Site icon Dayya Mesin

Resep Tumis Daging Paling Nyos Yang Praktis dan Aman

tumis daging sapi

Kuliner tanah air saat ini sedang dilanda dengan sebuah trend kuliner terbaru yakni hidangan dengan cita rasa pedas. Cita rasa yang melekat di lidah masyarakat Indonesia saat ini tengah popular dengan sajian makanan yang memiliki rasa pedas.

Tumis Daging

Sajian ini dianggap sebagai sebuah fenomena kuliner baru yang unik. Pasalnya, hampir semua makanan yang ada ditanah air bisa dibuat dengan dua versi rasa yang berbeda yakni rasa original dan rasa pedas. Hal ini pulalah yang terjadi dengan kuliner daging.

Banyak masyarakat saat ini lebih berminat dengan makanan olahan daging yang bercita rasa pedas. Nah, jika demikian, sepertinya salah satu menu kali ini akan cocok anda nikmati dirumah dan bisa anda buat sendiri. Adalah sajian tumis daging sapi pedas, saus tiram, dan lain-lainnya yang bisa anda cicipi dan buat sendiri dirumah. Nah, seperti apa sih resep membuat sajian tumis daging sapi pedas yang lezat dan praktis? Kita simak berikut ini yuk.

1. Membuat Tumis Daging Pedas

Tumis daging sapi pedas ini merupakan resep olahan dari daging sapi yang sangat praktis dan cepat dalam membuatnya. Jadi jika Anda memiliki waktu yang singkat untuk menyiapkan sebuah hidangan untuk keluarga tercinta, tumis sapi ini bisa jadi salah satu pilihan.

Irisan daging sapi empuk yang ditumis dengan bumbu-bumbu yang lezat membuat resep tumis daging sapi pedas ini menjadi istimewa.

Bahan-Bahan Untuk Membuat Tumis Daging Sapi Pedas:

Bumbu yang Dihaluskan Untuk Tumis Daging Sapi Pedas:

Cara Memasak Tumis Daging Sapi Pedas:

    1. Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk memulai langkah pada resep yang akan kami jelaskan kali ini adalah dengan terlebih dahulu mncuci bersih daging yang telah dipotong-potong dengan menggunakan air bersih yang mengalir dan pastikan juga semua kotoran yang ada pada daging dibersihkan dengan baik. Setelah dicuci sisihkan daging dalam wadah sementara.
    2. Selanjutnya, panaskan minyak dalam wajan dan tunggu hingga minyak menjadi lebih panas. Kemudian tumsi bumbu yang telah dihaluskan bersama dengan lengkuas, serai, daun jeruk, daun salam hingga harum dan layu. Aduk-aduk dan tumis-tumis hingga merata secara keseluruhan.
    3. Setelah tumisan merata secara keseluruhan , tuangkan bersamaan santan dan air asam jawanya. Pastikan  tetap terus mengaduk-aduk tumisan yang sudah diberikan santan agar santan tidak pecah.
    4. Kemudian masukkan daging, kacang kapri dan kentang dan aduk-aduk hingga merata dan masak hingga santan mengering dan daging menajdi lebih empuk dan matang merata.

Cara Menyajikan Hidangan Tumis Daging Pedas:

    1. Setelah daging tumisan menjadi lebih mengering dan daging menjadi lebih matang.
    2. Silahkan matikan kompor dan angkat tumisan.
    3. Ambil piring saji dan tuangkan tumisan kedalam piring saji dan hidangkan selagi panas.

Sajian tumis daging sapi ini akan terasa lebih lezat jika disajikan dengan nasi hangat dan bahan pelengkap dengan kerupuk atau emping melinjo. Bisa juga makan bersama keluarga tercinta maupun dengan teman – teman anda.

2.  Memasak Tumis Daging Saus Tiram

Hidangan tumis dagings api saus tiram memang menjadi salah satu hidangan yang lezat dan membuat selera makan menjadi tergoda. Hidangan  tumis daging ini umumnya akan dengan mudah anda jumpai di restoran. Namun, bagi anda yang pengen menyajikan lezatnya sajian tumis daging sapi saus tiram dirumah dengan mudah dan praktis. Resep kali ini akan membantu anda mewujudkannya dengan mudah. Seperti apakah resep memasak tumis daging sapi suas tiram yang enak dan lezat? pastinya mari kita simak saja resepnya dibawah ini.

Bahan – Bahan Yang diperlukan Untuk Membuat Tumis Daging  Saus Tiram:

Cara Membuat atau Memasak Tumis Daging Saus Tiram :

Cara Melapisi Dagingnya terlebih dahulu :

    1. Langkah yang pertama yang anda lakukan untuk memulai resep membuat tumis daging saus tiram kali ini adalah dengan terlebih dahulu membuat bumbu pelapis untuk melapisi daging sebelum kita olah dan kita masak.
    2. Untuk membuat bahan pelapis dagingnya, langkah awal yang bisa anda lakukan terlebih dahulu adalah dengan mencampur semua bahan pelapis dalam wadah dengan ukuran yang cukup besar, kemudian aduk-aduk bahan pelapis dengan menggunakan sendok hingga semua bahan tercampur dengan merata.
    3. Setelah bumbu pelapis selesai dibuat. Sekarang kita masukkan daging yang sudah diiris tipis tipis kedalam bumbu pelapis.
    4. Kemudian masukan satu persatu dan pastikan jika daging yang dimasukkan tercampur dan terbaluti dengan bahan pelapis dengan merata, kemudian sisihkan.

Cara Memasak daging Saus Tiram :

    1. Langkah yang selanjutnya adalah memberikan pelapis pada semua bagian daging, silahkan lelehkan margarin dalam wajan yang telah panas kemudian tumis bawang putih yang telah dicincang hingg tercium bau aroma harum dan bawang yang dimasukkan menjadi layu dan matang.
    2. Setelah selesai, masukkan daging yang telah diberikan bumbu pelapis kedalam tumisan bawang dan aduk-aduk hingga daging menjadi berubah warna.
    3. Tambahkan air pada tumisan dan masukkan kecap asin, kecap manis dan garam kemudian masak hingga daging menjadi empuk dan matang merata.
    4. Setelah daging atang dan empuk secara keseluruhan, masukkan irisan bawang bombay, minyak wijen dan saus tiram. Aduklah hingga merata dan semua bumbu tercampur secara semuanya.
    5. Pastikan juga jika bawang bombay yang baru saja dimasukkan menjadi lebih layu agar tidak tercium bau bawang mentah sewaktu sajian ini dihidangkan.
    6. Masukkan larutan tepung mazeina kedalam tumisan daging, aduk-aduk hingga tumisa menjadi mengental dan bumbunya sudah terasa pas.

Setelah semua selesai..waktunya siap dihidangkan. hidangkan juga dalam kondisi yang masih hangat. karena enak jika makanan masih hangat :D..

3. Cara Resep Tumis Daging Bawang Bombay

Tumis Daging Sapi Bawang Bombay termasuk hidangan yang praktis dan mudah dibuat. Cocok dinikmati bersama nasi hangat dan sayuran, seperti Ca Bokcoy. Siapa yang tidak tertarik mengolah daging dengan waktu singkat. Sapi tumis bawang bombai bisa jadi satu rekomendasi olahan daging sedap dalam sekejap. Jika berniat membuatnya maka siapkan daging berkualitas baik karena masakan ini dimasak dengan sebentar sehingga membutuhkan daging yang cepat empuk.

Bahan-bahannya:

Saus bumbu (Aduk jadi satu):

Cara membuat:

1. Potong daging tipis melintang (1/2 cm)

2. Campur kecap asin, kecap manis dan maizena, aduk rata, masukkan daging, aduk supaya tercampur rata dengan bumbu, tutup dengan plastic wrap, simpan di kulkas min 1 jam.

3. Panaskan wajan, beri 4 sendok makan minyak goreng, masukkan bawang putih, tumis sampai wangi, masukkan daging, aduk cepat hingga berubah warna, masukkan saus bumbu dan bawang bombay, aduk sampai bumbu meresap dan bawang bombay sedikit layu, tes rasa bila sudah pas taburi daun bawang, matikan api.

Resep Tumis Daging Bawang Bombay bakal jadi menu favorit buah hati, langsung coba nih moms.

4. Menu Resep Tumis Daging Lada Hitam

Untuk kali ini membahas resep tumis daging lada hitam. Sebenarnya warnanya dari sausnya hampir sama seperti dengan tumis daging saus tiram dan tumis daging bawang bombay. tapi untuk rasa pasti berbeda hehe..oke langsung saja simak cara pembuatannya agar memudah kan daging bisa menggunakan mesing gilingan daging..

Bahan – bahan yang perlu diperlukan :

Bahan Untuk Saus Lada Hitamnya :

Cara Mengolah Tumis Daging Lada Hitam :

    1. Langkah pertama yang bisa anda lakukan terlebih dahulu untuk memulai langkah pada resep kali ini adalah dengan terlebih dahulu memotong-motong daging sapi yang telah anda siapkan, seukuran dadu sesaui dengan besar sesuai dengan keinginan.
    2. Setelah daging selesai dipotong-potong, silahkan cuci daging dengan menggunakan air bersih dan pastikan jika anda mencucinya pada air yang mengalir.
    3. Setelah bersih , sisihkan. Sekarang kita akan buat bahan perendam untuk membumbui daging yang sudah kita potong-potong.
    4. Caranya, campur semua bumbu perendam dalam wadah atau mangkuk, aduk-aduk dengan menggunakan sendok atau garpu hingga semua bahan yang diaduk tercampur merata.
    5. Setelah diaduk, masukkan potongan daging kedalam bumbu rendaman dan diamkan selama kurang lebih 30 menit hingga bumbu meresap kedalamnya, sehingga ketika dimasak nanti daging akan memiliki rasa.

Cara Memasak Daging Tumis Lada Hitam:

    1. Setelah didiamkan selama kurang lebih 30 menit. Sekarang kita akan buat bumbunya, caranya tumis bawang putih dalam wajan yang telah diberikan minyak yang sudah panas.
    2. Tumis-tumis hingga tercium baru aroma harum dan bawang yang dimasukkan menjadi lebih layu.
    3. Setelah itu, masukkan daging bersamaan dengan saus rendamannya dan masak-masak daging hingga berubah warna. Setelah berubah warna, tambahkan sedikit air dan masak hingga daging empuk dan kuah menjadi mengental.
    4. Masukkan bahan lain seperti paprika dan bawang bombay kemudian aduk-aduk hingga rata sampai bawang dan paprika menjadi lebih matang dan layu.
    5. Masukkan merica hitam dan aduk-aduk hingga merata. Cicipi pula rasa dan bumbunya, jika bumbu dirasa kurang pas, jagan segan menambahkan bumbu lain untuk menyedapkan rasa.

Setelah semua selesai..waktunya siap dihidangkan. hidangkan juga dalam kondisi yang masih hangat. karena enak jika makanan masih hangat :D..

5. Resep Membuat Tumis Daging Saus Teriyaki

Ada begitu banyak hidangan makanan yang diolah dari bahan utama daging sapi. Salah satunya adalah sajian lezat tumis daging sapi bumbu teriyaki. Hidangan ini cocok disajikan dan dihidangkan kapan saja. Terutama disantap sewaktu jam makan siang tiba.

Rasa lapar yang menggebu dipuaskan dengan sensasi lezat tumis daging sapi bubu teriyaki akan membuat santapan siang anda terasa lebih sempurna dan nikmat. Selain itu, salah satu cara terbaik menghidangkan sajian lezat tumis daging sapi bumbu teriyaki adalah dengan bertemankan bersama dengan nasi hangat yang lezat.

Bumbu teriyaki yang lezat dengan aksen manis akan membuat sajian nasi hangat tersirami dengan sajian ini dan menjadi hidangan yang lezat dan nikmat. Hidangan daging sapi bumbu teriyaki umumnya sudah banyak dijual di restoran dan kafe. Harga yang ditawarkanpun cukup bervariasi tergantung dengan kualitas daging dan cita rasa dagingnya.

Nah, bagi anda yang ingin membuat sendiri sajian lezat tumis daging sapi bumbu teriyaki dirumah dengan metode yang mudah dan cukup sederhana. Kini anda akan dapat membuatnya sendiri dirumah. Seperti apa resep membuat tumis daging sapi bumbu teriyaki yang empuk, lezat dan praktis.

Bahan Utama yang Diperlukan Untuk Membuat Tumis Daging

Bumbu Teriyaki:

Bahan dan Bumbu Tumis Daging Teriyaki:

Cara Memasak Daging Bumbu Teriyaki:

    1. Langkah pertama yang bisa anda lakukan pada langkah di resep kali ini adalah dengan terlebih dahulu menyiapkan wajan, tempatkan diatas kompor dan nyalakan api, tunggu hingga wajan panas.
    2. Ketika wajan sudah panas, tuangkan minyak wijen kedalamnya dan tunggu hingga minyak dalam wijen menjadi lebih panas secara merata. Setelah minyak dalam wajan menjadi panas merata, silahkan tuangkan potongan bawang bombay dan bawang putih kedalam wajan dan tumis hingga bawang menjadi layu dan tericum aroma bau harum dari bawang yang ditumis.
    3. Setelah selesai dengan menumis bawang, silahkan masukkan potongan daging yang sudah dipersiapkan kemudian aduk-aduk hingga merata sampai daging berubah warna dan bumbu meresap kedalamnya dengan sempurna.
    4. Tambahkan jamur yang sudah direbus dan dipotong-potong dengan merata kedalam tumisan, masukkan pula saus teriyaki, garam dan saus tomat, aduk-aduk hingga merata sampai semua bumbu tecampur dengan merata.
    5. Tuangkan sedikit air kedalamnya dan masak-masak hingga bumbu meresap sempurna kedalam daging.

      Cara Menyajikan Daging Tumis Saus Teriyaki:

    1. Masih didalam wajan dan masakan, masak daging hingga empuk dan matang merata.
    2. Setelah matang merata, sebelum diangkat dan menjelang matang, masukkan minyak wijen kedalamnya dan adukaduk hingga merata.
    3. Angkat tumisan, matikan kompor dan sajikan hidangan tumis daging bumbu teriyaki ini.
    4. Sajikan hidangan lezat tumis daging bumbu teriyaki ini bersama dengan keluarga dan orang terkasih.

Baik itu tadi ulasan tentang resep Tumis Daging Sapi yang bisa dicoba dirumah dan divariasikan sendiri dirumah. Selamat mencoba dan Sukses selalu..