Halo sahabat semuanya, pada artikel kali ini saya akan memberikan kalian informasi beserta tutorial atau langkah langkah mengenai cara masak nasi goreng ala pedagang kaki lima. Nah kali ini saya akan bagi ke 2 cara masak nasi gorengnya.

Yang pertama kita akan masak nasi goreng ala pedagang kaki lima dan yang kedua kita akan memasak menggunakan rice cooker. Kenapa rice cooker? karena praktis, selain digunakan untuk memasak nasi goreng ternyata rice cooker juga bisa digunakan untuk membuat nasi kuning, nasi  bahkan juga bisa digunakan untuk memasak nasi merah juga loh.

Filosofi Nasi Goreng

Nasi goreng merupakan sebuah makanan yang berupa nasi lalu digoreng dalam sebuah penggorengan atau wajan yang menghasilkan cita rasa berbeda karena nasi goreng juga dicampur dengan bumbu bumbu penyedap seperti kecap manis, bawang putih, bawang merah dan merica.

Selain itu, ditambahkan bahan-bahan pelengkap atau topping seperti telur, sayur-sayuran, makanan laut seperti ikan, atau daging. Hidangan nasi goreng tersebut sering kali disantap sendiri atau disertai dengan hidangan lainnya. Nasi goreng merupakan komponen populer dari masakan Asia Timur, Tenggara dan Selatan pada wilayah tertentu.

Nasi goreng sering kita jumpai di pinggir jalan, tetapi nasi goreng juga termasuk hidangan rumahan juga loh, Nasi goreng biasanya dibuat dengan bahan-bahan yang tersisa dari hidangan lainnya, yang berujung pada ragam yang tak terbatas. Beberapa jenis populer dari nasi goreng memiliki daftar bahan spesifik berbeda di setiap negara.

Di Tiongkok Raya, jenis nasi goreng yang paling terkenal adalah  nasi goreng Yangzhou dan nasi goreng Hokkien. Chāhan Jepang atau nasi goreng versi Jepang dianggap sebuah sajian Tionghoa Jepang, yang berasal dari hidangan nasi goreng Tionghoa.

Di Asia Tenggara, nasi goreng Indonesia, Malaysia, dan Singapura yang memiliki komposisi serupa dan khao phat Thai adalah hidangan populer. Di negara bagian barat, kebanyakan restoran menyajikan hidangan untuk pelanggan Muslim atau juga vegetarian dengan cara  membuat jenis mereka sendiri dari nasi goreng contohnya termasuk nasi goreng telur.

Ternyata restoran di Amerika juga terdapat menu nasi goreng yang menawarkan masakan dengan tanpa tradisi asli dari hidangan tersebut. Selain itu, terdapat jenis nasi goreng di negara-negara selatan Amerika Serikat. Salah satu contohnya yaitu arroz chaufa asal Peru, chaulafan asal Ekuador, arroz frito asal Kuba, dan arroz mamposteao asal Puerto Rico.

Sejarah Nasi Goreng

Nasi goreng ternyata tidak asing lagi bagimasyarakat di Indonesia, hingga orang tidak lagi peduli dari mana sih asal nasi goreng itu. Makanan satu ini sebenarnya adalah resep bawan dari negeri tirai bambu. Nasi goreng ternyata sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, yaitu sekitar tahun 4000 Sebelum Masehi.

Makanan ini bukan berasal dari Indonesia, melainkan sebagai makanan tradisional masyarakat Tionghoa. Masyarakat Cina memang sudah tidak asing lagi dengan nasi. Awal mulanya nasi goreng berasal dari kecenderungan masyarakat Cina yang tidak tega membuang nasi sisa.

Untuk menghindari agar tidak mubazir, mereka memilih untuk menggoreng kembali nasi yang sisa. Agar tetap enak, nasi sisa digoreng lagi lalu ditambahi bumbu bumbu penyedap, dan juga mereka menambahkan topping atau pelengkap seperti sayur dan ayam. Jadilah nasi goreng.

Bagaimana bisa sampai di Indonesia? Pada abad ke-10, masyarakat Tionghoa mulai masuk ke Indonesia. saat itu mereka tersebar di berbagai pulau. Di tempat yang mereka diami, dibuatlah nasi goreng. Namun yang bikin berbeda, nasi goreng tersebut disesuaikan dengan bahan yang terdapat ditempat atau di daerah tersebut.

Maka dari itu ada nasi goreng seafood untuk orang daerah dekat pantai dan nasi goreng sayur untuk masyarakat daerah pegunungan.

Jenis Jenis Nasi Goreng Indonesia

cara masak nasi goreng

Wah tenyata nasi goreng ada banyak jenisnya loh. Apa saja ya kira kira jenis nasi goreng versi Indonesia?. Yuk simak terus yaa..

1. Nasi Goreng Jawa

Varian nasi goreng di Indonesia yang pertama adalah nasi goreng  Jawa. Nasi Goreng khas Jawa ini memiliki cita rasa yang pedas karena campuran bumbu sambel ulek. Contoh Nasi Goreng Jawa adalah Nasi Goreng Surabaya yang warnanya merah kecoklatan dengan campuran lauk suwiran ayam potong dan irisan telur dadar.

Ada juga nasi Goreng Babat Semarang yang dicampuri lauk daging babat dengan warna agak kecoklatan. Nasi Goreng Kampung Yogyakarta yang warnanya merah tua yang diberi lauk telur mata sapi dan ayam kampung dan terakhir Nasi Goreng Jawa Tengah yang warnanya merah muda dengan lauk sayuran kol dan suwiran ayam kampung.

2. Nasi Goreng Ikan Asin

Nasi Goreng Ikan Asin adalah salah satu varian Nasi Goreng yang cukup terkenal di Indonesia karena cita rasa asinnya yang semakin membuat rasa nasi Goreng semakin nikmat. Rasa asin tersebut berasal dari bahan lauk utamanya yang menggunakan ikan Asin.

3. Nasi Goreng Kambing

Varian nasi goreng di Indonesia berikutnya adalah nasi goreng Kambing. Nasi goreng kambing maksudnya adalah nasi goreng yang di berikan potongan daging kambing yang dipototong sebesar dadu.Bagi Anda yang tidak terlalu menyukai asin, Anda juga bisa merasakan nikmatnya nasi Goreng Kambing yang berbahan utama daging kambing.

Potongan daging kambing yang dicampurkan dalam nasi Goreng menimbulkan aroma dan cita rasa yang khas. Biasanya menu ini dijual di sekitar perkampungan arab yang menyukai daging kambing.

4. Nasi Goreng Seafood

Nasi Goreng ini biasanya dijual di sekitar pantai karena nasi Goreng ini dicampur dengan berbagai macam seafood seperti udang, cumi, kepiting dan lain sebagainya. Varian nasi goreng seafood adalah jenis nasi goreng yang paling sering dijual oleh pedagang-pedagang nasi goreng.

Rasanya enak dan bercita rasa ketika dicampur dengan berbagai daging ikan laut seperti daging sotong, daging udang dan beberapa daging ikan lainnya.

5. Nasi Goreng Sunda 

Seperti namanya, varian nasi goreng di Indonesia berikutnya adalah nasi goreng Sunda. Nasi Goreng ini dibuat oleh orang sunda. Yang khas dari nasi Goreng ini adalah warnanya yang kekuning-kuningan dan pedas, hal ini dikarenakan tambahan bumbu kunyit dan kunir.

6. Nasi Goreng Mawut

Varian nasi goreng di Indonesia yang tidak kalah terkenalnya adalah nasi goreng mawut. Memiliki nama yang unik, nasi Goreng Mawut ini kaya akan lauk karena banyaknya campuran lauk seperti mie, kol, beberapa sayuran hijau, dan suwiran daging ayam yang digoreng bersama.

Serta adanya tambahan beberapa bumbu-bumbu dapur untuk memperkuat rasa dari nasi Goreng ini. Biasanya Nasi Goreng ini dijual di warung Nasi Goreng Jawa.

7. Nasi Goreng Jancuk

Varian nasi goreng di Indonesia yang paling unik adalah nasi Goreng Jancuk. Nasi Goreng ini berasal dari Kota Pahlawan Surabaya. Nasi Goreng ini memiliki cita rasa yang super pedas dan porsi yang banyak, bahkan satu porsi bisa untuk 4-5 orang.

Saking pedasnya nasi Goreng ini membuat orang yang menyantapnya berkata kotor (Misuh) ala Suroboyoan yaitu ‘Jancuk’.

8. Nasi Goreng Spesial

Varian nasi goreng di Indonesia yang terakhir dan sangat terkenal adalah nasi Goreng Spesial. Dinamakan nasi Goreng Spesial karena nasi Goreng ini diperuntukkan orang-orang yang spesial seperti orang yang ingin tambahan campuran yang komplit. Campuran tersebut berupa telur dadar, suwiran ayam, sosis, seafood dan lain-lain.

Jenis Jenis Nasi Goreng Luar Indonesia

cara masak nasi goreng

Nah gak hanya di Indonesia loh, Nasi Goreng juga terkenal di berbagai negara. Berikut adalah jenis jenis nasi goreng versi luar indonesia. Simak terus ya sahabat..

1.  Malaysia

Nasi goreng Malaysia hampir sama dengan nasi goreng Indonesia. Baik dari segi rasa, tekstur maupun variasi hidangan. Namun, nasi goreng Malaysia selalu menyisipkan sayuran, seperti kacang panjang, buncis atau wortel di dalamnya.

2. Singapura

Nasi goreng Singapura juga memiliki rasa yang hampir sama dengan nasi goreng Indonesia. Namun, nasi goreng Singapura lebih terkesan sederhana dan tidak ada hiasan yang berarti. Biasanya nasi goreng Singapura selalu berisi kacang polong sebagai pendampingnya yang juga akan menambah kelezatan nasi goreng ini.

3. Thailand

Nasi goreng merupakan makanan yang sangat populer di Thailand dan juga memikat lidah pecinta kuliner untuk mencicipinya. Hal ini merupakan hal yang wajar karena Thailand memiliki kualitas beras yang sangat baik. Beras yang dipakai adalah beras Jasmin, dan nasi goreng yang paling terkenal adalah Khao Phat Kai.

4. China

Nasi goreng di China dikatakan sebagai makanan olahan sampah. Hal ini dikarenakan mereka memanfaatkan sisa-sisa sayuran untuk membuat nasi goreng. Nasi goreng paling sering dibuat pada akhir bulan, dimana mereka menghabiskan stok sayuran atau daging untuk membuat nasi goreng ini.

Rasanya sendiri tidak jauh berbeda dengan nasi goreng Thailand, tapi biasanya kualitas beras yang digunakan sedikit berbeda.

5. Jepang 

Nasi goreng di Jepang yang dikenal dengan nama “Yaki Meshi”. Nasi goreng tidak begitu populer di Jepang, karena ada banyak sekali olahan nasi yang lebih praktis seperti onigiri. Biasanya nasi goreng di Jepang ini disajikan dalam porsi yang kecil saja.

6. Korea Selatan

Biasanya nasi goreng Korea akan menggunakan jagung sebagai tambahan pelengkapnya. Sama seperti di Jepang, nasi goreng tidak terlalu populer di negara ginseng ini.

7. Turki

Nasi goreng Turki mendapat pengaruh dari Eropa dan Timur Tengah. Oleh karena itu biasanya nasi goreng Turki terdapat campuran rempah-rempah dalam bumbunya, serta dihiasi dengan keju untuk pelengkapnya.

8. Jerman

Di negara ini nasi goreng dikenal dengan nama “Gebratener Reis”. Hidangan ini merupakan salah satu favorit bagi warga Jerman dan banyak dijual di kedai-kedai makanan disana. Ciri khas nasi goreng Jerman yaitu, telur yang selalu disimpan tengah-tengah nasi.

9. Amerika Serikat

Nasi goreng Amerika Serikat biasanya menggunakan beras dari Thailand, karena nasi goreng ini pertama kali dibawa oleh prajurit Amerika Serikat yang bertugas di Thailand. Nasi gorengnya sendiri selalu dihias sedemikian rupa agar menggugah selera. Selain itu nasi goreng ala Amerika ini biasanya dibumbui dengan saus, bukan dengan kecap.

10. Spanyol

Paella merupakan salah satu makanan khas Spanyol yang populer. Bisa dibilang, paella ini adalah nasi goreng versi Spanyol. Sama seperti nasi goreng khas Indonesia, paella juga terdiri dari berbagai jenis mulai dari valencian paella, seafood paella, dan juga mix paella.

Valencian paella terbuat dari nasi, tomat, kacang-kacangan, ayam dan berbagai bahan lainnya. Sedangkan seafood paella terbuat dari campuran nasi dengan aneka jenis seafood. Terakhir, mix paella adalah campuran dari valencian paella, dan juga seafood paella.

Cara Masak Nasi Goreng Ala Pedagang Kaki Lima

cara masak nasi goreng

Nah kali ini gak hanya satu loh untuk tutorial cara masak nasi gorengnya. Kali ini saya akan bikin 2 resepnya yang satu cara masak nasi goreng ala pedagang kaki lima dan yang satunya cara masak nasi goreng menggunakan rice cooker besar.

1. Cara Masak Nasi Goreng Ala Pedagang Kaki Lima

Bahan Bahan Cara Masak Nasi Goreng

  • Nasi (terserah berapa banyaknya)
  • Muncang
  • Seledri
  • Bahan :
  • 3 bawang putih
  • 4/5 bawang merah
  • 1 kemiri
  • secukupnya Garam
  • Cabai (Opsional)
  • secukupnya Kecap manis
  • Royko (selera)

Langkah Langkah Cara Masak Nasi Goreng

  1. Siapkan bahan yang akan di haluskan.. Bawang putih..bawang merah.. Kemiri.. Garam.. Untuk cabai bisa ikut di gerus atau di potong2 kalo aku cukup di potong2 aja
  2.  Selanjutnya tumiss dengan sedikit minyak yaa..
  3. Tumis bumbu halus sampai aromanya Wangi dan aga keemasan.. Untuk cabai nya aku masukinnya terahiran karena ada anak kecill jadi aku ga pedesin dulu.. Kalo cabainya yang langsung ikut di haluskan masukan semuanya juga ga papa.
  4. Terus kalo udah keemasan masukan nasinya yaaa.. Di barengi sama kecapnya kemudian aduk2..ini masih berantakan soaknya nasi yang aku pakai kurang pera jadinya aga lengkett..tapi kalo nasinya pera (berbutir-butir) pasti mudah di adukk.
  5. Nahhh selanjutnya kalo nasinya sudah aga tanak cek rasa jika kurang asin tambahkan garam jika kurang gimana gitu tambahkan royko sedikit saja yaa..
  6. Selanjutnya kalo nasi udah hampir matang dan rasa sudah pass masukan muncang sledri dan potongan cabai tadii..
  7. Teruss aduk2 lagi tunggu sampai tercampur semua dan muncang sledrinya sudah layu.. Tinggal angkatttt dehh.. Dann siyaaap di sajikaaaannnn kasih timun sama tomat biar tambah enak.
  8. Kalo untuk rasa aku yakin rasanya ga beda jauh sama abang kaki lima walaupun nasi yang aku pake bukan nasi pera ya.. Semoga berhasil ya buat yang coba bikin resep dari aku.

2. Cara Masak Nasi Goreng Rice Cooker

Bahan Bahan Cara Masak Nasi Goreng

  • 1 buah wortel
  • 1 cangkir Beras
  • 2 buah rawit merah (optional)
  • 2 siung bawang merah
  • 1 buah tomat
  • secukupnya Kecap manis
  • 2 buah tahu
  • secukupnya Penyedap rasa
  • 3 buah bakso
  • secukupnya Minyak

Langkah Langkah Cara Masak Nasi Goreng

  1. Potong dadu wortel, tahu dan bakso. iris tipis rawit (bisa di skip buat yg gak suka pedes)
  2. Panaskan minyak dalam magicom, masukan bawang merah yg sudah di iris2. tutup magicom lalu tekan tombol cooking, diamkan kurleb selama 2 menit.
  3. Setelah itu cuci bersih beras, masukan ke dalam magicom tadi bersamaan dengan air secukupnya, tomat, wortel, tahu, bakso, penyedap rasa dan kecap. aduk2 sampai semuanya benar2 teraduk. lalu tekan tombol cooking. tunggu sampai nasi matang.
  4. Setelah tombol cooking perpindah, diamkan dulu selama beberapa menit, buka magicom lalu aduk2 dan pijit lagi tombol cooking sekali lagi. setelah itu nasi matang dan siap untuk di santap.

Cara Masak Nasi Goreng

Wah gimana nih cara masak nasi goreng ala pedagang kaki lima dan versi rice cookernya? Gampang bukan, oh iya jika kalian tidak mempunyai rice cooker besar, kalian juga bisa loh menggunakan penanak nasi besar untuk masak nasi goreng versi rice cooker dengan porsi yang banyak.
Kalian pasti sudah tidak sabar kan untuk mengikuti cara masak nasi goreng diatas, selamat mencoba sahabat.

 

 

 

Whatsapp Sekarang
Butuh Bantuan?
Halo! ada yang Bisa kami bantu