Pada kali ini saya akan membahas tentang 8 kopi khas indonesia. selain kaya berbagai rempah- rempah Indonesia juga  berhasil  sukses dalam  beragam kopi nikmat yang mendunia dengan mudah jual alat pembuat kopi.

Jadi kenikmatannya juga diakui nggak cuman di dalam negeri, tapi juga di luar negeri Apa aja sih kopi khas indonesia? Penasaran kan?Oke langsung saja  simak 8 jenis kopi khas indonesia. 

  8 Kopi Khas Indonesia yang mendunia

1. Kopi Arabika Gayo, Aceh,  Kopi Khas Indonesia

Kopi Khas Indonesia

Saat ini di Aceh terkenal akan dua jenis kopi yang di budidayakan adalah kopi Robusta dan kopi arabika Dua jenis kopi gayo yang sangat terkenal yaitu kopi Arabika Gayo Arabika dan kopi Robusta Ulee Kareeng.

Untuk kopi berjenis Arabika umumnya dibudidayakan di wilayah dataran tinggi “Tanah Gayo”, Aceh Tenggara, dan Gayo Lues,

sedangkan di Kabupaten Pidie wilayah Tangse dan Geumpang dan Aceh Barat lebih dominan dikembangkan oleh masyarakat disini berupa kopi jenis Robusta.

Kopi Arabika sedikit besar dan berwarna hijau gelap, daunnya berbentuk oval, ketinggian pohon mencapai 7 meter. Namun di perkebunan kopi, ketinggian pohon ini dijaga agar berkisar 2-3 meter.

Tujuannya agar mudah saat di panen. Pohon kopi arabika mulai produksi buah pertamanya dalam tiga tahun. Lazimnya dahan tumbuh dari batang dengan panjang berkisar 15 cm.

Dedaunan yang diatas lebih muda warnanya karena sinar matahari sedangkan dibawahnya lebih gelap. Tiap batang menampung 10-15 rangkaian bunga kecil yang akan menjadi buah kopi.

9 MANFAAAT DARI KOPI ARABIKA GAYO:

1. Menjaga Kesehatan Hati

Banyak peneliti yang telah membuktikan bahwa kandungan kefein yang berada di dalam kopi ini bisa membantu dalam regulasi hati.

penelitian yang terbaru telah menemukan meminum kopi setiap hari secara teratur bisa menurunkan risiko terkenanya penyakit PSC yang bisa membuat sirosis hati, gagal hati dan juga kanker.

2. Mencegah Depresi

Kopi ini sebuah minuman yang sangatlah baik dan hanyalah memiliki depresi rendah dibandingkan dengan orang yang jarang mengonsumsi kopi.

Tentu, bagi anda yang ingin tetap rileks dan juga ingin mencegah terjadinya depresi, sangat disarankan untukselalu mengonsumsi kopi, terutama minumlah kopi aceh gayo ini.

3. Meningkatkan Stamina

khasiat kopi arabika gayo lainnya sangatlah berguna untuk meningkatkan stamina.

Bukanlah sebuah rahasia lagi jika kandungan kafein yang telah ada pada kopi ini memiliki manfaat yang berguna untuk meningkatkan stamina tubuh.

Kandungan ini bisa digunakan untuk kandungan yang bisa menambah stamina dengan alami.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer

Penyakit alzheimer ini merupakan sebuah penyakit yang bisa membuat seseorang mengalami penurunan gaya ingat.

Untuk memperkuat ingatan kembali agar menjadi tajam, anda bisa disarankan untuk meminum kopi ini secara rutin,

salah satunya kopi Arabika Aceh Gayo yang sangat baik sekali untuk mencegah terkenanya penyakit alzheimer.

5. Mencegah Penyakit Parkinson

Selain penyakit alzheimer, parkinson juga merupakan penyakit yang populer yang disebabkan oleh degradasi dari fungsi saraf.

Untuk mengatasi hal seperti ini, meminum kopi secara rutin bisa meningkatkan perlindungan pada penyakit parkinson yang sangatlah tidak baik bagi kesehatan tubuh.

6. Mengurangi Risiko Diabetes

salah satu Majalah Science Daily telah mengatakan bahwa seorang yang mengonsumsi 4 cangkir kopi dalam sehari bisa membantu menurunkan risiko terkena penyakit diabetes

2 Hal ini merupakan berkat dari kandungan asam klorogenik dan juga alkaloid yang sangatlah membantu sekali dalam menurunkan penyerapan glukosa yang ada pada tubuh.

7. Mencegah Kanker Kulit

Selain menjadikan untuk mood booster, kopi juga sangatlah baik sekali untuk anda konsumsi agar bisa mencegah kanker kulit.

Kandungan antioksidan yang ada pada tubuh ini nantinya akan membantu menekan risiko terkena gejala kanker.

Sebuah penelitian dilakukan di Jepang telah membuktikan bahwa seorang wanita yang mengonsumsi kopi 2 kali sehari bisa menurunkan risiko terkena kanker usus sebanyak 25 persen.

8. Meningkatkan Kinerja Fisik

Kopi memiliki kandungan kafein yang bisa membantu anda dalam merangsang sistem saraf dan berguna mengirim sinyal kepada sel-sel lemak untuk memecahkan lemak di dalam tubuh.

tetapi kafein juga akan meningkatkan epinefrin atau adrenalin di dalam darah.

Hal ini yang merupakan sebuah hormon yang telah dirancang untuk menjadikan tubuh kita tetap siap untuk melakukan aktivitas apapun.

9. Menurunkan Risiko Stroke

Khasiat kopi arabika aceh gayo yang lain juga mampu meningkatkan tekanan darah yang biasanya terus berkurang dengan berjalannya waktu.

Bagi anda peminum kopi biasanya tercegah dari masalah penyakit jantung, tetapi anda tidak akan memiliki risiko untuk terkena penyakit seperti stroke.

2. Kopi Liberika Rangsang Meranti, Riau,  Kopi Khas Indonesia

Kepulauan Meranti adalah kabupaten yang dikenal sebagai daerah penghasil komoditas Sagu terbesar ke-dua di Indonesia.

Daerah yang berletak di geografis berbatasan langsung dengan negara jiran Malaysia itu, juga dikenal dengan daerah penghasil kopi Liberika.

Masyarakat Kabupaten pulau Meranti, pada awalnya mengenal kopi Liberika dengan sebutan nama kopi Sempian.

kopi berjenis ini banyak terdapat di Desa Kedaburapat, Kecamatan Rangsang Pesisir, Kabupaten Kepulauan Meranti, provinsi Riau.

kopi Liberika dari pulau Meranti telah menyabet sertifikasi Indikator Gegrafis (IG),

dan dinyatakan sebagai salah satu hasil pertanian terbaik oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Nasional RI.

Kopi ini populer di Malaysia dan Singapura dengan 2 negara tujuan ekspor terbesar.

 

3. Kopi Arabika Flores Bajawa, Kopi Khas Indonesia

Kopi Khas Indonesia

Bajawa adalah daerah di Flores, Nusa Tenggara Timur. Di Flores ada 2 daerah dengan penghasil kopi terbesar yaitu Bajawa dan Manggarai.

Dari penelitian yang kami lakukan, kopi Bajawa memiliki kualitas yang sangat baik dari Manggarai,

oleh karena itu kami memutuskan menjual Kopi Arabika Flores Bajawa sebagai salah satu varian kopi Arabika dari kawasan Bajawa, Flores, Nusa Tenggara Timur,

punya rasa yang berdominan cokelat dan vanili dengan after taste yang sedikit nutty.

Amerika adalah negara yang bertujuan sebagian besar ekspor kosmoditas kopi Flores Bajawa.

4.Kopi Arabika Java Ijen Raung, Kopi Khas Indonesia

Kopi Khas Indonesia

1 kontainer kopi Java Ijen Raung khas Bondowoso pertama kali diekspor pada tahun 2011, tapi popularitasnya di luar negeri saat ini bertambah banyak.

Hingga tahun 2016, Indonesia berhasil mengekspor 43 kontainer atau setara dengan 858,91 ton kopi.

Kopi Java Ijen Raung mempunyai ciri khas unik yakni rasanya sedikit pedas dengan aroma bunga hutan. Tingkat keasamanya sedang, tapi cenderung ke asam Jawa dari pada citrus.

5.  Kopi Lanang kopi khas indonesia

Terciptanya kopi lanang karena pada biji kopi lanang ini terbentuk bulat, tunggal serta tidak adanya belahan tengah seperti pada biji kopi pada umumnya.

Dan memang betul bahwa kopi ini salah satu manfaatnya adalah menambah vitalitas pria.

jangan heran jika kopi ini harganya lebih mahal dari kopi lainnya.

Kopi berjenis ini bisa menghasilkan kopi lanang robusta dan kopi lanang arabika.

Kopi ini sangat populer di jaman pemerintah Belanda.

Kamu wajib mencoba kopi lanang ini untuk mencoba khasiatnya.

6.Kopi Wamena,Papua

Kopi Khas Indonesia

Kopi Wamena tumbuh subur di pegunungan wamena dan menjadi salah 1 penghasil kopi indonesia.

Mempunyai aroma yang khas dan mempunyai ciri khas harum di setiap biji kopinya adalah karakter kopi wamena.

kopi Arabika Wamena merupakan varietas dari India. kopi ini sering bersama salah satu kopi ternikmat di dunia, Jamaica Blue Mountain.

Nggak heran kalau Dari sederet jenis kopi di Indonesia seperti Aceh Gayo, Lintong, Mandheling, hingga Luwak, Arabika Wamena adalah paling dicari lho!

7.Kopi Mandheling Lake Toba, Kopi Khas Indonesia

Negara Indonesia merupakan salah 1 negara penghasil kopi terbaik dengan kualitas yang baik serta cita rasa yang unik dan kopi Mandheling lake toba adalah salah satunya.

Kita sebagai bangsa Indonesia tentu harus bangga dengan kualitas jenis kopi yang memiliki berbagai macam cita rasa yang enak. Jenis kopi ini berasal dari sebuah wilayah yang bernama Mandheling.

Nama kopi berjenis ini merupakan salah 1 nama kopi yang terkenal di wilayah seputar danau toba.

Jenis kopi ini menyebar di berbagai wilayah dari daerah Dairi (Sidikalang), Karo (Brastagi), Humbang Hasundutan (Lintong), Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Toba Tamosir .

Jenis kopi Arabica Mandheling ini telah terkenal di dunia sejak tahun 1878. Kopi ini juga dikenal dapat tumbuh dengan baik di ketinggian 1200 kaki di atas permukaan laut.

Untuk saat ini, jenis kopi ini berada di Dataran Tinggi Gayo dan Lintong Nihuta. Jenis kopi indonesia Mandheling Lake Toba ini telah menjadi brand tersendiri di wilayah ini. tentang cara membuat resep es kopi susu kekinian

8. Kopi Toraja

Toraja adalah daerah pegunungan yang dihuni oleh kelompok etnis Toraja. Seperti kebanyakan di Indonesia, ini adalah lokasi yang basah dan lembab.

Wilayah yang terletak di Sulawesi selatan ini mempunyai letak geografis area pegunungan yang sangat cocok untuk pengembangan budidaya kopi dengan kualitas yang sangat prima.

Hal tersebut sudah diketahui sejak penjajahan Belanda ratusan tahun silam. Wilayah Toraja juga dikenal sebagai wilayah yang mempunyai budaya dengan pesona indah yang tidak ditemukan di wilayah Indonesia lainnya.

Disamping itu wilayah ini sangat terkenal dengan penghasil kopi dengan aroma yang wangi ,memikat selera para penikmat kopi dengan selera tinggi.

Toraja adalah salah 1 kota penghasil kopi arabika di Indonesia.

Berlokasi di bagian selatan dari Pulau Sulawesi yang didominasi dengan kontur dataran tinggi berupa pegunungan dengan ketinggian lebih dari 1.200 mdpl .

Berjenis tanah endapan liat/marine memberikan satu keunggulan yang mampu membuat kualitas kopi dari Tanah Toraja memiliki keunikan dari segi karakteristik rasa dan aroma.

beberapa Negara yang sangat suka dengan kopi toraja seperti terutama Jepang, nggak heran kalau kopi toraja kini sudah dipatenkan di jepang oleh perusahaan bernama Key Coffe di tahun 2005.

Di Jepang kopi toraja mereka anggap sebagai barang yang mewah, sekitar 40 persen kopi yang menyebar di Jepang adalah kopi Toraja.

Penikmat kopi toraja dinegara matahari terbit ini berasal dari kalangan orang yang berkecukupan karena untuk membeli segelas kopi toraja mereka harus membayar dengan harga cukup mahal.

Toraja adalah daerah pegunungan yang dihuni oleh kelompok etnis Toraja. Seperti kebanyakan di Indonesia, ini adalah lokasi yang basah dan lembab..

Bagi anda yang sedang berkunjung ke Tanah Toraja terutama di Rantepao tidak terasa lengkap rasanya jika kunjungan tersebut tidak disempurnakan dengan menikmati kopi arabika asli toraja.

Diberbagai indonesia banyak perkembangan kopi dari Kopi Khas Indonesia dan Kopi Tradisional Indonesia

Demikian yang bisa saya sampaikan, apabila ada salah kata dan kekurangan dalam artikel saya, saya mohon maaf, dan jangan bosan dengan artikel ku ini.

Dan tak lupa juga kepada yang sudah membaca artikel aku ini semoga selalu setia di artikel aku ini. Sekian dan terimakasih.