Kalian tentu sudah tidak asing lagi dengan Nasi Kuning bukan? Kalian pasti penasaran gimana sih resep nasi kuning yang wangi dan gurih? Yuk simak resep membuat nasi kuningnya pasti kalian tergoda.

 

Apa Sih Nasi Kuning Itu?

Nah… sebelum kalian belajar resep membuat nasi kuning yang wangi dan gurih. Kalian harus mencari terlebih dahulu , apa sih nasi kuning itu? Mari kita bahas lebih lanjut….

Menurut kutipan dari wikipedia.org yaitu :

Nasi kuning merupakan salah satu makanan khas Indonesia. Makanan ini terbuat dari beras yang dimasak bersama dengan kunyit serta santan serta rempah-rempah lainnya. Dengan ditambahkannya bumbu-santan dan bumbu, nasi kuning memiliki rasa yang lebih gurih dan wangi daripada nasi putih.

Nasi Kuning sendiri juga sering disajikan pada acara-acara tertentu, contohnya : syukuran, tumpengan, dan juga peristiwa-peristiwa gembira, seperti : tunangan, pernikahan, kelahiran, 17 agustusan, arisan, dan masih banyak lagi. Nasi kuning juga biasa disajikan dengan bermacam-macam lauk pauk khas Indonesia.

 

Filosofi Nasi Kuning

Ternyata Nasi Kuning memiliki arti dan makna tersendiri loh. Penasaran kan apa saja ya kira-kira? Mari kita bahas!

1. Warna Kuning Melambangkan Kemakmuran

Kuning diibaratkan sebagai warna emas. Warna emas sendiri melambangkan kekayaan dan kemakmuran. Jadi diharapkan dengan membuat nasi kuning maka akan lebih banyak kemakmuran, kesejahteraan, dan kekayaan yang bisa didapatkan.

2. Kerucut Tumpeng Melambangkan Gunung

Pastinya sudah tak asing dengan tumpeng nasi kuning bukan? Tumpeng yang berbentuk kerucut ini pun melambangkan gunung, sebab di pulau Jawa ada banyak sekali gunung berapi. Mengingat masyarakat Jawa juga memuliakan gunung, maka dengan membuat tumpeng diharapkan juga bisa membawa lebih banyak kemuliaan.

3. Bentuk Tumpeng Juga Bisa Melambangkan Komunikasi

Tumpeng nasi kuning juga kerap disajikan di acara pernikahan. Di sini, bentuk tumpeng yang kerucut melambangkan komunikasi. Tak hanya komunikasi antar pasangan tapi juga kepada Tuhan. Diharapkan ke depannya komunikasi bisa selalu berjalan dengan baik dan semua harapan dapat terkabul.

Menurut tradisi Di Indonesia warna nasi kuning bisa melambangkan gunung emas yang memiliki arti kekayaan, kemakmuran dan juga moral yang luhur. Maka dari itu nasi kuning biasanya disajikan pada peristiwa syukuran dan peristiwa-peristiwa yang gembira seperti kelahiran, pernikahan dan tunangan.

Sedangkan dalam tradisi di Bali, warna kuning merupakan salah satu dari empat warna keramat yang ada, disamping putih, merah dan hitam. oleh karena itu nasi kuning sering dijadikan sesaji atau sajian pada upacara kuningan.

 

Manfaat Nasi Kuning

Sebelum ke resep nasi kuning, kita cari tahu yuk manfaatnya. Selain aromanya yang wangi dan rasanya yang gurih. Nasi Kuning juga memiliki banyak manfaat loh. Penasaran? Yuk kita simak, Apa saja sih manfaat dari Nasi Kuning sendiri

1. Mencegah Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzeimer adalah suatu  kondisi kelainan yang ditandai dengan menurunnya daya ingat otak. Cara agar dapat mencegah hal tersebut, kalian bisa melakukan dengan cara banyak mengkonsumsi nasi kuning. Kandungan yang ada di dalamnya akan membantu mencegah penyakit alzheimer sehingga daya ingat kalian akan berfungsi dengan baik.

2. Meredakan Gejala Irritable Bowel Syndrome (IBS)

IBS atau Irritable Bowel Syndrome merupakan peradangan usus besar yang menyebabkan masalah BAB jangka panjang. Penelitian dari Singapura yang dimuat dalam Journal of Clinical Medicine tahun 2018 memperlihatkan kunyit mengurangi intensitas sakit perut yang disebabkan oleh gejala IBS.

3. Mengobati Sakit Perut (Maag)

Maag merupakan penyakit yang menyerang lambung ditandai dengan sakit, mulas, dan perih pada bagian perut. Cara agar dapat meredakan sakit perut atau maag dapat dilakukan dengan cara rutin untuk  mengkonsumsi nasi kuning ini sebagai menu sarapan pagi. Kandungan yang ada di dalamnya akan membantu meredakan rasa sakit akibat maag yang ada di perut.

4. Mencegah Diabetes

Penyakit diabetes disebabkan karena sering mengkonsumsi makanan manis dengan jumlah yang berlebihan. Cara agar dapat  dapat mencegahnya yaitu dengan cara rutin mengkonsumsi nasi kuning. Kandungan karbohidrat yang ada di dalamnya berperan penting untuk menurunkan kadar gula darah berlebih sehingga mencegah kalian dari resiko diabetes.

5. Menurunkan Berat Badan

Manfaat selain untuk mencegah diabetes, mengkonsumsi nasi kuning juga sangat bermanfaat menurunkan berat badan. Jika kalian ingin menurunkan berat badan maka bisa banyak mengkonsumsi makanan ini. Kandungan yang ada di dalamnya berkhasiat untuk melangsingkan tubuh. Oleh karena itu, kalian bisa mengkonsumsi makanan ini sebagai menu diet.

Manfaat Lainnya

Wah ternyata gak hanya lima loh manfaatnya, ada banyak sekali manfaat nasi kuning. Yuk kita simak lagi manfaat lain dari nasi kuning

1. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan yang ada dalam makanan ini bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Oleh karena itu, kalian bisa mengkonsumsinya untuk mencegah terjadinya kanker di masa depan.

2. Mengatasi Peradangan

Peradangan bisa disebabkan karena mengkonsumsi makanan yang pedas atau berminyak. Biasanya ditandai dengan rasa nyeri. Untuk mengatasinya, kalian bisa melakukan dengan banyak mengkonsumsi nasi kuning. Kandungan yang ada dalam makanan ini berguna untuk mengatasi peradangan dalam tubuh sehingga rasa nyeri akan berkurang.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Jika kalian mempunyai kadar kolesterol yang tinggi maka kalian bisa mengkonsumsi nasi kuning untuk menurunkannya. Kandungan yang ada dalam makanan ini terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol yang ada dalam tubuh. Hal inilah yang menjadikan baik untuk dikonsumsi.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Otak berfungsi untuk mengatur sebagian besar gerakan, perilaku dan juga fungsi tubuh. Untuk meningkatkan fungsi otak , hal yang dapat dilakukan yaitu dengan banyak mengkonsumsi nasi kuning. Kandungan nutrisi yang ada di dalamnya akan membantu otak agar dapat berfungsi secara maksimal.

5. Mengatasi Jerawat

Jerawat merupakan gangguan pada kulit yang ditandai dengan adanya benjolan merah pada permukaan wajah. Untuk mengatasi wajah yang berjerawat, kalian bisa melakukannya dengan rutin mengkonsumsi nasi kuning. Kandungan antioksidan yang ada di dalamnya bermanfaat untuk menghilangkan jerawat pada wajah kalian.

6. Mengobati Asma

Selain itu manfaat  dari mengkonsumsi nasi kuning terbukti mampu mengobati penyakit asma. Jika kalian termasuk penderita asma maka bisa rutin mengkonsumsi makanan ini sebagai menu pokok sarapan. Kandungan yang ada di dalamnya akan membantu melancarkan pernapasan sehingga kalian akan terhindar dari resiko asma.

 

Nasi Kuning Dalam Tradisi Indonesia

Kalian pasti sudah sering menjumpai nasi kuning kan. Karena nasi kuning sendiri juga sering disajikan pada acara-acara tertentu, seperti :

1. Hajatan

Hajatan adalah suatu rutinitas atau sebuah tradisi yang dilakukan oleh masyarakat asal Jawa sebagai suatu bentuk acara syukuran dengan mengundang beberapa tetangga atau kerabat. Biasanya pada saat hajatan terdapat tumpeng ditengah lalu dikelilingi masyarakat

2. Acara Ulang Tahun

Selain kue ulang tahun, nasi kuning sering juga sering kita jumpai pada saat kita datang ke acara ulang tahun. Nasi kuning adalah salah satu alternatif buat hidangan pada saat acara ulang tahun karena praktis dan mudah dibuat kalau malas membuat bisa menggunakan jasa cathering.

3. Lomba Saat 17 Agustusan

Nah kali ini ada yang beda loh, karena biasanya nasi kuning dihidangkan tetapi kali ini untuk dilombakan tetapi pada akhirnya juga dimakan sih. Jadi biasanya pada saat 17 Agustus terdapat lomba yaitu menghias tumpeng. Wah kedengerannya asik banget ya, selain kita menikmati tumpengnya kita juga bisa menghias tumpeng sesuai kreasi yang kita mau loh.

4. Pernikahan

Selain menyajikan nasi putih biasanya pada saat acara pernikahan terdapat nasi kuning juga.Sudah tidak jarang lagi kita menemukan nasi kuning di pernikahan karena makanan pada saat acara pernikahanpun sangat beragam.

5. Arisan

Arisan merupakan suatu kelompok orang yang mengumpulkan uang secara teratur pada tiap-tiap periode tertentu. Setelah uang terkumpul, salah satu dari anggota kelompok akan keluar sebagai pemenang.Pada saat arisan biasanya akan disuguhkan makanan salah satu makanan favorite yaitu nasi kuning.

 

Selain Dalam Acara Tertentu

Selain itu nasi kuning bisa lo kita temukan tidak hanya ada acara-acara tertentu saja,lalu bagaimana kita bisa menikmati nasi kuning selain datang pada acara tertentu tadi?

1. Warung

Selain nasi putih sudah banyak loh warung-warung yang menyediakan menu nasi kuning mulai dari harga Rp. 10.000 kalian sudah bisa menikmati nasi kuning beserta lauknya loh.

2. Jasa Cathering Nasi Kuning

Selain warung,bisnis cathering pun sudah mulai menyediakan menu chatering dengan range harga Rp. 10.000 – Rp. 15.000 kalian juga sudah bisa menikmati nasi kuning.

3. Membuat Sendiri Nasi Kuning

Jika kalian mau berhemat kalian bisa loh membuat nasi kuning sendiri menggunakan resep nasi kuning yang wangi dan gurih yang kami sediakan dibawah ini. Selain itu kalian bisa berkreasi dengan lauk kesukaan kalian.

 

Resep Nasi Kuning

Ini dia yang kalian tunggu yaitu resep nasi kuning.Oh ya resep nasi kuning ini sangat simpel loh karena menggunakan rice cooker Langsung saja simak ya.

Alat dan Bahan-Bahan Resep Nasi Kuning :

  • 600 gram Beras
  • 1 bungkus santan Kara 65 ml
  • 3 lembar daun pandan
  • 2 batang serai digeprek
  • 2 lembar daun salam
  • 2 ruas lengkuas digeprek
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Bumbu dihaluskan
  • 5 siung bawang merah
  • 2 buah kunyit ukuran per 3cm
  • 3 siung bawang putih
  • Wajan
  • Kompor
  • Spatula kayu
  • Rice cooker
  • Uleg an
  • Peralatan makan ( Piring,sendok, garpu )

Langkah – Langkah Resep Nasi Kuning :

  1. Pertama siapkan bumbu yang dihaluskan menggunakan ulegan lalu gongso bumbu hingga matang dan wangi menggunakan wajan dan spatula kayu, minyak gorengnya secukupnya saja yaa. Setelah matang kemudian disisihkan.
  2. Lalu cuci bersih beras lalu masukkan beras, bumbu yg sudah digongso, santan, daun salam, daun pandan dan garam ke dalam rice cooker. Tambahkan air, untuk airnya disesuaikan dengan takaran masak nasi ya kemudian diaduk sampai rata.
  3. Setelah semuanya masuk dalam rice cooker, tinggal tekan tombol memasak atau cook pada rice cooker. Masak hingga tombol turun atau warmer. Aduk rata nasi supaya tidak mengerak, diamkan nasi selama 30 menit supaya nasi matang dan pulen. Jangan sampai lupa untuk cek rasanya terlebih dahulu ya, kalau kurang asin bisa ditambahkan garam lagi.
  4. Setelah matang, nasi kuning siap disajikan dengan lauk sesuai dengan selera masing-masing ya… Selamat Menikmati ya

 

Kalian ingin membuat nasi kuning banyak tetapi  rice cooker atau magic com kalian kecil? Tenang saja kalian bisa banget menggunakan rice cooker besar atau kalian juga bisa lo menggunakan penanak nasi besar. Selain digunakan untuk resep membuat nasi kuning, rice cooker besar juga bisa lo digunakan untuk memasak nasi merah.

 

Rekomendasi Lauk Untuk Nasi Kuning

resep nasi kuning

Setelah mengikuti resep nasi kuning kalian pasti sudah tidak sabar untuk memakannya tetapi makan nasi kuning pastinya tidak lengkap dong kalau tidak dengan lauknya. Berikut adalah rekomendasi lauk yang nikmat disantap dengan nasi kuning.

1.  Ayam Goreng Bumbu Kuning

Ayam Goreng Bumbu Kuning atau bisa disebut juga dengan Ayam Goreng Ungkep merupakan salah satu lauk favorite buat dimakan dengan nasi kuning. Sebelum digoreng, ayam direndam dulu dengan bumbu kuning.

Perkedel adalah sajian makanan yang terbuat dari kentang yang sudah direbus maupun digoreng kemudian dihaluskan, lalu dicamlur daging yang dicincang hinggga halus, dengan campuran daun bawang irisan, seledri serta bumbu, kemudian dibulatkan sedikit geepng, serlanjutnya dibalurkan kocokan telur ayam dan pada akhirnya digoreng

3. Telur Ayam

Selain Ayam Goreng Bumbu Kuning, telur juga salah satu favorite untuk dijadikan lauk juga loh. Terlunya sediri bisa direbus maupun digoreng atau kalian juga bisa membuat telur gulung  sesuai dengan selera masing-masing ya.

4. Mie Goreng

Mie Goreng biasanya juga pelengkap nih buat lauk nasi kuning. Kalian bisa campurkan mie goreng dengan sayuran seperti sawi hijau, sawi putih, daun bawang, cabai  rawit, kubis, dan lain lain.

5. Kering Tempe

Kering tempe terbuat dari bahan dasar tempe lalu dicampur dengan gula, lengkuas, asam Jawa, dan juga cabai (opsional). Rasanya yang manis dan gurih. Perpaduan antara nasi kuning yang lembut dan keringan tempe yang gurih adalah sesuatu hal yang nikmat

6. Kering Kentang

Selain kering tempe, kering kentang juga biasa disajian untuk menambah kenikmatan dari nasi kuning. Hampir sama dengan kering tempe, untuk rasa kering kentang sendiri ada yang gurih dan manis, bahkan ada yang pedas juga loh.

7. Sambal Goreng Jerohan

Sambal goreng jerohan sendiri biasanya berisi hati dan rempela. Biasanya juga dicampur dengan kentang rebus yang dipotong dadu.Sambal goreng jerohan ini memiliki rasa pedas-manis yang bikin nagih

8. Suwir ayam

Selain ayam goreng, biasanya nasi kuning itu disajikan dengan lauk suwir ayam, jadi kalian tidak perlu bingung memisahkan antara daging ayam dengan tulangnya.

9. Urap-Urap

Nah urap-urap ini juga sering loh dijadikan lauk untuk dimakan dengan nasi kuning. Urap-urap sendiri terdiri dari beberapa bahan, seperti : kelapa parut yang disangrai atau digoreng tanpa minyak dengan bumbu pedas, kacang panjang, toge, daun bayam, hingga wortel

10. Irisan Mentimun

Irisan mentimun sendiri biasanya digunakan sebagai lalapan. Irisan mentimun juga bisa menyegarkan mulut.

 

Cara Menghias Tumpeng 

resep nasi kuning

 

Setelah mengikuti resep nasi kuning kalian juga bisa loh berkreasi menggunakan nasi kuning, seperti tumpeng dan kali ini saya akan memberitahu kalian bagaimana sih cara menghias tumpeng. Yuk mari kita lakukan

  1. Untuk alas tumpeng, kamu bisa menggunakan tempeh bambu. Alasi bagian dasar tempeh dengan daun pisang.
  2. Daun pisang tersebut juga bisa digunakan sebagai bahan bagian pinggiran tempeh.
  3. Lalu susun nasi kuning dengan cara menggunakan cetakan berbentuk kerucut agar lebih rapi. Letakkan berada tepat di bagian tengah tempeh.
  4. Kemudian letakkan lauk di sekelilingnya, kamu bisa menatanya dengan melingkari nasi.
  5. Dalam menghias, kamu bisa menggunakan kulit buah tomat supaya bisa dibentuk bunga mawar. Hati-hati ya, jangan sampai terputus.
  6. Cabai merah juga bisa digunakan sebagai bahan hiasan bunga aster atau bentuk gurita.
  7. Silakan berimajinasi dengan bahan-bahan yang telah kamu siapkan.

Gimana mudah bukan resep nasi kuning yang wangi dan gurih? Jangan lupa ikutin cara menghias tumpeng juga ya. Selamat Menikmati

 

 

Whatsapp Sekarang
Butuh Bantuan?
Halo! ada yang Bisa kami bantu