Halo Sobat semuanya, pada artikel kali ini penulis akan berbagi resep puding kopi istimewa nih. Penulis bawakan berita baik nih bagi sobat penikmat kopi dan senja. Karena ternyata kopi tidak cuma bisa disajikan menjadi minuman saja loh. Kopi  bisa juga dijadikan bahan olahan membuat puding sob.

Apalagi jika sobat memadukan rasa coklat dengan rasa kopi. Kombinasi kedua rasa tersebut menghasilkan cita rasa khas yang unik dan memikat loh sob.Tiap potong dari puding kopi bisa memikat lidah sobat semuanya. Puding adalah sajian sehat yang bermanfaat untuk sobat konsumsi.

Puding kopi juga bisa sobat sajikan bersama keluarga, rekan kerja, teman sekolah, hingga menjadi jamuan bagi tamu yang berkunjung sob. Karena cara membuatnya yang sangat sederhana dan tidak memerlukan alat khusus dalam pengolahannya. Bahkan pemula yang baru memasak pun bisa mengikuti langkah prosedurnya sob.

Langkah-langkahnya cukup mudah sob, supaya sobat bisa menyajikan sajian ini bersama teman ataupun keluarga, sobat tidak usah khawatir, kesempatan ini kami akan berbagi resep puding kopi lezat nan mudah. Dengan demikian, ketika sobat tiba tiba ingin membuat puding kopi tidak perlu khawatir.

Sobat bisa membuatnya sendiri dengan biaya yang lebih murah. Bahkan sobat bisa menjadikan puding kopi sebagai ladang berbisnis yang sangat menjanjikan.

 

Resep Puding Kopi Dengan Kematangan Yang Sempurna

resep puding kopi

Apakah sobat semuanya sudah tahu? kopi merupakan salah satu sajian dengan banyak sekali variasi pengembangan yang bisa kita buat dengan kopi tersebut sob. Kopi selain dapat digunakan untuk membuat resep puding kopi, juga bisa digunakan untuk membuat resep tiramisu cake yang sangat enak rasanya loh sob.

Tapi tahukah sobat, banyak resep puding kopi dengan perbedaan dan keunikan ciri khas nya masing-masing. Ada puding kopi moka, puding white coffee dan lainnya.

Tentunya sangat disayangkan apabila puding tersebut tidak memenuhi standar kematangan yang tepat. Karena sebenarnya membuat puding kopi sangatlah mudah, namun bisa jadi banyak dari sobat-sobat belum mengetahui tingkat kematangan yang tepat untuk sajian puding kopi.

Oleh karena itu penulis akan berbagi dan memberi tahu sobat semuanya agar sobat bisa membuat puding kopi dengan tingkat kematangan yang pas. Berikut adalah indikator kematangan yang pas :

1. Kenyal Namun Tidak Lembek

Coba sobat perhatikan tekstur dari puding yang dijual di pasaran. Puding yang dijual di pasaran memiliki tekstur yang kenyal namun juga tidak lembek. Karena puding yang kenyal dan tidak lembek lebih disukai oleh masyarakat.

2. Padat Namun Tidak Keras

Sebuah sajian puding atau agar agar sebaiknya memiliki tekstur yang padat, namun sangat tidak disarankan untuk membuat puding yang keras. Puding yang keras bisa disebabkan oleh kelalaian saat memasak. Contohnya ketika sobat lupa untuk mengaduk-aduk adonan atau campuran puding saat dipanaskan hingga mendidih yang akhirnya puding jadi mengeras sebelum dicetak atau bahkan mengeras saat disajikan.

3. Kopi Terasa, Namun Tidak Pahit

Indikator yang satu ini mungkin bagi sobat pecinta kopi tidak terlalu terusik dengan rasa pahit dari kopi. Namun apabila sobat semuanya menyajikan puding kopi untuk orang yang bukan pecinta kopi, sebaiknya sobat perhatikan proporsi perisa kopi dari adonan puding.

Sobat juga bisa mengakalinya dengan menambahkan gula pada adonan kopi. Namun ingat ya sob, tetap perhatikan kadar gula untuk menjaga kesehatan semuanya. 🙂

4. Segar Tapi Tidak Berair

Indikator yang satu ini yang sering kali dilupakan. Memang benar saat kita membuat puding kopi pasti menggunakan air didalamnya. Namun jangan lupa untuk meniriskan kadar airnya saat akan disajikan. Mengapa? karena sebaiknya puding kopi disajikan dengan kadar air akhir tidak terlalu tinggi.

Jika sobat tidak bisa mengurangi kondisi berair, sobat bisa mengakalinya dengan menuangkan vla diatas puding. Vla juga menambah cita rasanya loh sob.

5. Boleh Dingin, Tapi Tidak Membeku

Puding kopi juga sangat cocok disajikan dalam kondisi dingin. Apalagi jika cuaca hari sedang panas pasti akan sangat menyegarkan jika disajikan dalam kondisi dingin. Tetapi kembali lagi pada karakter dari sebuah puding dimana puding akan berubah sifat menjadi keras ketika membeku dan secara tidak langsung akan mengurangi cita rasa khas pudingnya sob.

 

Resep Puding Kopi Yang Kenyal Lembut Sempurna

resep puding kopi

Untuk membuat puding kopi diperlukan beberapa bahan yang sangat mudah ditemukan. Sobat bisa mendapatkan bahan dan alat di sekitar sobat. Bahkan sobat bisa membelinya di toko kelontong sekalipun. Mudah bukan? Coba sobat simak kebutuhan dibawah ini.

Bahan-Bahan Yang Digunakan

  • Kopi tanpa ampas 1 bungkus;
  • agar-agar berperisa coklat 1 bungkus;
  • luwak white coffee 3 sendok makan;
  • gula pasir 900 ml;
  • air mineral 7 sendok makan;
  • susu kental manis secukupnya;
  • vla, untuk vla sobat tidak harus gunakan, karena hanya digunakan sebagai pelengkap.

Alat-Alat Yang Digunakan

  • Sebuah panci;
  • Sebuah kompor;
  • Sebuah pengaduk (Boleh berupa irus atau juga boleh berupa sendok).;
  • Wadah untuk vla (optional);
  • Piring sajian.

 

Resep Puding Kopi dan Langkah-Langkah Mudahnya

  1. Prosedur pertama yang bisa sobat lakukan dahulu adalah mempersiapkan terlebih dulu segala alat dan bahan yang sobat akan gunakan untuk membuat resep puding kopi. Hal ini sederhana namun sangat penting, sebab terdapat beberapa alat harus sobat siapkan dan bersihkan supaya terjaga kehigenisan sajian dan kualitas puding kopi yang sobat buat.
  2. Campurlah dan masukkan bahan-bahan yaitu luwak white coffee, agar agar berperisa coklat, susu kental manis, air putih, dan juga gula pasir air ke dalam panci tempat sobat akan mencampur semua bahan menjadi adonan.
  3. Nyalakan kompor dengan api sedang. Kurang lebih pada parameter tuas api berada di posisi setengah hingga tigaperempat.
  4. Letakkan panci campuran adonan keatas tungku kompor.
  5. Kemudian masak dengan dengan tingkat intensitas api sedang tidak terlalu besar sambil diaduk-aduk konsisten dan berkala agar adonan tidak menggumpal dan menghasilkan puding yang kenyal, lembut, tidak lembek, lezat dan bertekstur tepat.
  6. Kemudian, setelah sobat meilhat adonan puding telah mendidih, sobat bisa angkat adonannya kemudian tuanglah adonan puding yang sudah matang tersebut ke dalam wadah maupun cetakan yang sudah sobat disediakan sebelumya.
  7. Setelah adonan sudah dalam cetakan, biarkan puding mengeras kurang lebih 10 hingga 15 menit. Sobat bisa memasukkannya ke dalam kulkas agar dapat disajikan dalam keadaan dingin dan lebih nikmat.
  8. Sobat bisa menyajikan puding kopi dalam kondisi dingin. Jika sobat ingin menyajikan bersama keluarga, sobat bisa memotongnya menjadi beberapa bagian. Sobat hanya tinggal menyesuaikan jumlah potongan sesuai keinginan sobat.
  9. Jika sobat ingin menyajikannya bersama vla, tempatkan vla dalam wadah seperti gelas, kemudian sobat bisa tuangkan vla diatas puding yang telah diletakkan pada piring.
  10. Puding kopi siap disajikan dalam kondisi dingin lebih nikmat, dalam kondisi biasa juga tepat.

 

Resep Puding Kopi Agar Tidak Gagal

 resep puding kopi

Ketika kita memulai sesuatu pasti ada suatu halangan maupun tantangan yang harus kita selesaikan. Tak terkecuali dalam membuat resep puding kopi. Terkadang ada saja hal yang menyebabkan puding kopi menjadi kurang sempurna.

Tapi sobat tenang saja tidak usah khawatir karena penulis juga akan membagikan rahasia agar hasil puding yang sobat buat bisa optimal.

Penyebab Hasil Puding Kurang Sempurna

Hasil masak puding bergantung pada cara sobat membuatnya. Tak terlepas juga berapa lama waktu, bahan yang digunakan, hingga proporsi yang salah. Berikut penulis berikan beberapa penyebab gagalnya pembuatan puding yang bisa sobat jadikan sebagai referensi :

  • Adonan puding tidak dimasak hingga mendidih;
  • Proporsi air yang terlalu banyak;
  • Adonan yang tidak diaduk saat proses pendidihan;
  • Adonan menggumpal sebelum diaduk;
  • Panas kurang merata.

Cara Memasak Agar Puding Matang Sempurna

1. Masak Hingga Mendidih Sempurna

Ketika sobat sudah menyalakan kompor, sobat harus memasak adonan puding hingga mendidih total. Hal ini wajib dilakukan agar adonan tercampur bersama suhu panas, sembari sobat aduk adonan agar tidak menggumpal. Jika adonan puding tidak dimasak hingga mendidih puding akan menjadi sedikit keras dan cita rasa yang kurang merata.

2. Perhatikan Proporsi Air dengan Agar-Agar

Proporsi merupakan perbandingan standar yang digunakan untuk menghasilkan output sesuai yang diaharapkan. Dalam resep puding kopi, proporsi air dengan agar-agarnya bisa sobat buat sebesar 2 banding 1 (2:1). Dengan demikian puding tidak akan menjadi lembek dan juga tidak akan menjadi gumpalan yang keras.

3. Konsisten Dalam Mengaduk

Seperti yang sobat ketahui dari tulisan diatas, puding memiliki sifat yang bisa menggumpal seketika saat sobat memasaknya. Oleh karena itu sobat harus mengaduk aduk adonan secara konsisten terus-menerus agar adonan puding yang sobat buat tidak menjadi sebuah gumpalan yang keras.

4. Mulai Mengaduk Ketika Adonan Dicampurkan

Selain konsistensi sobat dalam mengaduk, waktu sobat dalam mengaduk juga bisa mempengaruhi tekstur dari puding yang sobat buat loh. Sebaiknya sobat mulai mengaduk ketika semua bahan sudah sobat masukkan. Untuk menghindari penggumpalan sebelum dipanaskan dan mendidih.

5. Gunakan Alat Yang Tepat

Sederhana namun berpengaruh. Kalimat tersebut mampu menggambarkan cara yang satu ini. Jika sobat menggunakan kompor yang kurang menghasilkan panas, maka usaha yang sobat lakukan akan lebih besar. Begitu juga dengan panci yang sobat gunakan. Sebaiknya sobat menggunakan panci berbahan dasar aluminium.

 

Resep Puding Kopi Agar Lebih Nikmat Disajikan dan Sempurna

coffee vla

Agar puding bisa disajikan dengan nikmat dan lezat, sobat juga bisa tambahkan beberapa tambahan yang sangat cocok dipadukan dengan puding kopi. Selain menambah cita rasa puding kopi yang sobat buat, tambahan ini juga bisa meningkatkan estetika atau penampilan dari puding kopi. Tambahan yang penulis bagikan ini sifatnya opsional ya sob.

 

Tips Penyajian Puding Kopi

1. Disajikan Dingin Lebih Nikmat

Perlu sobat ketahui bahwa puding pada dasarnya memang disajikan dalam keadaan dingin. Selain menjadikan cita rasanya meningkat, memang karakter puding itu sendiri disajikan dalam keadaan dingin sob. Tapi tidak ada salahnya jika tidak disajikan dalam keadaan dingin. Itu semua opsional dan tergantung bagaimana sobat ingin menyajikan.

2. Puding Dengan Vla Sangat Memikat

Apakah sobat tahu apa itu vla?. Vla adalah produk olahan susu khas belanda yang berbahan dasar susu sapi. Vla menambah cita rasa manis susu yang sangat cocok disajikan bersama cita rasa kopi. Segar vla cair yang lumer di mulut ditambah dengan tekstur puding yang lembut, siapa yang tidak terpikat dengan kenikmatan cita rasa puding kopi vla vanilla.

3. Tambahkan Buah Jadi Lebih Mewah

Cocok bagi sobat semua yang memiliki minat di bidang garnish dan juga untuk sobat semua yang memiliki jiwa estetika tinggi. Karena puding kopi cocok sekali jika dipadukan dengan buah strawberry ataupun potongan buah berry lainnya. Selain untuk menyeimbangkan asupan nilai gizi dalam puding kopi, juga bisa menambah estetika.

4. Disajikan Besama Keluarga, Teman, Maupun Relasi

Karena rasanya yang enak dan cara pembuatan yang mudah, puding kopi cocok jika disajikan dan dimakan bersama keluarga, teman, kerabat dan orang-orang dekat lainnya. Selain untuk mempererat hubungan, juga bisa untuk menambah wawasan bersama bahwa kopi juga bisa dijadikan sebagai olahan puding kopi.

5. Cocok Dijadikan Sebagai Jamuan Tamu

Cara pembuatannnya yang mudah juga cocok dibuat dalam jumlah yang banyak. Oleh karena itu puding kopi sangat cocok untuk dijadikan jamuan para tamu yang sedang berkunjung. Selain sobat tidak harus beli kudapan yang harganya lebih mahal, sobat juga bisa menghemat dana jika membuatnya dalam jumlah yang besar.

6. Memiliki Nilai Jual Tinggi

Cara membuatnya mudah, diproduksi dalam jumlah besar pun tidak susah. Sangat cocok untuk dijadikan ladang bisnis loh sob. Karena  rasanya yang khas dan juga biaya yang dibutuhkan tidaklah tinggi. Sobat bisa menjadikannya ladang bisnis yang menjanjikan, apalagi jika sobat memberi sedikit “polesan” pada puding yang sobat sekalian buat.

Polesan tersebut bisa berupa penampilan produk yang bagus, pengemasan atau packing yang menarik, display produk yang keren dan higenis juga dapat menambah nilai jual puding kopi yang sobat buat sehingga banyak peminat yang akan melirik dan memilih produk puding buatan sobat. Pasti sangat menjanjikan deh.

 

Tips Sukses Berbisnis Puding Kopi Yang Menjanjikan

tips bisnis puding

Puding kopi sangat cocok untuk dijadikan ladang bisnis loh sob, karena pembuatannya yang sangat mudah, bisa diproduksi secara massal, serta citarasa yang enak dan tidak termakan oleh zaman sob. Apalagi puding kopi juga bisa dikembangkan seperti penambahan roti, penambahan variasi rasa dan topping yang menarik. Simak tips berikut :

1. Kualitas Yang Optimal

Tentu kita ketahui bahwa pembeli lebih suka produk dengan kualitas tinggi. Namun kualitas tinggi juga harus dibarengi dengan harga yang optimal. Dengan kata lain sobat bisa menentukan kualitas dan harga yang wajar. Sebab kualitas berbanding lurus dengan harga. Dengan demikian sobat bisa lebih mudah menentukan revenue stream.

2. Pengemasan Yang Menarik

Tujuan utama Pengemasan adalah melindungi produk dari tekanan, pengaruh, maupun kotoran dari luar serta menjaga kualitas produk. Namun kini seiring berjalannya zaman pengemasan memiliki nilai lebih dalam dunia bisnis. Kemasan yang menarik akan menarik peminat tak terlepas dari kualitas produknya loh sob.

3. Variasi Produk

Variasi produk bisa diartikan sebagai macam-macam pengembangan produk. Puding kopi ini sangat mudah untuk dikembangkan menjadi berbagai varian rasa dan topping. Contohnya dijadikan puding roti kopi, atau mocca jelly, serta berbagai macam pengembangan lainnya. Pada intinya konsumen menyukai variasi yang beragam pilihan.

4. Consumen Oriented

Agar sobat bisa berbisnis puding kopi dengan baik, sobat harus berorientasi pada konsumen. Maksudnya sobat harus bisa membawa produk agar tidak tergerus zaman. Sobat bisa minta saran atau melakukan riset kepada konsumen untuk meminta pendapat mengenai produk sobat. Hal ini juga termasuk dalam manajemen produk.

5. Display Yang Menarik

Ini hal yang sangat penting untuk sobat lakukan dalam berbisnis makanan. Agar sobat bisa sukses dalam berbisnis, sobat membutuhkan sebuah metode untuk menampilkan produk yang sobat pasarkan. Semakin menarik dan kredibel displaynya, calon pembeli tidak akan ragu dengan kualitas produk yang sobat tawarkan.

Jika sobat berminat untuk sukses berbisnis puding roti dan kue, sobat bisa menggunakan cold showcase sebagai lemari pendingin produk sobat seperti puding, coklat, roti, kue ataupun jenis makanan lainnya.

Sederhana, mudah, dan bernilai kata tersebut yang ada di benak penulis tentang resep puding kopi tersebut. Bukan hanya karena rasanya yang unik nan enak, tapi juga cara pembuatan yang sederhana dan ternyata bernilai jual tinggi loh sob. Demikianlah resep puding kopi yang kenyal dan enak.

Dari awal bicara tentang makanan rasanya kurang jika tanpa minuman. Jika sobat berminat memvariasikan produk beserta kopi, sobat bisa menggunakan alat pemanas kopi untuk membuat kopi dengan lebih mudah dan efisien.

Semoga dengan resep membuat puding ini bisa menambah wawasan sobat pembaca yang budiman semuanya. Dengan demikian, sobat bisa membuat puding kopi yang lembut, kenyal, lezat, dan istimewa yang tidak kalah dengan yang ada di pasaran. Sobat juga bisa membagikan resep ini kepada teman maupun keluarga agar dapat saling berbagi.

Berbagi itu indah, terima kasih telah membaca artikel ini 🙂

Whatsapp Sekarang
Butuh Bantuan?
Halo! ada yang Bisa kami bantu