Jual Mesin Peras Tebu -Iklim tropis di Indonesia dan matahari yang bersinar sepanjang hari setiap tahunnya membuat cuaca di Indonesia tergolong panas ketika siang hari.

Melakukan aktivitas di luar dapat membuat gerah dan menjadikan beberapa pengusaha berpikir kreatif untuk menghasilkan minuman segar. Salah satu minuman segar tradisional yang kini sangat terkenal ialah minuman tebu.

Minuman tebu merupakan minuman manis asli Indonesia yang terbuat dari batang tebu yang digiling dan diperas ekstraknya menggunakan mesin peras tebu. Minuman tebu umumnya merupakan campuran antara sari tebu alami dan air mineral atau bisa juga menggunakan air es.

Namun, sari tebu yang dihasilkan dari batang tebu biasanya tidak banyak. Maka dari itu, diperlukan pemerasan tebu berkali-kali untuk menghasilkan sari tebu yang cukup dan dicampur menggunakan air mineral atau air es supaya rasanya lebih enak.

Apa Itu Mesin Peras Tebu?

Sebelum memulai dalam berbisnis minuman tebu, Anda perlu mengetahui aset utama usaha ini, yaitu mesin peras tebu. Mesin peras tebu adalah perangkat yang digunakan untuk menggiling tebu dan memisahkan bagian batang dengan sarinya.

Sari tebu yang dihasilkan kemudian dapat diolah menjadi minuman tebu yang sehat dan menyegarkan. Mesin giling tebu yang berkualitas, mampu menghasilkan sari tebu lebih banyak dan ampas batang yang tersisa lebih sedikit.

Spesifikasi Mesin Peras Tebu Rumah Mesin :

1. Mesin Peras Tebu SCP – 160 Manual

Mesin pemeras tebu fomac scp-160 manual. Kegunaan mesin ini adalah untuk memeras tebu atau membuat es tebu, dan mengambil air / sarinya.

Mesin ini tidak perlu menggunakan listrik, tetapi bisa langsung di upgrade menggunakan mesin, dikarenakan sudah terdapat tempat untuk menaruh vanbelt yang tinggal di sambungkan ke mesin. sehingga sangat mudah dan ekonomis.

Mesin Peras Tebu

Jual Mesin Peras Tebu SCP – 160 Manual Series

Energi Yang Digunakan : Manual ( Tenaga Manusia ).
Berat Mesin :  37 Kg.
Dimensi Mesin :  435 mm x 365mm x 350 mm.

Cara Menggunakan Mesin Peras Tebu SCP – 160 Manual

    1. Pertama siapkan Mesin Giling Tebu dan batang tebu yang akan diekstrak menjadi air tebu.
    2. Putar tuas pengencang pada Mesin Giling Tebu.
    3. Masukkan batang tebu ke dalam Mesin Giling Tebu.
    4. Kemudian putar tuas pemeras yang berbentuk roda dan tekan batang tebu ke dalam Mesin Es Tebu.
    5. Sari dari tebu atau air tebu akan tertampung di wadah penampung Mesin Es Tebu bagian bawah.
    6. Jika terasa sudah banyak putar kran pada Mesin Pemeras Tebu untuk mengeluarkan air tebu dari wadah penampungan.
    7. Sari tebu super manis dan murni siap dikonsumsi.

2. Mesin Peras Tebu SCP – 160 B Otomatis

Mesin Peras Tebu

Mesin peras tebu otomatis ini adalah alat untuk menghasilkan sari tebu, yaitu cairan yang sangat manis yang selanjutnya dapat diolah menjadi gula pasir atau dijual langsung sebagai minuman dingin.

Alat ini juga dikenal dengan nama sugar cane extractor. Pada mesin peras tebu ini dilengkapi dengan saringan khusus. Saringan pada mesin ini berguna untuk menyaring ampas sehingga sari tebu yang dihasilkan lebih bersih dan higienis. Hal ini akan mempermudah proses pengolahan selanjutnya.

Ada dua jenis mesin pemeras tebu, yaitu mesin dioperasikan secara manual dan mesin otomatis. Mesin manual akan lebih hemat energi, tetapi membutuhkan tenaga manusia. Sebaliknya, mesin otomatis tidak membutuhkan tenaga manusia melainkan membutuhkan daya listrik, tetapi bisa bekerja dengan lebih cepat dan efektif.

Jual Mesin Peras Tebu SCP -160 B Otomatis

Energi Yang Digunakan :  Listrik.
Tegangan Listrik :  220 Volt.
Frekuensi Listrik :  50 Hz / 60 Hz.
Daya ( Power ) :  750 Watt.
Kapasitas Produksi :  300-350 Kg.
Berat Mesin :  64 Kg.
Dimensi Mesin :  420 mm x 340 mm x 850 mm.

3. Mesin Peras Tebu SCP – L 100 A Otomatis

Jual Mesin Peras Tebu SCP – L 100 A Otomatis

Energi Yang Digunakan : Listrik
Tegangan Listrik : 220 Volt.
Frekuensi Listrik :  50/60 Hz.
Daya ( Power ) : 750 Watt.
Kapasitas Produksi : 300-400 Kg.
Berat Mesin : 68 Kg.
Dimensi Mesin : 560 mm x 360 mm x 590 mm.

4. Mesin Peras Tebu SCP – L 100 B Otomatis

Jual Mesin Peras Tebu SCP – L 100 B Otomatis

Energi Yang Digunakan : Listrik.
Tegangan Listrik : 220 Volt.
Frekuensi Listrik : 50 Hz / 60 Hz.
Daya ( Power ) : 750 Watt.
Kapasitas Produksi : 300-400 Kg.
Berat Mesin : 72Kg.
Dimensi Mesin : 560 mm x 360 mm x 590 mm.

Keunggulan Mesin Peras Tebu

Jika dibandingkan dengan membuat perasan tebu manual, pasti sudah diketahui apa saja keunggulannya. Selain hemat tenaga berikut ini macam-macam keunggulan dari mesin peras tebu.

  • Bisa Diupgrade Menggunakan Motor Listrik ( Mode Manual )
  • Dibuat Dari Bahan Material Dengan Kualitas Terbaik.
  • Mesin Ber garansi Dan Ramah Untuk Kantong.
  • Mudah Digunakan Dan Mudah Dibersihkan.
  • Praktis, Aman, Dan Higienis.
  • Handal Dan Tahan Lama.
  • Hemat Energi Dan Biaya.
  • Hasil Jernih Dan Murni.
  • Efektif Dan Efisien.

Kegunaan dan Fungsi Mesin Peras Tebu

Mesin Pemeras Tebu canggih ini telah banyak digunakan oleh para pengusaha gula rumahan, pengusaha minuman, dan para pengusaha kuliner lainnya.

Dengan menggunakan Mesin Pemeras Tebu ini, para pengguna akan mendapatkan sari tebu yang sangat jernih, higienis, manis, dan tentunya lebih cepat dan lebih mudah dibandingkan dengan alat pemeras tradisional.

Mesin Alat Pemeras Tebu juga dapat digunakan untuk keperluan pribadi, seperti membuat es sari tebu ataupun jahe sari tebu hangat. Penggunaannya juga sangat mudah, tidak perlu dengan cara-cara yang ribet.

Jika berkunjung ke tempat jual mesin peras tebu, Anda akan menjumpai para pengusaha gula pasir skala rumahan, penjual minuman es tebu, dan pengusaha kuliner lain. Mereka datang untuk mendapatkan mesin yang dibutuhkan, sesuai dengan jenis dan skala usaha yang dijalankan.

Ya, fungsi utama mesin peras tebu adalah untuk menghasilkan sari tebu murni untuk berbagai keperluan. Dengan menggunakan mesin ini, sari tebu yang dihasilkan akan lebih jernih, manis, dan higienis. Hasil sari tebu yang berkualitas, maka produk olahannya pun akan bermutu bagus.

Bagi para pelaku usaha, efisiensi adalah hal yang sangat penting karena sangat menentukan kemajuan usaha. Begitu juga pada para pengusaha sari tebu dan produk olahannya. Penggunaan mesin peras tebu sangat membantu bagi para pengusaha untuk mencapai efisiensi produksi yang diinginkan.

Manfaat Menggunakan Mesin Peras Tebu

Tanaman tebu adalah jenis tanaman asli indonesia yang tumbuh subur. Karena memang tanaman tebu ini cocok ditanam pada keadaan tropis.

Ada banyak manfaat tanaman tebu bagi kebutuhan manusia, mulai dari sebagai obat, pembuatan gula, atau batang bambunya digunakan untuk bangunan rumah. Bahkan tebu juga digunakan sebagai bahan bakar memasak. Sehingga prosesnya bisa menghemat bahan bakar memasak.

Salah satu bagian tanaman tebu yang sering digunakan dalam perindustrian terutama industri makanan adalah batang tebu. Dimana batang tebu ini sering dimanfaatkan dalam proses pembuatan gula. Bahkan air dari perasan batang tebu dapat dijadikan sebagai minuman yang menyegarkan yang dikenal dengan es tebu.

Saat ini banyak masyarakat yang berdagang Es tebu, selain bahan bakunya mudah didapatkan, menjual es tebu juga cukup mudah. Karena memang  minuman es tebu sejak dulu ini sudah diketahui banyak orang dan sudah sangat melekat di hati masyarakat indonesia.

Terkait akan hal ini maka minuman es tebu menjadi peluang usaha yang menarik yang sangat diminati karena banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Mesin peras tebu sangat menguntungkan jika dilihat dari segi waktu, karena bisa menghasilkan sari tebu secara cepat. Selain itu, manfaat lain yang diperoleh dengan menggunakan mesin peras tebu dari, yaitu:

  • Penggunaan mesin yang bisa menyesuaikan kebutuhan karena mesin bisa di-upgrade.
  • Sari tebu yang dihasilkan akan lebih jernih, murni, dan higienis.
  • Bisa menghemat biaya investasi karena harga jual mesin peras tebu relatif terjangkau dan terbuat dari material berkualitas, yaitu stainless steel, sehingga memiliki umur pakai yang lama.
  • Menekan pada biaya operasional, seperti biaya untuk membayar tenaga kerja dan biaya perawatan mesin.

jual mesin peras tebu

Usaha Es Tebu

Es tebu bisa menjadi minuman yang sangat segar karena dibuat dari bahan tebu alami. Dalam proses pembuatannya tidaklah sulit karena bahan yang dibutuhkan hanyalah tebu berkualitas.

Bahan tebu ini bisa diperoleh dari perkebunan tebu, Anda bisa bekerjasama dengan petani tebu untuk mendapatkan tebu yang berkualitas.

Bisnis es tebu ini menjadi bisnis yang memiliki keuntungan dan prospek yang tinggi. Dalam menjalankan bisnis tidak membutuhkan modal yang besar namun bisa balik modal secara cepat. Peminat es tebu yang banyak, juga bisa menjadi salah satu keuntungan bila menjalankan bisnis ini.

Dalam memulai usaha dari tebu anda tidak usah bingung karena modal yang dikeluarkan sangat terjangkau dan kecil yang merupakan salah satu kelebihan dari bisnis es tebu hijau ini.

Mesin pembuat es tebu hijau ini berjalan dengan jalan manual dan dapat dimiliki dengan harga hanya 2 sampai empat juta rupiah. Mesin tersebut tidak hanya dengan mesin pembuat es tebu hijau, tapi untuk menjalankan usaha ini kita juga membutuhkan sebuah gerobak atau booth.

Maka jika dijumlah perkiraan seluruh biaya awal dalam bisnis es tebu hijau adalah sekitar 10 juta rupiah saja.

Proses Pembuatan Es Tebu

Anda yang ingin memulai usaha es tebu tapi anda bingung bagaimana cara membuat es dari tebu, Cara membuatnya sangatlah mudah berikut ini solusinya.

  • Siapkan tebu dan potong potong dengan panjang 1 meteran.
  • Kupas dan bersihkan kulitnya
  • Giling dengan mesin pemeras (biasanya dilakukan berkali kali sampai air tebu benar benar kering)
  • Setelah itu airnya disaring.
  • Tambahkan es batu dan air es tebu sudah siap di nikmati, atau di bungkus dengan plastik.
  • anda juga bisa menambahkan sirup jika mau (opsional).

Manfaat Minum Air Tebu Bagi Kesehatan

jual mesin peras tebu

 

Minuman sari tebu memiliki banyak benefit bagi tubuh. Beberapa manfaat tebu yang patut Anda ketahui adalah:

  • Bernutrisi Tinggi

Kandungan mineral dan nutrisi di dalam segelas air tebu mudah diserap oleh sel-sel tubuh. Mineral berupa kalium, kalsium, fosfor, zat besi, hingga magnesium, diketahui mampu memulihkan kondisi tubuh yang lemah. Khususnya bagi mereka yang berada dalam masa penyembuhan seusai mengalami demam atau sakit karena penurunan imunitas tubuh.

  • Mengobati Infeksi Pencernaan

Terjadinya infeksi akibat kekurangan asupan kalium dapat mengganggu sistem pencernaan Anda. Tingginya kandungan kalium di dalam segelas tebu, diduga ampuh untuk menyembuhkan infeksi. Utamanya untuk kasus infeksi pada organ lambung.

Gangguan lain yang terjadi di bagian usus pun bisa diatasi oleh sari tebu. Kondisi berupa sembelit atau bahkan diare, dapat diatasi dengan meminum air tebu secara berkala.

  • Cocok untuk Penderita Diabetes

Rasa manis dari tebu tidak membahayakan kesehatan dari penderita diabetes. Kandungan glukosa pada air tebu diketahui aman dan tidak akan menyebabkan peningkatan kadar gula di dalam darah.

  • Mengobati Gangguan Fungsi Hati

Gangguan fungsi hati menyebabkan kadar bilirubin akan meningkat di dalam darah si penderita. Akibatnya, pigmentasi kulit tubuh tampak berwarna kuning. Kondisi ini bisa diatasi dengan mengonsumsi air tebu secara rutin.

  • Menghidrasi Tubuh

Kombinasi dari beberapa mineral esensial untuk tubuh ada di dalam segelas air tebu. Meminumnya di saat tubuh mengalami dehidrasi, akan membantu sel-sel tubuh menyerap air dan mineral dengan cepat. Tubuh pun akan terhidrasi kembali.

  • Mencegah Kanker

Sifat alkali pada air tebu membuatnya sebagai salah satu minuman yang bersifat antikanker. Dengan meminum air tebu secara berkala, Anda bisa menghindarkan potensi berkembangnya sel-sel kanker. Bahkan, sari tebu juga bisa menjadi salah satu treatment bagi penderita kanker.

Manfaat Tebu Dari Segi Industri

  •  Bahan Pokok Pembuatan Gula

Seperti yang sudah anda ketahui, tebu kebanyakan dipasarkan dalam bentuk gula kristal curah. Langkah pertama bahan mentah dihancurkan dan diperas, sarinya dikumpulkan dan disaring, cairan yang terbentuk kemudian ditambahkan bahan tambahan (biasanya menggunakan kalsium oksida) untuk menghilangkan ketidakmurnian.

Campuran tersebut kemudian diputihkan dengan belerang dioksida. Campuran yang sudah terbentuk kemudian dididihkan, endapan dan sampah yang mengambang kemudian dapat dipisahkan.

Setelah cukup murni, cairan didinginkan dan dikristalkan (biasanya sambil diaduk) untuk memproduksi gula yang dapat dituang ke cetakan.

Tidak hanya pembuatan gula dalam bentuk kristal, akan tetapi juga dalam bentuk gula batu. Gula batu adalah gula dari tebu yang tidak melalui tahap kristalisasi. Gula kotak atau gula balok adalah gula kristal lembut yang dipres dalam bentuk dadu.

  • Bahan Pembuat Kertas

Dalam proses pembuatan tebu menjadi gula menghasilkan cukup banyak ampas. Pada saat ampas tersebut dibakar, bagian dari tebu tersebut menjadi tidak berguna. Kini telah ditemukan berbagai solusi pemanfaatan ampas tebu.

Salah satu contohnya dalam memanfaatkannya adalah membuat kertas dari ampas tebu. Selama ini sisadari ampas batang tebu hanya dijadikan bahan bakar pabrik gula. Tapi sekarang ada teknologi menjadikan ampas tebu tadi sebagai bahan baku membuat kertas waterproof yang setelah tidak berguna dapat hancur melalui proses pembusukan.

Penemuan ini terjadi di Australia. Melalui proses bio-engineering, kalau sudah tidak terpakai, tidak perlu dimasukkan ke incinerator, tapi cukup dibawa ke tempat pembuangan sampah biasa nanti akan hancur dengan sendirinya dimakan bakteri. Atau bisa didaur ulang kembali menjadi kertas dan karton waterproof.

Kata Doherty, potensi dari biomassa tebu sangat luar biasa untuk mendongkrak industri gula, “Apa yang sudah kita capai baru sebagian saja mengungkap kegunaan industri gula. Selama ini ribuan ton ampas tebu kita bakar begitu saja yang hanya menambah pencemaran udara.”

“Padahal sisa dari ampas tebu  dapat kita jadikan karton waterproof yang sangat diperlukan untuk industri packaging yang punya nilai komersial tinggi”, kata Doherty.

  • Pembangkit Listrik

Kebutuhan energi listrik di pabrik gula dapat dipenuhi dari sebagian ampas dari gilingan tebu akhir. Sebagai bahan bakar, jumlah ampas dari sisa gilingan adalah sekitar 30% berat tebu dengan kadar air sekitar 50%.

Berdasarkan bahan kering, ampas tebu terdiri dari unsur C (karbon) 47%, H (hidrogen) 6,5%, O (oksigen) 44% dan Ash (abu) 2,5%. Dari rumus Pritzelwitz (Hugot, 1986) tiap kilogram ampas dengan kandungan gula sekitar 2,5% akan memiliki kalor sebesar 1825 kkal. Nilai bakar akan meningkat dengan menurunnya kadar air dan gula dalam ampas.

Jika menerapkan teknologi pengeringan ampas, yang memanfaatkan energi panas dari gas buang cerobong ketel, dimana kadar air ampas turun menjadi 40% akan meningkatkan nilai bakar per kg ampas hingga 2305 kkal.

Sehingga penggunaan bahan bakar ketel di pabrik gula dapat meningkatkan produksi uap sekitar 10%. Dari segi pemanfaatan energi ampas secara optimal, teknologi pengeringan tersebut telah banyak diandalkan oleh banyak pabrik gula di luar negeri.

Semakin meningkatnya kebutuhan gula nasional, produksi tebu giling akan terus dipacu sehingga akan meningkatkan kelebihan ampas. Dengan menggunakan bahan bakar dari ampas tebu, pabrik gula mempunyai peluang yang besar untuk menghasilkan tenaga listrik.

Dibanding dari sumber energi listrik yang lain. Kontinuitas tenaga listrik dari ampas dapat lebih terjamin karena ampas bersifat terbaharui , dan harganya akan menjadi lebih murah. Sementara bahan bakar dari fosil seperti minyak bumi, gas alam, dan batu bara akan semakin langka dan mahal.

Demikian tadi mengenai jual mesin peras tebu dan peluang usaha yang dicapai. Semoga bermanfaat.