Halo sahabat semuanya, pada artikel kali ini saya akan memberikan kalian informasi beserta tutorial atau langkah langkah resep nasi briyani sederhana dan simpel. Wah bukannya membuat resep nasi briyani biasanya ribet ya? tenang aja sahabat resep nasi briyani kali ini sangat sederhana sekali karena kita akan menggunakan rice cooker.

Selain digunakan untuk membuat nasi briyani ternyata rice cooker juga bisa digunakan untuk membuat nasi kuning, nasi  bahkan juga bisa digunakan untuk cara memasak nasi merah juga loh.. wah keren banget ya. Pada artikel ini saya akan memberikan 2 resep nasi briyani sederhana dan simpel, jadi resep yang pertama yaitu nasi briyani ayam sederhana dan resep yang kedua yaitu resep nasi briyani kambing sederhana.

Wah udah kebayang belum kenikmatan nasi briyani nya, pasti penasaran banget kan dengan rasanya .Sebelum ke resep nasi briyani sederhana dan simpel, yuk kita cari tahu terlebih dahulu apa sih nasi briyani itu? Langsung saja ke Filosofi Nasi Briyani, simak terus ya.

 

Apa Sih Nasi Briyani Itu?

Oh ya sebelum itu ternyata nasi briyani juga memiliki julukan lain loh seperti nasi briyani, nasi briyani, nasi briani dan  nasi beriani. Nasi briyani merupakan sebuah hidangan berupa nasi (biasanya menggunakan beras basmati)  yang di masak dengan berbagai rempah rempah kemudian ditambahkan dengan daging (bisa daging ayam, kambing, udang, sapi) atau berbagai sayuran.

Hidangan yang satu ini berasal dari Asia Selatan (Pakistan dan India). Di Indonesia sendiri dan di Malaysia, hidangan ini disebut dengan tambahan nasi (nasi briyani, nasi briyani, nasi briani atau nasii beriani). Nama hidangan nasi briyani ini berasak dari bahasa persia, beryā(n) (بریان) yang berarti panggang atau goreng. Pada zaman dahulu, beras digoreng di dalam air bersama dengan rempah rempah hingga setengah matang. 

 

Sejarah Dan Filosofi Nasi Briyani

Briyani merupakan sebuah  hidangan tradisional yang dimasak pada momen-momen tertentu seperti perayaan hari besar. Briyani memiliki keistimewaan yaitu terletak pada aroma rempah-rempah, masala, dan rasa pedasnya yang unik. Setiap regional maupun daerah di India maupun Pakistan memiliki gaya memasak berbeda. Tidak ada penggunaan air mawar atau kewra, seperti yang biasa digunakan di sebagian besar hidangan Mughlai.

Tetapi, Awadhi Dum Briyani diharap-harapkan menjadi cikal bakal nasi briyani yang masih sering kita temui hingga saat ini. Hidangan tersebut ditemukan pada masa Shuja-ud-Daula. Suksesornya Asaf-ud-Daula yang memerintah pada tahun 1750-an. beliau menghabiskan banyak uang untuk mengolah beragam hidangan lezat karena terpukau dengan kelezatan nasi briyani.

Setidaknya lebih dari 12 lusin dapur di kerajaan dan ratusan koki diminta untuk menyiapkan ratusan makanan. Dari hal tersebut terciptalah varietas Awadhi Briyani dari eskperimen panjang para koki berpengalaman. Setelah satu abad, Wajid Ali Shah turun dari takhtanya, dan dikirim ke Calcutta oleh kaum imperialis.

Rombongannya ternyata membawa serta resep Awadhi Briyani, hingga akhirnya tercipta Calcutta Briyani dengan ciri khas potongan kentang berukuran besar sebagai campuran utamanya. Tidak ada bukti otentik apakah penggunaan kentang di sini digunakan untuk mengakali kenaikkan harga daging. Pasalnya, pada saat itu, olahan Calcutta Briyani memang didominasi potongan kentang daripada daging kambing.

Jenis Jenis Nasi Briyani

Wah tenyata nasi briyani ada banyak jenisnya loh. Meskipun jenisnya sangat banyak tetapi rasanya enak semuanya loh, mantul pastinya. Penasaran kan apa saja jenis jenis dari nasi briyani? yuk simak terus ya.

1. Briyani Awadh

Briyani adalah makanan khas Lucknow. Briyani awadh atau bisa disebut briyani lucknow tergolong pakki briyani (pakki berarti matang). Daging dan nasi dimasak terpisah sebelum dicampur di dalam panci tertutup dan dipanggang. Daging ditumis lebih dulu bersama rempah-rempah di dalam minyak samin sebelum dimasak di dalam air hingga matang.

Air kaldu dipisahkan karena dipakai untuk memasak beras yang sudah digoreng sebentar di dalam minyak samin. Setelah matang, nasi dicampur bersama daging di dalam panci (handi) tertutup dan dimasak di atas api kecil.

2. Briyani Hyderabad

Nasi briyani yang non vegetarian atau bukan untuk pemakan sayur saja, Hyderabad dikenal di seluruh India. Daging yang dipakai adalah daging kambing atau daging ayam. Terkadang, Potongan kentang dimasak bersama daging. Berdasarkan cara memasaknya, briyani dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu pakki briyani dan kacchi briyani.

Daging untuk pakki briyani dimasak terpisah sampai matang sebelum dimasak bersama dengan beras di dalam panci tertutup. Daging untuk kacchi briyani (kacchi memiliki arti mentah) hanya direndam di dalam campuran yogurt dan rempah-rempah sebelum diletakkan di dasar panci dan dimasak bersama nasi yang sudah direbus hingga setengah matang.

3. Briyani Iran

Proses dari briyani iran hampir mirip dengan nasi briyani lainnya hanya saja terdapat tambahan bahan utama pada nasi briyani khas Iran ialah menggunakan paru-paru kambing yang direbus terlebih dahulu kemudian baru dipanggang di atas wajan sebagai campuran nasi briyani.

Cara menikmati briyani Iranian pun cukup unik, yaitu dinikmati dengan roti nan e sngak atau nan e taftton. Namun di Iran sendiri, nasi briyani lebih dikenal dengan nama dan pukhtak.

4. Briyani Malabar

Nasi briyani ayam dari daerah Malabar Utara dikenal di luar Malabar sebagai briyani malabar. Ciri khas briyani malabar tidak telalu banyak rempah, namun dimasak dengan cara dum pukht. Briyani malabar konon diperkenalkan di Kerala oleh pedagang dari Timur Tengah. Briyani malabar biasanya dimakan bersama raita berisi bawang bombay dan tomat. Minuman sewaktu makan briyani malabar adalah teh lemon yang disebut suleimani.

5. Briyani Lahore Atau Sindh

Briyani sindh adalah variasi briyani Pakistan. Briyani pakistan terutama briyani yang memakai daging ayam adalah makanan populer di Karachi dan Lahore. Briyani ayam ala Pakistan sangat mirip dengan briyani Lahore, namun memasukkan unsur-unsur briyani Sindh seperti pemakaian kentang.

6. Briyani Sri Lanka

Daging yang dipakai adalah daging ayam, sapi, atau kambing. Di Sri Lanka, briyani populer di kalangan penduduk beragama Islam. Hidangan sampingan sewaktu makan nasi briyani di Sri Langka adalah acchar, kari kacang mete, dan sambol daun mint.

7. Briyani Tahiri

Nasi briyani ini merupakan Versi vegetarian (pemakan sayur) disebut Tahiri. Briyani tahiri ini sangat populer sebagai masakan rumah di India dan Pakistan. Di Bangladesh, Tehri berarti briyani yang memakai daging. Briyani Tahiri ini biasanya tidak pakai daging dan biasa hanya pakai kentang untuk pengganti daging. Briyani versi ini biasanya untuk umat Hindu yang tidak makan daging-dagingan.

8. Briyani Di Asia Tenggara

Di negara Myanmar, briyani memiliki julukan yaitu danpauk. Semuanya berasal dari bahasa Persia, dam pukht. Berbeda dengan briyani yang lain beras yang dipakai bukan beras basmati, tetapi beras khusus yang ditanam di dalam negeri. Bahan-bahan briyani berupa daging ayam, kacang mete, yogurt, kismis, kacang-kacangan, cengkih, kayu manis, safron, dan daun salam koja.

Briyani dihidangkan bersama salad irisan bawang bombay dan mentimun. Di Yangon terdapat rumah makan berantai yang secara khusus menyediakan nasi briyani.

Di Thailand, briyani dipopulerkan oleh komunitas muslim Thai yang menyebutnya khao mok. Daging yang dipakai adalah daging ayam, daging sapi, atau daging kambing.

Di Indonesia briyani sering disamakan dengan nasi kebuli.

Perbedaan Nasi Briyani Dan Nasi Kebuli

Nah ternyata banyak lo yang menganggap Nasi Briyani dan Nasi Kebuli itu sama, padahal berbeda lo sahabat. Nah sebelum ke resep nasi briyani sederhana dan simpel kita akan membahas terlebih dahulu, apa sih perbedaan dari nasi briyani dan nasi kebuli. Jangan sampai tertukar dan salah tangkep lo sahabat. Yuk mari kita simak perbedaannya.

Nasi Kebuli 

Nasi kebuli merupakan sebuah hidangan nasi berbumbu yang memiliki rasa yang gurih dan ditemukan di Indonesia. Nasi kebuli ini diolah bersama dengan susu kambing, kuah kaldu daging kambing, dan minyak samin, disajikan dengan potongan potongan daging kambing goreng,bawang goreng dan biasanya juga ditaburi dengan irisan kurma atau bahkan kismis.

Nasi kebuli ini populer di kalangan warga Betawi di Jakarta dan warga keturunan Arab di Indonesia. Nasi kebuli memang olahan nasi yang tentunya menggunakan bahan utama beras. Di restoran yang menyediakan menu ini biasanya mereka menggunakan beras biasa atau beras basmati. Rahasia resep nasi kebuli ayam adalah dengan menggunakan beras basmati yang memang didatangkan langsung dari Pakistan atau India.

Beras basmati memiliki aroma yang sangat harum saat dimasak dan memiliki bulir yang lebih panjang dibandingkan dengan beras biasa. Lebih dari itu, beras basmati juga memiliki kandungan baik yang bermanfaat untuk proses diet seperti mineral, protein, karbohidrat dan vitamin.

Nasi Briyani

Seperti yang sudah dijelaskan di atas pada bagian Apa Sih Nasi Briyani Itu? Nasi briyani merupakan sebuah hidangan berupa nasi (biasanya menggunakan beras basmati)  yang di masak dengan berbagai rempah rempah kemudian ditambahkan dengan daging (bisa daging ayam, kambing, udang, sapi) atau berbagai sayuran.

Hidangan yang satu ini berasal dari Asia Selatan (Pakistan dan India). Di Indonesia sendiri dan di Malaysia, hidangan ini disebut dengan tambahan nasi (nasi briyani, nasi briyani, nasi briani atau nasii beriani). Nama hidangan nasi briyani ini berasak dari bahasa persia, beryā(n) (بریان) yang berarti panggang atau goreng. Pada zaman dahulu, beras digoreng di dalam air bersama dengan rempah rempah hingga setengah matang.

Resep Nasi Briyani Sederhana Dan Simpel

resep nasi briyaniWah ini dia yang kalian tunggu tunggu yaitu resep nasi briyani sederhana dan simpel.Oh ya jadi resepnya ada 2 loh , jadi resep yang pertama yaitu nasi briyani ayam sederhana dan resep yang kedua yaitu resep nasi briyani kambing sederhana. Yuk langsung saja ke resep yang pertama, simak terus ya sahabat.

1. Resep Nasi Briyani Sederhana Dan Simpel (Kambing)

Nah kali ini saya akan menggunakan Rice Cooker Besar untuk bikin Resep Nasi Briyani Sederhana Dan Simpel (Kambing) dengan porsi jumbo

Bahan-Bahan Resep Nasi Briyani (Kambing)

  • 1/2 kg nasi basmati
  • 1/4 kg daging kambing
  • 1 sendok teh garam
  • 1 buah nanas
  • 2 sendok makan gula
  • 1 batang serai
  • 5 biji cengkeh
  • 2 lembar daun salam
  • 5 biji kapulaga
  • 1 batang kayu manis
  • 1/2 sendok teh jinten
  • 1 ruas jempol besar kunyit
  • 1/2 sendok teh merica
  • 1 ruas jari jahe
  • 1/2 sendok teh lada hitam
  • 1/4 sendok teh ketumbar
  • 2 buah tomat
  • 4 biji cabe keriting
  • 1 buah bawang bombay
  • 5 siang bawang putih
  • 1 sendok makan Minyak zaitun
  • 2 biji cabe hijau
  • 1 sendok makan margarin
  • 2 liter air

Langkah-Langkah Resep Nasi Briyani (Kambing)

  1. Cuci bilas beras basmati dan Rendam beras basmati selama 20 menit
  2. Haluskan bumbu : bawang putih, kunyit, gula garam, jahe, jinten, lada hitam, merica, ketumbar.
  3. Potong2 Bombay, dan tomat. Tumis bumbu halus beserta Bombay dan tomat, masukkan daun salam, cengkeh, kapulaga, serai geprek dengan margarin dan minyak zaitun
  4. Marinasi daging kambing yang telah dipotong kecil-kecil dengan nanas selama 10 menit. Kemudian masukkan dalam tumisan bumbu dan tambahkan air, masak dengan api kecil selama 1/2 jam
  5. Masukkan beras basmati dan tumisan bumbu Daging kedalam magic com
  6. Setelah nasinya sudah matang, nasi briyaninya sudah bisa disantap. Selamat Mencoba 🙂

2. Resep Nasi Briyani Sederhana Dan Simpel (Ayam)

Bahan Bahan Resep Nasi Briyani (Ayam)

  • 800 gr beras basmati
  • 8 cengkeh
  • 4 kapulaga
  • 1 kayu manis
  • acar sayur/acar nanas india

Bahan Bumbu Kari Ayam

  • 1 ekor ayam potong
  • 500 ml santan
  • 3 iris lemon
  • 5 kapulaga
  • 15 cengkeh
  • 2 kayu manis
  • 5 lembar salam koja / daun kari
  • 3 sdm bumbu curry baba’s
  • 4 cabai keriting merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 bawang bombay
  • 2 sdm margarine/mentega/wisman
  • secukupnya gula pasir
  • 2 sdm kunyit bubuk
  • secukupnya garam
  • bawang goreng
  • secukupnya kaldu bubuk

Langkah-Langkah Resep Nasi Briyani (Ayam)

  1. Siapkan semua bahannya.
  2. Cuci bersih ayamnya dan peras pakai perasan lemon supaya tidak amis.
  3. Cuci beras basmatinya dan rendam dengan air selama kurang lebih 30 menit.
  4. Blender kasar (jangan pakai air) cabe keriting dan bawang putih.
  5. Potong dadu bawang bombaynya.
  6. Panaskan margarin, masukkan kapulaga, cengkeh dan kayu manisnya. masak sampai agak harum.
  7. Setelah agak harum masukkan bawang bombay, masak sampai bawang bombay setengah matang.
  8. Masukkan ayam, masak ayam sampai agak kecoklatan sampai setengah matang.
  9. Setelah suda setengah mateng, masukkan cabai dan bawang putih yg sudah diblender tadi.
  10. Aduk dan biarkan sampai cabai dan bawang putihnya agak mateng.
  11. Masukkan kunyit bubuk, daun kari, dan bumbu baba’s currynya. aduk lagi sampai merata ke ayamnya.
  12. Setelah itu masukkan santan, aduk aduk lalu tutup.
  13. Siapkan di kompor sebelahnya, air panas dan masukkan cengkeh, kapulaga dan kayu manis, di rebus ya.
  14. Setelah di rebus masukkan beras basmati yg tadi uda di rendem (berasnya aja ya, air saringannya jangan). masak beras basmati sampai setengah matang.
  15. Masak berasnya harus sambil diaduk, dan sambil ditengok juga karinya aduk sesekali.
  16. Masak berasnya jangan lama-lama, sekitar 10 menit.
  17. Setelah berasnya diaron, angkat dan tiriskan. lanjut lagi ke kari ayamnya.
  18. Aduk kari ayam, tambahkan gula, garam, dan kaldu secukupnya,
  19. Diamkan kari sampai ayamnya matang, lalu matikan, beras yg tadi taro di wadah lain yg agak besar.
  20. Nyalakan kompor (api yg paling kecil) sambil di siram dengan kuah kari ayamnya. siram dengan kuah karinya agak banyak ya gais biar nasinya mateng.
  21. Diemin aja sesekali aduk tapi jangan terlalu sering aduk, nanti nasinya patah patah, kalau ga diaduk bawahnya gosong
  22. Masak terus nasinya, emang agak lama apalagi kalau banyak, bisa sampe 30 menitan masak nasinya. gapapa kalau kuah karinya sampai habis, nanti bisa bikin lagi
  23. Setelah matang sajikan di piring ditambah dengan ayam karinya, bawang goreng dan acar nya!

 

Resep Nasi Briyani Sederhana Dan Simpel

Wah gimana nih resep nasi briyani sederhana dan simpel? Gampang bukan, oh iya jika kalian tidak mempunyai rice cooker besar, kalian juga bisa loh menggunakan penanak nasi besar untuk membuat nasi kebuli ayam dengan porsi yang banyak. Kalian pasti sudah tidak sabar kan untuk mengikuti resep nasi briyani sederhana dan simpel ini, selamat mencoba sahabat.

 

Whatsapp Sekarang
Butuh Bantuan?
Halo! ada yang Bisa kami bantu