es Serut Unik dari Berbagai Belahan Dunia

Tahukah anda, Es serut ini bukan cuma ada di Indonesia saja. Berbagai negara pun memiliki macam varian es serut yang unik dan tentunya gak kalah nikmat, berikut beberapa macam varian es serut dari berbagai dunia.

1. Patbingsoo dari Korea

Patbingsoo (patbingsu) adalah merupakan salah satu minuman dessert yang sangat populer di daerah Korea Selatan. Pada dasarnya, patbingsoo terdiri dari es serut dengan isian topping susu kental,sirup manis, dan kacang merah (bingsoo). Sekarang ini variannya semakin banyak dengan aneka topping buah, saus cokelat, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Snowball dari New Oerlans

Snowball sangat mirip dengan es kepal milo yang sempat viral di pertengahan tahun ini di Indonesia. Hanya saja bukan dengan siraman susu cokelat, snowball terdiri dari es serut yang diletakkan dalam gelas dan disajikan dengan sirup aneka rasa, seperti buah-buahan, rootbeer, cola, hingga kopi.

3. Snow Cones dari Amerika Serikat

Hampir mirip dengan Snowball asal New Oerlans, namun snow cones memakai wadah paper cup berbentuk kerucut menyerupai cone es krim. Selain itu, serutan es dari Snow Cones ini juga lebih besar dan lebih kasar dibanding dari es snowball asa New Oerlans.

4. Ais Kacang dari Malaysia

Sebelum es kepal Milo menjadi trending, ais kacang lebih dulu populer di Malaysia. Es serut ini biasa disebut ABC (Air Batu Campur), alias es batu yang dicampur menggunakan berbagai bahan tambahan lain seperti kacang merah, buah-buahan, hingga cendol.

5. Kakigori dari Jepang

Kakigori mirip dengan varian es serut asal Korea yaitu patbingsoo serta es serut pelangi asal Indonesia , hanya saja butiran esnya jauh lebih lembut dan disajikan menggunung atau bertumpuk ke atas meyerupai gunung. Rasa originalnya adalah menggunakan Sirup dan pasta kacang merah, tapi saat ini variannya berkembang dengan aneka buah, saus, dan topping lainnya.

6. Nam Kang  Sai dari Thailand

Es serut asal Thailand ini hampir mirip dengan es campur asli dari Indonesia. Selain es batu, nam kang sai terdiri dari bermacam pilihan topping isian, seperti potongan nangka, kelapa, taro, dan lain sebagainya. Namun yang menjadi ciri khasnya adalah sirup sala, yaitu sirup dengan cita rasa unik yang digunakan sebagai campuran susu pink ala Thailand.

Itulah beberapa macam Es Serut dari berbagai belahan dunia, tentunya masih banyak lagi macam Es Serut dari berbagai belahan dunia namun, kita memberikan 6 macam es serut saja. Hampir dari setiap negara memiliki varian macam es serut.

Cara Membuat Es Serut Pelangi Penggugah Selera Ala Rumahan

es serut pelangi

Setelah kita mengenal lebih dalam tentang es serut , dari asal mulanya hingga es serut dari berbagai belahan dunia. Rata-rata di berbagai belahan dunia , es serut menjadi menu hidangan utama dari masyarakat, rasanya yang enak nan segar serta mudahnya cara pembuatannya menjadi salah satu penyebab es serut menjadi primadona.

Untuk membuat es serut pelangi sebenarnya cukup praktis. Pada dasarnya es serut adalah es yang dihaluskan entah secara manual atau dengan mesin serut . Kemudian untuk menjadi es serut pelangi, maka kita tinggal tambahkan saja sirup beragam rasa / warna . Praktis bukan?

Baik kali ini kami akan memberi tahu cara membuat es serut pelangi Penggugah Selera ala rumahan, enak, segar penggugah selera anda dan anak anak, let;s go..

Bahan-bahan Membuat es Serut Pelangi

  • Es Balok / Es Batu yang dapat di konsumsi (Es Batu dengan air Matang)
  • Sirup buah aneka varian rasa
  • Susu Kental manis
  • Wafer roll (ini opsional, untuk menjadi sedotan dan topping es serut)

Alat-alat yang Diperlukan :

Langkah-langkah Membuat Es Serut Pelangi :

  1. Siapkan es batu konsumsi yang hendak dipakai sebagai bahan baku es serut. Es Batu konsumsi ditujukan untuk dikonsumsi maka biasanya dibuat dari air yang telah matang.
  2. Baik langkah berikutnya adalah masukkan es batu konsumsi tersebut ke dalam mesin serut atau bisa dengan manual.
  3. Taruhkan kedalam wadah / gelas untuk menampung serutan es tadi.
  4. Setelah cukup banyak (menggunung), Anda bisa menambahkan sirup diatasnya. Untuk menghasilkan warna  mirip seperti pelangi, anda dapat menkombinasi beberapa varian warna sirup, misal jika Anda memiliki 4 varian sirup, maka Anda bisa membagi gunungan es serut menjadi empat bagian warna.
  5. Tambahkan susu kental manis untuk mempercantik tampilan dan menambah rasa manis es serut.
  6. Tancapkan wafer rolls sebagai sedotan dan toppingnya, atau Anda bisa menambahkan topping lain sesuai selera Anda. Topping ini akan mempercantik tampilan dari es serut pelangi anda.

Tips Es Serut Pelangi :

Selain menggunakan sirup, Anda juga bisa mengganti / menambahkan softdrink ke dalam es serut untuk menciptakan warna pelanginya . Caranya juga sama seperti menggunakan sirup.

Jika sirup terlalu kental, untuk mempermudah menuangkan kedalam serutan es, Anda dapat tambahkan sedikit air ke dalam sirup tersebut sebelum menuangkannya ke es serut. Hal ini dapat mempermudah penghiasan es serut karena tekstur sirup akan menjadi sedikit encer.

Anda bisa menggunakan wadah botol plastik dari mayonnaise / saus untuk digunakan sebagai tempat sirup sehingga  nantinya dapat mempermudah Anda ketika menuanggkannya ke es serut.

Cukup sekian artikel tentang es sirup pelangi ala rumahan, setelah kalian mempelajari cara membuatnya enak dan praktis bukan, semoga dapat bermanfaat dan dapat menjadi wawasan bagi kita tentang es serut pelangi ini, selamat mencoba…