Resep Oreo Goreng Paling Mantap Bisa Dicoba Dirumah

oreo goreng

Pada kali ini saya akan menjelaskan tentang resep oreo goreng yang mudah, praktis, dan enak. Sebelum itu, Sudah pernahkah kalian mendengar atau makan yang namanya oreo goreng? Oreo goreng  makanan dengan rasanya yang enak, manis dan renyah.

Makanan camilan yang sudah populer ini banyak di kenal dan sudah banyak yang menikmati camilan ini karena camilan ini memiliki rasa yang manis dan warna hitamnya sangat lekat sekali. Camilan ini paling banyak di sukai kalangan anak-anak dan remaja, yaitu Oreo.

Oreo goreng ini merupakan cemilan kekinian yang unik. oreo goreng memiliki jumlah kalori yang cukup tinggi. bagi good people yang sedang melakukan program diet atau masih merencanakan diet sebaiknya jangan terlalu banyak ngemil oreo goreng. Tetapi jika good people sedang ingin menggemukan badan, cemilan ini dapat menjadi solusi yang tepat. Namun jangan terlalu banyak mengkonsumsinya ya, karena sesuatu yang berlebihan itu nggak baik.

Penasaran dengan resep oreo gorengnya? Langsung aja simak resep berikut ini..Selamat mencoba..

1. Resep Oreo Goreng

Oreo Goreng

Okelah, Sebelum membuat oreo gorengnya yang perlu diperhatikan adalah bahan – bahannya terlebih dahulu. Bahan untuk membuat oreo goreng itu sangat sederhana sekali. Agar oreo yang anda buat nanti mempunyai rasa yang enak, renyah, serta rasa dari biskuit oreo yang lezat. Baiklah langsung saja simak untuk menyiapkan bahan – bahannya sebelum memulai proses pembuatan adonannya.

Bahan – Bahan Untuk Adonan Oreo Goreng

    • 125 gram tepung terigu
    • 10 keping biskuit oreo
    • 100 ml susu cair
    • 1 sdm gula pasir
    • 1 butir telur
    • Minyak goreng secukupnya

Alat Masak Yang Digunakan

    • Deep fryer atau panci dengan bagian dasar yang berat, wajan menumis, atau wajan cekung biasa
    • Penjepit makanan panjang
    • Termometer
    • Tisu
    • Mangkuk besar
    • Botol kaca kosong
    • Corong
    • Pengocok telur

Proses Membuat Oreo Goreng

Tuangkan minyak goreng setinggi 5-7,5 cm ke dalam panci tebal.

Panci tersebut harus cukup dalam sehingga sisi-sisinya setidaknya memiliki tinggi 10 cm lebih tinggi daripada minyak goreng. Jika akan menggoreng dengan minyak banyak, minyaknya harus cukup untuk menutupi seluruh makanan yang digoreng namun tidak boleh lebih dari setengah penuh.

      • Untuk menggoreng, gunakan minyak sayur dengan titik pengasapan yang tinggi dan sedikit tidak memiliki rasa, seperti minyak kacang yang sudah disuling, minyak canola, minyak biji anggur, atau minyak kesumba.
      • Jika tidak ada panci masak yang berat, atau panci dengan bagian bawah yang sangat berat dan tebal, Anda bisa menggunakan wajan cekung atau wajan untuk menumis.

Panaskan minyak pada suhu 191 derajat Celsius.

Gunakan termometer untuk mengukur suhu minyak panas atau adonan permen, atau termometer. Semua termometer ini dapat menunjukkan suhu hingga 260 derajat Celsius.  Untuk memeriksa suhu minyak, masukkan termometer ke tengah wajan. Jika termometer dijepit ke sisi wajan, maka akan mudah untuk memantau suhu ketika menggoreng.

      • Bila tidak ada termometer, masukkan sendok kayu, tusuk sate, atau sumpit ke dalam minyak. Jika muncul gelembung minyak di sekeliling alat dari kayu tersebut, minyak sudah cukup panas untuk menggoreng. 
      • Anda juga bisa menggunakan biji jagung untuk memeriksa suhu minyak. Biji jagung tersebut akan meletus di dalam minyak dengan suhu 178 derajat Celsius, sehingga Anda akan mengetahui jika minyak sudah mendekati suhu menggoreng optimal.
      • Jika minyak mulai berasap, berarti terlalu panas. Angkatlah wajan dengan hati-hati dari atas kompor untuk didinginkan.

Menyiapkan Biskuit Oreo

    1. Campurkan tepung panekuk instan, telur, susu, dan minyak goreng di dalam mangkuk besar dan aduk hingga lembut.  Adonan tersebut tidak boleh encer, tetapi harus tebal dan lengket sehingga menempel pada biskuit.
      • Jika adonan terlihat encer, tambahkan 62 gram tepung panekuk supaya tidak terlalu encer.
      • Anda bisa mengganti tepung panekuk dengan tepung funnel cake (kue berbentuk lingkaran) atau tepung wafel. Pastikan juga adonan pada tepung tersebut cukup tebal untuk melapisi Oreo.

2. Celupkan sebuah Oreo ke dalam adonan tepung  panekuk dengan  menggunakan penjepit makanan, balut seluruhnya dengan adonan. Biskuit tersebut tidak boleh dimasukkan ke dalam adonan terlalu lama karena akan lembek, jadi celupkan satu per satu lalu masukkan ke dalam minyak. Adonan harus cukup tebal dan lengket sehingga biskuit di dalamnya tidak terlihat.

      • Jika mencelupkan biskuit dengan tangan, gunakan salah satu tangan saja; Anda bisa menggunakan “tangan yang kering” untuk mulai menggoreng biskuit sehingga tidak perlu berhenti untuk mencuci tangan.
      • Jika biskuit dalam keadaan patah atau pecah-pecah, masukkan ke dalam pembeku selama 30-60 menit. Hal ini dapat mencegah isi krim pada bagian tengahnya meleleh jika biskuit digoreng.

Waktunya Untuk Menggoreng Biskuitnya

    1. Masukkan Oreo yang sudah tercampur dengan adonan tepung ke dalam minyak panas. Menggoreng Oreo paling baik dilakukan dalam jumlah sedikit, jadi goreng 4 atau lima biskuit saja, tergantung ukuran panci. Biskuit harus memiliki ruang yang cukup untuk mengapung tanpa saling berdempetan dan menempel satu sama lain.
      • Jika memasukkan biskuit ke dalam minyak, suhunya akan turun (apalagi jika Oreo dibekukan terlebih dahulu). Jagalah suhu minyak antara 121-163 derajat Celsius saat menggoreng.
      • Menggoreng dalam jumlah banyak sekaligus tak hanya membuat adonan saling menempel, namun juga akan menurunkan suhu minyak menjadi terlalu rendah dan adonannya tidak renyah.
      • Berhati-hatilah ketika memasak dengan minyak panas. Jangan melemparkan biskuit ke dalam panci berisi minyak—hal ini akan menimbulkan cipratan minyak dan situasi yang berbahaya.
      • Jika takut menggunakan tangan saat memasukkan biskuit ke dalam minyak, gunakan penjepit makanan.

2. Goreng Oreo hingga berwarna cokelat keemasan dan renyah, jangan lupa untuk membaliknya dengan penjepit makanan. Biskuit akan mengapung di atas minyak dan gorenglah dengan cepat—kurang dari 2 menit. Jangan tinggalkan panci karena biskuit bisa gosong atau terlalu matang.

      • Jagalah agar biskuit bergerak ketika digoreng sehingga tidak saling menempel.
      • Biarkan minyak menjadi panas di sela-sela menggoreng tiap kelompok biskuit, yaitu kembali pada suhu 191 derajat Celsius. Gunakan penjepit makanan atau saringan makanan untuk mengangkat remah-remah adonan yang mengapung di atas minyak.

3.  Angkat Oreo goreng dengan penjepit makanan dan letakkan di atas tisu untuk ditiriskan. Minyak goreng akan tertinggal pada adonan goreng bagian luar dan tidak akan menjangkau adonan bagian dalam atau biskuit. Menyerap minyak berlebihan akan membuat camilan yang nikmat ini menjadi lebih sehat.

      • Manfaat minyak memberikan rasa dan tekstur renyah pada biskuit, namun perlu diperhatikan juga, jangan sampai berlebihan dan seraplah minyak semaksimal mungkin.
      • Anda juga bisa meniriskan biskuit pada rak kawat, namun menggunakan tisu penyerap akan menghilangkan lebih banyak minyak daripada membiarkan minyak tersebut menetes pada rak kawat.

Setelah semua selesai. oreo goreng bisa disajikan. oh iya oreo goreng enaknya disajikan dalam kondisi yang hangat karena teksturnya masih renyah dan gurih untuk dimakan. Selamat menikmati oreo gorengnya!

Baiklah itu tadi  adalah resep oreo goreng originalnya. Cukup mudah bukan  untuk membuat oreo gorengnya. Ohiya, kita tidak hanya memberikan resep yang original saja. Tapi kita ada beberapa variasi resep oreo goreng. Mungkin yang ingin mencoba memvariaskian oreo kalian bisa simak di bawah ini.

Untuk resep oreo goreng yang mau divariasi seperti oreo goreng pancake, oreo goreng keju dan lain-lain.

2. Resep Oreo Goreng Keju

oreo goreng keju

Varian olahan oreo goreng pertama yang bisa Anda coba yaitu perpaduan antara oreo goreng dengan keju. Sedikit banyak Anda tentu sudah bisa membayangkan betapa enaknya kedua bahan tersebut ketika disatukan.

Rasa oreo yang manis, dan keju yang asin dan gurih nantinya akan menghasikan rasa yang sangat lezat. Jika penasaran, berikut resep dan cara membuat oreo goreng keju ini.

Bahan-bahan Membuat Oreo Goreng Keju

    • Oreo.
    • Tepung terigu.
    • Mentega.
    • Telur ayam.
    • Keju parut.
    • Susu cair.
    • Baking powder.
    • Garam.
    • Gula bubuk.

Langkah-langkah Membuat Oreo Goreng Keju

    1. Sebelum diolah masukkan oreo ke dalam freezer kira-kira selama 2 sampai 3 jam terlebih dahulu.
    2. Sambil menunggu oreo dingin, siapkan adonan untuk selimut oreo dengan cara mencampurkan tepung terigu, telur, susu, gula halus, sedikit garam, dan baking powder kemudian aduk secara merata.
    3. Setelah adonan tercampur rata, masukkan mentega yang sebelumnya telah dicairkan kemudian aduk kembali
    4. Cek adonan, usahakan adonan kental dan jangan terlalu encer.
    5. Selanjutnya, sambil menunggu minyak panas, keluarkan oreo dari dalam freezer.
    6. Setelah semua siap, ambil oreo kemudian celupkan pada adonan hingga terselmuti secara merata.
    7. Jika minyak telah panas masukkan oreo yang telah diselimuti satu persatu. Pastikan antara satu oreo dengan oreo lainnya tidak saling menempel atau lengket.
    8. Goreng oreo dengan api kecil hingga warnanya berubah menjadi kuning keemasan.
    9. Selanjutnya siapkan wadah, angkat oreo yang telah matang lalu beri parutan keju. Keju bisa Anda taburkan saat oreo goreng masih panas agar bisa meleleh, atau menaburkan ketika oreo goreng telah dingin sebagai topping. Sesuaikan dengan selera Anda.

3. Resep Oreo Goreng Pancake

oreo goreng pancake

Okelah untuk yang satu ini, varian oreo goreng pancake bisa menjadi pilihan tepat. Terlebih bagi Anda yang ingin membuat variasi yang lebih beda lagi, yaitu varian oreo goreng  pancake.

Untuk anak-anak pencuci mulut ini tentu akan lebih disukai dibandingkan puding. Oleh karena itulah, resep ini sangat direkomendasikan untuk Anda coba. Langsung saja berikut resep dan cara pembuatannya:

Bahan-bahan Oreo Goreng Pancake

    • Oreo biskuit.
    • Tepung maizena.
    • Tepung terigu.
    • Baking powder.
    • Susu cair.
    • Telur ayam.
    • Gula pasir.
    • Garam.
    • Gula halus.
    • Minyak goreng.

Langkah-langkah Membuat Oreo Goreng Pancake

    1. Agar oreo lebih renyah, masukkan oreo ke dalam freezer 2 hingga 3 jam atau hingga cream biskuis membeku.
    2. Sambil menunggu oreo siap, buat adonan kulit oreo dengan mencampurkan semua bahannya. Aduk adonan tepung maizena, tepung terigu, gula pasir, sedikit garam, baking powder hingga merata.
    3. Setelah semua bahan tercampur, sisihkan adonan dan lanjutkan untuk membuat bahan kedua.  Buat campuran telur ayam, terigu dan susu.
    4. Pertama, pecahkan telur ayam kemudian kocok hingga berbuih. Untuk cara lebih cepat, Anda bisa menggunakan bantuan mixer.
    5. Selanjutnya, sambil terus diaduk tuangkan susu cair dan tepung terigu ke dalam adonan sedikit demi sedikit
    6. Lanjutkan dengan memanaskan minyak sembari mengambil oreo dari dalam freezer.
    7. Siapkan oreo goreng dengan menyelimutinya dengan adonan pertama, lalu memasukkan pada adonan yang kedua.
    8. Lalu setelah minyak panas, masukkan adonan oreo dan goreng hingga warna oreo menjadi kuning keemasan. Agar bisa matang secara sempurna, goreng oreo pada api sedang.
    9. Selanjutnya siapkan wadah, lalu taruh dan susun oreo goreng yang telah masak di sana. Taburkan gula halus, potongan buah, dan saus coklat.
    10. Dan oreo goreng pancake siap dinikmati.

4. Resep Oreo Goreng Milo

oreo goreng milo

Oke varian oreo goreng milo ini  bisa menjadi cemilan yang unik juga.  oreo goreng milo menambah cita rasa coklat semakin coklat sekali . Terlebih bagi Anda yang ingin membuat variasi yang lebih beda lagi, yaitu varian oreo goreng milo.

Untuk anak-anak  tentu akan lebih disuka. Oleh karena itulah, resep ini sangat direkomendasikan untuk Anda coba. tapi juga tidak berlebihan karena kandungan gulanya. Oke Langsung saja berikut resep dan cara pembuatannya:

Bahan-bahan Oreo Goreng Milo

    • Oreo biskuit.
    • Tepung maizena.
    • Tepung terigu.
    • Baking powder.
    • Susu cair.
    • Telur ayam.
    • Gula pasir.
    • Garam.
    • Gula halus.
    • Minyak goreng.
    • Milo bubuk.

Langkah-langkah Membuat Oreo Goreng milo

    1. Agar oreo lebih renyah, masukkan oreo ke dalam freezer 2 hingga 3 jam atau hingga cream biskuis membeku.
    2. Sambil menunggu oreo siap, buat adonan kulit oreo dengan mencampurkan semua bahannya. Aduk adonan tepung maizena, tepung terigu, gula pasir, sedikit garam, baking powder hingga merata.
    3. Setelah semua bahan tercampur, sisihkan adonan dan lanjutkan untuk membuat bahan kedua.  Buat campuran telur ayam, terigu dan susu.
    4. Pertama, pecahkan telur ayam kemudian kocok hingga berbuih. Untuk cara lebih cepat, Anda bisa menggunakan bantuan mixer.
    5. Selanjutnya, sambil terus diaduk tuangkan susu cair dan tepung terigu ke dalam adonan sedikit demi sedikit
    6. Lanjutkan dengan memanaskan minyak sembari mengambil oreo dari dalam freezer.
    7. Siapkan oreo goreng dengan menyelimutinya dengan adonan pertama, lalu memasukkan pada adonan yang kedua.
    8. Lalu setelah minyak panas, masukkan adonan oreo dan goreng hingga warna oreo menjadi kuning keemasan. Agar bisa matang secara sempurna, goreng oreo pada api sedang.
    9. Selanjutnya siapkan wadah, lalu taruh dan susun oreo goreng yang telah masak di sana. Taburkan gula halus, potongan buah, dan saus coklat.
    10. dan taburkan milo bubuknya.
    11. Dan oreo goreng milo siap dinikmati.

5. Resep Oreo Goreng Kacang

Oke varian oreo goreng taburan kacang ini  bisa menjadi cemilan mantap juga karena ada kacang.  oreo goreng kacang menambah rasa lebih santai . Terlebih bagi Anda yang ingin membuat variasi yang lebih beda lagi, yaitu varian oreo goreng taburan kacang.

Untuk anak-anak  tentu akan lebih disuka. Oleh karena itulah, resep ini sangat direkomendasikan untuk Anda coba. Oke Langsung saja berikut resep dan cara pembuatannya:

Bahan-bahan Oreo Goreng kacang

    • Oreo biskuit.
    • Tepung maizena.
    • Tepung terigu.
    • Baking powder.
    • Susu cair coklat
    • Telur ayam.
    • Gula pasir.
    • Garam.
    • Gula halus.
    • Minyak goreng.
    • kacang yang sudah cincang kecil – kecil.

Langkah-langkah Membuat Oreo Goreng kacang

    1. Agar oreo lebih renyah,dan lembut masukkan oreo ke dalam freezer 2 hingga 3 jam atau hingga cream biskuis membeku.
    2. Sambil menunggu oreo siap, buat adonan kulit oreo dengan mencampurkan semua bahannya. Aduk adonan tepung maizena, tepung terigu, gula pasir, sedikit garam, baking powder hingga merata.
    3. Setelah semua bahan tercampur, sisihkan adonan dan lanjutkan untuk membuat bahan kedua.  Buat campuran telur ayam, terigu dan susu coklatnya tadi.
    4. Pertama, pecahkan telur ayam kemudian kocok hingga berbuih. Untuk cara lebih cepat, Anda bisa menggunakan bantuan mixer.
    5. Selanjutnya, sambil terus diaduk tuangkan susu cair dan tepung terigu ke dalam adonan sedikit demi sedikit
    6. Lanjutkan dengan memanaskan minyak sembari mengambil oreo dari dalam freezer.
    7. Siapkan oreo goreng dengan menyelimutinya dengan adonan pertama, lalu memasukkan pada adonan yang kedua.
    8. Lalu setelah minyak panas, masukkan adonan oreo dan goreng hingga warna oreo menjadi kuning keemasan. Agar bisa matang secara sempurna, goreng oreo pada api sedang.
    9. Selanjutnya siapkan wadah, lalu taruh dan susun oreo goreng yang telah masak di sana. Taburkan gula halus, potongan buah, dan saus coklat.
    10. dan taburkan kacang yang sudah dicincang tadi sesuai selera masing- masing.
    11. Dan oreo goreng kacangnya siap dinikmati.

Baik itu tadi ulasan tentang resep oreo goreng yang bisa dicoba dirumah dan divariasikan sendiri dirumah. Selamat mencoba dan Sukses selalu.