Halo teman-teman, dalam hal ini saya akan memberikan informasi resep bihun lengkap dan tutorial atau langkah-langkahnya tanpa terlalu ribet. Dear teman-teman mohon tenang, kali ini resep nasi liwet sangat simpel karena kita akan menggunakan rice cooker.

Ternyata selain untuk bikin nasi, penanak nasi juga bisa digunakan untuk bikin nasi biryani, cara memasak berang merah bahkan mie instan …

Wah, rice cookernya sangat bermanfaat. Nah, tahukah Anda kalau ada dua macam nasi ringan yaitu nasi liwet solo dan nasi ringan sunda. Nah, karena saya tidak mau memberikan informasi hanya setengah-setengah, saya akan membuat 2 resep Nasi Liwet Solo dan Nasi Liwet Sunda yang sangat mudah.

Dalam resep kali ini, saya akan mencantumkan dua cara yaitu memasak millet di rice cooker. Wah, sepertinya saya udah penasaran sama resep ini kan? Sebelum mempelajari resep nasi millet lengkap dengan mudah, yuk kita pahami dulu apa itu millet? Ikuti saja filosofi Nasi Liwet, nantikan terus.

Filosofi Nasi Liwet

Nasi Liwet adalah salah satu makanan khas Jawa yang berasal dari Solo atau Surakarta tepatnya Jawa Tengah. Sejarah dan asal muasal sejarah kuliner ini sering dikaitkan dengan tradisi Jawa, termasuk penolakan makanan tambahan saat terjadi bencana.

Bahkan, nasi lemak atau setidaknya makanan sejenis lainnya dengan nama berbeda juga dikenal di beberapa daerah lain di Indonesia, misalnya nasi dan dan kacang pasti memiliki ciri khas, rasa dan keunikan tersendiri.

Dalam satu kemasan, nasi liwet khas Solo biasanya terdiri dari beberapa bagian, antara lain nasi asin, suwir ayam, labu siam, telur rebus, terasi goreng, tempe kacang dan tahu bacillus, serta dimasak atau dikentalkan. Lumpang atau santan.

Nasi yang enak dan harum menjadi ciri khas dari masakan tradisional ini. Rasa asinnya berasal dari santan yang dimasak dengan nasi, dan aromanya berasal dari daun pandan, ditambah daun salam dan serai, serta berbagai bumbu dan rempah lainnya.

Nasi Liwet Dan Sekaten

Nasi liwet digelar di Solo untuk merayakan Nabi Muhammad S.A.W. Terinspirasi dari nasi Sami, konon inilah makanan favorit Nabi Muhammad S.A.W. Seorang Muslim Solo Solo yang dikutip dari laman Fellacook mencoba membuat masakan mirip shami dan membuat nasi liwet.

Maulid Nabi adalah untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad. Di Keraton Solo, perayaan maulid Nabi terinspirasi dari tradisi Sekaten atau Grebeg yang juga berlaku di Kesultanan Yogyakarta dan berawal dari era Kesultanan Demak sebelumnya.

Lambang Sekaten adalah keluarnya pusaka keraton plus Milan selama seminggu, kemudian diiringi oleh dua nugan kuno bernama Jaler dan Estri yang melambangkan laki-laki dan perempuan.

Gunungan Jaler berisi hasil pertanian seperti umbi-umbian, sayur mayur dan buah-buahan. Sedangkan Gunungan Estri memasukkan berbagai olahan makanan, salah satunya Nasi Liwet.

Harmanto Bratasiswara menjelaskan dalam buku “Bauwarna: Adat Tata Cara Jawa” (2000) bahwa Nasi Liwet masih menjadi sajian atau masakan khas yang sering muncul di setiap perayaan Sekaten.

Acara di Sekaten ini biasanya mengadakan arisan di Alun-Alun Istana, dan banyak orang serta wisatawan telah mengunjungi pertemuan ini. Menjual berbagai macam barang dan makanan termasuk Nasi Liwet. Lambat laun, sajian ini mulai populer di masyarakat, dan banyak vendor Xiaomi bermunculan.

Perbedaan Nasi Liwet Solo Dan Nasi Liwet Sunda

Nah, ternyata meski kedua hidangan tersebut berbeda, masih banyak orang yang menganggap Nasi Liwet Solo dan Nasi Liwet Sunda itu sama.

Nah, sebelum mengenalkan resep bihun super simpel, terlebih dahulu kita akan membahas perbedaan bihun Solo dan bihun Sun Dan. Teman-teman, tolong jangan bingung dan salah paham. Ayo kita lihat apa saja yang berbeda.

1. Rasa Gurih Nasi Liwet

Nasi liwet Solo dan Sunda sama-sama memiliki rasa yang asin. Namun, rasa asinnya berasal dari bahan yang berbeda. Rasa asin nasi liwet solo berasal dari santan, sedangkan nasi liwet sunda berasal dari perpaduan bumbu.

Nasi liwet khas Solo hampir sama dengan nasi uduk, dan santan digunakan saat menanak nasi. Air kelapa dicampur dengan serai dan salam. Meski sedikit berbeda, garam adalah bumbu yang biasanya ditambahkan pada setiap jenis nasi ringan.

2. Lebih Kering

Lauk nasi liwet sunda biasanya bukan sop, tapi kering. Nasi hangat dan lauk pauk ikan asin biasanya disantap langsung dengan tangan.

3. Nasi Liwet Solo Lebih Berkuah

Saat ingin menyantapnya, nasi liwet Solo biasanya dipadukan dengan berbagai lauk pauk dan suplemen. Lauk pauk yang melengkapi liwet khas Solo (sejenis sop sayur) akan membuat nasi liwet Solo semakin juicy. Jadi Anda tidak bisa memakannya langsung dengan tangan Anda.

4. Lauk Nasi Liwet Khas Solo

Yang paling unik dari nasi liwet Solo adalah lauknya yang beragam. Nasi Liwet Solo disajikan dengan labu siam, labu siam, ayam suwir, egg plate, daging cincang goreng dengan sambal, dan kuah kelapa kental dengan tekstur berdaging yang disebut pasta kacang merah. Areh memiliki rasa asin yang sangat unik dan lezat.

5. Lauk Nasi Liwet Khas Sunda

Nasi liwet sunda dan proses perkembangannya juga bisa diimbangi dengan aneka masakan penunjang. Hidangan pelengkap biasanya berupa ikan atau ayam goreng, tahu dan kacang goreng, serta daging sapi sambo. Yang tidak boleh dilewatkan di liwet Sunda adalah sayuran segar, termasuk kol, mentimun, selada, dan petai, biasanya dengan biskuit.

6. Penyajian Nasi Liwet

Saat ingin menyantapnya, sajikan nasi ringan khas solo di dalam daun pisang yang berbentuk seperti pincuk. Sebagai sendoknya juga bisa menggunakan suru yang terbuat dari daun pisang.

Bersamaan dengan itu, nasi liwet khas Sunda diletakkan di atas daun pisang dengan lauk pauk. Pada kejadian liwetan, daun pisang yang disusun memanjang agar bisa disantap bersama-sama, cara ini dipercaya dapat menambah nafsu makan.

7. Sejarah Nasi Liwet Solo Dan Sunda

Kecil khas untuk solo pernah datang dari sebuah desa bernama Menuran. Awalnya, hidangan hanya disajikan dalam acara adat seperti Maulud.

Karena rasanya yang khas, makanan jenis ini sudah menjadi sajian khas keluarga keraton solo. Pada saat yang sama, beras Sun Danqing selalu menjadi sayuran dalam sejarah, dan digunakan sebagai makanan para petani saat bekerja di sawah. Millet yang digunakan untuk makan siang oleh para petani membawa daya tahan bersama dengan jarak.

 Manfaat Nasi Liwet Bagi Kesehatan

Nasi juga biasanya dibungkus dengan daun pisang, untuk menambah rasa asin pada masakan. Selain itu, masakan khas kota solo ini kerap dipadukan dengan berbagai lauk pauk, seperti labu kuning dan aneka sayuran lainnya. Pantas jawawut tidak baik untuk kesehatan. Manfaat nasi wangi adalah sebagai berikut:

1. Menjaga Kadar Kolesterol

Manfaat nasi wangi yang pertama adalah menjaga kadar kolesterol. Orang dengan kolesterol tinggi akan meningkatkan berbagai penyakit seperti penyakit jantung koroner.

Salah satu cara paling efektif untuk menjaga kadar kolesterol adalah dengan makan nasi. Pasalnya, pada nasi liwet, campuran labu siam mengandung kalium, sehingga efektif menjaga kolesterol dalam tubuh.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Nasi langka ini mengandung protein hewani yang berperan penting dalam meningkatkan fungsi otak. Kandungan ini berasal dari suwiran ayam pada bihun, yang dapat membantu meningkatkan kinerja otak. Karenanya, mengonsumsi nasi secara rutin memiliki efek yang baik untuk menjaga kesehatan fungsi otak.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat nasi wangi selanjutnya adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Beras dipercaya mengandung vitamin B yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Jika kita mengkonsumsi nasi liwet secara rutin dan teratur, manfaat ini bisa kita dapatkan.

4. Meningkatkan Energi

Bagi yang sering merasa penat dan lesu saat beraktivitas sehari-hari, nasi liwet patut disantap. Pasalnya, bihun merupakan salah satu sumber karbohidrat yang dibutuhkan tubuh, yang dapat meningkatkan energi tubuh. Dengan mengkonsumsi nasi liwet secara rutin akan membantu menjaga daya tahan tubuh anda agar dapat berolahraga secara maksimal.

5. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat nasi wangi lainnya bisa mencegah penyakit jantung. Kita semua tahu bahwa jantung merupakan salah satu organ penting yang dimiliki oleh manusia. Oleh karena itu, untuk menjaga kekuatan jantung dan menjaga kesehatan salah satunya dengan rutin mengkonsumsi bihun.

Nasi ini mengandung vitamin B yang dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung. Selain itu, kandungan tersebut juga efektif mencegah berbagai penyakit kronis lainnya, seperti hiperglikemia dan kanker.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Tulang merupakan salah satu elemen utama tubuh manusia. Oleh karena itu, kesehatan tulang harus selalu dijaga setiap saat. Menjaga mie beras tetap sehat adalah salah satu cara paling efektif untuk menjaga kesehatan tulang.

Sudah sejak lama orang mengira millet jenis ini bisa menjaga kesehatan tulang. Ini karena sayuran tertentu yang terdapat dalam nasi mengandung kalsium, yang secara efektif dapat memperkuat struktur tulang. Karenanya, mengonsumsi nasi secara rutin memiliki efek yang baik dalam menjaga kesehatan tulang manusia.

Resep Nasi Liwet Komplit Tanpa Ribet Dan Sederhana

resep nasi liwet

Jadi ini dia tunggu apalagi, tidak ada resep nasi wangi lengkap yang ribet dan simpel, resepnya akan dibagi menjadi 2 tabel … Nasi wangi Khas dan nasi wangi Sunda. Oh iya untuk resep nasi liwet sunda nanti pake rice cooker yang besar ayo praktek

1. Resep Nasi Liwet Khas Sunda

Bahan-Bahan Resep Nasi Liwet Sunda

  • 5 cup beras
  • 1 ruas laos
  • 1200 ml air
  • 3 lbr daun salam
  • 50 gr teri medan
  • 9 buah bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 1 ruas jahe
  • 2 batang serai
  • 2 sdt garam
  • 3 lbr daun jeruk
  • 1 sdt gula
  • Minyak goreng

Langkah-Langkah Resep Nasi Liwet Sunda

  1. Cuci bersih beras. Sisihkan.
  2. Iris bawang merah dan bawang putih. 
  3. Belah cabai keriting.
  4. Keprek laos, jahe dan serai.
  5. Goreng ikan sampai berwarna cokelat. tangga berjalan.
  6. Tumis jahe, laos dan serai hingga harum.
  7. Masukkan bawang bombay dan sambal, daun salam dan daun jeruk, lalu goreng hingga matang.
  8. Tambahkan nasi dan cabai merah.
  9. Tambahkan garam dan aduk rata.
  10. Masukkan ke dalam rice cooker besar, tambahkan air, dan aduk sebentar.
  11. Masukkan nasi ke dalam rice cooker dan masak hingga matang.
  12. Setelah matang, masukkan lokasi ikan untuk dimakan.

Note: kamu bisa gunakan santan sebagai pengganti air.

Rekomendasi Lauk Resep Nasi Liwet

Untuk menambah nasinya tentu harus ada lauknya. Nah, lauk pauk di Liventan memang beda-beda, misalnya.

Lauk goreng: ayam, bebek, ikan, empal, dll
Lauk olahan:  cumi asin, ikan peda asin, ikan asin,  dll
Lauk tambahan: pepes, tempe, jeroan ayam (ati ampela), tahu, telur balado, dll.

2. Resep Nasi Liwet Khas Solo

Bahan-Bahan Resep Nasi Liwet Solo

  • 450 gram beras
  • 3 batang serai
  • 4 lembar daun salam
  • 1 sdt Royco Kaldu Ayam

Bahan Untuk Lauk Resep Nasi Liwet Solo

Ayam Suwir
  • 1 ayam (600g), kupas dan potong menjadi 8 bagian
  • 3 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 3 batang serai
  • 200 ml air
  • 1 sdt garam
  • 150 ml santan cair
  • 2 sdt gula merah
  • 150 ml susu cair rendah lemak
Ayam Suwir Bumbu Halus
  • 8 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 sdt ketumbar bubuk
  • 4 butir kemiri
Sayur Labu Siam
  • 500 gram labu siam, potong korek api
  • 2 lembar daun salam
  • 5 butir bawang merah, iris tipis
  • 2 batang serai, memarkan
  • 150 ml santan cair
  • 2 buah cabai merah
  • 150 ml susu cair rendah lemak
  • 2 sdt Royco Kaldu Ayam
  • 1 sdm gula merah
  • 2 siung bawang putih, iris tipis
  • 1 sdt merica putih
  • 2 sdm minyak
  • 400 ml air

Langkah-Langkah Membuat Lauk Nasi Liwet Solo

Ayam Suwir
  1. Panaskan minyak.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum.
  3. Masukkan daging ayam, masak hingga berubah warna.
  4. Masukkan serai, daun salam, garam, lengkuas, santan cair, gula merah, dan susu cair rendah lemak.
  5. Masak hingga air menyusut dan ayam matang.
  6. Angkat dan suwir-suwir ayam.
  7. Sajikan dengan kuahnya.
Sayur Labu Siam
  1. Panaskan minyak
  2. Tumis bawang putih, bawang merah, serai, daun salam, dan cabai merah hingga harum.
  3. Masukkan cabai rawit utuh dan labu siam, lalu aduk.
  4. Tuangi santan, susu cair rendah lemak, air, lada putih, gula merah dan cairan penyedap, aduk rata.
  5. Masak sampai labu siam matang.
  6. Angkat lalu Sisihkan.
Telur  Areh
  1. Kocok telur bersama garam dan santan.
  2. Masak hingga matang dan menggumpal.
  3. Angkat dan sisihkan.

Langkah-Langkah Resep Nasi Liwet Solo

  1. Masukkan nasi, santan, serai, daun salam dan bumbu ke dalam panci kecil.
  2. Rebus dengan api kecil sampai nasi matang, aduk sesekali agar dasar panci tidak gosong.
  3. Angkat dan sisihkan.
  4. Sajikan nasi liwet beserta sayur labu siam, ayam suwir, telur areh dan bisa ditambahkan kerupuk sebagai pelengkapnya.

 

Resep Nasi Liwet Komplit Tanpa Ribet Dan Sederhana

resep nasi liwet

Wah gak ada resep bihun lengkap yang kompleks dan sederhana? Tidak mudah kan, oh iya, kalau tidak punya rice cooker yang besar, bisa juga menggunakan alat penanak besar untuk membuat bubur kebanyakan. Anda pasti ingin sekali mengikuti resep lengkap ini tanpa resep nasi yang ribet dan simpel. Selamat mencoba.
Whatsapp Sekarang
Butuh Bantuan?
Halo! ada yang Bisa kami bantu